Tips dan cara merawat rambut rontok alami - Rambut adalah mahkota keindahan seseorang baik wanita ataupun pria. Rambut juga menjadi tolak ukur penampilan yang akan membuat orang tersebut menarik.

Namun, apa yang terjadi jika rambut yang begitu dibanggakan rapuh dan rontok? Berikut ini adalah tips dan cara merawat rambut rontok alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Daftar Isi
  1. Cara Merawat Rambut Rontok Akibat Rebonding
  2. Cara Mengatasi Rambut Rontok Alami
  3. Cara Merawat Rambut Rontok Alami
  4. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Jamur
  5. Cara Mengatasi Rambut Rontok Anak Kecil Dengan Cara Sederhana
  6. Cara Mengatasi Rambut Rontok Alami dan Cepat yang perlu Anda Ketahui
  7. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Bleaching yang perlu Anda Ketahui
  8. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Menyusui
  9. Tips-tips Alami Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Kemoterapi
  10. Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Ketombe dengan Bahan Alami
  11. Cara Efektif Mengatasi Rambut Rontok Akibat Tipes

Cara Sederhana Merawat Rambut Rontok

Rambut rontok yang dibiarkan akan menyebabkan kebotakan. Sungguh menakutkan bukan? Oleh sebab itu, lakukan cara-cara ini agar rambut rontok Anda berkurang.

1. Jangan Gonta-ganti Shampoo

Pilihlah jenis shampoo yang cocok dengan tipe kulit kepala dan rambut Anda. Di pasaran tersedia beragam jenis shampoo yang bisa dipilih. Pada umumnya, shampoo-shampoo ini telah ditambahkan bahan aktif yang akan membantu mengatasi permasalahan seperti rambut rontok, berketombe atau berminyak.

2. Cari Penyebab Rambut Rontok

Sebelum mencari cara merawat rambut rontok alami, Anda harus menemukan penyebab kenapa rambut menjadi mudah rontok. Banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya yaitu akar rambut yang tidak kuat, rambut yang kering dan rapuh serta perubahan hormon pada tubuh seseorang. Cek kondisi rambut saat ini. Anda bisa mencoba melihatnya dari besarnya helai rambut ataupun dengan cara menyisir dan keramas. Lihat berapa jumlah rambut yang rontok.

3. Pakai Sisir yang Sesuai

Pakailah sisir dengan gigi yang jarang untuk rambut yang sangat mudah rontok. Menggunakan sisir bergigi rapat hanya akan memperparah kerontokan rambut Anda. Hindari menyisir dengan keras jika rambut sedang kusut. Uraikanlah perlahan dan dengan hati-hati.

4. Ubah Cara Mengeringkan Rambut

Umumnya, orang mengeringkan rambut dengan cara digosok keras-keras menggunakan handuk. Jika rambut Anda tergolong rapuh, bukan tidak mungkin akan semakin banyak rambut yang patah karena gosokan handuk. Penggunaan hair dryer juga sebaiknya dikurangi. Suhu panasnya akan membuat rambut semakin kering.

5. Cuci Rambut Dengan Teratur

Jangan melewatkan waktu untuk mencuci rambut. Aktivitas sehari-hari rawan menyebabkan rambut menjadi kotor, berdebu dan berminyak. Jika kulit kepala sangat kotor, folikel rambut bisa jadi terhambat dan bisa menyebabkan kerontokan. Oleh sebab itu, cara merawat rambut rontok alami adalah dengan menjaganya tetap bersih dan sehat.

6. Pakai Gaya Rambut yang Simple

Jika rambut Anda sedang bermasalah terutama kerontokan, disarankan untuk mengurangi pewarnaan ataupun perawatan menggunakan bahan kimia yang aktif. Hal ini akan semakin membuat rambut menjadi stress. Gunakan gaya rambut yang sederhana untuk sementara waktu hingga kerontokan teratasi.

7. Olah Raga dan Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Melakukan olah raga dapat membuat aliran darah dalam kepala menjadi lancar. Aliran darah ini akan membawa nutrisi yang berasal dari makanan sehat yang Anda makan dan membuat rambut jauh lebih sehat. Dengan rambut yang sehat, kerontokan akan berkurang secara otomatis,

8. Lakukan Perawatan Dengan Bahan Alami

Gunakan masker rambut dari bahan alami seperti minyak kemiri, alpukat dan yogurt. Oleskan pada rambut lalu lakukan pemijatan pada kulit kepalanya. Nutrisi dalam bahan alami tersebut akan diserap oleh rambut dan membuatnya menjadi sehat.

Itulah beberapa cara merawat rambut rontok alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga dengan tips dan cara diatas dapat segera mengatasi masalah kerontokan rambut Anda.

Tanpa Harus Bayar Mahal : 4 Cara Merawat Rambut Rontok Akibat Rebonding Ini Terbukti Ampuh!

Faktanya, memiliki rambut lurus dapat membuat penampilan lebih mengesankan. Ditambah lagi iklan-iklan perawatan rambut di televisi maupun kerap diperankan oleh model dengan rambut yang lurus dan hitam mengkilap. Representasi model tersebut sering dijadikan patokan standar kecantikan bagi para wanita.

Oleh karena itu, banyak wanita yang melakukan perawatan untuk membuat rambutnya menjadi lebih lurus. Salah satu cara yang banyak dilakukan yakni rebonding. Akan tetapi, cara ini ternyata tidak hanya membuat rambut bagus saja, namun juga memiliki efek negatif.

Pasalnya, rebonding dapat menyebabkan banyak masalah bagi rambut, contohnya kerontokan, keringnya rambut, juga rambut bercabang. Masalah-masalah ini disebabkan oleh beberapa hal seperti penggunaan bahan kimia dan suhu panas berlebih pada saat pencatokan. Maka dari itu, ada beberapa cara merawat rambut rontok akibat rebonding yang bisa Anda lakukan agar rambut kembali sehat.

4 Cara Merawat Rambut Rontok Akibat Rebonding

Bagi para wanita yang senang meluruskan rambut dengan cara rebonding sebaiknya perlu melakukan perawatan ekstra. Agar rambut tidak rusak sampai ke akar-akarnya para penggemar rebonding dianjurkan untuk mengetahui cara merawat rambut. Berikut 4 cara merawat rambut rontok akibat rebonding yang sudah terbukti ampuh.

1. Lidah buaya

Lidah buaya terkenal ampuh untuk merawat rambut dan kulit. Tidak hanya itu, tanaman ini juga dapat menyuburkan rambut. Jadi lidah buaya sangat cocok untuk mengatasi problem rambut yang rontok karena rebonding. Untuk menggunakannya juga cukup mudah. Pertama yakni belah lidah buaya menjadi 2 bagian. Kemudian pisahkan gel dari kulitnya lalu oleskan gel ke seluruh bagian rambut. Kemudian balut rambut menggunakan handuk hangat selama 1 jam. Terakhir bilas dengan air dingin. Cara merawat rambut rontok akibat rebonding yang satu ini memang sudah dikenal sejak zaman dahulu.

2. Gunakan shampoo khusus

Setelah melakukan rebonding, sangat disarankan untuk memakai shampoo khusus rebonding. Shampoo jenis ini sangat baik karena sudah sesuai dengan kondisi rambut yang telah mengalami proses rebonding. Jadi, jangan asal gunakan shampoo untuk rambut Anda.

3. Potong ujung rambut yang bercabang

Biasanya rambut yang direbonding memiliki ujung yang bercabang. Dianjurkan untuk memotong ujung rambut yang bercabang tersebut. Tujuan dari pemotongan ini yakni untuk membuat bagian rambut yang sudah rusak. Setelah terpotong, biasanya akan muncul rambut baru yang lebih bagus.

4. Gunakan vitamin rambut yang tepat

Jangan sembarangan menggunakan vitamin untuk rambut. Pilih vitamin yang baik untuk rambut seperti vitamin E dan B3. Dua vitamin tersebut sangat baik untuk melancarkan peredaran darah pada kepala.

Jadi, untuk para wanita yang menginginkan rambut lurus dengan cara rebonding jangan lupa juga untuk memperhatikan juga cara perawatan setelah rebonding agar rambut lurus menawan namun juga kuat dan sehat. 4 cara merawat rambut rontok akibat rebonding diatas bisa diterapkan dan dilakukan secara rutin. Selamat Mencoba!.

Ingin Rambut Sehat dan Kuat? 4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Alami Ini Patut Dicoba!

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering diperhatikan kesehatannya. Khususnya bagi para wanita, perawatan rambut sudah menjadi hal wajib yang rutin dilakukan. Bahkan, tidak jarang orang yang rela mengeluarkan biaya besar hanya untuk perawatan rambut.

Namun, meskipun sudah melakukan perawatan, permasalahan rambut masih kerap muncul. Salah satu masalah rambut yang sering dialami banyak orang adalah kerontokan. Bagi sebagian orang, kerontokan pada rambut merupakan suatu hal yang menakutkan.

Banyak cara yang dilakukan untuk mencegah kerontokan. Mulai dari yang murah sampai yang sangat mahal. Sebenarnya, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok alami yang sudah terbukti ampuh.

4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Alami

Pada dasarnya, manusia bisa mengalami rambut rontok 50 hingga 100 helai setiap harinya. Penyebab rambut rontok sangatlah bervariasi, mulai dari kekurangan vitamin, stress, atau bahkan bisa jadi karena faktor keturunan. Banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. Berikut 4 cara mengatasi rambut rontok alami yang wajib untuk dicoba.

1. Jus bawang

Kalian bisa mengatasi rambut rontok dengan cara menggosok kulit kepala kalian dengan jus bawang. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan beberapa butir bawang merah dan bawang putih. Kemudian blender kedua jenis bawang tersebut sampai halus. Setelah benar benar halus, oleskan pada kepala. Diamkan selama sekitar beberapa jam sampai rambut agak kering. Cara ini paling ampuh dilakukan sebelum tidur. Kemudian pagi hari ketika terbangun, langsung basuh dengan air hangat.

2. Bubuk cabai

Meskipun terdengar agak menyeramkan untuk memakai bubuk cabai sebagai bahan perawatan rambut, namun barang yang satu ini sudah terbukti ampuh untuk merawat rambut dan mengatasi kerontokan. Jenis cabai yang paling cocok untuk di pakai adalah cabai rawit. Cabai rawit mengandung capsaicin yang bisa mengatasi kerontokan. Cara pemakaiannya cukup mudah, campurkan bubuk cabai dengan minyak zaitun kemudian oleskan ke rambut. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Cara mengatasi rambut rontok alami tersebut cukup aman untuk dilakukan.

