WHO Rilis Formula dan Panduan Membuat Hand Sanitizer Sendiri, Ada 2 Bahan yang Bisa Dipilih

Di tengah mewabahnya virus corona, masker serta hand sanitizer jadi produk yang paling banyak dicari orang, bahkan saat ini untuk memperoleh hand sanitizer di pasaran betul-betul sulit, serta harganya juga benar-benar mahal. Hal ini niscaya menjadi kegelisahan bagi masyarakat yang menginginkannya. Tak wajib bersedih, kita dapat kok menggarap hand sanitizer sendiri.

membendung benar-benar lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk menghindari infeksi virus corona beserta penyakit COVID-19. Salah satu teknik utamanya yaitu membela kebersihan dengan mencuci tangan, akan tetapi andaikan tak sempat cuci tangan, orang akan lebih praktis mengukuhkan menggunakan hand sanitizer.

Tapi karena maraknya virus corona, banyak persediaan hand sanitizer di pasaran tak sebanyak dulu beserta produsen mungkin tak mampu memenuhi permintaan hand sanitizer yg semakin banyak. Untungnya, memproduksi hand sanitizer sendiri tidak serumit yang dibayangkan, biarpun sungguh perlu diikuti dengan seksama.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika, hand sanitizer terbaik yaitu yg berbahan dasar alkohol, ataupun mendapati kandungan alkohol lebih banyak daripada bahan lainnya.

Membuat hand sanitizer membutuhkan bahan-bahan berikut ini:
  • Isopropil ataupun alkohol (99 persen alkohol)
  • Gel aloe vera/lidah buaya
  • Minyak esensial untuk pengharum, kaya lavender ataupun tea tree oil.

Cara mempersiapkan hand sanitizer di tempat tinggal
Kunci membikin hand sanitizer yang efektif membunuh kuman ialah memakai perbandingan bahan 2:1 untuk alkohol serta lidah buaya. metode ini akan merawat kandungan alkohol sebantak 60% pada hand sanitizer.

Bahan:
  • 3/4 mangkuk isopropil ataupun alkohol (99%)
  • 1/4 mangkuk aloe vera gel
  • beberapa tetes minyak esensial

Cara membuat:
  • Campurkan semua bahan dalam wadah steril dengan memakai sendok plastik yg kering serta telah bersih.
  • Tuang ke didalam botol kosong yg bersih.

Hampir sama, menurut World Health Organization (WHO), arsitektur hand sanitizer terdiri dari isopropil alkohol ataupun etanol, hidrogen peroksida, gliserin serta air steril, air yg sudah disuling maupun air yang telah direbus.

Jadi, pastikan membikin hand sanitizer dengan pedoman bahan di atas ya. seumpama takut membikin hand sanitizer yg tidak tepat, dapat minta saran ke dokter ataupun ahli kesehatan.

Cara membangun Hand Sanitizer di hunian Pakai Lidah Buaya
Semenjak virus corona menyebar, hand sanitizer jadi barang yang banyak diburu. Tak jarang warga sampai kehabisan setiap akan membeli hand sanitizer di toko. Walau begitu jangan khawatir. Bunda dapat mencoba memproduksi hand sanitizer sendiri di tempat tinggal dengan bahan yang cukup sederhana didapat, termasuk lidah buaya.

Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan hand sanitizer sebab mempunyai kandungan disinfektan ataupun antiseptik pembunuh bibit penyakit.

Cara praktis yang dibutuhkan gel lidah buaya dikupas dulu serta dicuci dengan air mengalir untuk menghilangkan lendir. Lalu potong kecil-kecil, blender dengan dicampur air. Setelah itu disaring beserta diikuti airnya.

Gel lidah buaya tersebut juga dapat membuat lembut kulit. Nantinya, hand sanitizer berbahan dasar lidah buaya akan diuji secara mikrobiologis untuk mengerti efektivitasnya secara pasti.

Nah, gel lidah buaya mesti dicampur dengan sebagian bahan lainnya untuk jadi hand sanitizer. Dilansir dari Wolipop berikut ini teknik membuat hand sanitizer berbahan lidah buaya ala Welnessmama:

Bahan yg diperlukan:
-1/4 cup aloe vera gel lidah buaya
-160 ml alkohol 70 persen
-10 tetes tea tree essential oil
-10 tetes minyak essential lavender
-1/2 sendok teh minyak vitamin E (opsional)
-1 botol spray kaca ataupun plastik berskala kecil

Cara membikin hand sanitizer:
1. Campurkan gel lidah buaya, minyak vitamin E beserta alkohol 70 persen di mangkuk kecil.
2. Tambahkan essential oil.
3. Gunakan pipet untuk memasukkan campuran bahan-bahan tersebut di dalam botol.
4. Kocok isi botol.
5. Hand sanitizer siap digunakan.