Fungsi VoIP

Perkembangan teknologi terkini dengan adanya jaringan internet yang semakin memudahkan telekomunikasi membuat metode komunikasi konvensional yang menggunakan telepon konvensional pun mulai sedikit demi sedikit ditinggalkan. Saat ini metode komunikasi lebih banyak memanfaatkan Voice over internet protocol (VoIP) yang memanfaatkan jaringan internet.

Teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan percakapan suara dalam jarak jauh hanya dengan memanfaatkan jaringan internet.

Berbicara tentang fungsi dari VoIP, fungsi utama dari teknologi ini sendiri adalah menjadi media untuk melakukan percakapan suara yang memanfaatkan adanya jaringan internet. Namun, secara spesifik, VoIP memiliki 4 fungsi yang berbeda-beda, yaitu:

1. Fungsi Signalling

Fungsi pertama yang bisa dijalankan oleh VoIP adalah fungsi signalling. Signalling ini adalah salah satu fungsi dimana VoIP ini bertugas untuk menangkap jaringan yang akan dituju. Ketika jaringan ini berhasil ditangkap, maka inisialisasi atau penyampaian pesan atau penyampaian percakapan bisa dilakukan dengan baik.

2. Database Service

Fungsi selanjutnya yang bisa dijalankan oleh VoIP ini adalah database service. Fungsi ini adalah layanan yang bertugas untuk mencari tujuan akhir atau yang disebut dengan endpointnya yang harus dituju. Tak hanya itu saja fungsi ini juga berfungsi untuk menerjemahkan alamat yang digunakan dalam 2 jaringan berbeda.

3. Bareer Control (Call Connect/Disconnect)

VoIP juga berfungsi sebagai bareer control yang mana dalam fungsi inilah yang memungkinkan pengguna untuk menerima atau menolak panggilan serta memutuskan panggilan sekaligus. Inilah fungsi yang paling bisa dirasakan secara langsung oleh pengguna.

4. Codecs Operation

Fungsi terakhir adalah sebagai codecs operation, yaitu sebagai coder ataupun decoder dalam transmitting atau pengubahan suara menjadi paket data atau sinyal digital maupun sebaliknya.

Pengertian VoIP

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, VoIP adalah singkatan dari Voice over Internet Protocol. Teknologi ini adalah sebuah teknologi yang memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh berupa suara melalui bantuan jaringan internet. Suara yang didengar pengguna ketika melakukan komunikasi adalah hasil ubahan daro data digital, begitu pun sebaliknya, yang nantinya dikirimkan dalam bentuk paket-paket data digital secara real time.

Dalam sistem komunikasi ini, pengguna yang melakukan komunikasi menggunakan sarana terminal yang berupa telepon biasa maupun komputer atau PC. Secara sederhana, VoIP ini bisa didefinisikan sebagai suara yang dikirimkan melalui internet.

Teknologi VoIP ini saat ini banyak dipilih karena memberikan lebih banyak keuntungan bagi penggunanya. Keuntungan yang paling bisa dirasakan adalah dari segi biaya yang tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan telepon konvensional.

Apalagi jika komunikasi yang dilakukan bersifat internasional. Tentu akan menekan biaya sangat besar. Program aplikasi yang dikembangkan berdasarkan teknologi VoIP pun kini semakin banyak. Salah satu yang sangat populer adalah Skype.