Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Puisi

Puisi ialah wujud karya sastra yang terberkas oleh irama, rima dan pengaturan bait dan baris yang bahasanya datang dengan indah dan sarat makna. Puisi terurai menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi modern. Puisi lama masih terjalin dengan beberapa baris, bait, maupun rima ( sajak ). Puisi lama adalah pantun dan syair. Puisi modern tidak terbalut pada bait, jumlah baris, atau sajak dalam penulisannya. Sehingga puisi modern disebut puisi bebas.

Puisi ialah satu diantara karya sastra yang agak partikular karena menyasarkan dua karya sastra yang berakar dari dua periode yang berlainan yaitu lama dan baru. Puisi lama erat afiliasinya dengan penerapan gaya sastra Melayu lama seperti pemakaian kata arkais, sementara puisi baru mencoba melepaskan diri dari bermacam-macam ketentuan yang membalut puisi lama dari rima, diksi, majas, dsb. Sebagai sebuah karya sastra, puisi secara luas dikenal secara khususnya dari segi pendayagunaan diksi dan rima.

Puisi adalah ragam sastra yang bentuknya dipilih dan ditata secara hati-hati karena terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus. Atau, Puisi yaitu teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Puisi yakni format karangan yang terkait oleh rima, ritma, maupun jumlah baris serta ditandai oleh bahasa yang padat.

Tujuan Puisi Salah Satunya Adalah

Salah satunya adalah:Untuk mengekspresikan perasaan penulis kepada pembaca/pendengar sehingga biasanya puisi dibacakan dengan memakai gerakan dan penghayatan.

Apa Tujuan Dari Puisi
Puisi selain mempunyai manfaat juga mempunyai tujuan. Tujuan puisi pada lazimnya sama dengan manfaat, berikut ini tujuan puisi :
a. Bagi penyair puisi bisa dijadikan media untuk mengkritik kehidupan sosial dan merubahnya.
b. Memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu hal yang disampaikan penyair.
c. Memberikan motivasi kepada pembaca agar mampu mengapresiasikan karya sastra.