Apa yang Dimaksud Dengan Cat Oven?

Apa yang Dimaksud Dengan Cat Oven? - Cat Oven, nama yang acap kali kita lihat di bengkel-bengkel. Nama Cat Oven ini sering diterapkan oleh bengkel cat mobil / body repair. Cat O...

Cat Oven, nama yang acap kali kita lihat di bengkel-bengkel. Nama Cat Oven ini sering diterapkan oleh bengkel cat mobil / body repair. Cat Oven sungguh merupakan sejenis sistem pengecatan memakai Oven / Paint booth, sebentuk ruang pengecatan yang tertutup yg dikenakan untuk mengecat, bukan jenis cat nya.

Cat oven sebenarnya sering kali terdengar ditelinga kita, serta kata cat oven ini sering dimanfaatkan oleh bengkel bengkel body repair atau bengkel khusus pengecatan saat mereka menyuguhkan layanan pengecatan kepada konsumennya. Lalu apa sih sebenarnya yg dimaksud dengan cat oven ini?

Pengertian cat oven

menunaikan perbaikan bodi di bengkel ketok magic tentu menyelenggarakan pengecetan ulang pada bagian yg diperbaiki. tetapi untuk mengadakan pengecetan, bengkel-bengkel bodi tersedia yang memakai metode cat oven tersedia juga yg tidak.

Lalu tersedia nama cat oven yg dipakai ketika pengecetan ulang. kata ini yaitu istilah lain dari cat yg dipakai ketika pengecetan ulang yaitu menggunakan cat jenis Poly Urethane (PU).

Sebenarnya cat oven ini bukanlah sebentuk nama maupun merk cat, cat oven merupakan nama teknik pengecatan kendaraan roda empat yang memakai prasarana ruangan tertutup khusus layaknya suatu oven yg dibutuhkan untuk mengerjakan pengecatan mobil.

Dengan kata lain, oven sendiri merupakan ruangan tertutup yang mampu diatur suhu dari ruangan tersebut dengan tugas mempercepat pengeringan cat pada bodi. umumnya ditunaikan pada pengecetan bagian bodi secara keseluruhan. Untuk panel-panel kecil enggak kudu memakai oven.

Fungsi paint booth

Fungsi dari ruangan oven ataupun di dalam bahasa caranya ditutur dengan paint booth ini mendapati peran yg sangat krusial, keberadaan ruangan paint booth ini amat diperlukan untuk memproduksi proses pengecatan yg bebas dari debu serta juga kotoran, sehingga selain menimbulkan cat yang berkualitas bagus juga amat menghemat waktu pengerjaan, karena dengan menunggangi paint booth ini kita tidak lagi tergantung cuaca didalam hal pengeringan cat.

singkatnya, sistem pengecatan dengan metode ini adalah sirkulasi udara yg lancar serta juga kebersihan udara,sehingga jikalau sirkulasi udara lancar, uap yg berasal dari sisa proses pengecatan yg tak melekat dapat langsung terbuang. Selain itu bila airflow nya lancar, maka kinerja dari si tukang cat akan lebih maksimal.

Selain sirkulasi yg lancar, keberadaan udara yang bersih juga jadi faktor bernilai didalam proses pengecatan dengan cat oven. niscaya percuma bukan bila airflow yang terhisap adalah udara yang berkualitas kotor, mengandung debu misalnya, hal ini cuma akan merusak saja karena debu yang ikut terhisap justru akan mengotori permukaan body kendaraan roda empat yg sedang di cat sehingga hasil pengecatan justru semakin buruk.

Maka dari itulah paint booth yg baik dipakai untuk proses cat oven yakni yang bisa mempersembahkan maupun menawarkan sebentuk aliran udara yg bersih serta bebas debu ataupun kotoran lain, terlebih lagi bila mampu mempersembahkan suatu pemanasan dengan suhu tertentu yg berguna untuk mempercepat proses pengeringan cat.

 Asal muasal nama cat oven

kata dari pengecatan secara oven ( cat oven ) ini bermula pada suatu ruang pengecatan ataupun paint booth profesional dimana pada ruangan tersebut ada beberapa elemen pemanas, entah itu dengan mengeksploitasi lampu infra merah atau menggunakan heater yang dapat mempersembahkan suhu ruang mencapai 60 derajat Celcius sehingga mirip dengan mobil yang sedang di cat serta dioven. sebab harga dari sebuah paint booth kelas professional sangatlah mahal, menggarap gak berjibun bengkel pengecatan yg memakai metode pengecatan semacam ini serta lebih menggantungkan pengecatan umum yang dijalankan di lingkungan terbuka serta untuk proses pengeringannya pun menggunakan terik panas matahari.

Untuk sebagian bengkel pengecatan yg tertarik untuk menerapkan metode ini, lazimnya menggarap sebentuk paint booth custom dengan prinsip kerja yg sama dimana ruangan custom ini mampu mempersembahkan airflow yang bersih, tapi untuk elemen pemanas semacam lampu infra merah ataupun heater mereka ganti dengan menunggangi lampu sorot yang memiliki daya 300 Watt yang biasanya berjumlah  6 hingga 8 buah per paint booth booth. Lampu sorot tersebut juga lumayan efisien mengingat dengan jumlah lampu yg demikian per paint booth mampu membentuk panas sebesar 40 derajat celsius.

Keunggulan cat oven

Pengecatan dengan menunggangi teknologi paint booth ini mesti saja mempunyai melimpah sekali keunggulan yang enggak dipunyai oleh teknik pengecatan biasa. satu di antara surplus mengecat dengan mengeksploitasi cat oven ialah hasil pengecatan yg bersih halus dan mempunyai efek kilau. Selain itu sebab didalam ruang paint booth termuat elemen pemanas, maka pengeringan tidak lagi tergantung oleh cuaca, cukup dikeringkan di dalam ruang oven saja memakai elemen pemanas tadi, jauh berbeda dengan pengecatan yg benar-benar tergantung dengan terik matahari guna proses pengeringan cat.

Kekurangan cat oven

Kekurangan dari pengecatan secara oven ini ialah harga nya yg benar-benar mahal, kalau ketimbang dengan pengecatan gaya umum seharga 4 hingga 6 jutaan, untuk pengecatan secara oven ini dapat diatas 8 juta bahkan sampai puluhan juta rupiah tergantung ukuran kendaraan roda empat dan merk serta kualitas cat yg seperti apa yg diminta oleh konsumen. Selain itu keberadaan bengkel cat oven ini tak berlimpah karena mahalnya investasi yg perlu dikeluarkan untuk membeli paint booth profesional, bahwa yang type custom nya saja kiranya telah mulah melimpah bermunculan.

Nah itulah tadi penjelasan terhadap apa itu cat oven, semoga informasi ini bisa bermanfaat serta terima kasih juga sudah berkunjung. Bila berkenan silahkan di bantu share ulasan ini, terimakasih serta salam otomotif.

Hasil pengerjaan dari catnya sama saja, cuma perbedaan waktu pengeringan cat. seumpama menggunakan oven waktu pengeringannya juga lebih cepat dibanding yg tidak.

Tapi untuk pelanggan yang mau memakai oven saat proses cat ulang, kudu pintar memutuskan bengkel yg memakai oven mobil.

Berapa Biaya Cat Oven untuk Mobil? - Bagi pemilik mobil-mobil berusia lima sampai sepuluh tahun ke atas, umumnya terjangkit penyakit "cat buluk". situasi di mana cat mobil bawaan pabrik mengarah kusam, kena noda aspal, ataupun jamur, sehingga preferensi terakhir adalah pewarnaan ulang seluruh bodi.

Bicara metode pengecatan bodi, saat ini paling ideal yakni dengan mengeksploitasi ruangan khusus sebagai ruang pengerjaan. Metode yg kerap dijuluki "cat oven" ini, menggunakan ruangan yang dapat diatur level temperaturnya, mirip oven.

Dengan temperatur yang ideal, maka proses pengecatan akan maksimal serta sebagian warna tertentu juga dapat lebih "menyala", ketimbang mengecat tanpa pengaturan suhu ruangan. Lewat proses serta infrastruktur yang memadai ini juga yg menggarap metode cat oven menjadi relatif mahal ketimbang cara biasa.

Lantas berapa sih, estimasi cost yang wajib dikeluarkan untuk jasa cat oven di Jakarta ?

Biasanya, jasa pengecatan dapat dihitung sekaligus satu bodi full ataupun per panel (bodi). cost yang ditawarkan beragam. Pengecatan memakai oven dimulai dari Rp 7 juta hingga Rp 12 juta ataupun tergantung besar kecilnya mobil. Harga tersebut untuk semua bodi mobil. bahwasanya catnya per panel kentara lebih murah dari itu.

Besaran harga, ditetapkan berdasarkan jenis kendaraan yang mau dicat. Misalnya, city car yang berbentuk kompak, harga berkisar Rp 7 juta untuk seluruh bodi. Jenis kendaraan multi guna (Multi Purpose Vehicle/MPV) berskala sedang ditawarkan dari Rp 8 juta- Rp 12 juta. Perbedaan harga juga dapat tumbuh sebab kualitas cat serta kondisi mobil.

Misalnya kendaraan roda empat itu tersedia bagian bodi yg telah keropos, pasti kudu diperbaiki lagi serta harganya lebih banyak lagi. menjadi semua harga itu mencocokkan kondisinya saja.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement