Pengertian Fungsi Tulang Hasta Lengkap Dengan Bagian-Bagiannya

Kita semua tahu bahwasanya fisik manusia tersusun dari berbagai ragam jenis tulang. satu di antaranya adalahtulang hasta ataupun ulna di dalam bahasa Inggris, merupakan tulang yg berada pada bagian lengan bawah.Tulang hasta maupun ulna yaitu tulang panjang di bagian medial lengan bawah, sejajar dengan tulang pengumpil. peran tulang hasta yakni untuk kontributif kesibukan tangan secara keseluruhan. Tulang hasta ataupun ulna adalah tulang panjang di bagian medial lengan bawah. terdapat sejajar dengan tulang pengumpil (radius).

Pengertian Tulang Hasta

Tulang hasta ialah bagian di dalam dua tulang yg memberi desain pada lengan bawah. Tulang hasta terdapat pada sisi yg berlawanan dari tulang pengumpil (radius) pada lengan. Tulang hasta serta tulang pengumpil bergabung dengan humerus untuk membentuk sambungan siku serta menyatu dengan tulang karpal.

Di ujung atas tulang hasta kedapatan suatu lekukan (noth) yang mendapati ukuran C besar yg disebut semilunar ataupun troklear. Bagian ini berartikulasi tentang trochlea humerus (tulang lengan atas) yang menjadikan sendi siku. Tulang Hasta mencatat berlimpah mineral dan memproduksi sel–sel darah didalam sumsum tulang.

Tulang hasta ditemukan pada semua jenis vertebrata darat, kecuali amfibi serta sejumlah jenis reptil di mana tulang hasta serta radius mereka tak dapat berartikulasi. Tulang hasta bersama dengan jari-jari tangan berperan untuk menggerakkan pergelangan tangan secara memutar.

Bagian-bagian

Badan tulang hasta melebar pada bagian proksimal serta menyempit di bagian distal. Pada proksimalnya, mempunyai suatu tonjolan (processus) yang disebut procesus olecranii, sebentuk konstruksi kayak kail pancing yg nantinya masuk ke didalam fossa olecrani pada humerus. Pada bagian distal ada processus styloideus.

Perlekatan otot

Otot-otot yang berapit pada tulang hasta ialah:
  • Otot pronator teres
  • Otot flexor pollicis longus
  • Otot flexor digitorum profundus
  • Otot brachialis
  • Otot pronator quadratus
  • Otot supinator
  • Otot triceps brachii
  • Otot anconeus
  • Otot extensor carpi ulnaris
  • Otot flexor carpi ulnaris
  • Otot abductor pollicis longus
  • Otot extensor pollicis longus
  • Otot extensor indicis

Osifikasi

Tulang hasta dibentuk dari tiga pusat adalah pada fisik tulang, bagian bawah (inferior), serta atas dari olecranon. Osifikasi (pembentukan tulang) dimulai dari bagian tengah fisik tulang pada janin berumur delapan minggu. Pada saat mendekati kelahiran, mulai dibentuk tulang hasta yg sejati. Pada anak-anak umur empat tahun, pertumbuhan tulang dimulai dari tengah kepala tulang. Pada umur sepuluh tahun, terbentuk pertumbuhan di olecranon. Pada umur enambelas tahun, bagian superior tulang telah betul-betul bersendi dengan humerus, serta pada bagian bawah terbentuk pada usia kira-kira duapuluh tahun.

Fungsi

Manusia mendapati beragam macam jenis tulang yang berada dalam tubuhnya. Berdasarkan bentuknya, tersedia beberapa jenis tulang yang diperoleh pada badan manusia, kayak tulang pipa. Tulang ini berbentuk panjang serta bulat kayak pipa, satu di antaranya ialah tulang hasta.

Tulang hasta merupakan bagian tulang yg berada di sisi lokasi kelingking memanjang dari pergelangan tangan hingga siku serta berada di sebelah tulang pengumpil. Umumnya, tugas tulang hasta sama dengan tulang lainnya. tetapi, tulang hasta mendapati peranannya yang cukup spesifik didalam menggerakkan lengan bagian bawah.

Lantas apa saja peran tulang hasta dalam badan manusia? tugas tulang hasta dikenal bisa berkembang seiring dengan bertambahnya usia seseorang. peran tulang hasta juga enggak sekadar dipegang oleh arsitektur fisik manusia. Hewan berkaki empat semacam anjing serta kucing juga mempunyai tulang hasta. bila peranan tulang hasta terhenti, persendian tangan juga tidak akan bisa lagi bekerja dengan sempurna.

Tulang hasta merupakan satu di antara jenis tulang yang sangat bernilai bagi kerangka badan manusia. Tanpa desain tulang hasta, maka manusia akan kesulitan melaksanakan bermacam-macam gerakan. Berikut ini sejumlah peranan tulang hasta pada manusia:

1. Mempersiapkan Desain Lengan Bawah

Fungsi tulang hasta yg pertama ialah mempersiapkan bangunan lengan bawah. Tulang hasta mempunyai peran untuk kontributif struktur dari lengan bawah bersama tulang pengumpil. Selain itu, tulang hasta juga bertugas untuk menyokong rotasi dari pergelangan tangan.

2. Menunjang Rotasi Pergelangan

satu di antara peranan tulang hasta yang paling baku ialah untuk meringankan perputaran ataupun rotasi dari pergelangan tangan bersama tulang karpal serta pengumpil. Sehingga hal ini bisa menggerakkan pergelangan tangan serta menolong fisik manusia untuk melaksanakan bermacam-macam kegiatan sehari-hari, kayak menulis, memutar gagang pintu hingga membawa benda-benda.

3. Melekatnya Otot

Fungsi tulang hasta berikutnya yaitu jadi lokasi melekatnya otot. biasanya otot yg menempel pada tulang hasta merupakan otot-otot pada bagian lengan bawah serta tangan.

4. Memproduksi Sendi Siku Dengan Humerus

Fungsi tulang hasta lainnya berguna didalam membikin persendian siku untuk bisa bergerak dengan leluasa. Pasalnya persendian yang termuat pada siku berperan bermanfaat di dalam menekuk serta merenggangkan lengan. Sehingga hal ini bisa membantu lengan bagian bawah untuk bergerak tanpa menggantungkan pergerakan persendian siku.

Di bawah ini akan dijelaskan secara rinci terhadap pengertian dan fungsi tulang hasta pada anatomi fisik manusia. Berikut yakni sebagian peran tulang hasta pada anatomi badan.

1. Menolong Pergerakan Lengan

Fungsi tulang hasta yang paling fundamental adalah untuk mendukung supaya lengan bisa berputar ataupun berotasi bersama-sama dengan tulang pengumpil serta tulang karpal. peranan tulang hasta menggarap pergelangan tangan bisa bergerak serta digerakkan. Hal ini yg memuntuk kamu bisa menunaikan beraneka ragam kesibukan semacam menulis, menarik barang, memutar tutup toples, mengetik, mengusung benda-benda serta lain sebagainya.

2. Menggarap Siku

Fungsi tulang hasta yg kedua ialah untuk meringankan persendian pada siku bersama dengan tulang lengan atas ataupun humerus. Tulang hasta memproduksi sendi-sendi pada siku bisa bergerak dengan leluasa meski persendian pada siku cuma bertugas untuk menekuk serta meregangkan lengan Anda. peran tulang hasta serta pengumpil lainnya adalah untuk kontributif lengan bawah supaya bisa bergerak tanpa mesti menyandarkan pergerakan dari sendi-sendi siku.

3. Memproduksi Desain Lengan

Fungsi tulang hasta yang lain selain menolong pergerakan memutar dari pergelangan tangan ialah untuk mempersiapkan dan menunjang struktur lengan bawah, bersama-sama dengan tulang pengumpil.

5. Area Otot Lengan Berada

Fungsi tulang hasta yang ini sama dengan tugas tulang yang lain pada lazimnya. Tulang bertugas sebagai lokasi melekatnya otot-otot pada tubuh. Tak terkecuali tulang hasta,yang bertugas sebagai wilayah melekatnya otot lengan bagian bawah serta otot tangan.

Di samping itu, tulang hasta juga mempunyai sebagian peran lainnya, semacam mendokumentasikan asupan mineral yg memproduksi sel-sel darah yang termuat pada sumsum, meringankan fleksibilitas gerakan tangan secara keseluruhan, hingga merapatkan otot serta ligamen vital lengan serta tangan bagian bawah.

Cedera Tulang yang bisa Memengaruhi peran Tulang Hasta

Berikut ini ialah sejumlah jenis patah tulang yg dikenal bisa memengaruhi peran tulang hasta:
  • Patah tulang Greenstick. yakni patah tulang parsial maupun patah tulang garis rambut ke tulang lain yg utuh.
  • Patah tulang lengkap. maupun fraktur terbuka yang terjadi ketika tersedia potongan fragmen tulang menembus kulit.
  • Patah tulang campuran. maupun fraktur terbuka yang terjadi ketika tersedia potongan fragmen tulang menembus kulit.
  • Patah tulang tertutup. adalah patah tulang parsial maupun penuh, serta tulang gak menembus kulit.
  • Patah tulang Comminuted. terbentuk ketika tersedia tulang yg pecah jadi sebagian bagian kecil.

Penanganan Tulang Hasta yg Retak

Penanganan bagi cedera tulang hasta maupun tulang hasta yg retak tergantung dari jenis keretakan yg dialami. didalam sejumlah situasi, keretakan yang terjadi pada tulang hasta menginginkan prosedur pembedahan maupun operasi. Ketika gips serta peranti penopang lain bagi cedera tulang hasta selesai digunakan, tulang hasta kudu dilatih maupun dikembalikan lagi ke fungsinya semula dengan terapi fisik. Terapi badan juga berujud untuk meninggalkan tulang hasta retak ataupun cedera kembali.

Jenis Penyakit Tulang Hasta

Tulang hasta mendapati bantuk yang panjang serta tipis, sehingga hal ini bisa dengan gampang terkena gangguan patah sebab trauma. Saat hasta pecah, umumnya terjadi pada titik di mana pengumpil serta hasta memproduksi sendi.

satu di antara jenis penyakit maupun gangguan yang bisa berlangsung pada tulang hasta adalah fraktur greenstick. Hal ini ditandai patah tulang pada lengan bagian bawah yg gak sampai menggarap patah tulang jadi dua. Berbeda dengan gangguan jenis gangguan fraktur lengkap yang akan membawa dampak tulang hasta patah jadi dua.

Di samping itu masih tersedia beberapa jenis gangguan pada tulang hasta, di antaranya fraktur terbuka yakni patah tulang yg mengakibatkan satu bagian fragmen tulang menembus kulit. Hal ini berbeda dengan fraktur tertutup, di mana jenis patah tulang ini tidak sampai memicu menembus kulit.