Apakah pikiran Anda menggelitik untuk mencoba menjadi agen travel? Nah, jika jawaban Anda adalah ya maka Anda harus siap terlebih dahulu untuk menghubungkan chord dari aspek-aspek penting untuk menjalankan bisnis travel dengan sukses.

Beberapa parameter perencanaan bisnis travel yang perlu dipertimbangkan seperti mencari lokasi yang sempurna atau harus fokus pada cara mendapatkan izin hukum. Juga, Anda harus berpikir tentang bagaimana Anda seharusnya mendekati mitra. Jadi, proses holistik ini melibatkan beberapa langkah penting.

Agen travel bisa dibilang melakukan perjalanan, jauh lebih mudah bagi pelancong dengan menghapus opsi dari semua ketidaknyamanan dan kerepotan yang terlibat dalam pembelian tiket, memilih paket ramah-kantong, dan banyak lagi. Dalam beberapa tahun terakhir, publik memukul tab situs web online untuk mencari informasi perjalanan dan membeli tiket dan paket yang terjangkau.

Ini jelas telah memberikan pukulan bagi agen travel yang bekerja offline dan karena alasan inilah, bisnis mereka telah menurun. Tetapi ketika Anda memikirkan situs-situs travel online, itu pasti telah menaikkan ketinggiannya.

Sebagai per studi saja, ada ruang lingkup yang lebih luas untuk agen perjalanan rutin yang telah mendapatkan keuntungan, bekerja di bidang ini. Menurut sebuah studi sebagian besar laporan agen travel telah menunjukkan kenaikan penjualan yang sekitar 60 persen.

Sekarang, yang penting adalah apakah Anda agen travel digital atau agen travel offline biasa, Anda harus mengikuti beberapa langkah dasar.

Perlu di-ingat bahwa perusahaan travel dan pariwisata Anda yang baru memiliki bisnis yang sebanding dan maju yang tak terhitung jumlahnya seperti yang dilakukan pesaing. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah orang biasanya menggunakan agen travel yang lebih tua. Oleh karena itu, itu akan menjadi tugas yang menakutkan bagi biro perjalanan Anda untuk memiliki nama mapan atau bahkan di pasaran. Dasar-dasar ini akan membantu agensi baru Anda menjalankan bisnisnya dengan sukses. Dan langkah-langkah unsur ini akan membantu dalam proses menghasilkan uang.

Lihat Cara Memulai 9 Langkah Mudah Menjalankan Bisnis Travel Agent Terbaik Di Indonesia


9 Langkah Mudah Memulai Bisnis Travel Agent Terbaik Di Indonesia

1. Cari Niche Anda

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah mencari tahu pasar khusus Anda yang menargetkan layanan Anda untuk populasi tertentu. Tidak diragukan lagi ini adalah aspek yang sangat penting.

Satu kesalahan umum yang dilakukan oleh pemilik biro travel agent adalah, mereka berpikir bahwa semua hal dapat menyelesaikan kesepakatan, tanpa mengetahui bahwa mereka memberikan undangan untuk masalah karena persaingan yang kuat akan terjadi dari setiap sudut. Dan untuk memberi tahu Anda tentang keuntungan Anda, ini jelas bukan hal yang cerdas yang harus Anda lakukan ketika Anda memiliki startup travel agent karena mungkin kekurangan sumber daya dan pengalaman. Jadi, apa yang dapat dilakukan niche untuk agen travel apa pun? Untuk mengetahui jawaban ini, Anda harus melakukan banyak pekerjaan penelitian.

Anda akan tahu bahwa apa yang perlu dilakukan oleh agen travel baru yang dapat dicapai oleh sangat sedikit situs web travel agent. Faktanya, sangat sedikit pesaing yang hadir di ceruk itu, bisnis travel agent Anda dapat berkembang dengan cepat.

Misalnya, jika ada pasangan yang tertarik dalam wisata petualangan daripada santai atau konvensional. Dan jika Anda menemukan bahwa tidak banyak biro travel agent melakukan hal-hal semacam ini, maka ada peran Anda. Ini mungkin faktor ceruk Anda. Tetapi Anda harus melakukan penelitian menyeluruh.

2. Menyusun Rencana Bisnis yang Efisien dan Produktif

Perhatikan bahwa strategi bisnis yang efektif selalu menguntungkan Anda. Ini memberi Anda arahan dalam upaya dan tujuan Anda untuk terus bergerak dengan sukses dalam pekerjaan Anda. Tapi itu tidak hanya terbatas pada tujuan acak tertentu dan memiliki gagasan perkiraan tentang apa yang harus dilakukan. Jauh lebih dari itu. Anda harus meletakkan dasar perencanaan bisnis secara detail.

Untuk itu, bisnis Anda harus menambahkan beberapa poin vital. Parameter yang harus didasarkan pada strategi penjualan dan analisis pemasaran Anda. Aspek penting lainnya adalah pendanaan dan ekstensi keuangan. Deskripsi bisnis travel agent Anda harus singkat dan to the point sehingga memiliki citra yang jelas tentang tujuan bisnis Anda. Rencana tersebut juga harus mencakup sumber daya yang diperlukan dan bahkan solusi untuk masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

3. Lakukan Latihan Branding

Branding sangat penting, berkenaan dengan semua jenis bisnis yang Anda sukai. Branding menandakan tentang pemahaman dan ide bisnis travel agent Anda dan jenis produk atau barang dan jasa travel agent yang Anda tawarkan atau jual.

Salah satu cara yang mengesankan untuk menciptakan persepsi yang jelas adalah membangun gambar kelas satu seperti desain logo travel agent yang menarik.

Berfokuslah pada perancangan elemen-elemen lain seperti kartu nama, brosur, dll. Juga, ingatlah bahwa pencetakan font dan warna harus sama di semua gambar untuk konsistensi merek. Pelanggan mungkin terkesan melihat barang-barang ini dan itu dapat meninggalkan dampak positif terhadap layanan travel agent Anda.

4. Harus Menutupi Semua Persyaratan Hukum

Agar perusahaan Anda menjadi travel agent terbaik, ia harus mencapai semua prosedur hukum. Karenanya, menjadi perlu untuk melakukan penelitian terperinci tentang undang-undang untuk bisnis travel agent di negara kita. Cara yang mudah untuk dilakukan adalah, dengan menghubungi perusahaan hosting yang akan memandu Anda mengenai perizinan dan detail proses pendaftaran. Untuk persyaratan hukum ini, Anda harus mengajukan permohonan untuk nomor ID Pajak Federal.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mendapatkan merek dagang untuk agensi Anda. Logo adalah bagian identifikasi bisnis travel agent Anda. Dan setelah membuat logo, daftarkan secara legal dengan otoritas yang dihormati.

5. Terima Dana

Setiap kali Anda memulai bisnis, Anda harus yakin sebelumnya tentang rencana pendanaan yang akan Anda jalankan saat itu. Mungkin Anda memulai bisnis travel agent dalam skala kecil seperti dari rumah Anda; tetap saja, sumber uang yang konstan diperlukan untuk memenuhi begitu banyak pengeluaran.

6. Pilih Lokasi Yang Tepat

Keberhasilan perusahaan travel agent sangat bergantung pada lokasi. Untuk ini, lalu lintas pejalan kaki sangat penting. Pilih lokasi tempat berkumpulnya orang-orang biasa dan papan nama agensi Anda jelas terlihat oleh klien dari jauh. Jika lokasi Anda baik seperti memiliki fasilitas parkir mobil, itu pasti memberikan kesan yang baik di benak pelanggan.

Jika Anda tidak mampu membeli lokasi dengan harga tinggi, maka putuskan untuk pergi ke lokasi yang nyaman yang paling cocok untuk Anda. Kepercayaan klien dapat diperoleh dengan memiliki situs travel agent yang bagus untuk agensi Anda. Dan memikirkan masa depan untuk memperluas bisnis travel agent Anda, lokasi agensi harus diputuskan.

7. Tingkatkan Bisnis Perjalanan Anda

Sangat penting untuk mempromosikan bisnis Anda secara ketat pada platform yang berbeda. Anda mungkin perlu meluncurkan kampanye promosi yang menarik untuk meraih target pelanggan. Keberadaan perusahaan Anda harus diketahui mereka, bahkan sedikit.

Semua iklan dan hal pemasaran harus dipertimbangkan untuk membuat audiens Anda sadar akan Anda. Anda dapat memulai promosi dengan memberikan iklan di surat kabar regional atau lokal. Anda juga bisa memberikan selebaran atau pamflet kepada pengguna.

Jika klien mengunjungi perusahaan Anda, maka simpan brosur sehingga mereka dapat memiliki informasi tentang bisnis Anda. Selain itu, Anda harus mempertahankan anggaran untuk iklan offline dan online.

8. Iklankan Agensi Anda di Platform Media Sosial

Bisnis saat ini perlu menciptakan keberadaan yang baik di berbagai saluran media sosial. Alasannya adalah orang-orang meningkatkan keterlibatan di saluran seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube untuk mengekspresikan ide dan pemikiran mereka tentang masalah apa pun. Bisnis Anda dapat menemukan klien yang menjanjikan di platform ini.

Pertama, buat halaman media sosial yang berdedikasi dan andal untuk beberapa saluran. Jangan lewatkan untuk memperhatikan keunikan desain halaman Anda, pada saat yang sama harus mengesankan juga. Itu harus berdiri di depan melawan semua lawan bisnis Anda.

Kemudian secara teratur, posting konten di situs perjalanan Anda. Memberitahu pemirsa mengenai harga, paket, diskon terbaru, yang ditawarkan agensi Anda atau fitur tambahan lainnya untuk pengguna.

9. Manjakan Lebih Banyak pada Membangun Hubungan Bisnis dengan Pelanggan

Tidak ada bisnis yang dapat melakukan keajaiban sampai dan kecuali Anda membangun koneksi yang kuat dengan pelanggan Anda. Anda harus melakukan upaya untuk membuat pelanggan individu yang telah menunjukkan minat pada agen perjalanan Anda dan mungkin mungkin menggunakan perusahaan perjalanan dan pariwisata Anda di masa depan.

Pastikan Anda harus siap menjadi semua hal yang akan Anda gunakan untuk menyambut tamu Anda sementara mereka menikmati liburan mereka. Staf Anda termasuk pemandu wisata, koki lokal, dan pengemudi harus menyadari bagaimana memperlakukan pelanggan Anda dengan prioritas tertinggi dan apa nilainya, jika tidak, ada kompetisi ketat untuk memberi Anda bentrokan yang sulit.

Jika ada pelanggan yang memiliki keluhan atau masalah apa pun mengenai layanan Anda, produk di situs Anda atau offline, atasi atau sambut mereka dengan segera menyelesaikan masalah mereka. Ini penting untuk membangun hubungan pelanggan yang sehat.

Anda juga dapat membuat video yang menarik untuk masalah terkait perjalanan klien dan mengirim email yang tepat kepada mereka. Juga, beberapa ide bagus desain grafis untuk membuat bahan yang akan membuat Anda tetap terhubung dengan pengguna.