Pengertian Properties

Berdasarkan penjelasan tentang fungsi dari properties di atas, mungkin Anda sudah bisa menyimpulkan apa itu fitur properties yang ada di dalam komputer.

Properties sendiri merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk menentukan dan memodifikasi pengaturan atau setting di dalam komputer. Setiap objek di dalam komputer memiliki fitur properties masing-masing yang dimanfaatkan untuk kebutuhan masing-masing.

Namun secara umum, properties bisa didefinisikan untuk mengatur dan memodifikasi pengaturan serta memberikan informasi detail untuk file dan folder di dalam komputer.

4 Fungsi Properties 


1.    Mengatur Performa dan Sistem Komputer

Fungsi pertama dari adanya fitur properties di dalam komputer adalah memungkinkan pengguna untuk mengatur performa dan segala jenis sistem yang ada di dalam komputernya. Fungsi ini akan membantu Anda untuk memodifikasi dan mengatur kembali beberapa pengaturan lain di dalam komputer. Dengan adanya fitur ini performa komputer bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta sistem yang digunakan pun bisa disesuaikan.

2.    Mengatur Tampilan Komputer

Tidak hanya pada sistem dan performa tampilan komputer juga menjadi bagian lain yang sangat diperhatikan oleh pengguna. Terkadang pengguna merasa bosan dengan tampilan bawaan dari windows yang dipasang di dalam komputer.

Karena itu, pengguna komputer lebih memilih untuk mengganti atau melakukan pengaturan ulang pada tampilan komputernya. Inilah fungsi lain dari adanya fitur properties di dalam komputer.

Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengatur kembali tampilan layar komputer, mulai dari mengatur tema, wallpaper, screen saver, hingga tampilan desktop komputer. Dengan begitu tampilan layar komputer Anda jadi lebih menarik dan tidak membosankan.

3.    Melihat Rincian File dan Folder

Saat membuat file atau folder di dalam komputer, pasti ada rincian atau detail dari file maupun folder yang dibuat tersebut. Untuk beberapa kebutuhan, Anda mungkin membutuhkan informasi detail dari file dan folder yang dibuat tersebut.

Lantas dimana bisa kita temukan informasi detail dari file atau folder tersebut? Inilah fungsi selanjutnya dari fitur properties yang ada di dalam setiap komputer bahkan di beberapa jenis perangkat digital lainnya, yaitu untuk memberikan informasi detail tentang file atau folder di dalam komputer. Informasi detail yang diberikan itu berupa jenis file, nama file, ukuran file atau folder serta tanggal kapan file atau folder tersebut dibuat.

4.    Memodifikasi Tampilan Desktop Komputer

Desktop yang merupakan tampilan awal saat membuka komputer pasti mendapatkan perhatian lebih ketika Anda bekerja dengan komputer atau PC. Tampilan desktop yang dimaksud itu terdiri dari pilihan menu atau icon apa saja yang ditampilkan di tampilan awal layar hingga pemilihan kursor yang digunakan.

Dengan fungsi ini, pengguna tidak hanya bisa mengganti wallpaper atau screen saver tampilan saja, namun juga mengatur jumlah menu ataupun icon menu yang ingin ditampilkan di layar atau tidak.