Aplikator epoxy lantai Kalimantan Timur sebagai spesialis kontraktor epoxy lantai menawarkan jasa epoxy lantai di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Timur, meliputi; Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara, Kota Balikpapan, Kota Bontang, dan Kota Samarinda Kalimantan Timur.

Epoxy lantai meskipun awalnya dikembangkan untuk keperluan industri, karena kualitas kedap air dan kekuatan mekaniknya, lantai epoxy juga menjadi pilihan favorit untuk dekorasi rumah, terutama ketika tersedia dalam berbagai warna, pola, dan sentuhan akhir. Berikut ini kami jelaskan lebih lanjut tentang jenis lantai epoxy:

Apa itu Epoxy Flooring?

Lantai epoxy adalah permukaan kontinu, tanpa sambungan, terbuat dari resin epoxy, yaitu bahan polimer cair, yang mengeras akibat reaksi polimerisasi kimia. Lantai jenis ini didasarkan pada kombinasi resin dan pengeras. Ketika dicampur, resin dan pengeras bereaksi secara kimiawi untuk membentuk bahan plastik yang kaku. Bahan terakhir kuat, tahan lama, dan melekat dengan sangat baik pada beberapa lapisan dasar (baik itu lantai beton, mosaik, granit, dll.). Lantai epoxy memberi perlindungan besar, yang direkomendasikan untuk area dengan lalu lintas padat, seperti lingkungan industri, tempat parkir, bandara, fasilitas olahraga, restoran, mal, hypermarket, dan sebagainya.

Selain tahan terhadap lalu lintas yang padat dan variasi suhu yang besar, lantai ini juga tahan panas dan tahan air, menjadikannya tersedia untuk kontak langsung dengan makanan dan air minum di kantin, dapur, kamar mandi, atau di mana pun dibutuhkan.

Penerapannya sangat bervariasi, justru karena banyak properti yang mereka miliki dan banyak manfaat yang mereka tawarkan, baik dari segi fungsionalitas dan penampilan. Karena metode aplikasi (dengan casting), permukaannya menjadi benar-benar mulus, tanpa sambungan ekspansi atau jejak sambungan yang sering menjadi tempat yang menguntungkan untuk akumulasi kotoran dan pengembangan bakteri; Oleh karena itu, lantai epoxy adalah pilihan yang paling tepat dalam industri makanan dan farmasi, di mana menjaga kebersihan dengan standar tertinggi sangat penting untuk tujuan melaksanakan kegiatan, sesuai dengan aturan kebersihan yang diberlakukan.

Dengan demikian, epoxy digunakan selama bertahun-tahun dalam rumah sakit, gedung perkantoran dan berbagai ruang komersial dan industri dan berhasil menggantikan, marmer, granit atau jenis lantai lainnya. Jadi, lantai epoxy telah mulai digunakan lebih sering dan lebih sering dalam pelapisan interior. perumahan.

Apa saja jenis lantai epoxy yang ada?


1. Lantai epoxy self-leveling

Lantai epoxy self-leveling cocok untuk lantai beton baru atau lama, retak atau rusak, untuk menciptakan permukaan yang halus, mulus, mulus, tahan lama yang membutuhkan perawatan minimal. Sistem self-leveling tersedia dalam berbagai warna. Mereka digunakan untuk membuat desain dekoratif, untuk menunjukkan pola lalu lintas atau untuk menyoroti area kerja di ruang yang dirancang secara industri.

2. Lantai epoxy multilayer

Seperti namanya, ini adalah sistem lantai yang sama, tetapi diterapkan dalam dua atau lebih lapisan.

3. Lantai epoxy dengan mortar

Ini adalah sistem lantai epoxy paling kuat yang tersedia. Sistem mortar tahan dampak dan solusi kimia. Sistem ini juga efektif dalam memperbaiki lantai lama, karena proses konstruksinya yang tinggi.

4. Lantai epoxy dengan tambalan kuarsa

Sistem lantai epoxy tipe kuarsa menggabungkan resin epoxy kinerja tinggi dengan butiran kuarsa berwarna. Hasilnya adalah lantai multifungsi, dekoratif, sanitasi, anti selip, dan sangat tahan lama.

5. Lantai epoxy  dengan serpihan berwarna

Sistem lantai dibuat dengan menempatkan serpihan berwarna di dalam epoxy untuk membuat permukaan yang semarak, beraneka warna, dan mulus. Lantai jenis ini estetis dan dekoratif. Daun tersedia dalam beragam warna, gaya, tekstur, dan ukuran tanpa batas dan dapat dicampur dalam kombinasi apa pun yang Anda inginkan.

Apa manfaat lantai epoxy?

Alasan utama memilih lantai jenis ini adalah karena ketahanan aus yang tinggi. Tapi ini bukan satu-satunya keuntungan.

Lantai seperti itu juga menghadirkan tambahan dekoratif, menawarkan warna dan aspek yang berbeda (glossy, semi-glossy atau matte), serta berbagai tekstur: halus atau kasar. Selain itu, elemen-elemen dari berbagai bentuk dan warna dapat dimasukkan ke dalam struktur lantai, sehingga menciptakan konsep desain yang unik. Ini juga dapat digunakan di ruang kecil, kilau memantulkan cahaya dan dengan demikian memberikan ilusi ruang yang lebih besar.

Selain peran dekoratif, lantai seperti itu juga tahan air yang baik, untuk alasan ini opsi pertama yang diperhitungkan dalam menyelesaikan lantai adalah dapur, kamar mandi, ruang bawah tanah atau ruang bawah tanah, balkon dan teras.

Ini juga merupakan lantai "lebih hangat" dari yang klasik, ditutupi dengan batu pasir, batu, marmer atau granit, lebih mudah dibersihkan dan dipelihara dan itu tidak memungkinkan pengembangan mikroba dan bakteri, menjadi sangat halus, tanpa sambungan dan sambungan di mana itu juga bisa menumpuk kuman.

Lantai ini juga bisa non-slip, jika Anda memilih lapisan yang terstruktur dengan memperkenalkan partikel kuarsa, dan dapat diaplikasikan di atas lantai lama, seperti periuk atau mosaik.

Sebagai ringkasan, keuntungan utama  lantai epoxy adalah:
  1. umur panjang (minimal 10 tahun di bawah kondisi lalu lintas yang padat);
  2. peningkatan resistensi terhadap guncangan dan goresan mekanis;
  3. perawatan yang sangat mudah (mudah dibersihkan dan dirawat dibandingkan dengan ubin, marmer atau ubin);
  4. perbaikan mudah, jika perlu;
  5. resistensi kimia terhadap asam;
  6. impermeability (kualitas yang merekomendasikannya untuk finishing kamar mandi, dapur dan kamar lain dengan tingkat kelembaban tinggi);
  7. isolasi termal (lantai epoxy adalah bagian dari kategori lantai hangat, seperti lantai kayu atau lantai, tetapi, tidak seperti ini, itu dapat diterapkan bahkan jika Anda memilih untuk pemanas di bawah lantai, listrik atau tidak);
  8. estetika khusus (karena beragamnya warna dan banyaknya kemungkinan untuk menggabungkannya, Anda dapat memperoleh lantai dekoratif yang unik, bahkan dengan efek 3D);
  9. memberi prospek perluasan ruang;
  10. biaya rendah (karena dapat dipasang langsung pada beton atau jenis lain dari lantai yang ada; pada saat yang sama, investasi adalah jangka panjang).
  11. Kekuatan dan daya tahan lantai jenis ini dipengaruhi oleh ketebalannya dan jumlah resin epoxy yang digunakan.

Bagaimana cara mengaplikasikan lantai epoxy

Meskipun kelihatannya tidak terlalu rumit, direkomendasikan bahwa pemasangan dan pemasangan lantai epoxy harus dilakukan oleh orang-orang khusus dan berpengalaman, karena kekuatan dan daya tahan lantai tergantung pada kualitas pemasangan, perakitan yang tidak dijalankan dengan baik dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Langkah  - langkah kerjanya adalah sebagai berikut:
  • Persiapan lapisan pendukung: pengamplasan / penggilingan / peledakan dan, jika perlu, melakukan perbaikan lokal (meliputi retakan, lubang, dll.);
  • Priming permukaan dengan resin epoxy;
  • Aplikasi lapisan dasar dalam ketebalan variabel dan, opsional, chip berwarna atau kuarsa berwarna dapat ditaburkan;
  • Menerapkan lapisan penyegelan, yang dapat diwarnai atau transparan (matte, glossy) dan yang, pada gilirannya, dapat memiliki tekstur non-slip, stripped atau halus.

Kiat untuk perakitan yang benar

1. Seperti yang saya katakan sebelumnya, persiapan dukungan  sangat penting. Permukaan yang disiapkan untuk aplikasi resin epoxy harus halus, kering, bersih dan bebas debu.

2. Kelembaban  adalah aspek lain yang membutuhkan perhatian khusus. Karena itu, sebelum diaplikasikan, harus diperiksa bahwa permukaannya benar-benar kering. Jika tidak, resin epoxy tidak akan melekat pada permukaan pendukung.

3. Dan noda lemak  pada permukaan penopang mencegah diperolehnya hasil yang berkualitas, untuk alasan yang sama dengan non-adhesi. Oleh karena itu, sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, perlu untuk memastikan bahwa dukungan skim sempurna.

4. Kualitas dan kekuatan dukungan  di mana lantai epoxy akan diterapkan adalah elemen penting lainnya untuk kelancaran berbagai hal. Jika screed rapuh dan rapuh, ia akan secara efektif keluar dari substrat (beton) setelah resin epoxy diterapkan.

5. Menggunakan primer yang tidak tepat sebagai dasar sebelum menuang resin epoxy akan kembali mengarah pada hasil yang tidak menguntungkan.

6. Ketidakcocokan resin epoxy dengan bahan dari mana substrat dibuat:  resin epoxy membuat rumah yang baik dengan banyak jenis permukaan, seperti beton, kaca, batu alam atau bahkan ubin dan marmer. Tetapi mereka benar-benar tidak kompatibel dengan kayu, misalnya, yang bekerja seiring waktu, meluas atau mengompresi. Karena kenyataan bahwa, setelah pengeringan, epoxyda bukanlah bahan yang fleksibel, yang diaplikasikan pada penyangga kayu, ia akan memburuk dengan cepat, membentuk retakan dan melepaskan.

7. Sebelum aplikasi, pengeras khusus ditambahkan ke resin epoxy , yang tanpanya lantai yang dibentuk tidak dapat diperkuat. Sangat penting bahwa kedua zat tersebut dicampur dengan baik, setidaknya satu menit. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah pengukuran yang salah dan dosis jumlah kedua produk, dalam hal ini hasil akhir akan dikompromikan, permukaannya tetap lengket dan karenanya tidak dapat digunakan.

Kiat untuk perawatan lantai epoxy

Rahasia perlawanan yang berhasil dari waktu ke waktu lantai epoxy terletak tidak hanya pada pemasangan yang benar, tetapi juga pada pembersihan yang benar dan pemeliharaannya yang cermat. Lantai jenis ini tentu akan memudahkan pekerjaan sehari-hari Anda, karena tahan debu dan kotoran, dapat dibersihkan dengan sangat mudah, cepat dan ekonomis. Perawatan rutin akan mempertahankan penampilan aslinya (apakah digunakan dalam bentuk transparan atau berwarna, matte atau glossy) dan akan memperpanjang umurnya.

Kami merekomendasikan penggunaan air mingguan dan deterjen pH netral untuk diterapkan ke lantai menggunakan bahan microfiber. Untuk mencegah munculnya bekas yang tidak sedap dipandang sebagai akibat pengeringan deterjen, bilas dengan air bersih di ujungnya dan seka permukaan lantai dengan bahan kering. Jika noda muncul, cobalah untuk menghapusnya sesegera mungkin dengan kertas atau kain lembab. Dalam kasus noda kering, pembersihan dapat dilakukan dengan air hangat dan kain lembut, tanpa risiko merusak resin.

