Cara mengirim lamaran kerja lewat email - Bila Anda menggunakan email untuk melamar pekerjaan, penting bagi Anda untuk membuat semua komunikasi Anda seunik mungkin jika Anda mengirimkan resume dan surat lamaran ke perusahaan. Ini merupakan salah satu upaya Anda agar aplikasi pekerjaan Anda akan diperhatikan oleh manajer perekrutan, dibuka, dan dibaca.

Berikut ini transkerja.com akan membagikan info terbaru mengenai cara mengirim lamaran lewat email, ini merupakan saran tentang cara melamar pekerjaan melalui email termasuk setiap langkah dalam proses mendapatkan resume dan surat lamaran Anda siap untuk di kirim via email Anda.

Tips Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Tips terbaru cara mengirim lamaran lewat email, cara dan contoh mengirim surat lamaran kerja via email, cara mengirim lamaran lewat email di hp, contoh surat lamaran via email beserta lampirannya, cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar, contoh cv lewat email, cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar, contoh lamaran kerja via email lengkap, tata cara mengirim lamaran kerja via email, cara scan lamaran lewat hp, cara mengirim lamaran kerja via email lewat hp

Cara Mendapatkan Dokumen Siap Untuk Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Saat Anda mengirim surat lamaran dan resume sebagai lampiran email, langkah pertama adalah menyimpan resume dan surat Anda dalam format file yang benar.

Dokumen lamaran kerja yang akan ANda kirim harus dalam bentuk baik berupa PDF atau Dokumen Microsoft. Jika Anda memiliki perangkat lunak pengolah kata selain Microsoft Word, simpan resume Anda sebagai dokumen Word (.doc atau .docx). Klik pada menu File, lalu Save As, harus menjadi pilihan dalam program pengolah kata apapun yang anda gunakan.

Untuk menyimpan dokumen Anda sebagai PDF, tergantung pada perangkat lunak pengolah kata Anda, Anda mungkin bisa melakukan dengan cara pilih menu File, Print to Adobe PDF atau File, Save As, dan pilih opsi PDF.

Jika tidak, ada beberapa program yang bisa Anda gunakan untuk mengonversi file ke PDF. Menyimpan dokumen sebagai PDF membantu memastikan bahwa tidak ada kesalahan pemformatan akan muncul jika orang yang membuka dokumen memiliki sistem operasi yang berbeda dari Anda miliki sendiri.

Gunakan nama Anda sebagai nama file, jadi atasan tahu siapa resume dan surat pengantarnya, Misalnya; Jeny_Pratiwi_Resume.doc dan Surat_lamaran_Jeny_Pratiwi.doc.

Cara Menulis Sampul Email

Setelah Anda menyimpan resume dan surat lamaran Anda dan mereka siap untuk dikirim, langkah selanjutnya adalah menulis surat pengantar email untuk dikirim bersama dokumen Anda.

Anda bisa menulis surat lamaran Anda langsung di pesan email atau melampirkan salinan surat lamaran Anda. Either way, penting untuk mengikuti petunjuk dalam lowongan pekerjaan saat mengirim email surat lamaran dan resume Anda atau aplikasi Anda mungkin tidak dipertimbangkan.

Pertama, buka akun email anda. Kemudian klik Message di kiri atas layar atau klik File, New, Message.

Anda bisa mengetikkan surat lamaran Anda langsung ke pesan email, copy dan paste dari dokumen pengolah kata, atau jika perusahaan meminta lampiran, kirim surat lamaran Anda dengan pesan email.

Jadilah singkat dan to the point. Surat pengantar email Anda tidak boleh lebih dari dua atau tiga paragraf singkat. Begini cara menulis surat lamaran email. Simak dibawah ini;

Cara menulis surat lamaran lewat email dan contoh sampul lamaran kerja via email

Tips Terbaru Cara Mengirim Lamaran Lewat Email
Surat pengantar email adalah dokumen yang dikirim dengan resume Anda untuk memberikan informasi tambahan tentang keahlian Anda. Hal ini ditulis untuk memberikan informasi mengapa Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan yang Anda lamar dan untuk menjelaskan alasan minat Anda terhadap perusahaan.

Saat mengirim surat pengantar email, penting untuk mengikuti petunjuk dari majikanperusahaan yang sedang membuka lowongan kerja, tentang cara menyerahkan surat lamaran dan resume Anda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Anda perlu memastikan bahwa surat lamaran yang Anda kirim via email tertulis dan juga korespondensi lain yang Anda kirim, harus benar-benar sesuai.

Meskipun cepat dan mudah untuk mengirim email, itu tidak berarti bahwa Anda harus menulis sesuatu yang kurang dari surat lamaran kerja terperinci yang dipusatkan pada mengapa Anda cocok untuk pekerjaan yang Anda lamar.

Tip Mengirim Sampul Email untuk Melamar Pekerjaan

1. Mengirim Sampul Email sebagai Lampiran

Jika posting pekerjaan mengatakan untuk menyertakan surat lamaran dan resume Anda sebagai lampiran, lampirkan file Microsoft Word atau Adobe PDF ke pesan email Anda.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengirimkan resume dan surat lamaran Anda sebagai lampiran pada email.

Simpan file dengan nama Anda, sehingga tidak tercampuradukkan dengan materi pemohon lainnya.

2. Mengirim Sampul Email Tanpa Lampiran

Beberapa majikan tidak menerima keterikatan. Dalam kasus ini, tempel resume Anda ke dalam pesan email Anda.

Gunakan font sederhana dan hapus format mewahnya. Jangan gunakan HTML. Karena Anda tidak tahu apa program email yang digunakan perusahaan, jadi, yang sederhana adalah yang terbaik karena atasan mungkin tidak melihat pesan yang diformat dengan cara yang sama seperti Anda.

3. Jangan Lupakan Detail untuk Sampul Email Anda

Cara Menangani Sampul Email: Berikut adalah cara menangani surat pengantar yang dikirim dalam pesan email termasuk yang akan digunakan saat Anda memiliki kontak dan bagaimana mengatasinya jika tidak.

Baris Subjek Pesan Anda: Pastikan Anda mencantumkan posisi yang Anda lamar di Subject Line dari alamat email Anda, jadi atasannya jelas mengenai pekerjaan apa yang Anda lamar. Misalnya: Subject: Asisten Administrasi / Resepsionis - Jeny Pratiwi.

Sertakan Tanda Tangan Anda: Sertakan tanda tangan dengan informasi kontak Anda, termasuk nama, alamat, alamat email, dan nomor telepon sehingga mudah bagi manajer perekrutan untuk menghubungi Anda.

4. Periksa kembali surat Anda untuk ejaan dan tata bahasa

Pastikan Anda memeriksa ejaan dan memeriksa tata bahasa dan kapitalisasi Anda. Mereka sama pentingnya dengan surat pengantar email seperti dalam surat pengantar lamaran biasa.

5. Lakukan Tes, Kirim ke Email Anda Sendiri Terlebih Dahulu

Kirim pesan kepada diri Anda terlebih dahulu untuk menguji agar format dan lampiran bekerja. Jika semuanya terlihat bagus, silahkan kirim perusahaan yang ingin Anda lamar.

Cara Memasukkan Subjek Line dalam Pesan Email

Subject Line adalah salah satu bagian terpenting dari pesan email yang Anda kirim untuk melamar pekerjaan. Pastikan pesan email Anda menyertakan Subject Line yang menjelaskan kepada pembaca siapa diri Anda dan pekerjaan apa yang Anda lamar.

Tambahkan Subjek ke pesan email sebelum Anda mulai menuliskannya. Dengan begitu, Anda tidak akan lupa untuk memasukkannya setelah itu.

Contoh Sampul Email

Subject: Asisten Administrasi / Resepsionis - Jeny Pratiwi

Pesan email

Kepada Yth, HRD PT. ...
Baru-baru ini saya mendapat informasi bawah PT. ... sedang membuka lowongan kerja untuk posisi asisten administrasi / resepsionis. Saya percaya bahwa pengalaman lima tahun yang saya miliki dalam administrasi perkantoran, dapat dipertimbangkan sebagai kandidat ideal untuk peran ini.

Saat ini saya bekerja sebagai asisten administrasi di perusahaan XYZ, di mana saya telah menghabiskan lima tahun terakhir mengasah keterampilan ini.

Saya mahir menggunakan semua paket perangkat lunak administratif dan kolaborasi biasa, dari Microsoft Office dan SharePoint ke Google Documents dan Drive. Saya adalah pelajar yang cepat, dan fleksibel, sambil selalu menjaga keceriaan yang Anda inginkan dari orang pertama yang dilihat pengunjung saat mereka berinteraksi dengan perusahaan.

Saya telah melampirkan resume saya, dan besar harapan saya memperoleh kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu, agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Signature

Cara Menambahkan Signature ke Pesan Email

Penting untuk menyertakan tanda tangan email dengan informasi kontak Anda, jadi mudah bagi perusahaan untuk menghubungi Anda. Sertakan nama lengkap Anda, alamat email Anda, dan nomor telepon Anda di tanda tangan email Anda, sehingga manajer perekrutan dapat melihat sekilas bagaimana menghubungi Anda.

Untuk menambahkan signature Anda ke pesan email Anda, klik File, Insert, Signature jika Anda memiliki tanda tangan yang Anda gunakan untuk mencari pekerjaan. Jika Anda belum membuat tanda tangan email, ketikkan informasi kontak Anda (nama, alamat email, telepon) di bagian bawah pesan Anda.

Contoh Signature Email

Lihat berbagai Signature email di bawah ini. Semua ini akan sesuai untuk digunakan saat mencari kerja.

Bila menggunakan contoh-contoh ini, pastikan untuk mengubah informasi apapun sehingga sesuai dengan keadaan pribadi Anda.

Contoh Signature email
Nama depan Nama Belakang
Alamat email
Telepon
Telepon selular

Contoh Email Signature Dengan Alamat Lengkap dan Informasi Ketenagakerjaan
Nama depan Nama Belakang
Direktur Pemasaran, XYZ Company
jalan Kota, Negara Bagian, Zip
Alamat email
Telepon
Telepon selular

Contoh Email Signature Dengan LinkedIn
Nama depan Nama Belakang
Alamat email
Telepon
Telepon selular
Profil LinkedIn (Opsional)

Contoh Email Signature Dengan Twitter
Nama depan Nama Belakang
Alamat email
Telepon
Telepon selular
Profil LinkedIn (Opsional)
Akun Twitter (Opsional)

Cara Mengatur Tanda Tangan Email Anda

Setiap server email memiliki berbagai langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatur tanda tangan email Anda. Biasanya Anda bisa mengklik "Settings" di akun Anda, dan menemukan tab yang memberitahu Anda bagaimana dan di mana menambahkan tanda tangan.

Setelah Anda menambahkan tanda tangan, ini secara otomatis akan ditambahkan ke semua pesan keluar Anda. Ini berarti Anda tidak benar-benar harus menulis dalam tanda tangan setiap kali Anda mengirim email - maka secara otomatis akan ditambahkan ke akhir email Anda.

Etiket Melamar Kerja Melalui Email

Etiket melamar kerja melalui email, termasuk apa yang harus ditulis di email pencarian kerja Anda, bagaimana memformat email Anda, bagaimana memastikan pesan email Anda dibaca, dan contoh pesan email pencarian kerja.

Cara Melampirkan Surat Resume dan Cover ke Pesan Email

Setelah pesan email Anda siap dikirim, Anda perlu melampirkan resume dan surat lamaran Anda ke pesan Anda. Klik Insert, Lampirkan File. Microsoft Outlook akan menampilkan daftar file dalam folder file default di komputer Anda. Jika file Anda disimpan dalam folder yang berbeda, klik pada folder yang sesuai.

Klik untuk memilih file yang ingin Anda tambahkan ke pesan email Anda, klik Insert untuk melampirkan dokumen ke pesan email Anda.

Di Gmail, klik gambar penjepit kertas untuk menambahkan dokumen Anda ke pesan.

Cara Mengirim Pesan Lamaran Kerja

Sebelum Anda mengklik kirim, pastikan untuk mengoreksi email Anda untuk tata bahasa dan ejaan. Periksa untuk memastikan bahwa Anda telah menambahkan subjek dan tanda tangan "Signature" Anda ke pesan.

Kemudian kirimkan pesan tes kepada diri Anda untuk memastikan semua lampiran berhasil masuk, dan pesan email Anda sempurna.

Akhirnya, kirimkan salinan pesan itu kepada Anda sendiri, juga ke perusahaan itu, jadi Anda memiliki salinan untuk catatan Anda. Tambahkan diri Anda sebagai Bcc (blind carbon copy) dengan mengklik Bcc dan menambahkan alamat email Anda.

Kemudian klik Send, dan surat lamaran dan resume Anda akan masuk ke perusahaan.

Mendaftarkan diri di situs online pencarian kerja

Selain melamar pekerjaan melalui email, kemungkinan besar Anda juga harus melamar pekerjaan secara online langsung. Banyak pengusaha, terutama perusahaan besar, menggunakan sistem pelacakan pemohon (juga dikenal sebagai sistem manajemen talenta) untuk melacak dan mengelola aplikasi pekerjaan.

Berikut adalah cara melamar pekerjaan secara online, termasuk saran agar resume Anda siap diunggah, pertama; Mengumpulkan informasi, termasuk riwayat pekerjaan yang terperinci. Anda perlu melengkapi aplikasi pekerjaan online, formulir lamaran kerja, memilih situs pekerjaan untuk digunakan, membuat akun di situs pencari pekerjaan, atau melamar pekerjaan langsung di situs web perusahaan.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Tips Terbaru Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email