Cegah Virus Corona, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer

Di tengah mewabahnya virus corona, masker beserta hand sanitizer jadi produk yg paling banyak dicari orang, bahkan saat ini untuk memperoleh hand sanitizer di pasaran betul-betul sulit, beserta harganya juga benar-benar mahal. Hal ini pasti menjadi kegelisahan bagi masyarakat yg menginginkannya. Tak kudu bersedih, kita dapat kok membikin hand sanitizer sendiri.

menangkal sememangnya lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk meluputkan infeksi virus corona beserta penyakit COVID-19. Salah satu teknik utamanya adalah memperhatika kebersihan dengan mencuci tangan, tetapi kalau tak sempat cuci tangan, orang akan lebih praktis menguatkan menggunakan hand sanitizer.

Tapi karena maraknya virus corona, banyak persediaan hand sanitizer di pasaran tak sebanyak dulu serta produsen mungkin tak mampu memenuhi permintaan hand sanitizer yg semakin banyak. Untungnya, menggarap hand sanitizer sendiri tidak serumit yg dibayangkan, biarpun sungguh-sungguh perlu diikuti dengan seksama.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika, hand sanitizer terbaik yaitu yg berbahan dasar alkohol, maupun mendapati kandungan alkohol lebih banyak daripada bahan lainnya.

Membuat hand sanitizer membutuhkan bahan-bahan berikut ini:
  • Isopropil ataupun alkohol (99 persen alkohol)
  • Gel aloe vera/lidah buaya
  • Minyak esensial untuk pengharum, semacam lavender ataupun tea tree oil.

Cara membangun hand sanitizer di rumah
Kunci membentuk hand sanitizer yg efektif membunuh kuman yaitu memakai perbandingan bahan 2:1 untuk alkohol serta lidah buaya. cara ini akan melindungi kandungan alkohol sebantak 60% pada hand sanitizer.

Bahan:
  • 3/4 mangkuk isopropil ataupun alkohol (99%)
  • 1/4 mangkuk aloe vera gel
  • beberapa tetes minyak esensial

Cara membuat:
  • Campurkan semua bahan didalam wadah steril dengan memakai sendok plastik yg kering serta telah bersih.
  • Tuang ke di dalam botol kosong yg bersih.

Hampir sama, menurut World Health Organization (WHO), formasi hand sanitizer terdiri dari isopropil alkohol maupun etanol, hidrogen peroksida, gliserin beserta air steril, air yang sudah disuling maupun air yang telah direbus.

Jadi, pastikan memproduksi hand sanitizer dengan pedoman bahan di atas ya. kalau takut membangun hand sanitizer yang tak tepat, dapat minta saran ke dokter ataupun ahli kesehatan.

Cara membikin Hand Sanitizer di hunian Pakai Lidah Buaya
Semenjak virus corona menyebar, hand sanitizer jadi barang yang banyak diburu. Tak jarang warga sampai kehabisan setiap akan membeli hand sanitizer di toko. Walau begitu jangan khawatir. Bunda dapat mencoba memproduksi hand sanitizer sendiri di tempat tinggal dengan bahan yg cukup gampang didapat, termasuk lidah buaya.

Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan hand sanitizer sebab mempunyai kandungan disinfektan ataupun antiseptik pembunuh bibit penyakit.

Cara gampang yang dimanfaatkan gel lidah buaya dikupas dulu serta dicuci dengan air mengalir untuk menghilangkan lendir. Lalu potong kecil-kecil, blender dengan dicampur air. Setelah itu disaring serta dijalani airnya.

Gel lidah buaya tersebut juga dapat membuat lembut kulit. Nantinya, hand sanitizer berbahan dasar lidah buaya akan diuji secara mikrobiologis untuk mengerti efektivitasnya secara pasti.

Nah, gel lidah buaya harus dicampur dengan sebagian bahan lainnya untuk jadi hand sanitizer. Dilansir dari Wolipop berikut ini teknik membuat hand sanitizer berbahan lidah buaya ala Welnessmama:

Bahan yang diperlukan:
-1/4 cup aloe vera gel lidah buaya
-160 ml alkohol 70 persen
-10 tetes tea tree essential oil
-10 tetes minyak essential lavender
-1/2 sendok teh minyak vitamin E (opsional)
-1 botol spray kaca maupun plastik berskala kecil

Cara mempersiapkan hand sanitizer:
1. Campurkan gel lidah buaya, minyak vitamin E serta alkohol 70 persen di mangkuk kecil.
2. Tambahkan essential oil.
3. Gunakan pipet untuk memasukkan campuran bahan-bahan tersebut didalam botol.
4. Kocok isi botol.
5. Hand sanitizer siap digunakan.