Jika Anda mengirim surat lamaran kerja menggunakan email untuk keperluan melamar pekerjaan, penting bahwa semua komunikasi Anda haruslah secara profesional karena mereka akan memeriksa semua kelengkapan surat lamaran yang Anda kirimkan melalui email. Berikut beberapa saran tentang cara untuk melamar pekerjaan via email yang sederhana.

Langkah pertama, sebelum mengirim lamaran kerja melalui email, Anda harus menemukan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria Anda. Setelah Anda menemukannya, baca dan pahami semua peryaratan yang diperlukan, lalu tanyakan pada diri Anda apakah semua persyaratan yang diperlukan sesuai dengan kriteria Anda? Jika.. ya... maka sekarang lanjut ke step berikutnya;
Cara Sederhana Mengirim Surat Lamaran Kerja via E-mail

Menulis Surat Lamaran via Email

Setelah Anda menemukan informasi lowongan yang sesuai dengan kriteria Anda, langkah berikutnya adalah menulis surat lamaran untuk dikirim bersama dengan dokumen Anda.

Hal terpenting saat menulis surat lamaran via email adalah Anda harus mengikuti arah di posting lowongan pekerjaan ketika mengirim email surat lamaran dan resume atau aplikasi Anda mungkin tidak akan dipertimbangkan.

Sebagai contoh; sebuah perusahaan ternama di indonesia sedang membuka peluang lowongan kerja terbaru dan Anda berminat melamar keja diperusahaan tersebut, sahabat transkerja.com coba perhatikan Kutipan persyaratan lowongan kerja Operator Manufacturing ini.

OPERATOR MANUFACTURING
A. Kriteria Umum :
Usia 18-20 tahun
Belum pernah menikah
Pendidikan : SMU/ SMK diutamakan jurusan Mesin / Otomotif / Listrik / Elektro.
Dengan nilai raport rata-rata 6
Lulusan 3 tahun terakhir dan tidak sedang menjalani perkuliahan

B. Kriteria Fisik :
Tinggi badan laki-laki min.160 & wanita min. 158cm, dengan berat badan ideal
Tidak memiliki kelainan mata (minus/plus/butawarna)
Pria : rambut rapi (maksimal panjang rambut 2 cm), Wanita : rambut rapi
Pria & Wanita : tidak bertato & tindik di telinga (khusus wanita : tindik >1 pasang)
Memiliki semua bagian tubuh lengkap (tidak ada cacat tubuh)

C. Kriteria Sikap & Perilaku :
Memiliki semangat untuk bekerja, mau belajar, mampu bekerja di bawah tekanan, bersedia untuk bekerja lembur dan atau shift , sopan, jujur, tidak emosional .Tidak pernah terlibat narkoba, minuman keras, tindak kriminal, dan asusila 

Setelah Anda membaca semua persyaratan yang di inginkan oleh perusahaan, sekarang saatnya menulis permohonan lamaran keja yang relevan dengan persyaratan di atas dan sesuai dengan kriteria Anda.

Contoh menulis permohonan lamaran kerja yang relevan dengan persyaratan diatas;

Kepada Yth, HRD PT. ...

Melalui email ini, saya bermaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan sebagai Operator Manufacturing di PT. ....

Saya berusia 19 tahun dan belum menikah, latar belakang pendidikan SMK jurusan Mesin Otomotif. Tinggi badan 170 cm, dengan berat badan 63 Kg, sehat jasmani dan rohani  (tidak minus/plus/butawarna, tidak bertato & tindik di telinga, tidak ada cacat tubuh).

Saya sangat senang mempelajari hal-hal baru, dan bersedia bekerja di bawah tekanan dengan penuh semangat kerja. Saya selalu berusaha bekerja dengan jujur, sopan dan tidak emosional. Tidak pernah terlibat kasus narkoba, minuman keras, tindak kriminal, dan asusila.

Bersamaan dengan email ini, saya lampirkan dokumen pendukung lainnya yang saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.
Hormat saya,
...................

Penting: Anda harus membuat email lamaran dengan benar dan relevan, dan harus nyata sesuai dengan kriteria Anda. Jangan berbohong atau melebih-lebihkan kemampuan Anda, karena semua itu akan percuma dan membuat Anda tidak diterima bekerja di perusahaan yang Anda inginkan.

Langkah selanjutnya,

Menyiapkan Dokumen untuk melamar pekerjaan via email

Ketika Anda mengirim surat pengantar dan resume sebagai lampiran email, Anda harus menyimpan resume dan surat dalam format file yang tepat.

Dokumen Anda harus dikirim baik sebagai PDF atau Dokumen Microsoft. Jika Anda memiliki perangkat lunak pengolah kata selain Microsoft Word menyimpan resume Anda sebagai dokumen Word (.doc atau .docx). Save As File, harus menjadi pilihan dalam dokumen Word apapun program pengolah kata yang Anda gunakan.

Untuk menyimpan dokumen Anda sebagai PDF, tergantung pada perangkat lunak pengolah kata Anda. Jika tidak ada program yang dapat digunakan untuk mengkonversi file ke PDF anda dapat mencari tools online converter Word to PDF di google.com.

Menyimpan dokumen sebagai PDF membantu memastikan bahwa tidak ada kesalahan format yang akan muncul jika orang memiliki sistem operasi yang berbeda dari Anda sendiri saat membuka dokumen.

Gunakan nama Anda sebagai nama file, sehingga majikan tahu resume dan surat lamaran milik Anda. Contoh: Frank-Einstein-Surat-Lamaran-Kerja-dan-CV.docx.

Pelajari "cara membuat surat lamaran kerja dan CV dalam satu lampiran".

Tahap selanjutnya,

Pertama, buka akun email Anda. Kemudian klik pada tombol berwarna merah dengan teks "Tulis" di kiri atas, perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Sederhana Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email yang Baik dan Benar
Anda dapat mengetik surat lamaran Anda langsung ke pesan email, copy dan paste dari dokumen pengolah kata, atau, jika perusahaan meminta lampiran, kirim surat lamaran Anda dengan pesan email. Contoh:
Cara Sederhana Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email
Setelah pesan email Anda siap tekan pada tombol kirim.

Sekarang Anda hanya tinggal menunggu dan berdo'a, juga mencari lowongan kerja yang lainnya yang sesuai dengan kriteria Anda. Ini salah satu keuntungan mengirim lamaran kerja via email karena tidak mebutuhkan banyak biaya, jika dibandingkan dengan melamar kerja menggunakan metode konvensional.

Saran Bacaan:
- Contoh Surat Lamaran Kerja Umum
- Membuat Lamaran Kerja di Hp Android Tanpa Scan
- Cara Mudah Mengecilkan Dokumen Word Jadi 400Kb


Sedang Trends Terkait: Cara Sederhana Mengirim Surat Lamaran Kerja via E-mail

Advertisement