Hilang BPKB? Tenang, Begini Cara Mengurusnya

Hilangnya Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) pasti saja dapat mengakibatkan panik. Untungnya saat ini ada cara mengurus BPKB hilang yang mampu kamu ikuti. Cukup dengan memenuhi semua syarat, menyuguhkan biaya serta mengikuti langkahnya.

Seharusnya dokumen yang dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) ini pun wajib dijaga dengan baik.  Karena dokumen ini adalah bukti kepemilikan kendaraan baik motor maupun mobil.

Tanpa dokumen ini maka kendaraan dapat ditilik sebagai barang curian. Biar BPKB kawan-kawan Transkerja dapat kembali, ikuti metode mengurusnya secara lengkap ini.

Cara Mengurus BPKB Hilang dari Syarat Sampai Biaya


Fungsi dari BPKB bukan cuma sebagai tanda pengenal kendaraan motor dan kendaraan saja. Kamu menginginkan BPKB ketika hendak membayar pajak lima tahunan serta mengganti plat nomor.

BPKB juga berperan untuk menaikkan nilai jual kendaraan, sampai-sampai sebagian kendaraan gak bakal laku tanpa BPKB. Bagi pemerintah, BPKB akan jadi metode untuk memantau jumlah kendaraan bermotor dan juga Pemasukan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Ketika tumbuh tindak kejahatan, BPKB akan menyokong penyelidikan perampokan maupun pencurian kendaraan. Mengingat ada berjibun|terdapat melimpah peran dari BPKB, pasti saja ketika hilang sobat Transkerja kudu segera mengurusnya.

Baik syarat, perkiraan anggaran juga juga langkah apa saja yang harus dilakukan bisa sahabat Transkerja simak berikut ini.

Persyaratan untuk Mengurus BPKB Hilang


Cara mengurus BPKB hilang pertama-tama adalah dengan melengkapi semua syarat yang diberikan. Semua syarat ini nantinya akan diajukan ke kantor Samsat terdekat sehingga teman-teman Transkerja memperoleh BPKB yang baru.

Berikut ini sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

  1. Fotokopi KTP ataupun SIM dan STNK.
  2. Surat kehilangan BPKB dari Kepolisian.
  3. Hasil cek tubuh kendaraan.
  4. Surat keterangan bank pemerintah.
  5. Surat keterangan Reskrim.
  6. Surat keterangan penyiaran radio yang menyiarkan kehilangan BPKB.
  7. Pemberitaan di surat kabar sebanyak 3 kali terbit.
  8. Surat pernyataan dengan materai Rp. 6.000.


Syarat-syarat ini lazimnya membutuhkan sejumlah hari untuk digolongkan karena melibatkan sejumlah instansi. Sebab pengurusannya yang cukup lama, sepantasnya Anda meluangkan waktu pada hari juga jam kerja.

Pastikan kembali bahwasanya Anda segera mengurus BPKB jikalau ketahuan hilang.

Perkiraan Bujet untuk Mengurus BPKB yang Hilang


Mengurus untuk memperoleh BPKB baru karena hilang memerlukan biaya. Jumlahnya sendiri udah tercatat didalam peraturan pemerintah RI no. 76 Tahun 2020. Rincian cost yang diperlukan adalah:

  1. Penerbitan BPKB baru dan ganti kepemilikan untuk kendaraan roda 2 atau 3 yakni Rp. 225.000 setiap penerbitan.
  2. Penerbitan BPKB baru juga ganti kepemilikan untuk kendaraan roda 4 maupun lebih adalah Rp. 375.000 setiap penerbitan.


Jadi selain membangun semua syarat di atas, sebelum memulai mengurus sobat Transkerja perlu membuahkan semua bujet ini. Baik itu anggaran penerbitan baru juga ganti kepemilikan sama.

Bila semua syarat udah mulai diurus juga cost siap, maka sobat Transkerja dapat mengikuti

Langkah-Langkah Pengurusan BPKB Hilang


Andaikan syarat yang sahabat Transkerja ajukan masih kurang, maka pengajuan pembuatan BPKB baru akan langsung ditolak di Samsat dan ada baiknya melengkapi semua persyaratannya.

Selain itu selayaknya Anda melangsungkan pengurusan BPKB sendiri dengan langsung datang ke kantor Samsat.

Layanan online untuk pembuatan BPKB yang baru masih belum tersedia, menjadi kamu mesti datang sendiri. Dibermula dari pengolahan semua syarat, berikut ini metode mengurus BPKB hilang.

Membuat Laporan Kehilangan di Kepolisian


jika kamu memahami BPKB hilang maka segeralah untuk membikin surat laporan kehilangan. Kunjungi polsek atau polres terdekat supaya petugas membangun berita aktivitas pemeriksaan (BAP).

Sambil memproduksi surat laporan kehilangan, kamu dapat menunggu surat berita keaktifan dari Reskrim. Baik surat laporan kehilangan juga surat berita kegiatan ini bakal memperoleh tanda tangan dari pihak kepolisian.

Simpan semua surat ini, jikalau mau aman kamu bisa memfotokopinya. Nantinya surat ini bakal dilampirkan saat pengajuan ke Samsat.

Membuat Berita Kehilangan di Media


Anda juga perlu mengurus pembikinan berita kehilangan di media massa. Pilih dua media massa cetak yang berbeda kemudian simpan bukti pembayarannya. Selain itu tunggu sampai iklan tayang dua kali.

Simpan juga bukti iklan yang tayang dan bukti pembayaran didalam bentuk kliping. Bukti ini juga bakal dilampirkan bersamaan dengan syarat lainnya.

Membuat Surat Keterangan dari Bank


Anda juga harus mendatangi bank terdekat untuk buat surat keterangan. Surat ini berujud untuk jadi bukti kalau kendaraan yang BPKB nya hilang gak sedang di dalam status jaminan maupun agunan.

Karena kendaraan yang masih didalam masa agunan ataupun jaminan BPKB bakal disimpan oleh pihak leasing maupun yang memberi jaminan. Dengan begitu penerbitan BPKB baru gak bakal diproses.

Membuat Surat Pernyataan Kehilangan


Satu lagi surat berharga yang harus disertakan ialah surat pernyataan kehilangan yang kamu buat sendiri. Surat ini berisi keterangan kapan waktu kehilangan serta juga penyebabnya.

Jangan lupa untuk menandatangani surat ini serta tambahkan materai bernilai Rp. 6.000. Sahabat Transkerja dapat membentuk surat dengan tulis tangan langsung maupun diketik.

Menyiapkan Identitas yang Sesuai dengan BPKB


Anda memerlukan identitas berupa KTP dengan istilah yang sama pada BPKB. Hanya saja sekiranya sahabat Transkerja tak dapat mengurus sendiri, maka harus ditambahkan dengan surat kuasa bermaterai Rp. 6.000.

Bagi BPKB dari kendaraan kepunyaan tubuh usaha, sahabat Transkerja dapat memakai akta pendirian perusahaan, keterangan domisili dan surat keterangan bermaterai yang udah ditandatangani pimpinan sekaligus cap basah.

Melakukan Cek Body Kendaraan


Cara mengurus BPKB hilang seterusnya yaitu dengan cek badan kendaraan yang dibuat langsung di Samsat. Menjadi syarat terakhir dokumen cek badan disertakan pada saat hari kepengurusan.

Anda tinggal datang saja ke Samsat dengan kendaraan kemudian mendatangi loket cek fisik. Isi formulir cek badan kemudian tunggu sampai proses dilancarkan oleh pihak kepolisian.

Bukti cek badan kendaraan bakal sobat Transkerja dapatkan lengkap dengan legalisir dan tanda periksa kendaraan. Syarat terakhir ini akan diperlukan pada tahapan selanjutnya.

Mengisi Formulir Permohonan BPKB


Masih di kantor Samsat, saat kamu udah memenuhi semua syarat maka isi formulir permohonan BPKB baru. Formulir ini cuma sanggup Anda dapatkan di kantor Samsat juga langsung diisi.

Jadi jangan lupa untuk mengusung alat tulis untuk mengisinya. Sekiranya formulir permohonan selesai diisi, sobat Transkerja dapat menyerahkannya ke loket serta semua syarat yang dibutuhkan.

Proses Pembayaran serta Pencetakan BPKB


Syarat yang udah dipenuhi bakal langsung diproses pada loket pembayaran. Teman-teman Transkerja tinggal sediakan budget sesuai dengan jenis kendaraan kemudian datang ke loket sesudah dipanggil.

Usai membayar kamu akan mendapatkan kenyataan pembayaran yang nantinya diperlukan untuk menempuh BPKB baru. Proses pembentukan BPKB baru memerlukan waktu sekitar satu minggu.

Step by step teknik mengurus BPKB hilang ini akan benar-benar gampang saat kamu telah memenuhi semua syaratnya. Kamu mungkin memerlukan waktu tiga sampai empat minggu untuk mengurusnya.

Waktu paling lama yakni mengurus pembikinan iklan dan surat-surat di kepolisian sampai bank. BPKB yang telah menjadi dapat langsung kamu ambil di kantor Samsat yang sama.