Resep Opor Ayam Tanpa Santan Tanpa Minyak Rasanya Emang Juara!

Indonesia sungguh terkenal dengan pelbagai sajian masakan yang nikmat dan menggugah selera. satu di antara makanan yang tersohor yakni opor ayam. malahan makanan khas Indonesia ini sesekali dihidangkan di dalam acara-acara tertentu. Makanan yang identik dengan kuah santan ini benar-benar memiliki cita rasa yang nikmat dan gurih. Takaran kuah santan juga bumbu yang diterapkan pun berbeda-beda. menjadi makanan yang dapat dijabarkan hampir semua daerah mempunyai ciri khas sendiri ini.


Ayam ialah komponen baku dari masakan ini, bersama dengan itu ada kuah santan kental yang sanggup dilalui dari perasan kelapa langsung atau dapat memanfaatkan santan instan. dan pastinya rempah-rempah yang menjadi bumbu utama, menimbulkan rasa yang enak juga penyajiannya lebih menggoda. malahan masakan ini jadi primadona tatkala lebaran yang umumnya disantap memakai ketupat atau lontong dan juga sambal goreng ati.


Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera tetapi takaran bahan dan bumbunya kudu pas. Nah untuk kawan-kawan yang sedang kepingin mengolah opor ayam maupun mencoba memasaknya di rumah, tetapi belum tahu tekniknya pengolahannya, berikut ini resep opor ayam praktis enak serta gurih.


Opor Tanpa Santan Tanpa Minyak

Bahan:
- 500 gr ayam
- 10 butir telur puyuh
- 10 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 4 butir kemiri
- 1/2 jinten
- 1 batang serai
- 4 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas jari kunyit
- 2 balok gula merah
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt lada bubuk
- 2 sdm lemon
- 2 liter air
- Garam secukupnya
- Kaldu jamur

Cara memasak:
- Potong bersih ayam sesuai selera, beri lemon supaya tidak amis.
- Haluskan semua bumbu kecuali daun salam daun jeruk dan serai.
- Tumis dengan sedikit air bumbu halus sampai harum masukkan daun salam daun jeruk serai hingga layu.
- Tambahkan lagi sedikit air biar tidak gosong, masukkan gula merah dan ayam.
- Aduk-aduk sampai merata dan ayam berubah warna dan kering.
- Masukkan telur puyuh dan air, ungkep tambahkan lada, garam, gula pasir kaldu jamur. Masak hingga kental cek rasa dan agak menyusut.
- Angkat sajikan.