Ada juga pilihan untuk menggunakan deterjen profesional, khusus dibuat untuk resin epoxy. Ada tiga jenis deterjen:

  • yang pertama, dimaksudkan untuk penggunaan sehari-hari, dapat diterapkan dengan kain pel pada permukaan yang mengkilap, tidak meninggalkan bekas dan tidak perlu dibersihkan;
  • yang kedua didedikasikan untuk perawatan lantai biasa: berbasis lilin, yang terbaik diterapkan dengan bantuan mesin pemoles dan menciptakan efek mengkilap, membuat resin mengkilap dalam penampilan;
  • Jenis deterjen lain yang tersedia adalah untuk ruang industri, sesuai dengan bidang yang diresapi dengan minyak, lilin, gemuk, perekat, aspal atau noda karet. Namun, ini hanya ditunjukkan dalam situasi kritis dan membutuhkan aplikasi khusus dan klarifikasi yang cermat.
  • Saat memilih produk pembersih dan perawatan untuk lantai epoxy Anda, pertimbangkan untuk menghindari paparan resin pada produk yang mengandung klorin, soda, amonia, asam, atau deterjen abrasif, karena ini dapat menyebabkan gerusan pada permukaan lantai dari waktu ke waktu. Pemeliharaan lantai juga harus disesuaikan dengan ruangan tempat mereka dituang. Di daerah-daerah yang banyak diedarkan atau digunakan, seperti lorong, kamar mandi atau dapur, pembersihan sering akan diperlukan. Perhatian khusus juga harus diberikan pada sumber panas dan api, seperti perapian atau kompor, menjaga mereka jauh dari permukaan epoxy. Jika terjadi kecelakaan, hubungi spesialis yang akan dapat membantu Anda dengan perbaikan kerusakan lokal.

Lantai epoxy dekoratif dan 3D

Lantai epoxy dekoratif memiliki karakteristik teknis yang sama dengan lantai epoxy normal dan karenanya memiliki kelebihan yang sama. Selain itu, mereka memberikan penampilan estetika yang unggul, menjadi pilihan yang sempurna untuk menyelesaikan rumah.

Lantai epoxy dekoratif adalah permukaan kontinu, tanpa sambungan atau sambungan, terbuat dari resin epoxy berwarna dengan meremas keripik, pasir, resin berwarna atau menerapkan cap cetak / foto dan penyegelan transparan. Dari sudut pandang kreatif, model mereka berhenti di tempat imajinasi berhenti.

Teknologi 3D, yang semakin tersebar luas dalam kenyataan saat ini, menunjukkan penerapannya juga dalam pembuatan lantai di rumah. Gambar diterapkan dengan teknologi cetak UV, dengan kejelasan luar biasa, dan mereka tidak pudar pada waktunya atau di bawah aksi sinar matahari, menjaga penampilan warna seperti pada awalnya. Terakhir namun tidak kalah pentingnya, perawatan yang digunakan untuk keausan dan ketahanan tidak memancarkan bau atau zat berbahaya, yang direkomendasikan untuk penggunaan dalam ruangan / domestik.

Terlepas dari apakah kita merujuk ke kamar mandi, dapur, lorong atau ruang tamu, resin epoxy adalah bahan modern yang membantu Anda membuat lantai yang tepat untuk rumah dan gaya hidup Anda. Jadi, dalam dekorasi apa yang Anda bayangkan: air, bunga atau mungkin dalam gaya barok?

Aplikator epoxy lantai Kalimantan Timur sebagai spesialis kontraktor epoxy lantai menawarkan jasa epoxy lantai di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Timur, meliputi;
  • Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur
  • Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur
  • Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur
  • Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur
  • Kabupaten Paser Kalimantan Timur
  • Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur
  • Kota Balikpapan Kalimantan Timur
  • Kota Bontang Kalimantan Timur
  • Kota Samarinda Kalimantan Timur
Jangan salah pilih, baca juga: