Hosting web menyediakan ruang dan akses untuk situs web di Internet. Sebelum pengunjung dapat melihat situs web, itu harus dipublikasikan di server web. Ini dilakukan dengan mengunggah semua file situs web. Halaman web terdiri dari HTML dan JavaScript, serta gambar dan video serta font. Semua ini harus diunggah ke web hosting agar dapat diakses oleh pengunjung.

Apa itu Web Hosting?

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk mengirim situs web atau halaman web ke Internet. Webhost, atau penyedia layanan web hosting, adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan untuk situs web atau halaman web untuk dilihat di Internet. Situs web di-host, atau disimpan, pada komputer khusus yang disebut server.

Ketika pengguna Internet ingin melihat situs web Anda, maka yang akan mereka lakukan adalah mengetikkan alamat situs web atau domain Anda di browser mereka. Komputer atau ponsel mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser.

Sebagian besar perusahaan hosting mengharuskan Anda memiliki domain untuk dapat dihosting. Jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya.

Bagaimana situs online mendapat manfaat dari jasa web hosting?

Untuk mempublikasikan situs web Anda secara online, situs web bisnis Anda memerlukan layanan web hosting.

Namun, webhost memberi pemilik bisnis lebih dari sekadar layanan hosting web! Misalnya, perusahaan hosting web biasanya mempekerjakan teknisi internal untuk memastikan situs web klien mereka aktif dan beroperasi 24/7. Plus, ketika pemilik situs web membutuhkan bantuan atau pemecahan masalah (mis. Memulai ulang skrip, email yang tidak dapat mengirim / menerima, pembaruan nama domain, dan banyak lagi), menanyakan pada dukungan internal web host adalah orang yang tepat.

Layanan hosting web profesional memastikan pengalaman yang bebas repot bagi pemilik bisnis, sehingga mereka dapat secara efisien memfokuskan waktu dan upaya mereka pada bisnis mereka.

Layanan web hosting juga dapat menyediakan ruang pusat data dan konektivitas ke Internet untuk server lain yang terletak di pusat data mereka, yang disebut colocation, juga dikenal sebagai Housing di Amerika Latin atau Prancis.

Klasifikasi


Jasa Web Hosting Kecil

Yang paling mendasar adalah halaman web dan hosting file skala kecil, di mana file dapat diunggah melalui File Transfer Protocol (FTP) atau antarmuka Web. File-file tersebut biasanya dikirimkan ke Web "apa adanya" atau dengan pemrosesan minimal. Banyak penyedia layanan Internet (ISP) menawarkan layanan ini gratis untuk pelanggan. Individu dan organisasi juga dapat memperoleh hosting halaman Web dari penyedia layanan alternatif.

Layanan web hosting gratis ditawarkan oleh berbagai perusahaan dengan layanan terbatas, terkadang didukung oleh iklan, dan seringkali terbatas jika dibandingkan dengan hosting berbayar.

Hosting satu halaman umumnya cukup untuk halaman web pribadi. Hosting situs web pribadi biasanya gratis, disponsori iklan, atau tidak mahal. Hosting situs web bisnis seringkali memiliki biaya yang lebih tinggi tergantung pada ukuran dan jenis situs.

Jasa Web Hosting yang Lebih Besar

Banyak perusahaan besar yang bukan penyedia layanan Internet perlu terhubung secara permanen ke web untuk mengirim email, file, dll ke situs lain.

Perusahaan dapat menggunakan komputer sebagai host situs web untuk memberikan rincian barang dan layanan serta fasilitas untuk pesanan online.

Situs yang kompleks membutuhkan paket yang lebih komprehensif yang menyediakan dukungan basis data dan platform pengembangan aplikasi (mis. ASP.NET, ColdFusion, Java EE, Perl / Plack, PHP atau Ruby on Rails).

Fasilitas ini memungkinkan pelanggan untuk menulis atau menginstal skrip untuk aplikasi seperti forum dan manajemen konten atau yang biasa di sebut CMS.

Selain itu, Secure Sockets Layer (SSL) biasanya digunakan untuk situs web yang ingin menjaga agar data yang dikirimkan lebih aman.

Jenis Hosting

Jasa web hosting internet dapat menjalankan server Web. Cakupan layanan hosting web sangat bervariasi. Meliputi:

Shared Hosting

Situs web seseorang ditempatkan di server yang sama dengan banyak situs lain, mulai dari beberapa situs hingga ratusan situs web. Biasanya, semua domain dapat berbagi kumpulan sumber daya server yang sama, seperti RAM dan CPU.

