Evaporator AC Mobil Bocor Penyebab Adalah

Kerusakan pada evaporator AC mobil acap kali terbentuk terutama pada kendaraan yang udah berumur. Rusaknya Evaporator terjadi pada bagian kisi-kisinya yang menghadapi bocor. Kenapa evaporator AC mobil bocor? Berikut ini penjelasan mengenai penyebab evaporator AC mobil bocor.

Penyebab Evaporator AC Mobil Bocor

Evaporator yang bocor walau cuma setitik kecil saja nyatanya memiliki risiko yang besar. Sayangnya, masih melimpah yang tidak mengetahui mengapa Evaporator dapat bocor. Penyebab evaporator AC mobil bocor yang paling lazim sebab minimnya perawatan.

Pemeliharaan sistem AC mobil itu berharga untuk menentukan komponen bekerja sebagaimana mestinya. Evaporator yang bocor lazimnya disebabkan dari kotoran yang menumpuk konsekuensi malas untuk dibersihkan atau diservis.

Kondisi pendingin ruang kabin maupun AC mobil juga enggak luput dari kerusakan. Bagian yang benar-benar rawan mendapati kerusakan yaitu evaporator menghadapi bocor, alhasil mengakibatkan AC kendaraan tidak dingin.

AC mobil yang benar-benar jarang diservis dapat mengakibatkan kotoran berlimpah menumpuk di bagian kisi-kisi evaporator.

Kotoran yang terlalu lama melekat menyebabkan korosi atau karat yang menggerogoti bagian kisi-kisi yang dilewati refrigeran atau freon.

Memang kala ini udah banyak mobil yang memakai filter kabin. Akan tetapi itu bukan jaminan mutlak kalau evaporator tak kotor. Selain itu, faktor lainnya yaitu penggunaan mobil yang kerap kali membuka kaca mobil tapi AC masih menyala.

Kotoran dari jalanan bakal masuk ke kabin juga terisap ke ruang blower dan hal ini pula jadi penyebab kotoran yang semakin cepat menumpuk.

Untuk hal lainnya umumnya umur evaporator udah sangat lama menjadi wajar bila butuh penggantian dengan komponen baru.

Apakah evaporator dapat diperbaiki?

Manakala evaporator AC mobil bocor seharusnya diperbaiki atau di ganti dengan yang baru? Apakah evaporator AC dapat diperbaiki?

Evaporator yang bocor walau cuma sedikit dapat memicu refrigeran ataupun biasa disebut freon bakal berkurang. Alhasil, embusan angin AC bakal terasa kurang dingin.

Sebaiknya, untuk mengatasi evaporator AC mobil yang bocor walau cuma sedikit dianjurkan ganti baru. Walau perbaikan evaporator AC mobil bocor mampu diperbaiki dengan teknik di las aluminium. Tetapi karena dipanaskan maka bakal mengakibatkan bagian lain bakal mengalami bocor juga.

Hal ini karena saat bagian yang bocor dipanaskan untuk ditambal, bagian di sampingnya akan berubah konstruksi bahannya. Menjadi saat dilantaskan tekanan secara terus menerus dapat mengakibatkan bolong di bagian lainnya.

Biasanya bahan almunium evaporator yang sudah berumur jadi ringkih dan mudah bocor, menjadi saran lebih baiknya ganti baru saja. Evaporator yang diservis bakal bertahan enggak lebih dari 1 tahun atau bahkan sanggup lebih cepat bahwa las penambalnya tidak bagus.

Akan lebih baik bila evaporator AC kendaraan diganti dengan produk asli maupun dari merek yang terpecaya. Andaikata pakai merek enggak pasti dengan harga yang tepat guna pasti umurnya juga enggak lama.

Apakah Ada Cara Memperbaiki Evaporator yang Bocor?

Seperti yang di jelaskan pada ulasan di atas, evaporator AC mobil yang bocor bisa di perbaiki. Cara memperbaiki evaporator AC mobil bocor yaitu dengan teknik las aluminium. Tetapi evaporator AC mobil bocor tak bisa awet selepas dilas memakai las aluminium.

Pada kebanyakan kasus, AC mobil bocor adalah faktor usia, sejumlah tempat yang kerap berlangsung bocor yakni evaporator, sambungan pipa, slang fleksibel, kondensor, service valve maupun pentil ac.

Bocor pada evaporator AC mobil sebaiknya harus diganti dengan yang baru. AC bocor pada kondensor dan evaporator, penangananya sama dengan kebocoran pada pipa, yakni mengelas bagian yang bocor dengan las aluminium, apabila hal ini tak memungkinkan sebab sudah keropos, maka evaporator juga kondensor yang bocor kudu diganti dengan yang baru.

Evaporator AC Mobil Bocor Penyebab Adalah

Daftar Harga Evaporator AC Mobil

  • Evaporator AC Mobil Toyota Corolla Twincam ASLI DENSO Rp650.000
  • Evaporator Cooling AC Mobil Nissan Grand Livina Original Denso Rp395.000
  • EVAPORATOR EVAP AC Mobil Captiva Original Denso Cool Gear Rp450.000
  • Evaporator AC MOBIL Chevrolet Captiva DENSO COOL GEAR Rp450.000
  • Evaporator Ac Mobil Untuk Aerio Original Denso part 7320 Rp865.000
  • EVAPORATOR AC Mobil Captiva Original Denso Cool Gear Rp450.000
  • Evaporator Ac Mobil HONDA HRV JAZZ Denso Cool Gear Original Rp485.000
  • Evaporator Ac Mobil Honda Jazz Lama Original Denso Rp895.000
  • Evaporator AC Mobil Honda Freed MOBILIO BRIO Denso ORIGINAL Rp715.000
  • Evaporator Cooling AC Mobil Belakang Toyota Fortuner ORIGINAL DENSO Rp540.000

Ciri Evaporator AC Mobil Bocor

Dengan memahami apa saja akibat evaporator AC mobil bocor. Pastinya kalian tidak ingin mengalaminya? Untuk mengantisipasi hal ini terjadi. Berikut adalah tanda evaporator AC mobil bocor.

Tanda Tanda atau Ciri Ciri Evaporator AC Bocor

  1. Bagian kisi-kisi yang terlihat pada seluruh ruangan mobil tidak memiliki hembusan angin segar atau hanya keluar hembusan sedikit.
  2. Atau juga hembusan angin yang keluar dari kisi-kisi terasa panas/hangat.
  3. Kondisi freon AC mobil yang cepat habis padahal baru saja di ganti.
  4. Terciumnya bau freon di dalam kabin mobil.

Evaporator AC mobil jika minim perawatan, maka umur masa pakainya cuma bisa bertahan selama 2 tahun. Untuk itulah setidaknya dalam jangka waktu 6 bulan sekali, mesti melakukan perawatan agar kondisinya selalu maksimal.

Namun apabila ada masalah pada evaporator AC mobil bocor serta sedang memeriksa info terkait metode mengatasi juga memperbaikinya. Berikut cara memperbaiki serta mengatasi evaporator AC mobil yang bocor.

Evaporator AC kendaraan terbuat dari bahan alumunium dan memiliki sirip-sirip. Sirip-sirip ini akan bekerja untuk menyerap hawa panas dan perlahan akan didinginkan oleh udara. Lazimnya evaporator AC kendaraan bocor terjadi pada bagian sirip-sirip tersebut.

Untuk menanganinya, bisa dengan las khusus evaporator serta las bagian yang bocor maka bocornya evaporator pun bakal bisa ditangani. Akan tetapi wajib diingat, ini cuma bertahan beberapa saat dan bocor masih bakal mampu terjadi.

Solusi jempolan untuk menanggulangi evaporator AC kendaraan yang bocor. Adalah dengan  melakukan penggantian evaporator dengan yang baru. Dengan metode inilah, konsekuensi bocornya evaporator akan dapat kalian hilangkan dengan sempurna.

Ciri Evaporator AC Mobil Kotor

Pemilik mobil mesti tahu. Ini akibatnya andaikan evaporator AC mobil kotor.

AC mobil harus bekerja dengan baik serta memberikan udara sejuk di kabin mobil. Evaporator yang ditumpuki berlimpah kotoran udah pasti bikin AC mobil kurang dingin.

Hal ini diakibatkan embusan udara gak bisa masuk ke kisi-kisi evaporator dengan baik. Evaporator yang mulai kotor itu tandanya, kabin akan terasa kurang dingin.

Udara dari blower enggak bisa menembus evaporator dengan baik hasil tertutup kotoran yang sudah sangat banyak. Selain kurang dingin, tanda evaporator yang kotor ialah muncul udara tidak sedap dari AC mobil.

Bau apek yang tercium disebabkan endapan kotoran di evaporator yang udah mengendap lama. Evaporator yang kotor sangat bisa terbentuk jika AC mobil jarang diservis juga dibersihkan.

Evaporator merupakan komponen AC mobil yang sebenarnya akan kotor seiring dengan waktu. Juga ketika udah kotor, maka AC mobil akan terasa bau dan dapat mengangkat kuman penyakit. Oleh karena itu, amat berguna untuk melihara evaporator kendaraan kamu selalu bersih.

Adapun teknik yang mampu dilancarkan untuk menghasilkan evaporator mobil tetap bersih adalah:

  1. Melakukan cuci evaporator secara periodik
  2. Melakukan pemeriksaan evaporator secara periodik, dan
  3. Mengganti evaporator AC mobil ketika udah mulai rusak.

Ada ciri yang menandakan evaporator AC mobil kawan-kawan sedang kotor. Adapun sejumlah ciri tersebut antara lain ialah AC mobil mengeluarkan bau gak sedap pada saat dinyalakan, dan AC kendaraan kurang dingin dan hanya keluar angin.

Penyebab Evaporator AC Mobil Berlendir

Evaporator AC kendaraan adalah bagian yang cukup bermanfaat bagi performa AC di kendaraan sobat transkerja. Seumpama komponen ini dibiarkan hingga kotor sampai-sampai sampai berlendir, maka AC mobil jadi terasa panas dan tercium bau apek.

Evaporator adalah elemen yang tersambung dengan AC bagi kendaraan teman-teman transkerja. Bila komponen ini menghadapi masalah, maka dapat dipastikan AC kendaraan juga bakal bermasalah. Satu diantaranya AC yang terasa gak dingin malahan hanya keluar angin saja serta tercium bau yang gak sedap.

Padahal disatu sisi fungsi AC alias Air Conditioner pada suatu mobil cukup penting. Di kala cuaca panas, maka AC bakal memicu temperatur kabin lebih sejuk walhasil berkendara juga semakin nyaman. Sebaliknya pada saat cuaca di luar ujan, maka AC juga mampu berfungsi untuk membendung munculnya embun di kaca untuk melindungi pandangan dalam berkendara.

Meskipun tugasnya penting, sayangnya evaporator AC mobil bersifat terbuka walhasil debu dan kotoran dapat dengan gampang ikut terhisap komponen ini. Bilamana lama kelamaan kualifikasi tersebut dibiarkan, maka bakal mengakibatkan evaporator menjadi kotor sampai-sampai sampai berlendir. Ketika musim hujan semacam saat ini pula kenyataannya ikut berpengaruh pada evaporator mobil. Keadaan udara yang lembab bakal mengakibatkan evaporator jadi berlendir hingga keropos dan mengalami kebocoran.

Manakala evaporator kotor maka dapat menimbulkan bau pada AC mobil. Selain itu, keadaan AC yang bau sewaktu mengenai pewangi mobil yang berbahan parafin juga bisa menambah timbulnya bau apek. Pada musim hujan kayak sekarang, evaporator juga jadi lembab setelah itu berlendir hingga menyebabkan korosi lalu timbul kebocoran.

Idealnya evaporator mobil dibersihkan setiap 2-3 bulan sekali ataupun 20.000 Km. Akan tetapi disarankan untuk melakukan pembersihan evaporator sebulan sekali untuk menangkal bakteri juga virus yang menempel. Seumpama dapat sekaligus disemprotkan desinfektan supaya terbebas dari kotoran ataupun virus alhasil udara yang dihirup juga bersih serta sehat.

Letak Evaporator AC Mobil

AC kendaraan memiliki berlimpah komponen di dalamnya. Salah satunya yaitu evaporator. Bagian ini berperan untuk menghembuskan udara dingin ke bagian kabin. Walhasil kabin mobilmu akan terasa sejuk selama berada di perjalanan.

Evaporator berbentuk kotak serta memiliki bentuk ruangannya tidaklah lurus, melainkan berliku-liku. Liku-liku inilah yang acap kali bikin kotoran pada evaporator nyangkut. Akibatnya, kotoran tersebut akan mengendap. Walhasil kinerja dari ac kendaraan tidak lagi maksimal.

Salah satu pertanyaan yang melimpah ditanyakan oleh pemilik mobil yang hendak membersihkan evaporator yaitu di mana letak komponen mobil tersebut. Evaporator ac mobil terletak di bagian bawah dashboard mobil. Letaknya yang cukup rendah bikin evaporator kadang kala terkena debu serta kotoran. Hal inilah yang bikin evaporator amat rentan mengenai debu juga kotoran.

Untuk menindak masuknya debu dan kotoran ke bagian evaporator, berjibun mobil yang udah dilengkapi dengan filter AC. Tapi, pemasangan filter AC juga kadang-kadang tidaklah maksimal, mengingat partikel debu dan kotoran yang amat kecil. Alhasil debu dan kotoran sangat mudah masuk ke bagian evaporator.

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Di era sekarang ini, kebanyakan mobil dilengkapi dengan AC guna menambah kenyamanan dalam berkendara. Buat meyakinkan bahwa komponen tersebut bakal selalu berperan dengan baik, maka sahabat transkerja mesti membersihkan setiap komponen nya terdiri evaporator.

Berikut merupakan langkah serta cara membersihkan evaporator ac mobil innova juga mobil lain yang mampu teman-teman transkerja coba untuk merawat supaya evaporator selalu bekerja sesuai dengan fungsinya.

1. Matikan Mesin mobil dan Siapkan peranti Pembersih

Setelah mendapatkan cara membersihkan evaporator ac kendaraan seperti Avanza ataupun jenis dan tipe lainnya, kawan-kawan transkerja dapat segera mengaplikasikannya. Hanya saja, hal paling primer yang perlu sobat jalankan adalah mematikan mesin kendaraan sekaligus menyiapkan perkakas pembersih yang dibutuhkan.

Untuk membersihkan evaporator, sahabat mesti membongkar bagian mesin, itulah kenapa teman-teman perlu memastikan kalau komponen satu itu dalam keadaan mati. Lalu, siapkan perangkat pembersih semacam sikat serta lainnya.

2. Cari Tahu Letak Evaporator AC Mobil

Untuk dapat membersihkan komponen satu ini, sobat kudu terlebih dahulu tahu di mana letak evaporator AC mobil. Umumnya, komponen tersebut berada di bagian bawah maupun belakang dashboard, namuna lazimnya mengekor pada tipe juga merek mobil. Seumpama tidak menemukan evaporator di bagian dashboard, sahabat transkerja dapat memahami buku panduan sebab semua penjelasan terkait mesin mobil ada di sana.

3. Buka Glove Box, selepas itu Lepas Filter AC

Langkah seterusnya dalam membersihkan evaporator AC kendaraan adalah melepas filter AC dengan terlebih dahulu membuka glove box. Bilamana masih ragu, sobat transkerja dapat mengikuti petunjuk yang tertulis di buku panduan. Seandainya filter AC kotor, teman-teman mampu menggantinya dengan yang baru agar kinerja AC bakal lebih maksimal.

Bilamana ada kotoran yang berapit di bagian filter AC, sahabat dapat menggunakan sikat untuk melangsungkan pembersihan kotoran tersebut. Pastikan untuk melakukannya secara perlahan biar enggak merusak komponen lainnya.

4. Cari area Blower

Lanjutkan langkah membersihkan evaporator AC kemudian yaitu menelusuri lokasi blower. Kawan-kawan belum hafal posisi maupun lokasi bagian tersebut? Tak harus khawatir sebab ada buku panduan yang bakal membantu kamu.

5. Siapkan Cairan untuk melakukan pembersihan AC Mobil

Untuk membersihkan evaporator AC, kawan-kawan juga kudu menyiapkan cairan pembersih khusus. Peran cairan tersebut yakni untuk membersihkan kotoran di bagian AC mobil. Produk tersebut mampu sobat transkerja dapatkan dengan gampang di bengkel AC dengan harga terjangkau.

Pilih yang berbentuk spray dengan kandungan foam karena cara memakainya tidak sulit. Sebelum menyemprotkan cairan pembersih, kocok terlebih dahulu kalengnya supaya kandungan di dalamnya teraduk rata. Lantas, dekatkan spray tersebut pada blower AC.

6. Hidupkan Mesin serta AC Mobil

Langkah selepas itu dari metode membersihkan evaporator ac mobil Brio ialah menghidupkan mesin dan AC akan menyala secara otomatis. Putar temperatur ke level paling tinggi dan tiupan blower paling kencang. Hal ini bertujuan untuk menikmati apakah blower perputaran dengan maksimal atau tidak. Andaikan hembusan angin dari blower masih pelan, sahabat transkerja mampu memeriksa kembali bagian filter AC. Matikan mesin mobil dan periksa bagian mana yang bermasalah.

7. Semprotkan Cairan Pembersih ke Blower Melalui Lubang Filter AC

Selanjutnya, cairan pembersih evaporator AC mobil tepat ke bagian bawah blower. Semprotkan cairan tersebut hingga habis supaya filter AC betul-betul bersih. Cairan tersebut akan membentuk busa juga biarkan busa mengeluarkan air dari ventilator AC mobil.

8. Matikan Mesin kendaraan Lalu Tunggu Busa Keluar dari Selang Ventilasi

Kamu dapat mematikan kembali mesin mobil sekitar 10 hingga 15 menit hingga busa keluar dari selang ventilasi. Pastikan jikalau tidak ada air yang tersisa di bagian ventilator.

9. Bersihkan Selang Ventilasi AC agar gak Tersumbat

Andaikata enggak ada lagi air tersisa di bagian selang ventilasi, langkah seterusnya adalah membersihkan bagian tersebut. Tujuannya merupakan agar tak ada sumbatan di bagian ventilasi AC.

10. Nyalakan Kembali Mesin juga AC untuk Pembilasan

Langkah terakhir yaitu menyalakan kembali mesin dan AC untuk proses pembilasan supaya evaporator AC bersih sempurna.

Manakala ragu bahwasanya teman-teman transkerja dapat melakukannya sendiri, akan lebih baik untuk menghubungi ahli yang sudah terbiasa membersihkan evaporator AC. Sobat transkerja sanggup terlebih dahulu menyidik informasi kisaran budget membersihkan evaporator AC mobil dan pilih jasa yang menurut kawan-kawan transkerja paling terjangkau.

Kebiasaan yang Bikin AC Kendaraan Cepat Kotor

Selagi berkendara, kadang-kadang kita tak sadar kalau kita menggarap kesalahan yang mengakibatkan masalah di komponen tertentu, contohnya AC mobil menjadi kotor. Walaupun mobil yang sahabat pakai adalah kendaraan pribadi, tetapi alangkah baiknya untuk menjauhi kebiasaan buruk yang bikin AC lebih gampang dan cepat kotor, seperti:

1. Merokok kala AC mobil Menyala

Merokok ketika mengemudi bayan dilarang juga tertulis dalam undang-undang. Ini pastinya bukan perbuatan bijak walaupun hanya ada teman-teman transkerja seorang di dalam mobil. Merokok kala mengemudi bakal merugikan diri sendiri serta bahkan orang lain.

Bila kebiasaan buruk ini terus kawan-kawan buat dengan kualifikasi AC kendaraan menyala, filter AC akan cepat kotor karena abu rokok yang terbang dan masuk didalam filter. Selain bikin AC bau, keandalan mendinginkan ruangan mobil juga bakal menurun.

2. Membuka Jendela Saat AC Menyala

Kebiasaan buruk seterusnya yang berpengaruh tentang AC mobil adalah membuka jendela ketika teman-teman transkerja sudah menyalakan AC. Jika jendela terbuka dalam waktu yang cukup lama tatkala AC menyala, situasi tersebut akan berpengaruh pada kompresor karena komponen tersebut wajib bekerja lebih keas supaya suhu dalam kendaraan tetap ideal.

3. Mematikan Mesin Tatkala AC Masih Menyala

Masih berjibun orang yang mempunyai kebiasaan satu ini mungkin karena buru-buru maupun alasan lain. Seandainya kawan-kawan melakukannya secara terus menerus, AC gak hanya akan cepat kotor tapi juga kompresornya bakal mudah rusak.

4. Penerapan Pewangi Kabin yang Salah

Memastikan pewangi kabin yang salah juga jadi kebiasaan yang dapat bikin AC cepat kotor. Jadi, enggak sampai kawan-kawan cuma berfokus pada wanginya saja tapi juga keamanan dalam penggunaan. Bakal lebih baik kalau memilih pewangi yang berjenis cair bukan gel. Pewangi jenis gel tak bisa jadi gas dan menguap. Kala terkena hawa dingin dari AC, uap tersebut akan berubah kembali jadi gel walhasil menghambat filter dan evaporator dalam AC.

5. Tidak Menjaga Kebersihan Kabin

Kebiasaan buruk seterusnya yang harus kawan-kawan tinggalkan yaitu membiarkan kabin dalam keadaan kotor. Membersihkan kabin bukan cuma untuk kesehatan namun juga untuk membentuk rasa nyaman ketika berada di dalam mobil. Segera bersihkan mobil saat mulai pegari kotor serta berdebu karena debu yang menumpuk mampu berdampak pada filter AC. Keadaan tersebut membuat AC lebih cepat kotor serta bahkan rusak.

Akibat Enggak Membersihkan AC mobil yang Kotor

Yakin akan membiarkan AC mobil dalam keadaan kotor? Seumpama mengenal akibat atau dampak AC mobil kotor, kawan-kawan akan membersihkan komponen mobil satu ini secara rutin. Terdapat sejumlah hasil yang bakal sahabat rasakan apabil tidak membersihkan AC mobil secara rutin, seperti:

1. AC jadi Kurang Dingin

AC mobil yang kotor akan berdampak pada udara yang dihasilkan yang jadi kurang dingin. Tatkala filter AC mobil kotor, hembusan serta volume angin yang dihisap juga dialirkan oleh motor blower fan jadi berkurang. Alhasil, sirkulasi angin yang mendatangi evaporator AC menjadi lebih sedikit. Ini pula berakibat pada pelepasan udara dingin yang keluar jadi sedikit.

Saat AC terasa kurang dingin, mampu jadi dikarenakan oleh AC yang mulai kotor, menjadi ingat-ingat kembali kapan terakhir kawan-kawan membersihkan komponen satu ini.

2. Muncul Bau tidak Sedap

Penggunaan AC menyodorkan kenyamanan oleh para penumpang mencakup supir mobil. Sayangnya, AC kotor justru membuat sahabat transkerja semakin tak nyaman sebab bau gak sedap yang dikeluarkannya. Bau tersebut berasal dari bakteri serta mikroorganisme yang tumbuh imbas debu juga kotoran yang mengendap dalam waktu lama.

3. Mengganggu Kesehatan

Membiarkan AC kotor dalam waktu lama berarti membiarkan berbagai ragam masalah kesehatan datang. Mikroorganisme dan bakteri dari debu juga kotoran yang berapit di evaporator dapat terbawa oleh hembusan angin yang keluar dari AC mobil. Dilema tersebut dapat menyebabkan beraneka ragam gangguan kesehatan dan penyakit kayak infeksi kulit, infeksi sendi, meningitis, dan infeksi saluran kemih terlebih jikalau terpapar pada orang-orang dengan imun tubuh yang lemah.

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Tanpa Bongkar Dasbor

Sistem AC ialah fitur berguna dalam kenyamanan berkendara. agar kondisi kabin selalu nyaman, pastikan AC selalu dalam keadaan prima. satu di antara yang harus teman-teman teratur lakukan supaya menjaga keadaan AC selalu prima yakni dengan membersihkannya. sebab debu atau kotoran bila tidak segera dibersihkan bakal menyumbat juga membuat AC tidak berfungsi dengan baik.

Biasanya untuk melakukan pembersihan AC kendaraan sahabat harus membawanya ke bengkel terlebih dahulu untuk membongkar dasbor. Hal itu digarap agar bisa menjangkau evaporator yang bertempat di belakang dan untuk membersihkan debu juga kotorannya. akan tetapi ternyata, belum lama ini teman-teman tidak mesti repot-repot membersihkan AC mobil dengan membongkar dasbor, sebab sudah sanggup dilakukan dengan alat khusus yang disebut kamera endoskopi.

Lebih lanjut berikut ini penjelasan mengenai teknik membersihkan AC mobil tanpa bongkar dasbor, gampang dilakukan udah dirangkum berikut ini:

Membersihkan AC Kendaraan Dengan Gampang Tanpa Bongkar Dasbor

Kini, cara membersihkan AC mobil dengan lebih praktis karena tidak wajib repot-repot membuka dasbor terlebih dahul. teman-teman dapat melakukannya dengan bantuan alat khusus yang disebut kamera endoskopi.

Alat ini fungsinya sama semacam alat bantu untuk operasi. Jadi, ketika membersihkan AC sanggup lebih mudah. Alat ini ialah kamera yang ada selangnya. Jadi, sanggup melihat situasi evaporator, juga sekaligus menyemprotkan udara serta air untuk membersihkannya.

Dengan menunggangi teknik ini juga, waktu pembersihan AC menjadi lebih sebenatar. Semisal umumnya, saat membersihkan AC dan membongkar dasbor memerlukan waktu setengah hari sampai-sampai sampai satu hari.

Biayanya juga mesti lebih murah, sebab jika bongkar dasbor biayanya Rp 1 sampai Rp 2 juta. tetapi dengan alat ini, biayanya cuma Rp600 ribuan.