Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya - Sistem rem adalah satu di antara faktor terdepan dari suatu kendaraan. Apa pun jenis kendaraan yang dipakai orang, sistem pengereman yang efisien akan sering menjadi perhatian pokok untuk memutuskan …

Sistem rem adalah satu di antara faktor terdepan dari suatu kendaraan. Apa pun jenis kendaraan yang dipakai orang, sistem pengereman yang efisien akan sering menjadi perhatian pokok untuk memutuskan keselamatan.


Saat kita jarang merawat rem mobil, maka mesti akan muncul masalah-problem pada sistem pengereman mobil yang satu di antaranya ialah rem blong. Rem yang blong yakni situasi dimana rem tidak dapat berfungsi sama sekali. Nah, kasus rem blong inilah yang kerap kali jadi penyebab esensial dari kecelakaan yang terbentuk di jalanan.


Kita mungkin tak terlalu terkadang memikirkannya. Mobil pada dasarnya berbahaya serta rem mobil adalah garis pertahanan pertama mengenai kecelakaan. Tetapi, semacam setiap sistem mekanis, rem mobil itu tidaklah sempurna.


Dalam situasi terbaik, rem mobil mendapati masa pakai yang terbatas. Seiring waktu, mereka aus dan berhenti bekerja. Lebih buruk lagi, ada kalanya rem dirancang dengan buruk ataupun mempunyai cacat produksi juga gak berperan dengan baik sama sekali. Itu hal yang menakutkan untuk dipertimbangkan – seberapa besar akibat kegagalan pada rem mobil?


Mengapa rem blong?

Fungsi rem mobil tergantung pada sebagian langkah yang berperan dengan baik. Saat sahabat Transkerja menekan pedal rem mobil, tekanan itu ditransmisikan ke saluran rem kendaraan, yang berisi minyak rem. Minyak rem mengirimkan tekanan itu ke rem itu sendiri. Ada dua jenis rem utama: rem tromol juga rem cakram. Di kedua sistem, tekanan dari saluran rem mendorong cakram ataupun tromol ke roda untuk menangguhkannya dengan gesekan. Rem tromol lebih rumit juga mendapati lebih gede bagian, akan tetapi harganya lebih murah.


Apa tanda rem bermasalah?

Kabar baiknya ialah kamu terkadang dapat memahami bahwasanya permasalahan rem telah di depan mata. Apabila rem mengeluarkan suara aneh, saatnya pergi ke bengkel serta memeriksanya. Sahabat Transkerja mungkin juga memperhatikan bahwasanya rem terasa kenyal maupun mobil tertarik ke satu sisi saat mengerem. Kamu juga wajib menilik macam mana pedal terasa.


Jika pedal tenggelam ataupun ngelos secara perlahan maupun bila pedal tampak macet di posisi yang amat rendah, itu bisa jadi tanda dilema yang punya potensi serius. Kawan-kawan juga kudu mewaspadai kebocoran cairan dari bawah mobil. Kadang kala oli, tapi ada kalanya minyak rem juga dapat memperlihatkan hilangnya tekanan pada saluran rem mobil.


Kegagalan rem yakni akibat serius juga selalu lebih baik aman daripada menyesal. Kawan-kawan mesti mengangkat mobil kawan-kawan Transkerja ke bengkel saat merasa ada situasi sulit dengan rem kendaraan. Ini terlebihnya seandainya mobil lebih tua, karena mungkin tidak mendapati sejumlah mekanisme keamanan sediaan dibandingkan yang dimiliki mobil baru.


Apa penyebab rem blong?

Sumber penyebab rem blong bermacam-macam. Berawal dari minyak rem yang habis sampai kanvas dan piston rem yang rusak. Piston atau kanvas rusak atau aus biasanya karena faktor usia. Untuk mencegahnya buat pemeriksaaan berkala sehabis kendaraan menggaet jarak 10.000 km.


Faktor lain penyebab rem blong yakni tersumbatnya selang minyak rem. Biasanya, mobil penumpang menggunakan sistem pengereman dengan tekanan fluida dari minyak rem didalam mekanisme pengereman. Nah, kualifikasi minyak rem juga selang minyak yang berbentuk kecil sangat bermanfaat untuk selalu dicek.


Penyebab lainnya adalah, seal piston master mendapati aus. Muncul sejumlah penyebab selain faktor usia, ialah kualitas minyak rem yang udah tak bagus karena udah kadaluarsa atau udah terkontaminasi karena terlalu kerap membuka tutup tabung minyak.


Karena itulah dianjurkan untuk menguras dan mengganti minyak rem setiap setiap enam bulan ataupun maksimal 1 tahun sekali. Lalu, bagaimana untuk memecahkan saat kendaraan mendapati rem blong saat melaju di jalanan?


Pertama, jangan panik. Segera tekan tombol lampu hazard serta klakson hendaknya kendaraan sekitar tahu bahwasanya kendaraan sahabat sedang bermasalah juga di dalam keadaan darurat. Selepas tenang, coba untuk injak rem juga rasakan.


Jika rem terasa lembut serta dapat sampai menginjak lantai mobil, kemungkinan penyebabnya yakni kekurangan minyak rem, kerusakan peran master silinder maupun ada masalah di bagian kaliper rem. Solusinya, terus pompa rem untuk mengembalikan tekanan rem. Langsungkan keadaan ini walaupun kendaraan telah dilengkapi teknologi anti-lock breaking system (ABS).


Tetapi apabila pedal gas terasa keras, besar kemungkinan ada problem pada pedal tersebut maupun ada benda yang mengganjal pedal rem. Coba cari tahu dengan kaki atau jikalau ada penumpang lain, minta bantuan mereka untuk memeriksa adakah benda ataupun barang yang mengganjal pedal rem. Jikalau ada, minta bantu mereka untuk menyingkirkannya.


Itulah penjelasan singkat terhadap penyebab juga metode menangani rem blong. Supaya rem blong tak terjadi, tunaikan servis biasa kendaraan.


Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement