Cara menghindari kenaikan berat badan selama bulan Ramadhan - Beberapa orang mengalami kenaikan berat badan saat menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Dan jika Anda adalah salah satu dari mereka, maka dalam ulasan ini kami akan membagikan cara mencegah atau menghindari  agar berat badan tidak naik selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW menurut keyakinan umat Muslim, dan dihormati sebagai salah satu dari rukun Islam.

Sebagai umat muslim, tentu saja bulan ini merupakan bulan yang dinanti-nanti, mengingat kita sebagai manusia yang tidak pernah luput akan dosa. Maka berpuasa di bulan suci ramadhan adalah salah satu cara memohon ampunan kepada TUHAN YANG MAHA KUASA (ALLAH SWT) agar diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu, sebagaimana yang disebutkan "HR. Bukhari dalam Kitab as-Shiyam"

"Barang siapa yang menghidupkan malam Qadar -dengan ketaatan- karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu. Dan barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu." (HR. Bukhari dalam Kitab as-Shiyam).

Agar tetap sehat dan menghindari kenaikan berat badan selama bulan Ramadhan, maka ada beberapa langkah yang perlu di lakukan untuk mengatur asupan makanan di malam hari agar dapat membantu Anda mengendalikan berat badan Anda.

Dan mengkonsumsi lebih sedikit makanan, pada gilirannya akan mengurangi kalori yang dikonsumsi, sehingga memungkinkan Anda kehilangan atau mempertahankan berat badan Anda selama bulan suci ini.

Mengapa Berat Badan Naik Saat Puasa di Bulan Ramadhan?

 Mengapa Berat Badan Naik Saat Puasa di Bulan Ramadhan?
Sebagian orang akan bertanya-tanya "Mengapa saat puasa berat badan malah naik?" Ada beberapa alasan yang dapat membuat berat badan menjadi naik saat berpuasa di Bulan Ramadhan.

Salah satu alasan yang paling kuat ketika berpuasa di bulan suci ramadhan Anda mengalami kenaikan berat badan ialah ketidak mampuan mengontrol diri saat makan sahur dan iftar atau berbuka puasa.

Alasan lain Anda mengalami kenaikan berat badan selama Ramadhan termasuk;
  • Ketidakaktifan dan kelesuan setelah berbuka puasa
  • Mengkonsumsi sebagian besar makanan, lebih dari biasanya
  • Makan makanan gorengan dan makanan berlemak dan tinggi kalori dalam jumlah banyak, terutama di malam hari.
Sebenarnya, berpuasa di bulan ramadhan selain baik untuk kerohanian kita, puasa juga berguna dengan baik untuk detoks tubuh. Maka dari itu, agar lebih mendapatkan manfaat kesehatan dari berpuasa di bulan ramadhan, berikut ini adalah tips cara mencegah kenaikan berat badan selama bulan puasa.

Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari berat badan naik dan mengupayakan Anda untuk kehilangan atau mempertahankan berat badan selama bulan suci ini..

Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Selama Bulan Ramadhan

Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Selama Bulan Ramadhan

Cara Meningkatkan Nutrisi dan Mengendalikan Penambahan Berat Badan

  • Hindari makan berlebih
  • Kunyah makanan Anda perlahan untuk menghindari gangguan pencernaan
  • Siapkan sup dan salad dulu; Karena ini rendah kalori dan membuat Anda merasa kenyang
  • Minumlah setidaknya delapan gelas air selama jam tidak puasa
  • Konsumsi buah segar dan jus segar tanpa tambahan gula.
  • Pilihlah produk susu rendah lemak dan daging tanpa lemak
  • Makan salad buah bukan permen.
  • Berjalanlah sehari-hari minimal setengah jam sampai satu jam agar bisa membakar kalori ekstra
Selain melakukan cara diatas, memasak sehat juga berperan dalam mengatur berat badan Anda!
Saat memasak, buat resep Ramdan favorit Anda lebih sehat dengan menghindari penggorengan, bila memungkinkan. Sebagai gantinya, kurangi jumlah lemak dalam makanan Anda dengan memasak makanan menggunakan sedikit minyak sayur, atau dipanggang, dan dikukus.

Perlu diingat bahwa mengurangi lemak dalam masakan Anda tidak berarti mengurangi rasa. Anda bisa meningkatkan bumbu masakan Anda dengan menggunakan sayuran segar, dan rempah-rempah segar, yang menambah rasa tanpa menambah kalori.

Dan sekarang, dengan begitu banyak tips untuk membantu Anda mengontrol apa yang Anda makan dan menahan godaan untuk memanjakan diri, Anda dapat memastikan bahwa musim yang menyenangkan ini, akan membuat Anda tetap sehat dan penuh dengan kebaikan serta kebagiaan.

Transkerja.com mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H / 2017 M. Semoga Allah memberkati Anda dengan kesejahteraan.

Taqobalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan. Dan, bagi yang melaksanakannya, khususnya kepada warga di seluruh Wilayah Provinsi di Indonesia.

Kami ucapkan selamat menjalani ibadah Puasa di Bulan Ramadhan 1438 H – 2017 M. Semoga amal ibadah kita semua diterima ALLAH SWT. Amin...

[Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan Hari Ini di Seluruh Wilayah Indonesia ]


Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Selama Bulan Ramadhan