Fitur yang tersedia dengan layanan jenis ini bisa sangat mendasar dan tidak fleksibel dalam hal perangkat lunak dan pembaruan. Pengecer sering menjual Shared hosting dan perusahaan web sering memiliki akun reseller untuk menyediakan hosting bagi klien.

Reseller Hosting

Mengizinkan klien menjadi web host sendiri. Reseller Hosting dapat berfungsi, untuk masing-masing domain, di bawah kombinasi apa pun dari jenis hosting yang terdaftar ini, tergantung pada siapa mereka berafiliasi dengan reseller hosting.

Akun reseller hosting dapat sangat bervariasi dalam ukuran: mereka mungkin memiliki virtual dedicated server ke server colocated. Banyak reseller hosting memberikan layanan yang hampir identik dengan paket hosting bersama penyedia mereka dan memberikan dukungan teknis sendiri.

Virtual Dedicated Server

Juga dikenal sebagai Virtual Private Server (VPS), membagi sumber daya server menjadi server virtual, di mana sumber daya dapat dialokasikan dengan cara yang tidak secara langsung mencerminkan perangkat keras yang mendasarinya.

VPS akan sering dialokasikan ke sumber daya berdasarkan satu server ke banyak hubungan VPS, namun virtualisasi dapat dilakukan karena sejumlah alasan, termasuk kemampuan untuk memindahkan wadah VPS antar server. Pengguna mungkin memiliki akses root ke ruang virtual mereka sendiri.

Pelanggan kadang-kadang bertanggung jawab untuk menambal dan memelihara server (server yang tidak dikelola) atau penyedia VPS dapat menyediakan tugas admin server untuk pelanggan (server yang dikelola).

Dedicated Hosting

Pengguna mendapatkan server Web-nya sendiri dan mendapatkan kendali penuh atasnya (pengguna memiliki akses root untuk Linux / akses administrator untuk Windows); Namun, pengguna biasanya tidak memiliki server.

Salah satu jenis hosting khusus adalah dikelola sendiri atau tidak dikelola. Ini biasanya yang paling murah untuk rencana khusus. Pengguna memiliki akses administratif penuh ke server, yang berarti klien bertanggung jawab atas keamanan dan pemeliharaan server khusus miliknya.

Managed Hosting Service

Pengguna mendapatkan server Webnya sendiri tetapi tidak mendapat izink kontrol penuh atasnya (pengguna tidak memiliki akses root untuk Linux / akses administrator untuk Windows); namun, mereka diizinkan untuk mengelola data mereka melalui FTP atau alat manajemen jarak jauh lainnya.

Pengguna memiliki jangkauwan terbatas kontrol penuh sehingga penyedia dapat menjamin kualitas layanan dengan tidak mengizinkan pengguna untuk memodifikasi server atau berpotensi membuat masalah konfigurasi. Pengguna biasanya tidak memiliki server. Server disewakan kepada klien.

Colocation Hosting Service

Mirip dengan layanan managed hosting, tetapi pengguna memiliki server colo; perusahaan hosting menyediakan ruang fisik yang digunakan server dan mengurus server. Ini adalah jenis layanan web hosting yang paling kuat dan mahal.

Dalam kebanyakan kasus, penyedia colocation dapat memberikan sedikit atau tidak ada dukungan langsung untuk mesin klien mereka, hanya menyediakan fasilitas listrik, akses Internet, dan penyimpanan untuk server.

Dalam kebanyakan kasus untuk colo, klien akan memiliki administrator sendiri untuk mengunjungi pusat data di situs untuk melakukan peningkatan atau perubahan perangkat keras. Sebelumnya, banyak penyedia colocation akan menerima konfigurasi sistem apa pun untuk hosting, bahkan yang bertempat di case minitower bergaya desktop, tetapi sebagian besar host sekarang membutuhkan penutup mount rack dan konfigurasi sistem standar.

Cloud hosting

Ini adalah jenis baru platform hosting yang memungkinkan hosting yang kuat, terukur, dan andal berdasarkan server yang seimbang dan penagihan utilitas. Situs web yang dihosting di cloud hosting mungkin lebih andal daripada alternatif hosting lain, karena komputer lain di cloud dapat mengkompensasi ketika satu perangkat keras turun. Juga, gangguan daya lokal atau bahkan bencana alam tidak terlalu bermasalah untuk situs yang di cloud hosting, karena didesentralisasi.

Cloud hosting juga memungkinkan penyedia untuk menagih pengguna hanya untuk sumber daya yang dikonsumsi oleh pengguna, daripada biaya tetap untuk jumlah yang diharapkan pengguna akan mereka gunakan, atau investasi perangkat keras dimuka untuk biaya tetap. Atau, kurangnya sentralisasi dapat memberikan pengguna lebih sedikit kontrol di mana data mereka berada yang bisa menjadi masalah bagi pengguna dengan keamanan data atau masalah privasi.

Clustered hosting

Memiliki beberapa server hosting konten yang sama untuk pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. Server Clustered adalah solusi sempurna untuk hosting khusus berdedikasi tinggi (high-availability dedicated hosting), atau membuat solusi hosting web yang dapat diskalakan. Clustered hosting dapat memisahkan penyajian web dari kemampuan hosting basis data. (Biasanya host web menggunakan Clustered hosting untuk paket hosting bersama mereka, karena ada banyak manfaat untuk pengelolaan massa klien).

Grid hosting

Bentuk hosting terdistribusi ini adalah ketika cluster server bertindak seperti kisi dan terdiri dari beberapa node.

Home server

Biasanya satu mesin ditempatkan di tempat tinggal pribadi dapat digunakan untuk meng-host satu atau lebih situs web dari koneksi broadband kelas konsumen. Ini dapat berupa mesin yang dibuat khusus atau PC yang lebih umum.

Beberapa ISP secara aktif berusaha untuk memblokir server rumah dengan menolak permintaan masuk ke port TCP 80 dari koneksi pengguna dan dengan menolak memberikan alamat IP statis. Cara umum untuk mendapatkan nama host DNS yang andal adalah dengan membuat akun dengan layanan DNS dinamis. Layanan DNS dinamis akan secara otomatis mengubah alamat IP yang ditunjuk oleh URL ketika alamat IP berubah.

Beberapa jenis hosting tertentu yang disediakan oleh penyedia layanan host web, termasuk:
  • Web hosting file: host file, bukan halaman web
  • Web hosting gambar
  • Web hosting video
  • Web hosting blog
  • Paste bin
  • Shopping cart software
  • Web hosting email

Fungsi Web Hosting

Sejauh ini, kami telah belajar tentang situs web dan server web, dan ini adalah blok bangunan dari apa yang dilakukan penyedia hosting web. Perusahaan web hosting menyediakan server web dan konektivitas internet yang memungkinkan situs web Anda tersedia bagi siapa saja yang terhubung ke internet.

Fungsi web hosting menyediakan ruang pada server web hanyalah awal dari manfaat yang dapat ditawarkan perusahaan hosting web kepada klien mereka. Memiliki dan mengonfigurasi server web memerlukan banyak keahlian teknis dan investasi keuangan yang signifikan, sehingga web hosting memungkinkan kliennya untuk menghindari biaya sumber daya ini.

Penyedia hosting web juga mengurus penyimpanan fisik dan pemeliharaan yang diperlukan server web. Mereka menangani kebutuhan fisik server web mereka dengan menyediakan ruang penyimpanan di lingkungan yang dingin serta pemeliharaan perangkat keras yang diperlukan.

Perusahaan web hosting juga melakukan pemeliharaan perangkat lunak hosting, peningkatan, dan perbaikan sesuai kebutuhan untuk menjaga situs web yang mereka layani tetap online tanpa gangguan.

Keamanan

Karena layanan web hosting meng-host situs web milik pelanggan mereka, keamanan online adalah masalah penting. Ketika seorang pelanggan setuju untuk menggunakan layanan web hosting, mereka melepaskan kendali atas keamanan situs mereka kepada perusahaan yang menjadi hosting situs tersebut.

Tingkat keamanan yang ditawarkan oleh layanan hosting web sangat penting bagi calon pelanggan dan dapat menjadi pertimbangan utama ketika mempertimbangkan penyedia mana yang dipilih oleh pelanggan.

Server hosting web dapat diserang oleh pengguna jahat dengan berbagai cara, termasuk mengunggah malware atau kode berbahaya ke situs web yang dihosting. Serangan-serangan ini dapat dilakukan karena berbagai alasan, termasuk mencuri data kartu kredit, meluncurkan Distributed Denial of Service Attack (DDoS) atau spamming.

Cara memilih hosting web yang tepat untuk Anda

Jasa hosting web Anda memainkan peran penting, seberapa baik situs web Anda akan berfungsi. Segala sesuatu dari server dan perangkat keras yang digunakan untuk perangkat lunak yang diimplementasikan dapat memengaruhi pengalaman penelusuran pengunjung web Anda.

Saat mempertimbangkan cara memilih host web yang tepat untuk Anda, sebaiknya Anda mempertimbangkan fitur dan kemampuan apa yang disediakan. Meskipun Anda mungkin tidak menggunakan semua yang tersedia hari ini, popularitas situs web dapat meminta Anda untuk memperluas dan meningkatkannya nanti.

Sistem operasi

Ketika datang ke situs web hosting di Internet, ada dua sistem operasi utama untuk dipilih: Windows dan Linux.

Kedua platform ini berfungsi dengan baik untuk menampilkan konten kepada pemirsa, tetapi mereka memiliki perbedaan fungsi yang signifikan. Jika Anda tidak berencana melakukan lebih dari sekadar blog biasa, maka sistem operasinya mungkin tidak terlalu memprihatinkan ketika memilih penyedia host web.

Windows

Platform web berbasis Windows dirancang untuk kemudahan penggunaan. Banyak aplikasi online mendukung sistem operasi ini sehingga mudah untuk diperluas dan ditingkatkan. Namun, diyakini bahwa Windows juga menggunakan lebih banyak sumber daya daripada rekannya. Ini berarti bahwa sistem tidak berjalan seefisien mungkin. Imbalan untuk penurunan efisiensi ini adalah kemudahan penggunaan dan kompatibilitas.

Linux

Situs web yang dioperasikan Linux adalah beberapa yang paling umum di Internet karena penggunaan perangkat kerasnya yang efektif. Sistem operasi ini kurang terbatas pada sumber daya komputer yang memungkinkan situs untuk menawarkan kinerja yang lebih tinggi. Meskipun perangkat lunak bermerek yang dirancang untuk Windows tidak akan berfungsi di Linux, alternatif aplikasi serupa dan proyek open source adalah umum memberi sistem ini tempat berlabuh yang luas dari perangkat lunak yang kompatibel.

Sistem operasi hosting web mana yang tepat?

Intinya adalah bagaimana Anda berencana menggunakan situs web Anda. Jika Anda terlibat dalam program aplikasi atau bekerja dengan pengembang yang menggunakan bahasa pemrograman tertentu, maka pilihan antara Windows dan Linux akan didasarkan pada kebutuhan mendesak Anda.

Namun, perbedaan dalam fungsi mungkin tidak signifikan jika Anda hanya mencari dasar-dasar desain dan operasi web. Banyak orang sering membiarkan perusahaan web hosting memilih mana yang terbaik ketika mereka membuat blog atau situs dengan lalu lintas rendah lainnya.

Jika Anda perlu memilih, Linux adalah taruhan yang aman, kecuali Anda tahu bahwa Anda membutuhkan sesuatu yang ditawarkan oleh Windows, seperti ASP.NET atau Microsoft SQL Server. Jika Anda hanya membuat blog WordPress sederhana, atau situs Drupal, atau yang menggunakan segala jenis perangkat lunak situs PHP, maka Linux akan melakukan pekerjaan untuk Anda.

Apa itu uptime?

Situs web beroperasi 24 jam per hari, tujuh hari per minggu. Ketika sebuah situs turun karena alasan apa pun, pengunjung tidak dapat mengakses konten.

Sementara perusahaan web hosting bekerja dengan rajin untuk menjaga sistem operasional, kadang kala ada saja masalah yang muncul. Downtime dapat terjadi karena perangkat keras yang salah, serangan DDOS atau hacker, kerusakan perangkat keras karena kebakaran atau banjir, masalah konektivitas jaringan, atau bahkan pemeliharaan perangkat keras yang terencana.

Menjaga sebuah situs web dan menjalankan 100% Uptime, merupakan hal yang sangat sulit, sehingga Anda akan melihat banyak jaminan uptime 99%, 99,5%, dan 99,9%. Semakin penting waktu aktif untuk bisnis Anda, semakin tinggi jaminan waktu aktif yang harus Anda cari. Setiap "9" tambahan yang ditambahkan ke uptime 99,99% akan dikenakan biaya!

