Apa Cat Pelapis Lantai Garasi Paling Tahan Lama?

Lantai garasi melihat banyak keausan di antara lalu lintas masuk dan keluar orang, mobil, sepeda, bahkan mesin pemotong rumput yang didorong untuk disimpan dan jenis-jenis pekerjaan. Meskipun tahan lama, permukaan beton berpori pada akhirnya akan mencerminkan penyalahgunaan yang diperlukan. Air atau suhu ekstrem dapat menyebabkannya retak, sementara cairan kendaraan dan bahan kimia lainnya mungkin meninggalkan noda.

Akhirnya, cacat ini akan menodai penampilan keseluruhan lantai garasi Anda dan menempatkannya pada risiko kerusakan yang lebih parah, seperti runtuh atau kebakaran. Untungnya, Anda dapat mengembalikan tampilan garasi Anda dan melindunginya dari ancaman ini dengan menggunakan cat pelapis lantai garasi Anda.

Apa Cat Pelapis Lantai Garasi Paling Tahan Lama?

Jenis Cat Lantai Garasi

Cat yang dipasarkan sebagai "cat lantai garasi " adalah produk dengan bahan berbasis air atau cat akrilik yang dikembangkan untuk digunakan khusus pada lantai beton dan penggunaan tugas berat. Beberapa cat lantai garasi yang dikenal sebagai "cat epoxy" memasukkan sejumlah kecil epoxy ke dalam formula mereka, tetapi produk ini tidak boleh disamakan dengan cat pelapis epoxy yang murni.


Cat epoxy yang murni, dijual dalam ember atau kit sebagai formula "dua bagian" yang terdiri dari resin epoxy dan pengeras poliamina yang harus dicampur bersama sebelum aplikasi. Itu karenanya, tidak mengherankan, jika, mereka juga berbeda dalam hal aplikasi, biaya, penampilan, daya tahan, dan pemeliharaan. Dengan pemahaman tentang apa yang diharapkan dari setiap penyelesaian, Anda dapat mempersempit pilihan Anda dan menemukan cat lantai garasi terbaik untuk melindungi dan menata lantai garasi Anda.


Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Cat Lantai Polyurethane untuk Garasi Mobil

Memastikan harga cat lantai yang jempolan (murah serta berkualitas tinggi) untuk buat lapisan pada lantai garasi mampu menghemat budget dan untuk jangka panjang juga tidak kudu mengeluarkan cost maintenance yang tinggi. Dengan melimpahnya penawaran produk cat lantai yang ada saat ini, macam mana sahabat tahu mana yang teratas untukmu? Jenis apa yang mampu kamu pilih tampaknya juga mengekor pada apakah teman-teman mengecat lantai sendiri ataupun menggunakan jasa kontraktor profesional. Buat alasan ini, kami sudah menentukan untuk meninjau berbagai opsi lapisan cat serta mencocokkan dengan harga cat lantai yang ada untuk kontributif kamu menetapkan mana yang paling tepat untuk teman-teman.

Penyebab terdepan dari cat lapisan lantai ialah lapisan bagian atas yang terang memiliki melimpah manfaat. Selain meluaskan tampilan warna pelapis lantai kamu, bagian atas ini juga akan melindungi komposit warna opsional yang kawan-kawan buat. Dengan mengingat hal ini, mari kita tinjau opsi-opsi lapisan lantai berdasarkan harga cat lantai yang dapat kawan-kawan jadikan preferensi untuk lapisan garasi kamu.

Opsi yang paling prominen untuk lapisan cat garasi ialah epoxy dari sisi harga serta penggunaan. Lapisan cat ini ada dalam formulasi berbasis air, pelarut, serta 100% padatan. Lapisan cat ini dapat memberikan sedikit fleksibilitas tergantung pada keperluan dan biaya kamu.

Keuntungan transenden dari lapisan cat epoxy yang bayan adalah dari sisi biaya. Harga cat lantai epoxy relatif yang paling sesuai untuk pekerjaan skala proyek semacam lapisan garasi, pabrik ataupun sejenisnya. Epoxy juga bisa menyediakan lapisan tunggal yang lebih tebal hingga 10 mm tergantung pada kandungan padatan didalamnya. Seandainya kawan-kawan mendapati aplikasi serpihan warna yang banyak, lapisan epoxy ini bisa mengurangi jumlah mantel jadi hanya sebagian lapis saja.

Kelebihan lapisan cat lantai epoxy

• Harga cat lantai epoxy ini relatih rendah
• Ketahanan kimia yang baik
• Ketebalan film kering tinggi hingga 10 mil walhasil hanya memerlukan lebih sedikit lapisan

Kelemahan lapisan cat lantai epoxy
• Paling tahan abrasi dari pelapis lantai garasi lainnya. Ini berarti bahwasanya ia akan cepat aus, secara khususnya produk berbasis air yang lebih murah dibandingkan pelapis lainnya.
• Gampang tergores
• Terbatasnya fleksibilitas didalam desain lapisan cat
• Licin ketika basah

Namun yang paling menarik dari epoxy ini yaitu harga cat lantai epoxy yang relatih rendah. Bilamana harga jadi pertimbangan, pelapis epoxy ini masih ialah pilihan yang jauh lebih baik daripada gak ada pelapis sama sekali sekaligus juga untuk menambah daya tahan lantai garasi teman-teman.

Lapisan Cat Polyurethane

Hingga sebagian tahun terakhir, polyurethane, juga dipahami sebagai "urethane" disoroti sebagai alternatif lapisan cat lantai dengan kinerja tinggi untuk pelapis lantai garasi. Polyurethane-clear-top-coating. Mayoritas pelapis polyurethane yaitu pelarut berdasarkan performa tertinggi dari ini yakni poliuretan alifatik. Satu bagian uap air yang diawetkan biasanya datang didalam waktu dekat.

Kelebihan Lapisan Cat Polyurethane
• Ketahanan abrasi tinggi untuk pemakaian lebih lama
• Ketahanan kimia yang sungguh-sungguh baik
• Ketahanan gores yang lebih baik
• Punyai kilauan tinggi
• Jadi pelapis lantai yang baik untuk anti-slip
• Sekarang ada dalam formula berbasis air yang lebih gampang untuk diterapkan

Kelemahan Lapisan Cat Polyurethane
• Ketebalan kering yang tipis alhasil membutuhkan melimpah lapisan
• Harga cat lantai Polyurethane ini lebih mahal daripada epoxy
• Belum niscaya cocok untuk semua jenis lantai (ada sebagian hal yang wajib dipertimbangkan sewaktu memilih polyurethane).

Manfaat polyurethane yang paling dominan ialah ketahanan abrasi yang tinggi. Polyurethane sampai-sampai dapat mempunyai hingga 3 kali ketahanan abrasi dari sejumlah lapisan epoxy tertinggi sekalipun.

Cara Terbaik Mempercantik Lantai Garasi Rumah Kamu

Manakala sobat kepingin menambah sedikit gaya dan warna ke garasi kamu, satu di antara lokasi terbaik untuk memulai yaitu dengan lantai. Cara untuk memulai memikirkan lantai garasi baru ialah dengan membagi dua lingkungan utama ialah pelapis dan penutup.

Pelapis diaplikasikan dengan roller atau kuas juga menempel langsung ke lantai. Cat serta epoksi merupakan produk transenden dalam level ini. Sedangkan penutup yaitu produk yang diletakkan di atas lantai garasi. Mereka bisa dipindahkan ataupun dihapus kapan saja. Ubin serta tikar ialah produk yang sesuai dengan deskripsi ini.

Berikut 4 alternatif finishing lantai garasi terbaik.

1. Garasi Pelapis Lantai

Pelapis lantai garasi terdiri dari dua jenis produk, cat, dan epoksi. Biarpun mudah untuk mengelompokkan keduanya, sebab keduanya diaplikasikan dengan rol dan kuas, mereka sungguh sangat berbeda dari sudut pandang kimia dan kinerja.

Sekiranya lantai garasi sahabat diwarnai dengan minyak, dan karat, teman-teman dapat dengan gampang memberikannya kehidupan baru dengan cat lantai garasi. Cat lateks yang dimaksudkan untuk diterapkan di lantai beton relatif efisien dan gampang diaplikasikan.

Standar untuk permukaan yang keras juga terlihat bagus di lantai garasi ialah epoxy lantai garasi. Sekalipun umum untuk mendengar orang menyebut cat epoksi, pada hakikatnya epoksi juga cat yakni produk yang berbeda, dengan tata letak kimia yang berbeda. Persiapan serta aplikasinya sedikit lebih rumit daripada cat biasa. Tetapi, sebelum sahabat memulai pekerjaan epoksi lantai garasi, kawan-kawan transkerja mesti memutuskan gaya epoksi mana yang mesti dipilih.

2. Penutup Lantai Garasi

Seumpama sobat memerlukan permukaan yang tahan berkenaan garasi, dibutuhkan produk yang dibikin khusus untuk lantai garasi. Ada tiga jenis dasar ubin lantai garasi adalah ubin plastik kaku, karet fleksibel serta ubin plastik, dan ubin kayu komposit.

Tidak ada teknik yang lebih gampang untuk menutupi lantai garasi sahabat selain dengan menggelar tikar. Tikar lantai garasi mempunyai beragam gaya, warna, serta bahan.

3. Perbaikan juga Persiapan Lantai Garasi

Noda oli bikin lantai garasi enggak enak diamati dan berantakan, namun mereka juga akan membawa dampak keadaan sulit dengan cat juga lapisan epoksi. Akhirnya, lapisan serta penutup lantai garasi itu enggak akan meredakan masalah kelembaban, cat juga epoxies tidak akan bertahan lama pada beton yang terlalu basah.

4. Isolasi Lantai Garasi

Kalau teman-teman memermak garasi teman-teman jadi ruang tamu, ataupun bahkan seumpama kawan-kawan cuma ingin bikin garasi sobat transkerja lebih nyaman di dalam cuaca dingin dan panas, sobat kudu mempertimbangkan isolasi pelat beton.

Untuk konversi garasi, menyiapkan lantai melibatkan lebih dari sekadar menambahkan sebagian isolasi juga memasang permukaan lantai akhir. Bilamana teman-teman berencana untuk melepas pintu garasi, sobat juga wajib mengisi pembukaan yang dikerjakan oleh langkah ini.

Pilihan Untuk Penutup Lantai Garasi Mobil

Lazimnya, desain garasi mobil bukanlah prioritas transenden pemilik rumah. Tapi memasang penutup lantai garasi kendaraan yang cermat dapat memberikan melimpah manfaat sebab dapat membebaskan sahabat dari perawatan dan kerusakan yang enggak wajib jika teman-teman transkerja memperlakukannya sama dengan lantai tempat tinggal biasa.

Sebelum memilih material penutup lantai garasi mobil, yang pertama-tama perlu kawan-kawan transkerja perhatikan yakni kualitas konstruksinya. 2 hal yang harus dipertimbangkan sebelum menetapkan penutup lantai garasi mobil teman-teman:

Berikut merupakan alternatif penutup lantai garasi mobil terbaik.

BETON

Lantai beton gak akan tampak jelek atau murahan seandainya dibersihkan dengan baik. Yang harus diperhatikan yakni kualitas pekerjaannya. Mesti untuk mampu membuat permukaan lantai yang rata, gak bergelombang.

Tetapi pelat beton yang terekspos tanpa pelapis sudah sejak dahulu kala dipakai sebagai lantai garasi karena tampilan beton sendiri sudah mencerminkan dominasi dan daya tahan. Untuk desain modern, tampilan beton asli jadi favorit untuk yang mengangkat gaya bangunan industrialis dan minimalis.

Gunakan beton gabungan yang mempunyai mutu cukup untuk membendung beban kendaraan, tak menggunakan beton dengan kualitas plesteran yang mempunyai rancangan yang buruk. Biarpun kuat, bercak dan noda senantiasa akan kelihatan apabila bahan yang cukup keras tumpah serta dibiarkan sebab beton punya porus maupun rongga kecil yang sedikit melimpah menyerap cairan. Resiko ini mampu dikurangi dengan menunggangi coating beton.

CAT

Cat dapat melindungi lantai beton dari noda juga bercak yang mampu terserap oleh lantai beton. Pastikan untuk memastikan cat dengan kualitas yang baik yang sungguh-sungguh sesuai untuk lantai garasi. Pemasangan jenis pelapis ini sungguh-sungguh sederhana. Sahabat transkerja cuma mesti membersihkan permukaan lantai beton. Sesudah lantai bersih juga kering, cat bisa langsung diaplikasikan.

Namun, tidak seperti epoksi, cat gak terlalu tahan lama. Warnanya lebih cepat memudar, juga karena umumnya lebih tipis, goresan bakal lebih gampang terlihat. Di sisi lain, cat bisa dengan gampang diaplikasikan ulang juga teman-teman bakal kembali memperoleh tampilan semacam baru.

UBIN

Pada pelapis jenis cat atau epoxy, kerataan arsitektur konstruksi lantai beton jadi faktor yang sungguh-sungguh penting. Pemakaian ubin kontributif kawan-kawan didalam menutupi lantai yang sebelumnya tidak rata dengan mudah.

Andaikata Berujar mengenai ubin, melimpah pilihan bahan yang mampu jadi alternatif dengan surplus dan kekurangan sendiri-sendiri. Ubin untuk lantai garasi yang paling tersohor adalah batu alam, keramik, juga juga granite tile.

Lantai garasi dengan ubin mendapati variasi warna serta pola yang sungguh-sungguh banyak dan bisa menyelaraskan pilihan pelapis dengan gaya bangunan atau interior rumah. Jangan lupa untuk memakai ketebalan yang sesuai untuk lantai garasi, tak samakan dengan lantai tempat tinggal biasa karena lantai untuk garasi kudu dipersiapkan untuk dapat menahan beban kendaraan.

EPOXY

Cat epoxy lantai mendapati daya tahan yang betul-betul baik tentang bahan kimia. Sampai-sampai lebih tahan bercak daripada lantai keramik, berkenaan oli atau pelumas. Apabila lantai kamu terkena cipratan ataupun tumpahan dari oli, sobat bakal dengan gampang membersihkannya sebab cat lantai ini tidak menyerapnya.

Cat epoxy lantai ini pula tampil tanpa nat yang rata-rata ada pada lantai keramik alhasil secara kebersihan menjadikannya opsi paling baik sebab tidak ditemukan celah untuk kotoran. Tapi demikian, untuk hasil yang optimal teman-teman mesti melakukan langkah-langkahnya dengan tepat.

VINYL dan KARET

Ada vinyl heavy duty yang juga pas sebagai lantai garasi. Lazimnya tampil dengan tekstur menyerupai plat bordes. Lapisan vinyl untuk garasi punya anti slip yang bagus untuk roda kendaraan dan mencegah sahabat transkerja terpeleset dari tumpahan oli. Material ini punya daya tahan yang tinggi dari korosi, gampang dibersihkan, dan tidak menyerap air.