Resep Opor Daging Ayam Gurih yang Gampang

Siapa yang gak kenal dengan hidangan legendaris ini? dalam kuah gurihnya resep opor ayam terkandung memori berkenaan perayaan juga cerita terhadap kampung halaman. Masing-masing daerah di Indonesia boleh menjadi punya menu andalan dan cita rasanya tersendiri. tapi, untuk urusan opor ayam, hampir semuanya sepakat bahwasanya rahasia kenikmatannya yaitu bumbu opor ayam yang komposisinya pas, merupakan kombinasi antara bumbu halus dengan bumbu rempah yang bikin rasa opor ayam kuning terasa medok.


Resep opor ayam lazimnya tidak berdiri sendiri. Daerah Sumatera umumnya menghidangkan opor ayam ekuivalen dengan telur balado, rendang, dan keripik pedas. Daerah Jakarta serta Jawa Barat memahami opor ayam sebagai menu sarapan yang dikombinasikan dengan ketupat juga sayur labu. Ada pula Jogja yang identik dengan gudeg-nya, menghidangkan opor ayam sebagai menu pelengkap didalam porsi nasi gudeg juga sambal krecek.


Jadi tidak sekadar untuk perayaan saja, bukan? Opor ayam betul disajikan di berbagai macam suasana. Untuk makanan sehari-hari di tempat tinggal hingga pastinya saat Idul Fitri atau Idul Adha. Padukan dengan beraneka macam hidangan lainnya untuk profesionalisme bersantap yang paripurna.


Kalau lupa dengan cara bikinnya sebab jarang memasak, kawan-kawan mampu menyimak resep opor ayam di bawah ini.


Opor Ayam Gurih

Bahan:
- 1 kg daging ayam, potong-potong
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serei
- Kayu manis sedikit
- 1 cm lengkuas
- Fiber cream

Bumbu halus:
- 1/2 sdt merica bulat
- 2 cm jahe
- 2 cm kunyit
- 1 sdm ketumbar gongseng
- Jintan sendikit
- Garam
- Gula

Cara memasak:
- Ayam yang sudah bersih dikasih jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Lalu direbus sebentar aja agar tidak amis. Buang airnya, goreng sebentar, sisihkan.
- Uleg bumbu halus, tumis bumbu halus dan bumbu lainnya dengan sedikit minyak goreng.
- Setelah wangi masukan santan, aduk-aduk agar santan tak pecah.
- Masukan ayam yang sudah digoreng sebentar,koreksi rasa.
- Tunggu sampai bumbu meresap dalam daging dan matang.
- Angkat dan tabur dengan bawang goreng.