Cara Mematikan Lampu Abs Pada Mobil

Cara Mematikan Lampu Abs Pada Mobil - Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif mendatangkan segi positif dari sisi fitur keselamatan. Mendekati semua mobil yang ada sekarang ini menggunakan fitur rem ABS. ABS merupakan akronim Anti-…

Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif mendatangkan segi positif dari sisi fitur keselamatan. Mendekati semua mobil yang ada sekarang ini menggunakan fitur rem ABS.


ABS merupakan akronim Anti-lock Brake System. Saat mobil mempunyai rem ABS, pada ada lampu khusus di bagian panel indikator. Akan tetapi nyatanya ada dilema yang dapat menunjukkan sewaktu lampu ABS menyala. Sememangnya bagaimana cara mematikan lampu ABS pada mobil?


Teknologi ABS betul-betul berguna untuk melihara sistem pengereman biar tak terkunci sewaktu sobat mengerem secara mendadak. Niscaya saja bila ban kamu terkunci, maka mobil bisa kehilangan kendali. Bahaya inilah yang dihindari berkat rem ABS. 


Kala rem ABS bekerja, maka lampu khusus yang terdapat dari panel indikator akan menyala. Tapi sewaktu lampu indikator ABS menyala secara terus menerus, maka dapat saja ada persoalan lain. Untuk tahu cara mematikan lampu ABS, simak penjelasannya di bawah ini.


Penyebab Lampu ABS Menyala


Ada sejumlah penyebab lampu ABS menyala secara terus menerus. Dimulai dari:

  1. Minyak rem mobil berkurang maupun rendah.
  2. Unit kontrol menghadapi dilema
  3. Pengecekan pada bagian bohlam standar
  4. Speed sensor bermasalah
  5. Masalah kabel dalam sistem mesin
  6. Kerusakan atau kegagalan dalam pemompaan
  7. Kerusakan pada bagian solenoid

Menanggapi perincian di atas, udah nyata kalau cukup berlimpah penyebab dari keadaan sulit ini. Udah sewajarnya lampu indikator menyala ketika sistem ini bekerja. Bahwasanya udah menyala terus menerus padahal kawan-kawan Transkerja sedang gak menginjak pedal rem atau malahan saat mobil baru dihidupkan tetapi masih terus menyala, berarti sesungguhnya ada problem lain.


Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil


Sekarang teman-teman Transkerja perlu tahu metode mematikan lampu ABS pada mobil yang menyala secara terus menerus. Sungguh sanggup saja dilema di atas muncul karena beberapa persoalan.


1. Cek Sensor Lampu ABS


Pertama, sobat Transkerja bisa mengecek bagian sensor lampu sistem ABS. Di mana letak dari sensor ABS? Sesungguhnya ada pada bagian roda dari kendaraan bermotor. Kawan-kawan dapat mengecek kabel yang dekat dengan roda depan. Apakah kabel tersebut mempunyai permukaan yang rusak atau tidak. 


Masalahnya yaitu kerja sensor juga mendeteksi saat brake pads udah mulai tipis. Jadinya permukaan minyak rem bakal turun secara otomatis. Inilah yang memproduksi lampu ABS menjadi menyala.


2. Bersihkan Throttle Body


Cara kedua ialah membersihkan throttle body. Kawan-kawan dapat membuka selang saluran udara yang mendatangi ke bagian mesin mobil. Berikan semprotan pembersih yang udah berlimpah terjual di toko onderdil mobil. Ingat, pembersih yang digunakan betul-betul khusus untuk urusan mobil, bukan pembersih perabotan ataupun lainnya. 


Dampak pertama yang terasa selepas memberikan semprotan pembersih ialah mesin menjadi batuk-batuk. Tapi kejadian ini tidak bakal berlangsung lama. Andaikata mesin udah normal, maka aliran udara yang kedapatan di dalam throttle body menjadi bersih. 


3. Bawa ke Bengkel Resmi


Bagaimana apabila selalu menyala? Teknik terakhir yang bisa sahabat Transkerja tunaikan untuk mengendalikan permasalahan ini yakni membawa mobil ke bengkel resmi. Niscaya saja bukan bengkel sembarangan.


Apa Bahaya andaikata lampu indikator ABS menyala?


Pada sejumlah keadaan tidak jarang lampu indikator ABS terus ataupun tiba-tiba menyala saat mobil sedang melaju. Nah, itu lazimnya menandakan ada yang gak beres pada sistem pengereman mobil.


Indikator rem ABS nyala artinya dapat macam-macam, bisa menjadi nyala sebab level olinya (cairan rem) udah turun ataupun terlalu rendah. Keadaan itu pasti menyandang potensi bahaya.


Satu di antara teknik mendeteksi kerusakan yang terbentuk, yaitu menggunakan alat khusus semacam diag yang tampil pada bengkel resmi. Oleh sebab itu, bila udah dalam situasi semacam itu, selayaknya segera bawa mobil tersebut ke bengkel resmi.


Jika keadaan nyalanya indikator ABS terus dibiarkan juga gak segera diperiksa, dikhawatirkan berpengaruh pada sistem pengereman yang jadi tak maksimal, terburuknya dapat saja situasi itu mencetuskan kejadian kecelakaan.


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement