Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar - Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda terapkan saat membuat surat lamaran kerja. Begini,  contoh surat lamaran kerja beserta cara membuatnya!

Ketika kita mulai belajar untuk bertanggung jawab dan juga belajar untuk menjadi pribadi yang mandiri. maka hal pertama yang akan terlintas dalam pikiran kita ialah mendapatkan pekerjaan. Realitanya begini kita hidup membutuhkan uang.

Cara membuat surat lamaran kerja, berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja, cara membuat aplikasi surat lamaran kerja dengan baik, cara membuat lamaran kerja,  begini contohnya, simak dengan baik, cara membuat aplikasi surat lamaran kerja dengan baik dan benar, cara membuat lamaran kerja
Walaupun uang memang bukan segalanya, tapi segala sesuatu yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan Uang. Seperti membeli makanan, minuman, pakaian, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Baca juga:

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang

Untuk mendapatkan uang maka kita harus menjalankan aktivitas yang membutuhkan usaha mental atau fisik demi memenuhi kebutuhan hidup, kita harus bekerja, entah itu kerja dengan jam per minggu menjadi waktu penuh atau paruh waktu, sementara, pekerjaan sambilan, musiman, wirausaha, konsultasi, atau menjadi buruh.

Kebanyakan orang saat ini lebih memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan ketimbang membuka lapangan pekerjaan.

Mengapa demikian?

Ada banyak alasan dalam situasi ini...

Alasan kenapa banyak orang memilih melamar kerja dibandingan membuka lapangan pekerjaan, kemungkinan besar karena tidak adanya modal, atau mungkin juga tidak mempunyai kemauan, tidak ingin mengambil resiko, atau bisa juga dikarenakan tidak memiliki keahlian khusus dalam hal berbisnis mandiri.

Apapun itu...

Melamar kerja dan bekerja diperusahaan bisa Anda jadikan sebagai sarana batu loncatan dalam mengembangkan karir dan menambah wawasan sekaligus, hasil dari anda bekerja diperusahaan lain bisa anda kumpulkan dan nantinya bisa anda jadikan sebagai modal untuk usaha dan membuka lapangan kerja.

Membuat lamaran Kerja

Berikut ini adalah beberapa contoh cara membuat surat lamaran kerja yang nantinya bisa anda gunakan untuk dikirimkan ke perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Gunakan contoh cara membuat surat lamaran kerja ini sebagai panduan saat menulis sendiri surat pengantar lamaran kerja Anda.

Cara membuat surat lamaran kerja Anda harus secara rinci sesuai dengan data diri Anda, dan kualifikasi tertentu untuk posisi dan keterampilan yang di inginkan pihak pemberi pekerjaan.

Apa yang harus di Sertakan dalam Surat Lamaran kerja Anda

Sama seperti dengan semua surat pengantar, isi dari cara membuat surat lamaran kerja ini ialah pengenalan yang merinci seperti: Posisi atau jabatan, membahas kualifikasi yang relevan, pendidikan serta informasi kontak dan penutupan.

Contoh surat lamaran kerja 1

Jakarta, Tanggal, Bulan, Tahun

Hal              : Lamaran Pekerjaan
Lampiran     : Satu Berkas
Kepada       : Yth. Bapak/Ibu Kepala Bagian HRD  ....
          Di Tempat


Dengan hormat
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                   :  .............
Tempat, tanggal lahir              :.............
Alamat                                  : .............
Pendidikan terakhir                : .............
Status                                    : .............
No HP                                  :  .............

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai ............. di perusahaan Bapak/Ibu. Sebagai bahan pertimbangan bersama surat ini saya lampirkan:

1.    Daftar riwayat hidup
2.    Fotocopy Ijazah pendidikan terakhir
3.    Fotokopi KTP
4.    Pas foto 4x6

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerja disini. Atas waktu dan perhatian yang bapak/ibu berikan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya
( ............... )


Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Jakarta, Tanggal, Bulan, Tahun

Kepada Yth,
HRD PT. .............
di Tempat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada website di internet, bahwa PT ..............   membutuhkan tenaga  kerja sebagai ............. , maka yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

Nama                           : .............
Alamat                          : .............
Tempat, Tanggal lahir     :.............
Pendidikan Akhir           : .............
Telepon (Hp)                 : .............
Email                             : .............
Status Pernikahan          : .............

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama ini, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya.

Besar harapan saya untuk dapat bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,
...................


Contoh Surat Lamaran kerja 3

Hal    :    Lamaran Pekerjaan                                                      Jakarta, Tanggal, Bulan, Tahun
Lamp    :    6 ( enam ) lembar

Kepada,            
Bapak / Ibu Pimpinan
H R D / Personalia Department
Di Tempat


Dengan Hormat,
Perkenankan nama saya ............. . Lulusan .............  di ............. .
Bersama ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan pada perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan antara lain :

1.    Daftar Riwayat Hidup
2.    Lampiran ijasah
3.    Lampiran Transkip Nilai
4.    Lampiran sertifikat
5.    Lampiran KTP
6.    Lampiran surat keterangan sehat

Besar harapan saya jika dapat turut memajukan Perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.


              Hormat Saya,
                .............


Contoh Surat Lamaran kerja 4

     Jakarta, Tanggal, Bulan, Tahun
Hal : Lamaran Pekerjaan.
Kepada Yth.
Bapak / Ibu Pimpinan (HRD)
PT. .............

Di
Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi yang memberitakan bahwa saat ini Perusahaan Bapak/Ibu Pimpin membutuhkan beberapa karyawan untuk di tempatkan di perusahaan Bapak/Ibu Pimpin. Dengan ini saya sangat tertarik dan berminat untuk ikut bergabung di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pada jabatan : .............

Saat ini saya berusia ............. tahun dan sudah menyelesaikan Ujian ............. , ............. .

Saya tidak memiliki ikatan kerja formal dengan perusahaan manapun, sehingga saya dapat bekerja secara maksimal pada perusahaan ini, baik dalam team maupun individual, dapat berkomunikasi dengan baik, jujur, bertanggung jawab dan saya juga menyukai tantangan dalam hal-hal yang baru.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu Pimpinan bersama dengan lamaran ini turut saya lampirkan:
1.    Surat lamaran Kerja               :  ............. Lembar
2.    Daftar Riwayat Hidup (CV)    :  ............. Lembar
3.    Photo copy Transkrip nilai       :  ............. Lembar
4.    Photo copy Surat Keterangan Tanda Lulus    :  ............. Lembar
5.    Photo copy KTP                       :  ............. Lembar
6.    Pas poto berwarna ukuran 4 x 6 :  ............. Lembar
7.    Photo copy Sertifikat                  :  ............. Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(............. )  


Contoh Surat Lamaran Kerja 5

Jakarta, Tanggal, Bulan, Tahun
Kepada Yth:
Bagian Personalia
Ditempat

Dengan Hormat,
Perkenalkan nama saya ............. telah menyelesaikan pendidikan ............. , Di ............., ............. dan ............. Jurusan ............. dengan IPK ............. .

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai ............. di .............  yang merupakan perusahaan .............. Saya mampu mengoperasikan komputer, menguasai Ms. Office, dan beberapa aplikasi multimedia sperti: Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, Adobe Illustrator, Adobe After Effects, dan Autodesk 3ds Max. Selain itu saya juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris Pasif.

Bersama dengan surat ini, saya lampirkan surat lamaran pekerjaan, surat Tanda Kelulusan, Transkip Nilai Semester............. , foto terbaru, ktp, dan Curiculum Vitae.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya sendiri.

Demikian Surat lamaran ini, dan terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya,
...................

--------------

Catatan: 
Contoh cara membuat surat lamaran kerja ini disediakan hanya untuk panduan. Anda harus membuat surat lamaran kerja yang sesuai dengan Anda dan korespondensi lainnya berdasarkan data pribadi Anda.

Perlu diingat saat membuat surat lamaran kerja, Anda harus membuatnya secara nyata tidak ada rekayasa, semua data yang anda buat haruslah sesuai dengan data diri anda.

Jangan berbohong saat membuat surat lamaran kerja, karena jika mereka melakukan pemeriksaan latar belakang menyeluruh, mereka akan mencari tahu tentang kebenaran surat lamaran kerja yang anda buat.

Mengapa Surat Lamaran kerja penting?

Surat lamaran pekerjaan menentukan apakah anda layak atau tidak untuk mengikuti wawancara tahap proses perekrutan. Hal ini sangat penting bahwa Anda mendapatkan hak mereka.

Kandidat harus fokus pada membuat sejumlah surat lamaran pekerjaan yang wajar dan cerdas, berwawasan dan luar biasa untuk perusahaan mereka, agar mereka memiliki alasan kuat menghadirkan anda menjadi salah salah satu bagian penting dari perusahaan mereka.

Jadi sebaiknya anda mengirimkan Surat lamaran pekerjaan yang menghasilkan kualitas daripada kuantitas.

Demikianlah kami bagikan beberapa surat lamaran kerja yang bisa dijadikan sebagai contoh saat membuat lamaran pekerjaan. Ini merupakan contoh surat lamaran kerja umum, dan bisa juga dijadikan sebagai contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Semoga dengan adanya contoh lamaran pekerjaan sederhana ini bisa membuat Anda semakin mudah untuk melamar kerja di pt sebagai karyawan. Amin...