Lantai beton yang mengkilap memiliki nilai fungsional tinggi, tahan lama, dan menarik. Tetapi ketika kilau lantai beton mulai meredup, lantai beton yang dihiasi atau dipoles dapat membuat ruangan atau ruang komersial tampak suram dan ketinggalan zaman.

Jika kemilau terkikis oleh benturan sepatu, dikikis oleh perabotan dan peralatan berat atau pudar oleh sinar matahari yang merusak, Anda harus mengatasi beberapa masalah dan meluangkan waktu untuk mengembalikan kilauan itu ke lantai beton Anda.

Apakah itu hanya membutuhkan perbaikan dan penyegelan yang cepat dan serius, memoles lantai beton bisa menjadi proses yang relatif sederhana dengan produk, peralatan, dan aksesori yang tepat.

Tips Membersihkan Lantai Beton Dengan Cepat

Apakah lantai kehilangan cahaya aslinya? Perhatikan permukaan-Nya dengan cermat. Jika lantai beton yang dipoles tidak rusak oleh air atau sangat pudar karena terpapar sinar matahari atau panas, maka pembersihan yang cepat dapat mengembalikan permukaan lantai beton agar mengkilap ke tingkat keindahan semula.

Cara Bersihkan Lantai Beton Di Dalam Ruangan

Mulailah dengan bagian-bagian kecil yang tidak lebih besar dari sekitar 3 kaki persegi. Ini memastikan Anda mendapatkan semua kotoran tanpa meninggalkan residu filmy dari pembersih. Jalanlah dari sudut terjauh ruangan menuju pintu masuk.

Untuk daerah dengan lalu lintas tinggi dan bekas lecet yang berat, Anda harus meletakkan pel dan memasukkan sedikit minyak siku. Taburkan sekitar seperempat cangkir baking soda di atas kain lembab dan gosok bekas lecet dari luar ke tengah. Untuk mempertahankan kilau pada lantai beton yang dipoles di dalam ruangan, bersihkan setidaknya setiap bulan.

Cara Bersihkan Lantai Beton Di Luar Rumah

Lantai beton di luar ruangan bisa menjadi kotor dalam hitungan hari. Penyapuan rutin dan pembersihan mingguan dengan pel dan larutan ringan dari sabun cuci piring dan air seharusnya membantu beton tetap bersinar.

Setiap beberapa bulan, gunakan mesin karcher high pressure cleaner untuk membersihkan kotoran dari celah lantai beton. Pastikan beton dapat menangani aliran air bertekanan tinggi sebelum Anda menangani seluruh proyek.

Perbaikan Lantai Beton Untuk Membuatnya Jadi Mengkilap

Pelapis epoxy lantai biasanya digunakan untuk lantai komersial dan industri. Pelapis epoxy biasanya diaplikasikan di atas lantai beton untuk memberikan permukaan berperforma tinggi, halus, dan tahan lama yang dapat bertahan bertahun-tahun dan menahan beban berat. Banyak lokasi industri, gudang, dan bangunan komersial mengandalkan epoxy lantai untuk menjaga kondisi bersih dan aman bagi pekerja, peralatan, dan inventaris.

Lapisan epoxy membutuhkan permukaan yang bersih dan sedikit berpori untuk melekat dengan baik. Sebelum menerapkan pelapis lantai epoxy, penting untuk menambal dan memperbaiki semua retakan di permukaan beton dan untuk menghilangkan semua minyak.

Sebelum menerapkan lapisan epoxy, pastikan suhunya sesuai, dan ikuti semua rekomendasi pabrik. Temperatur yang tidak baik dapat menyebabkan epoxy menggelembung dan mengelupas. Epoxy adalah cairan dua bagian campuran sebelum aplikasi. Setelah produk dicampur, Anda memiliki waktu terbatas untuk menerapkan lapisan epoxy sebelum mulai mengeras.

Tergantung pada produk yang diterapkan, Anda mungkin perlu menerapkan epoxy primer dan lapisan finisher. Primer diterapkan seperti cat dan dibiarkan menetap selama beberapa jam sebelum epoxy diaplikasikan. Untuk mengaplikasikan primer, tutupi lantai dengan lapisan air yang tipis, lalu sebarkan primer dengan roller pin pada sebuah tiang, sebarkan di lapisan tipis di atas seluruh lantai. Biarkan primer mengering, lalu oleskan lapisan kedua. Finisher diaplikasikan dengan cara yang sama seperti primer tetapi tanpa lapisan air.

Keuntungan Epoxy Flooring Coating

Pelapis lantai epoxy menawarkan banyak keuntungan jika dibandingkan dengan pelapis tradisional lainnya yang diaplikasikan di lantai beton, berikut adalah keuntungan epoxy floor coating:
  1. Menciptakan permukaan mengkilap yang secara signifikan dapat meningkatkan kecerahan area interior
  2. Menawarkan permukaan tahan lama yang tahan pakai yang mampu menahan lalu lintas yang padat dan berkelanjutan
  3. Cepat dan mudah dipasang, tidak memerlukan tata letak, memotong perekat tambahan, atau alat atau peralatan khusus
  4. Tahan lama dan mudah dibersihkan
  5. Ideal untuk gudang dan aplikasi industri
  6. Tahan noda minyak dan air
  7. Menciptakan permukaan yang mulus yang dapat bertahan bertahun-tahun
  8. Dapat dikombinasikan dengan cat dan warna untuk menutupi keripik dan retakan
  9. Memberikan permukaan ideal yang tahan bahan kimia untuk pabrik
  10. Menawarkan peningkatan keamanan saat permukaan mengandung aditif anti-slip
  11. Dapat diterapkan dalam pola yang berbeda untuk membuat jalan masuk yang terlihat dan / atau mengidentifikasi area yang bisa dilalui dengan berjalan kaki
  12. Mencegah keausan pada lantai beton yang ada
  13. Mungkin kompatibel dengan produk self-leveling yang dapat diaplikasikan pada beton baru atau lama, tergantung pada produk
  14. Membutuhkan sedikit atau tidak ada perawatan besar
Lebih lanjut, silahkan baca: