Tips Mengecek Water Pump Mobil Rusak dan Cara Menggantinya

Bagaimana memahami situasi water pump kendaraan beroda empat yg rusak serta metode untuk menggantinya. Water pump ialah komponen pada kendaraan roda empat yg bertugas untuk media sirkulasi air pendingin dari machine ke bagian radiator hendaknya tidak terbentuk overheat ataupun temperatur tinggi yang disebabkan pemakaian engine secara terus menerus.

Dengan kebaikan yang begitu bernilai bagi mesin, kerusakan pada water pump mesti akan merepotkan karena dapat merembet ke bagian engine yang lain. Kerusakan pada water pump ditandai dengan adanya bunyi yg kasar pada mesin. Untuk menentukan bunyi tersebut berasal dari water pump, cobalah untuk melepas seal yang diperoleh pada pulley water pump.

Cek juga pulley dengan tangan kosong, pengecekan dengan tangan kosong bermanfaat untuk menikmati adanya bagian yg gak lazim. Hal lain yang sanggup jadi pertanda adanya hal yg tidak beres pada water pump ialah adanya tetesan air yang berasal dari machine mobil.

Hal ini wajib cepat diatasi sebab bisa mengakibatkan panas maupun overheat pada engine karena volume air radiator yang berkurang.

Dilansir dari Testing Autos, water pump pada mobil tak harus diganti secara berkala, cuma diperlukan pengecekan secara teratur untuk meninjau keadaan water pump, supaya saat rusak dapat segera diganti.

Berikut yaitu metode untuk mengganti water pump yang rusak yg dilansir dari Asuransi ACA.

- Kuras air radiator
Sebelum menguras, pastikan engine mobil di dalam keadaan mati serta sudah dingin. Lalu kendorkan valve drain yg berada pada dasar radiator.

tetapi, seandainya tidak ada valve pada radiator, maka air radiator bisa dikuras dengan cara membuka selang yang ada pada bagian radiator.

Agar keadaan kalangan selalu terbentuk maka jangan buang air radiator bekas secara sembarangan.

- Lepaskan fan belt
- Lepaskan semua elemen yang terhubung ke water pump

Fan, fan shroud, timing belt cover, brackets serta aksesoris kelengkapan mobil lainnya ialah bagian yang terhubung ke water pump.

Pelepasan komponen tersebut bermanfaat untuk mempermudah proses penggantian water pump.

- Lepaskan baut yang mengikat water pump ke mesin

- Bersihkanlah pembukaan body engine serta pastikan permukaannya rata sebelum memasangkan water pump yg baru

- Pasang gasket baru pada pompa air

- Isi kembali air radiator

Lakukanlah dengan perlahan supaya udara didalam sistem pendingin keluar. Isilah sistem pendingin dengan kombinasi 50 persen anti-freeze serta 50 persen air bersih.

Jika air radiator yg lama masih layak maka bisa dipasang lagi, akan tetapi andaikata air radiator yg lama sudah berkarat serta kotor maka jangan memanfaatkannya.

Penggantian air radiator minimal setiap pendayagunaan 40 ribu Kilometer maupun saat air radiator sudah kotor.


Baca juga "Fungsi Dari Water Pump Mesin Mobil Dan Motor? Berikut Fungsi Water Pump atau Pompa Air Kendaraan"