Mengapa Aluminium Baik Untuk Pembuatan Pesawat Terbang?

Beberapa bahan dapat digunakan untuk struktur utama pada berbagai jenis pesawat, misalnya: sayap, badan pesawat, atau roda pendarat. Mengapa aluminium digunakan untuk pembuatan pesawat? aluminium digunakan dalam banyak aplikasi yang berbeda, salah satu yang paling umum adalah untuk pembuatan pesawat terbang. Tapi, mengapa aluminium digunakan untuk tujuan ini, bukan baja atau bahan lainnya?

Beberapa pesawat terbang pertama kali di buat tidak terdiri dari logam, melainkan terbuat dari kayu. Meskipun murah dan banyak tersedia, kayu memiliki kelemahan serius yang membuatnya berbahaya di pesawat karena kayu cepat lapuk. Hal ini mendorong produsen untuk secara cepat mengganti kayu dengan logam.

Mengapa aluminium baik untuk pembuatan pesawat? Aluminium (dicampur dengan sejumlah kecil logam lain) adalah bahan yang sempurna untuk digunakan saat membuat pesawat terbang, sebagian berkat sifat dan karakteristiknya yang unik. Kuat, ringan, dan murah. Baja dan besi sama-sama lebih kuat dari aluminium, tetapi kekuatan saja tidak cukup untuk membenarkan penggunaannya dalam pembuatan pesawat terbang. Masalah dengan baja dan besi adalah beratnya. Kedua logam ini jauh lebih berat daripada aluminium - dan terlalu berat membatasi kemampuan pesawat untuk lepas landas dan terbang.

Tentu saja, aluminium bukan satu-satunya logam yang digunakan untuk membuat pesawat terbang. Baja karbon juga sering digunakan untuk aplikasi pembuatan pesawat. Ketika karbon ditambahkan ke baja, ia menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap karat dan korosi. Titanium adalah logam lain yang biasa digunakan dalam pembuatan pesawat. Ini kuat, ringan, dan secara alami tahan terhadap korosi. Beberapa perusahaan memadukan titanium dengan besi atau mangan untuk membangun kerangka dan mesin untuk pesawat terbang. Namun, penggunaan logam-logam ini biasanya kurang baik dari aluminium. Aluminium bukan logam terkuat, tetapi mempertahankan keseimbangan, kekuatan, dan berat yang sempurna yang membuatnya ideal untuk pesawat terbang.
Newer Post Older Post Home