Resep Opor Ayam Kuah Putih Sederhana Enak dan Gurih

Indonesia sungguh-sungguh terkenal dengan bermacam-macam sajian masakan yang sedap dan menggugah selera. satu di antara makanan yang populer yakni opor ayam. sampai-sampai makanan khas Indonesia ini ada kalanya dihidangkan di dalam acara-acara tertentu. Makanan yang identik dengan kuah santan ini sungguh-sungguh memiliki cita rasa yang sedap dan gurih. Takaran kuah santan serta bumbu yang dimanfaatkan pun berbeda-beda. menjadi makanan yang dapat diucapkan hampir semua daerah mempunyai ciri khas sendiri ini.


Ayam yaitu komponen primer dari masakan ini, selanjutnya ada kuah santan kental yang mampu ditempuh dari perasan kelapa langsung atau dapat memakai santan instan. serta pastinya rempah-rempah yang menjadi bumbu utama, merealisasikan rasa yang enak dan penyajiannya lebih menggoda. malahan masakan ini jadi primadona ketika lebaran yang umumnya disantap memakai ketupat ataupun lontong juga juga sambal goreng ati.


Meski opor ayam bisa dimasak sesuai selera tetapi takaran bahan juga bumbunya harus pas. Nah untuk sahabat yang sedang mau mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, tapi belum tahu tekniknya pengolahannya, berikut ini resep opor ayam praktis enak juga gurih.


Opor Ayam Kuah Putih

- 1 kg ayam, potong-potong
- 250 santan kental
- 8 cm lengkuas, geprek
- 1 batang serai, geprek
- 4 daun salam
- 2 daun jeruk
- 1 ruas kayu manis
- 2 bks penyedap rasa
- 1 sdt garam kasar
- 1 sdm gula pasir
- 3-4 gelas air

Bumbu halus:
- 8 bawang merah
- 4 bawang putih
- 4 kemiri
- 5 cm jahe
- 1/2 buah pala

Cara memasak:
- Cuci bersih ayam, tiriskan sipakan bumbu halus dan kasar
- Lalu giling semua bumbu halus, dan siapkan bumbu kasar, tumis keduanya sampe bener-benar matang, jika sudah matang masukan air 1 gelas aduk-aduk sampai rata.
- Kemudian masukan ayamnya aduk-aduk sampai semmua ayam terlumuri dengan bumbu.
- Jika semua ayam sudah terlumuri dengan bumbu masukan air 4 gelas air sampai ayam terendam.
- Aduk-aduk lagi supaya semua bumbu tercampur rata, diamkan sampai ayam berubah pucat dan air agak menyusut kira-kira 8-10 menit, masukan penyedap, gula dan garam.
- Lalu masukan santan, tambahkan air sedikit aduk-aduk sampai rata.
- Sembari mendidih tetep diaduk supaya santan tidak pecah, jika sudah cukup matang test rasa sesuai selera.
- Angkat taburi bawang goreng, siap dinikmati