Fungsi Mobil

Mobil sebenarnya menjadi kendaraan yang sudah cukup umum dijumpai di masyarakat. Beragam mobil hadir dengan berbagai ukuran dan dari bermacam-macam brand atau merk. Walau memang memiliki ukuran dan merk yang berbeda, fungsi dari kendaraan yang satu ini tetaplah sama.

Fungsi pertama dari kendaraan ini tentu saja adalah sebagai sarana transportasi. Sebenarnya, ada banyak kendaraan lainnya yang juga bisa berfungsi sebagai moda transportasi, baik itu yang digunakan secara pribadi ataupun secara massal atau umum.

Mobil ini menjadi pilihan karena faktor kenyamanannya yang tidak bisa ditemukan di kendaraan pribadi lainnya. Dari segi jumlah penumpang, sudah pasti mobil mampu berfungsi secara lebih efektif dan efisien karena mampu membawa lebih banyak penumpang sekaligus barang. Hal ini menjadi keunggulan yang tidak bisa dipungkiri.

Selain itu, kendaraan ini juga relatif aman dari berbagai masalah cuaca, seperti hujan, angin, dan panas terik. Hal ini karena adanya atap serta sistem pendingin ruangan yang digunakan di dalam kabin mobil.

Selain sebagai sarana transportasi, sekarang ini mobil juga berfungsi sebagai sarana distribusi. Walau memang kabinnya didesain untuk penumpang, tempat duduk dalam mobil bisa dilipat sehingga mampu menyediakan tempat yang cukup untuk mengantarkan barang tertentu yang ukurannya tidaklah terlalu besar. Karena itulah, kendaraan yang satu ini juga digunakan untuk proses distribusi atau untuk mengantarkan barang.

Selain dua fungsi tersebut, ada juga fungsi sebagai tempat tinggal. Hanya saja, fungsi ini tidaklah banyak dijumpai di Indonesia dan lebih banyak dijumpai di luar negeri. Mobil yang berfungsi sebagai tempat tinggal ini biasanya berupa mobil van yang berukuran besar. Kabinnya pun sudah didesain ulang agar memiliki kabin yang nyaman layaknya suatu kamar sederhana. Di dalamnya, ada bed serta area yang berfungsi sebagai toilet. Fungsi yang satu ini cukup banyak dijumpai dan digunakan para pecinta petualangan dan orang-orang yang tergolong nomaden atau tidak tinggal menetap. 

Pengertian Mobil

Ketika merujuk pada definisi atau artinya, mobil adalah suatu kendaraan yang beroda empat atau lebih dan digerakkan oleh mesin. Mesin yang ada ini digerakkan oleh bahan bakar minyak, baik itu bensin atau pun solar. Dua jenis bahan bakar ini juga menentukan jenis mesin yang digunakan. Bahkan, sekarang ini sudah ada juga kendaraan yang digerakkan dengan tenaga listrik yang disimpan dalam suatu baterai berkapasitas besar.

Selain dilihat dari segi roda dan mesinnya, definisi atau pengertian mobil tidak bisa dilepaskan dari adanya tempat duduk penumpang yang ada di dalamnya. Suatu mobil memiliki tempat duduk dan ini membedakannya dengan truk atau kendaraan angkut lainnya. Selain itu, ada sistem standarisasi yang ditetapkan oleh suatu negara untuk menentukan kualitas dan spesifikasi dari kendaraan yang disebut sebagai mobil.