Apa Tujuan Perencanaan Karir? Tujuan Perencanaan Karier Adalah Sebagai Berikut

Karier dapat didefinisikan sebagai 'urutan pekerjaan yang membentuk pekerjaan seseorang'. Perencanaan karir adalah proses dimana seseorang memilih tujuan karir dan jalan menuju tujuan tersebut. Ini melibatkan pemilihan tujuan karier dan jalur karier yang jelas.

Perencanaan karir mendorong individu untuk mengeksplorasi dan mengumpulkan informasi, yang memungkinkan mereka untuk mensintesis, mendapatkan kompetensi, membuat keputusan, menetapkan tujuan, dan mengambil tindakan. Ini adalah fase penting dari pengembangan sumber daya manusia yang membantu karyawan dalam membuat strategi untuk keseimbangan kerja dan kehidupan.

Tujuan utama perencanaan karir adalah sebagai berikut:
  • Untuk mengidentifikasi karakteristik positif karyawan.
  • Untuk mengembangkan kesadaran akan keunikan masing-masing karyawan.
  • Untuk menghormati perasaan karyawan lain.
  • Untuk menarik karyawan berbakat ke organisasi.
  • Untuk melatih karyawan menuju keterampilan membangun tim.
  • Untuk menciptakan cara-cara sehat dalam menghadapi konflik, emosi, dan stres.

Tujuan perencanaan Karier

Tujuan keseluruhan perencanaan karir adalah menentukan jalur karier yang diinginkan seorang karyawan untuk mencapai tujuan karir. Ini memberikan kontinuitas, ketertiban, dan makna bagi kehidupan seorang karyawan. Ini mengintegrasikan kebutuhan individu dan organisasi. Tujuan khusus adalah sebagai berikut:

Memenuhi persyaratan kepegawaian internal

Lebih baik mempersiapkan karyawan yang dapat dipromosikan untuk lowongan pekerjaan internal. Campuran talenta yang lebih baik tersedia untuk menerapkan strategi dan kebijakan internal.

Kurangi pergantian karyawan

Ini membantu mempertahankan karyawan terbaik dan berkualitas. Kepedulian terhadap karier meningkatkan komitmen organisasi. Ini menghasilkan pengurangan pergantian karyawan dalam organisasi. Sehingga loyalitas kepada organisasi dapat ditingkatkan.

Membantu keragaman tenaga kerja

Ini membantu karyawan dengan beragam latar belakang untuk diintegrasikan ke dalam organisasi melalui pengembangan diri. Mereka dapat merencanakan karier mereka dengan mempertimbangkan jalur karier alternatif.

Memotivasi karyawan

Ini memotivasi karyawan untuk memenuhi harga diri mereka dan kebutuhan pengembangan diri yang akan meningkatkan kinerja.

Kembangkan potensi karyawan

Perencanaan karir mendorong karyawan manajerial untuk mengembangkan potensi masa depan mereka untuk mengambil posisi yang lebih bertanggung jawab. Ini diperlukan untuk pertumbuhan pribadi karyawan.

Mengurangi penimbunan karyawan

Manajer suka menimbun bawahan utama. Perencanaan karir membawa kesadaran tentang kualifikasi karyawan. Ini mengurangi penimbunan karyawan.

Bantu penempatan internasional

Ini membantu organisasi global untuk mempersiapkan karyawan untuk penempatan internasional agar mereka dapat bekerja dalam beragam budaya.
Newer Post Older Post Home