3. Daun bunga rosemary

Daun rosemary mengandung antiseptic yang kuat untuk mengobati ketombe maupun infeksi rambut. Cara pemakaiannya cukup mudah, cukup seduh daun bunga rosemary untuk selanjutnya dijadikan minuman. Tambahkan madu atau sedikit gula jika ingin sedikit rasa manis.

4. Jus akar bit

Akar bit bisa mengatasi rambut rontok dan relatif cukup mudah untuk digunakan. Mengkonsumsi jus akar bit 2 kali sangat dianjurkan agar rambut terawat, kuat, dan sehat.

Jika tahu cara mengatasinya, rambut rontok bukanlah lagi sebuah hal yang menakutkan. Cukup dengan menerapkan 4 cara mengatasi rambut rontok alami di atas, kita sudah bisa terbebas dari masalah kerontokan rambut.

Lihat Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami!

Keadaan dimana menemukan rambut rontok saat sedang menyisir atau mencuci rambut dalam jumlah yang terbilang banyak tentu cukup memberikan tekanan bagi seseorang yang mengalaminya. Meskipun di lain sisi, rambut rontok merupakan hal yang sangat wajar dan terjadi pada masing-masing orang, paling tidak kerontokan pada rambut akan memakan sebanyak 40-120 helai.

Namun, seseorang yang mengalaminya tentu mewaspadai akibat dari rontok berlebihan tersebut adalah kebotakan. Oleh karena itu, cara mengobati rambut rontok secara alami tidak jarang menjadi pembahasan di kalangan masyarakat.

Ada beberapa penyebab kerontokan tersebut terjadi yaitu dipengaruhi oleh pertambahan usia, faktor keturunan, kondisi kesehatan seseorang, atau bahkan akibat proses kimia yang sebelumnya pernah dilakukan seperti mewarnai rambut.

Cara Mengobati Rambut Rontok dengan Bahan Alami 


1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A dan D, serta terdapat zat protein dan besi di dalamnya mampu mengatasi kerontokan rambut pada kulit kepala. Cara perawatannya juga tidak sulit, cukup mengusapkan secara menyeluruh gel pada daging lidah buaya pada rambut yang sudah dibasahi dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Untuk memperoleh hasil maksimal, lakukan perawatan secara teratur.

2. Kemiri

Kandungan senyawa pada kemiri mampu menjadi cara mengobati rambut rontok secara alami. Kemiri mampu menjadikan akar rambut lebih kuat dan dapat merangsang agar pertumbuhannya lebih cepat. Caranya adalah dengan menyangrai kemudian ditumbuk halus sampai mengeluarkan minyak. Minyak tersebut kemudian dioleskan pada rambut secara merata.

3. Alpukat

Memanfaatkan alpukat sebagai cara mengobati rambut rontok secara alami merupakan langkah yang baik. Protein dan lemak yang terkandung pada alpukat baik digunakan sebagai masker untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe. Hal tersebut sangat disarankan karena mampu memberi nutrisi pada rambut. Caranya cukup menghaluskan alpukat kemudian balurkan pada rambut juga kulit kepala secara menyeluruh. Bilas setelah menunggu selama 20 menit.

4. Bawang Putih

Bahan dapur satu ini juga memiliki kemampuan dalam mengatasi rambut rontok. Hanya dengan menghaluskannya kemudian digunakan sebagai masker. Tunggu selama beberapa menit dan bilas setelahnya dengan bersih agar tidak meninggalkan aroma menyengat.

5. Jeruk Nipis

Mengatasi rambut rontok dengan memanfaatkan jeruk nipis adalah dengan mengusapkannya pada kulit kepala. Selain untuk mengobati rambut rontok, jeruk nipis baik dalam mengatasi ketombe. Setelah diusapkan, tunggu selama 15 menit dan bilas setelahnya.

Demikian beberapa cara mengobati rambut rontok secara alami yang dapat diaplikasikan dengan mudah. Ulasan ini membahas mengenai kerusakan rambut alami tanpa adanya faktor pendukung kerusakan. Untuk mengatasi kerontokan pada rambut akibat adanya campuran faktor lain silakan konsultasikan pada dokter demi mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Simak Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Jamur!

Kondisi di mana rambut dikatakan rontok berlebih jika ditemukan 100 atau lebih helai setiap harinya. Kerontokan sendiri dapat diakibatkan karena faktor keturunan atau karena ditemukannya suatu penyakit. Salah satu yang diakibatkan oleh penyakit adalah disebabkan oleh infeksi jamur, sakit demam atau keadaan di mana kesalahan dalam perawatan rambut. Cara mengatasi rambut rontok akibat jamur ini tidak cukup hanya dengan memakaikan obat oles untuk membasmi jamur yang terdapat pada kulit kepala.

Tinea Capitis atau yang biasa dikenal dengan kerontokan rambut akibat jamur dalam perawatannya tidak terbilang gampang juga sulit. Beberapa gejalanya yaitu kebotakan di bagian tertentu pada kepala, ada rasa gatal, munculnya ketombe, dan terdapat pembengkakan di area tertentu.

Beberapa Langkah Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Jamur


1. Mengkonsumsi obat anti jamur

Pemberian obat oles sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jamur pada kulit kepala diakui kurang maksimal karena jamur tidak juga hilang. Oleh karena itu, disarankan bagi seseorang yang mengidap tinea capitis untuk mengkonsumsi obat anti jamur sebagai salah jalan keluar saat mengalami penyakit tersebut.

2. Melakukan diet tinggi lemak

Pada saat mengkonsumsi obat-obatan anti jamur sebagai cara mengatasi rambut rontok akibat jamur, akan ditemukan efek samping dari obat tersebut yaitu nyeri pada perut dan juga diare. Oleh karena itu, untuk menyeimbangi pengobatan tersebut, disarankan untuk melakukan diet tinggi lemak.

3. Gunakan sampo anti jamur

Rambut rontok pada kulit kepala yang diakibatkan oleh jamur juga dapat diatasi dengan menggunakan sampo anti jamur yang dipercaya dapat menghilangkan jamur pada kulit kepala dan menghilangkan infeksi yang terjadi. Penggunaan sampo yang disarankan adalah dua kali dalam sehari selama sebulan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Hindari penggunaan alat pribadi yang berhubungan dengan kepala secara bersama

Penggunaan handuk atau sisir secara bersamaan dengan seorang penderita tinea capitis dapat memberikan dampak penularan bagi orang lain atau kita sendiri. Sehingga larangan dalam penggunaan alat pribadi yang sama dengan orang lain atau bahkan hewan sangat disarankan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok akibat jamur demi menghindari penularan.

Infeksi jamur pada kulit kepala ini sendiri sebabkan oleh jamur dermatofit yang mampu berkembang biak pada jaringan kulit kepala. Penyerangan jamur ini pun biasanya menyerang kulit kepala yang berkeringat dan lembab.

Jamur ini akan menyerang lapisan kulit kepala bagian luar dan batang rambut. Ini juga merupakan penyakit yang dapat ditularkan dari manusia ke manusia lainnya bahkan hewan melalui kontak kulit.

Cara mengatasi rambut rontok akibat jamur ini ada baiknya diperiksakan pada dokter agar diberikan penanganan yang baik karena pengobatannya terbilang cukup lama dan sulit kalau tidak dengan serius.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Anak Kecil Dengan Cara Sederhana

Tidak hanya bagi orang dewasa, kerontokan juga merupakan masalah bagi anak kecil. Pada umumnya, kerontokan rambut yang terjadi pada anak kecil disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang mereka makan, infeksi jamur atau juga stress. Cara mengatasi rambut rontok anak kecil lebih baik dilakukan di rumah saja karena jika Anda melakukan perawatan di salon, bisa jadi rambut mereka yang masih rapuh akan menjadi semakin rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Anak Kecil di Rumah

Anak kecil bukan tidak mungkin akan mengalami kerontokan rambut. Bagi mereka, hal ini bukan menjadi masalah besar karena tidak begitu memahami arti penting rambut. Namun bagi orang tuanya, kerontokan ini bisa jadi hal yang mengkhawatirkan. Untuk mengatasinya, lakukan cara dibawah ini.

1. Menggunakan Masker Minyak Zaitun

Minyak Zaitun mengandung berbagai macam zat yang sangat baik seperti vitamin D, vitamin E, biotin dan niacin. Semua zat ini berfungsi untuk mengatasi rambut rontok. Masker minya zaitun sangat dianjurkan digunakan pada anak karena keampuhannya. Cara mengatasi rambut rontok anak kecil menggunakan minyak zaitun juga sangat mudah. Anda bisa meneteskan minyak zaitun di kepala anak dan memijatnya dengan lembut. Tinggalkan selama beberapa waktu kemudian lakukan pembilasan. Jika inginkan minyak zaitun menyerap secara maksimal dan sempurna, Anda bisa mengoleskannya di malam hari untuk kemudian di bilas di pagi harinya.

2. Menggunakan Masker Madu

Madu mengandung zat yang dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut pada anak. Selain dapat mengatasi kerontokan, masker madu juga bisa meningkatkan kesehatan rambut dan membuatnya tumbuh lebih tebal. Anda bisa menggunakan masker madu dengan cara mengoleskan pada seluruh permukaan kulit kepala dan rambut anak. Ajaklah mereka berbincang-bincang sambil melakukan pemijatan di kulit kepala. Madu mempunyai aroma wangi yang menyenangkan sehingga anak Anda tidak akan merasa terganggu.

3. Menggunakan Masker Minyak Kelapa

Satu lagi minyak yang sangat ampuh untuk mengatasi kerontokan rambut pada anak. Itulah minyak kelapa. Minyak kelapa diketahui mengandung asam esensial alami yang bisa mengatasi kerontokan dengan cepat. Asam dan zat yang terkandung di dalam minyak kelapa juga mampu menyehatkan folikel dan kulit kepala agar rambut bisa tumbuh dengan subur dan sehat. Cara mengatasi rambut rontok anak kecil dengan minyak kelapa hampir serupa dengan minyak zaitun yaitu dioleskan di kulit kepala dan rambut kemudian dilakukan pemijatan. Minyak kelapa ini juga diketahui bisa menghitamkan rambut secara sempurna.

4. Menggunakan Masker Minyak Kemiri

Bahan minyak memang sangat baik untuk mengatasi rambut rontok, begitu juga dengan minyak kemiri. Kandungan vitaminnya cukup tinggi untuk bisa mengatasi permasalahan rambut rontok pada anak. Lakukan mengoleskan dan pemijatan secara teratur, maka minya kemiri akan dengan cepat membantu mengatasi kerontokan rambut anak.

Kerontokan rambut pada anak harus diatasi dengan segera. Cara mengatasi rambut rontok anak kecil yang paling cepat adalah dengan menggunakan bahan alami seperti bahan-bahan diatas. Selain bahan ini aman dan tidak mengandung bahan berbahaya, bahan-bahan ini pun mudah didapatkan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Alami dan Cepat yang perlu Anda Ketahui

Rambut rontok memang terasa menyebalkan dan terlebih lagi jika terus-menerus seperti itu. Anda pasti ingin berusaha memaksimalkan penampilan rambut agar kuat dan juga lembut. Itu merupakan dambaan bagi setiap orang, terutama para wanita. Karena bagi wanita rambut merupakan mahkota yang indah untuk dipandang. Terkadang mereka mencari sesuatu yang cepat untuk memperbaiki rambut. Namun tahukah Anda bahwa terdapat cara mengatasi rambut rontok alami dan cepat?

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Alami dan Cepat yang perlu Dicoba

Dengan cara menggunakan shampo secara rutin maka akan dapat menanganinya. Namun, hal itu tidak cukup untuk dilakukan. Jika Anda ingin masalah rambut rontok diperbaiki secara maksimal dengan cara mengatasi rambut rontok alami dan cepat, maka Anda dapat memakai bahan alami.

1. Bunga  Rosemary

Bunga ini dapat membantu mengobati masalah rambut rontok karena bunga ini memiliki sifat atau kandungan antiseptik yang kuat. Anda bisa memanfaatkan minyaknya untuk mengatasi masalah rambut. Selain itu, bunga ini dapat dijadikan sebuah minuman, khasiatnya adalah untuk membantu tubuh dalam hal sirkulasi darah pada bagian kulit kepala.

2. Lidah Buaya

Sudah tidak asing lagi bagi Anda mendengar nama tumbuhan yang satu ini. Semua orang pun sudah mengetahui khasiat dari lidah buaya ini. Biasanya getah lidah buaya yang dimanfaatkan, karena getah lidah buaya mempunyai salah satu kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, yaitu kandungan asam amino.

3. Lemon Segar

Lemon merupakan bagian dari cara mengatasi rambut rontok alami dan cepat karena mempunyai kadar PH yang rendah yang lebih efektif untuk membersihkan berbagai sel kulit mati pada kepala. Lemon dapat memperkuat rambut Anda sehingga rambut tidak rontok lagi. Anda dapat memanfaatkan saripati dari lemon segar.

4. Jelatang

Tumbuhan ini tidak terlalu dikenali oleh sebagian orang. Namun jelatang ini dapat dimanfaatkan daunnya untuk mengatasi masalah rambut rontok secara cepat. Daunnya dipercaya dapat dijadikan obat diuterik.

5. Kentang

Rambut rontok bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi, namun ternyata kentang dapat dijadikan cara alami tuk mengatasi rambut rontok, karena kentang mengandung berbagai manfaat serta nutrisi seperti; vitamin B6, vitamin C dan vitamin A.

Itulah beberapa tumbuhan alami yang dapat disampaikan. Untuk kedepannya Anda dapat mencoba mengatasi masalah rambut rontok menggunakan bahan alami di atas, itu pun jika memang Anda menginginkannya. Rambut bebas tanpa rontok akan Anda miliki dengan cepat. Cara mengatasi rambut rontok alami dan cepat dapat Anda lakukan sendiri tanpa membutuhkan hal lain sehingga lebih efektif dalam penggunaan waktu dan efisien dalam penggunaan biaya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Bleaching yang perlu Anda Ketahui

Apakah Anda tertarik untuk melakukan bleaching rambut? Apakah Anda ingin mengubah warna rambut menjadi merah atau pun pirang? Disarankan Anda berfikir dua kali untuk melakukan hal tersebut. Mengapa? Karena melakukan bleaching rambut dapat membuat rambut Anda rontok.

Banyak sebagian orang yang telah mengalami dampak dari bleaching rambut. Itu tergantung pada perawatan Anda yang dilakukan. Namun lebih baik mencegah, bukan? Tapi jika rambut Anda memang sudah rontok akibat bleahing rambut, janganlah khawatir karena tersedia beberapa cara mengatasi rambut rontok akibat bleaching secara alami.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Bleaching yang Alami


1. Berusaha untuk tidak Melakukan Styling Rambut secara Berlebih

Ini merupakan hal yang paling sederhana untuk dilakukan padda diri Anda. Styling rambut memang memperlihatkan rambut yang indah sehingga kerap sebagian orang terutama wanita susah untuk meninggalkannya. Namun, jika styling rambut dilakukan secara terus menerus makan itu akan membuat rambut Anda akan rusak hingga rontok. Maka usaha Anda dalam memiliki rambut indah akan tiada arti.

2. Makanan Bergizi dikonsumsi secara Rutin

Anda harus memastikan bahwa tubuh Anda mengkonsumsi makanan bergizi secara rutin karena asupan makanan bergizi akan berpengaruh kondisi tubuh, termasuk salah satunya adalah rambut. Disarankan Anda mengkonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung vitamin B karena itu dapat membuat rambut Anda lebih kuat serta menyehatkan.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang kita tahu memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah khasiat untuk mengatasi masalah rambut dan minyak zaitun ini merupakan solusi tepat untuk mengatasi masalah rambut yang salah satunya disebabkan oleh bleaching. Anda dapat mengatasinya dengan cara mengoleskan minyak zaitun secara merata pada seluruh rambut yang sudah dibasahi, lalu diamkan beberapa menit. Dan kemudian Anda dapat membilasnya.

4. Cuka Apel

Cara mengatasi rambut rontok akibat bleaching salah satunya dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel yang biasa dipakai di dapur ternyata Cuka apel juga dapat dijadikan solusi untuk masalah rambut rontok akibat bleachin. Cuka apel dapat langsung dioleskan ke rambut sebagai kondisioner setelah Anda melakukan keramas.

5. Alpukat

Alpukat dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok akibat bleaching. Buah alpukat dapat digunakan sebagai solusi lain untuk mengatasi rambut rontok, salah satunya seperti yang diakibatkan oleh bleaching rambut.

Alpukat ini dapat dijadikan masker untuk dalam pemakaiannya. Caranya dimulai dari mengambil daging dari alpukat, lalu kemudian haluskan. Setelah itu olehkan secara merata ke seluruh rambut dan diamkan beberapa menit. Dan yang terakhir adalah membilasnya dengan menggunakan air dingin.

Demikianlah beberapa cara mengatasi rambut rontok akibat bleaching yang perlu Anda lakukan. Semua cara tersebut memang lebih mengefektifkan serta mengefisiensikan waktu serta budget Anda sehingga dapat dikatakan cara tersebut lebih praktis untuk dilakukan.

4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Menyusui

Kejadian yang lumrah dan wajar dialami para perempuan pasca melahirkan ialah mengalami kerontokan rambut. Hal ini terjadi karena rambut mengalami fase istirahat yang menyebabkan rambut akan terdorong keluar.

Walaupun hanya terjadi sementara, tentunya hal ini menjengkelkan bagi kebanyakan perempuan. Untuk itu perlu adanya perawatan yang baik agar rambut tidak mengalami rontok yang berlebihan. Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok akibat menyusui yang dapat dilakukan.

Berikut Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Menyusui

Ada banyak ragam perawatan rambut rontok yang bisa dilakukan, namun harus sesuai dengan kondisi rambut. Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok akibat menyusui.

1. Perbanyak konsumsi telur, keju dan buah alpukat.

Bahan makanan ini mengandung nutrisi zat besi dan vitamin B12. Selain dapat membantu mengatasi rambut rontok, nutrisi tersebut juga baik untuk tambahan nutrisi ASI saat menyusui. Bahan makanan yang juga mengandung nutrisi tersebut ialah daging merah, kacang kacangan dan sayuran berdaun hijau serta kacang mede.

2. Jangan stress karena masalah kerontokan rambut.

Wajar jika saat mengetahui rambut semakin rontok saat mandi, perempuan akan takut terjadi kebotakan dan mungkin akan merasa stress pula. Selain itu masa setelah melahirkan dan memiliki buah hati akan menyebabkan banyak perubahan yang menambah stress hingga depresi. Tingkat stress yang semakin tinggi akan menambah kerontokan rambut. Upayakan untuk selalu tenang dan berfikiran positif agar hormon bekerja dengan baik mengembalikan pertumbuhan rambut.

3. Lakukan treatment sederhana.

Cara mengatasi rambut rontok akibat menyusui yang perlu dilakukan para perempuan ialah menjaga perawatan rambutnya. Treatment sederhana yang bisa dilakukan misalnya, memperbanyak pemakaian vitamin dan serum rambut. Aplikasikan vitamin dan serum ke kepala. Pijat pijat kecil pada kulit kepala mampu membantu penyerapan nutrisi vitamin sehingga dapat menguatkan akar rambut. Selain itu hentikan penggunaan pengering rambut. Pengering rambut hanya akan membuat rambut semakin kering dan rapuh.

4. Gunakan minyak kemiri

Menyusui biasanya dilakukan hingga anak berusia 1-2 tahun. Setelah itu lakukan tahap pemulihan pada rambut dengan melakukan perawatan alami. Minyak kemiri salah satunya. Minyak kemiri dikenal baik untuk menumbuhkan rambut. minyak kemiri juga mampu menghitamkan rambut secara alami dan menjaga agar rambut tetap berkilau. Cara pembuatannya pun cukup mudah yaitu dengan dibakar atau disangrai terlebih dahulu agar mendapatkan minyak kemiri asli. Setelah itu cukup dipijat pada kulit kepala lalu dibilas. Gunakan secara rutin agar hasil maksimal.

Demikian diatas adalah cara mengatasi rambut rontok akibat menyusui yang dapat dilakukan. Cara cara diatas dapat membantu mengatasi rambut rontok jika dilakukan secara rutin dan benar. Namun, Jika kerontokan tetap terjadi dan semakin parah harap melakukan konsultasi pada dokter.

Tips-tips Alami Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Kemoterapi adalah salah satu metode pengobatan kanker yang cara kerjanya dengan membunuh, mengendalikan, atau mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Kemoterapi dapat bekerja efektif untuk mengatasi penyakit kanker terutama saat sel-sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain. Ternyata selain membunuh sel kanker, kemoterapi juga berdampak pada perusakan sel-sel tubuh lainnya. Sehingga kemoterapi biasanya akan menimbulkan efek samping seperti hilangnya nafsu makan, masalah usus, mual dan muntah, serta rambut rontok (alopecia). Rambut rontok inilah yang seringkali menjadi masalah bagi para pasien.  Perlu diketahui bahwa ternyata  terdapat cara mengatasi rambut rontok akibat kemoterapi.

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Rambut rontok saat menjalani kemoterapi diakibatkan oleh perusakan sel folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan. Seringkali sepuluh hari hingga dua minggu setelah dimulainya metode kemoterapi, rambut akan rontok. Sebenarnya rambut akan tumbuh kembali setelah tiga hingga delapan minggu setelah berhentinya kemoterapi. Akan tetapi warna dan ketebalan rambut yang tumbuh dapat berbeda dengan sebelumnya. Untuk menyuburkannya kembali, berikut ini terdapat tips-tips alami cara mengatasi rambut rontok akibat kemoterapi.

1. Memotong Rambut

Cara mengatasi rambut rontok akibat kemoterapi yang pertama yaitu dengan cara memotong rambut. Pada saat rambut mulai tipis, lebih baik dipotong untuk sementara waktu. Kemudian sebaiknya rambut sering dipotong secara teratur untuk merangsang pertumbuhan rambut agar lebih subur. Selain itu hindari terlebih dahulu pewarnaan rambut, keriting, atau rebonding karena akan mengganggu kesehatan rambut pasca kemoterapi.

2. Memperhatikan Treatment pada Rambut

Perlakuan dan perawatan pada rambut akibat kemoterapi harus diperhatikan dan dilakukan dengan lembut. Misalnya menggunakan sisir dengan bulu yang lembut serta cara menyisirnya pun harus lembut agar tidak merusak rambut. Selain itu shampo yang digunakan juga harus lembut dan keringkan rambut secara alami. Lebih baik menghindari penggunaan pengering rambut atau hair dryer.

3. Makanan yang mengandung protein dan vitamin.

Rambut membutuhkan protein, sehingga mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, daging, dan susu baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dari dalam. Selain itu asupan vitamin juga penting untuk mendorong pertumbuhan rambut. Vitamin B akan memperlancar peredaran darah di kepala sedangkan vitamin E dan C menutrisi akar rambut.

4. Mengkonsumsi asam lemak Omega-3 dan Omega-6

Asam lemak baik seperti Omega-3 dan Omega-6 sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Asam lemak tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan seperti salmon, sardin, dan mackerel.

5. Minyak esensial

Cara mengatasi rambut rontok akibat kemoterapi dapat dengan menggunakan minyak esensial seperti minyak lavender, rosemary, bergamot, atau ylang-ylang untuk memijat kulit kepala. Minyak ini dapat menutrisi folikel dan menguatkan akar rambut sehingga akan mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Ketombe dengan Bahan Alami

Salah satu penyebab rambut rontok adalah ketombe. Rambut berketombe membuat rambut kita menjadi rapuh, dan itu adalah penyebab mengapa rambut berketombe menyebabkan rambut menjadi rontok. Kita sudah melakukan berbagai macam cara merawat rambut rontok akibat ketombe akan tetapi hasilnya belum maksimal. Maka dari itu, Anda bisa melakukan treatment di bawah ini.

Berikut Cara Merawat Rambut Rontok Akibat Ketombe dengan Bahan Alami

Kebanyakan resep membutuhkan bahan-bahan dasar yang merangsang pertumbuhan rambut dan menyehatkan kulit kepala. Berikut adalah beberapa cara merawat rambut rontok akibat ketombe dengan bahan alami yang dapat anda gunakan.

1. Masker rambut lidah buaya

Lidah buaya dapat mendinginkan kulit kepala dan mengobati kerusakan rambut. Cara merawat rambut rontok akibat ketombe dengan menggunakan lidah buaya ini bisa dikategorikan cukup mudah hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit kepala dan rambut lalu diamkan beberapa saat. Setelah sekiranya cukup, bilas bersih rambut anda. Masker lidah buaya ini dapat anda gunakan secara rutin agar masalah ketombe yang anda alami dapat cepat hilang.

2. Spray Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam yang dapat mengangkat jamur yang ada di kulit kepala dan cuka apel dapat menguatkan rambut agar tidak mudah rontok. Menggunakan cuka apel untuk mengatasi rambut rontok akibat ketombe cukup mudah hanya perlu masukkan cuka apel ke dalam semprotan kosong dan tambahkan air putih secukupnya. Setelah itu semprotkan cuka apel pada bagian kulit kepala dan rambut, bungkus rambut dengan handuk agar cuka apel meresap dikulit kepala rambut. Cukup diamkan beberapa saat 20-30 menit, kemudian bilas bersih.

