Tips sederhana agar tetap sehat di bulan puasa ramadhan - Bagi umat Islam, Ramadhan adalah bulan suci yang didedikasikan untuk sholat, pembacaan Quran, introspeksi diri dan melakukan puasa selama sebulan.

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam dimana Nabi Muhammad SAW dikatakan telah menerima wahyu pertama yang diperuntukan sebagai pedoman bagi umat Islam.

Lantas bagaimana agar tetap sehat selama puasa di bulan suci ramadhan? Inilah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk saat berpuasa di Ramadhan:

Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Di Bulan Puasa Ramadhan

Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Di Bulan Puasa Ramadhan

Makan secukupnya

Sertakan makanan kaya serat yang akan dicerna perlahan serta mendapatkan kebutuhan energi sepanjang hari. Buatlah menu makanan yang sehat yang dilengkapi dengan sayuran, lentil dan biji-bijian bersama dengan buah-buahan seperti aprikot, plum dan buah ara.


Istirahat yang cukup

Dapatkan istirahat malam yang cukup selama bulan Ramadhan. Idealnya Anda harus tidur selama 7 sampai 8 jam sehari. Anda mungkin tidak bisa mencapainya di malam hari, karena Anda harus bangun sebelum fajar untuk makan Suhur. Sebagai gantinya, Anda dapat beristirahatlah selama bagian terpanas hari ini untuk menghindari dehidrasi dan haus.

[Baca juga: Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Selama Bulan Ramadhan ]

Tetap terhidrasi

Sangat mudah untuk menjadi korban panas selama di bulan Ramadhan sekarang ini. Maka dari itu, usahakan agar tumbuh Anda tetap terhidrasi dengan cara minum air minimal 8 gelas saat menjelang Iftar (buka puasa) dan saat makan Suhoor. Catat air yang Anda minum dengan menggunakan botol air terukur. Sertakan sup, susu dan jus buah dalam makanan Anda bersama dengan banyak buah dan sayuran. Cobalah dan hindari minuman berkafein seperti kopi, teh atau cola karena ini bersifat diuretik dan bisa menyebabkan kehilangan cairan.

Berolahraga ringan

Puasa Anda seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan latihan. Namun, anda tidak perlu untuk latihan di gym, sebagai gantinya, Anda dapat memilih latihan seperti yoga agar tubuh Anda tetap rileks dan terhindar dari stres.

[Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan Hari Ini di Seluruh Wilayah Indonesia ]


Advertisement


Sedang Trends Terkait: Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Di Bulan Puasa Ramadhan