Fungsi Client

Dalam dunia teknologi dan informasi, pasti sudah tidak asing dengan istilah client dan server. Keduanya merupakan sebuah satu kesatuan yang saling melengkapi dimana masing-masing memiliki peran masing-masing. Kali ini akan dibahas tentang client serta fungsinya. Seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Administrator

Fungsi paling familiar dari client ini adalah sebagai administrator. Maksudnya sebagai administrator ini adalah dari komputer client, Anda bisa mengatur komputer lain di dalam sebuah jaringan yang tersedia berdasarkan hak akses yang sebelumnya diberikan oleh sebuah komputer server.

2. Menyediakan Akses ke Basis Data

Selanjutnya client juga memiliki fungsi untuk menyediakan akses ke basis data. Akses ini bisa dilakukan secara bersamaan. Tak hanya itu saja komputer yang berperan sebagai client juga memiliki fungsi untuk menerima kemudian memeriksa sintaks yang diinput oleh pengguna. Fungsi lainnya adalah untuk menyediakan control recovery yamg dibutuhkan serta beberapa fungsi lainnya yang berkaitan dengan akses ke basis data.

3. Mengakses Informasi dan Data dari Server

Fungsi selanjutnya yang juga bisa diberikan oleh server adalah memungkinkan pengguna untuk mengakses segala bentuk informasi ataupun data yang disediakan oleh komputer server. Ini merupakan fungsi utama dari client. Namun, setiap client juga memiliki keterbatasan akan hak akses atau data apa saja yang bisa diakses. Dengan adanya batasan akses ini, client tidak bisa mengakses setiap informasi atau data yang memang tidak diijinkan oleh server.

4. Sebagai Komputer untuk Kerja

Ini adalah fungsi lain yang sangat umum dari client. Selain 3 fungsi yang sudah disebutkan di atas, yaitu untuk mengakses informasi dan data dari konputer sever, fungsi lain dari client adalah untuk dijadikan sebagai komputer kerja. Yang mana bisa digunakan untuk bekerja selain mengakses layanan-layanan yang ditawarkan oleh server.

Pengertian Client

Setelah mengetahui fungsi-fungsi dari client seperti yang dijelaskan di atas, kini Anda bisa mengambil poin dari penjelasan di atas tentang apa it's client atau komputer client. Yang dimaksud dengan komputer client adalah seperangkat komputer yang berada di dalam jaringan komputer dimana jaringan tersebut menggunakan berbagai macam sumber daya atau layanan yang disediakan oleh komputer server. Bisa juga secara sederhana client ini didefinisikan sebagai pemakai atau pengguna layanan dari server.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, server dan client adalah sebuah sistem yang terdiri dari perangkat beserta aplikasi di dalam jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Karena menjadi pengguna atau pemakaian layanan server, maka tugas atau fungsi dari client adalah menerima untuk kemudian menampilkan lalu menjalankan aplikasi atau software pada komputer. Untuk menghubungkan server dan client ini dibutuhkan perangkat tambahan berupa kartu jaringan dan kabel UTP.