3. Pemijatan menggunakan minyak

Pada minyak tertentu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi ke folikel. Beberapa pilihan minyak terbaik dapat anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok adalah minyak kelapa, minyak almond, minyak bibit gandum, dan minyak zaitun. Kandungan yang terdapat dalam minyak tersebut dapat menghilangkan bakteri yang terdapat dalam kulit kepala serta kandungan vitamin E yang dapat melembabkan rambut. Hanya perlu teteskan beberapa tetes ke telapak tangan anda, pijat rambut dan kulit kepala anda, dan biarkan semalaman atau naik setelah satu jam atau lebih. Perawatan ini dapat anda lakukan satu kali dalam seminggu.

4. Masker rambut jahe

Jahe adalah hal yang sering kita konsumsi baik untuk campuran jamu dan sebagainya. Kandungan yang ada dalam jahe dapat mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh jamur. Dengan berkurangnya jamur yang ada di kepala maka otomatis akan menghilangkan produksi ketombe. Anda cukup menyiapkan jahe yang sudah terkupas bersih dan terparut, dengan minyak wijen kedalam mangkuk. Aduk jahe yang sudah terparut dengan minyak wijen, setelah teraduk rata oleskan campuran tersebut pada kulit kepala yang sebelumnya sudah anda basahi, diamkan beberapa saat, dan bilas bersih.

Demikianlah cara merawat rambut rontok akibat ketombe menggunakan bahan alami yang dapat anda lakukan. Menjaga kesehatan kulit kepala dan rutin melakukan perawatan rambut adalah hal yang baik agar terhindar dari masalah rambut rontok.


Cara Efektif Mengatasi Rambut Rontok Akibat Tipes

Masalah rambut rontok seringkali terjadi kepada semua orang, terutama pada kalangan wanita. Biasanya, seseorang dapat kehilangan 100 helai rambut per harinya. Jika hal ini terus berlanjut dan jumlah kerontokan rambut semakin banyak, tentu akan menyebabkan masalah yang lebih serius. Kerontokan rambut dapat disebabkan karena beberapa faktor. Seperti stres, keturunan, kekurangan vitamin B, gaya rambut, dan Anemia. Selain itu, kerontokan pada rambut juga dapat diakibatkan oleh beberapa penyakit seperti diabetes dan tipes. Pada umumnya penyakit tipes tidak menyebabkan kerontokan pada rambut. Namun, ternyata sebagian orang mengalami kerontokan pada saat terkena penyakit tipes. Sehingga nampaknya kerontokan rambut disebabkan karena penyakit tersebut. Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok akibat tipes secara efektif.

Berikut ini Cara Mengatasi Rambut Rontok Akibat Tipes

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok akibat penyakit tipes. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok akibat tipes yang dapat dilakukan secara mudah dan efisien tanpa mengganggu aktivitas harian kita.

1. Hindari Stres

Stres sering terjadi akibat adanya tekanan dalam diri. Kita harus bisa mengendalikan stres agar tidak terjadi kerontokan pada rambut. Rambut rontok akibat stres dan emosional biasanya disebut telegon effluvium.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Dengan istirahat, kita dapat memulihkan pikiran kita sejenak dari aktivitas-aktivitas yang dihadapi. Kurangnya istirahat dapat mengganggu pikiran kita, kemampuan dalam melakukan aktivitas, dan suasana hati sehingga dapat menyebabkan gelisah dan stres.

3. Rajin Olahraga

Dengan berolahraga, kita dapat meningkatkan stamina tubuh sehingga dapat menyebabkan terhindarnya diri dari beberapa penyakit. Selain itu, olahraga juga merupakan aktivitas fisik yang menyehatkan dan menyenangkan.

4. Memakan Makanan yang Mengandung Protein

Cara mengatasi rambut rontok akibat tipes selanjutnya adalah dengan memakan makanan yang mengandung protein. Protein disebut juga zat pembangun sehingga penting dan diperlukan bagi pertumbuhan rambut. Makanan yang mengandung protein diantaranya seperti telur, daging, kacang-kacangan, dan ikan.

5. Hindari Pemakaian Bahan Kimia

Pemakaian bahan kimia dapat menyebabkan rambut rontok. Biasanya, orang menggunakan bahan kimia untuk mewarnai rambut. Pewarnaan pada rambut secara berlebihan dan tidak tepat dalam penggunaannya dapat mengakibatkan rambut cepat rusak sehingga terjadi kerontokan.

Demikian beberapa cara mengatasi rambut rontok akibat tipes secara efektif yang bisa dilakukan. Dengan cara-cara diatas, kita dapat mengurangi kerontokan pada rambut dan dapat merawat rambut dengan baik.

Selain itu, jaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat mengakibatkan rambut rontok, seperti penyakit tipes. Walaupun ada beberapa yang beranggapan tipes tidak menyebabkan kerontokan pada rambut. Namun, apa salahnya jika tetap perlu memperhatikan masalah ini dengan serius sehingga nantinya tidak terjadi kepada kita.
57 Cara Merawat Rambut Rontok yg Alami dan Ampuh Atasi Rambut Rontok