Organisasi yang dapat menawarkan jaminan uptime dapat mengurangi kerugian Anda. Ini sangat bermanfaat jika Anda menyiapkan situs eCommerce atau aplikasi berbasis web yang mengandalkan fungsionalitas yang berkesinambungan agar bisnis Anda menghasilkan uang.

Control Panel

Sebagian besar penyedia hosting web dari opsi Panel Kontrol pada sebagian besar penawaran mereka. Control Panel, seperti Parallels Plesk, atau cPanel, menawarkan antarmuka berbasis web untuk manajemen server dan situs web. Untuk paket hosting multi-domain, fungsi Control Panel akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur dan menyediakan akun hosting baru.

Fungsi Control Panel untuk situs web tunggal memungkinkan tugas administrasi situs seperti mengunggah file, mengatur kata sandi pada direktori, mengatur basis data, mengelola akun email, dan bahkan menginstal aplikasi server web, seperti CMS seperti WordPress, Drupal, Joomla, dan situs e-commerce seperti ZenCart dan OSCommerce.

Kemudahan penggunaan dari panel kontrol dapat berperan dalam menemukan layanan hosting yang tepat — cPanel dan Plesk membuat pengaturan situs web lebih mudah bagi mereka yang tidak memiliki banyak pengalaman.

Lokasi server

Lokasi sebenarnya dari perangkat web hosting akan mempengaruhi aksesibilitas untuk audiens target Anda. Misalnya, host yang berlokasi di Eropa akan memiliki waktu akses yang lebih lambat dari pengguna yang berlokasi di Amerika Serikat. Semakin dekat server ke audiens target, semakin cepat akses ke situs Anda, jadi pastikan memilih host yang secara geografis dekat dengan lokasi audiens target.

Periksa Reputasi Perusahaan Web Hosting

Pengertian Hosting dan Fungsi hosting Untuk Situs Web di Internet
Salah satu aspek terpenting untuk hosting web adalah reputasi perusahaan. Layanan pelanggan sangat bermanfaat bagi banyak orang, dan perusahaan yang mudah didekati dan membantu sangat ideal di hampir semua situasi. Ini sering digambarkan dalam testimonial dan ulasan mengenai masing-masing organisasi.

Informasi dukungan dan kontak harus mudah diidentifikasi jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut. dalam banyak kasus, bahkan saat perusahaan berkecimpung dalam bisnis dapat menandakan tingkat keberhasilan. Organisasi harus melakukan sesuatu yang benar jika orang masih menggunakan layanan dalam jangka waktu yang lama.

Perusahaan web hosting dapat memilih untuk menyediakan berbagai layanan selain fungsi hosting web dasar. Sebagai contoh, menyediakan alat yang berguna untuk pembuatan dan pemeliharaan situs web, termasuk pembuat situs web yang membuat pembuatan situs web menjadi mudah bahkan bagi pengguna yang paling tidak mengerti secara teknis.

Jasa web hosting juga ada yang menyediakan layanan hosting web opsional yang ditingkatkan seperti statistik, optimisasi pencarian, dan POP mailboxes.

Jasa web hosting apa yang Anda perlukan dari perusahaan hosting web tergantung pada ukuran, fitur, dan tujuan situs web Anda. Banyak Jasa web hosting, menyediakan berbagai tingkatan web hosting sehingga Anda dapat memilih kombinasi layanan dan biaya yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jasa web hosting menawarkan berbagai paket hosting web yang dirancang untuk menawarkan solusi hosting yang Anda cari. Tentu saja, setiap paket jasa web hosting termasuk ruang server dan konektivitas internet yang akan membangun keberadaan situs online Anda.

Sekarang Anda harus memiliki ide yang bagus tentang apa itu web hosting, fungsi dan pengertian hosting. Cara memilih host web akan tergantung pada apa yang Anda coba capai dan tingkat keterampilan pengembang situs.

Meskipun blog dasar mungkin tidak membutuhkan semua fitur, namun situs e-commerce mungkin memerlukan peningkatan dan penskalaan yang konstan untuk tetap sukses seiring berjalannya waktu. Biaya tidak selalu harus menjadi faktor, jika Anda berencana mengembangkan situs yang berpotensi menjadi sangat populer.