Car window film - Kaca film adalah salah satu komponen aksesori mobil yang dipasang pada interior atau eksterior permukaan kaca pada mobil. Biasanya, kaca film terbuat dari polyethylene terephthalate (PET), resin polimer termoplastik dari keluarga poliester, karena kejernihannya, kekuatan tarik, stabilitas dimensi, dan kemampuan untuk menerima berbagai perawatan yang diaplikasikan pada permukaan atau tertanam pada kaca.

Kaca film dikategorikan secara umum berdasarkan komponen konstruksinya (dicelup, berpigmen, logam, keramik atau nano), sesuai tujuan penggunaannya (otomotif, kelautan atau arsitektur), menurut jenis substrat (kaca atau polikarbonat), dan / atau berdasarkan kinerja teknisnya ( privasi, kontrol matahari, keselamatan dan keamanan). Kaca film biasanya dipasang oleh perusahaan layanan profesional tetapi ada juga DIY kits yang tersedia secara luas.

Pengertian Kaca Film Mobil

Kaca film untuk mobil memang sudah banyak digunakan oleh hampir semua pengguna mobil. Kaca film mobil itu sendiri berbeda dengan kaca mobil pada umumnya. Kaca film cenderung lebih gelap dan tampak lebih pekat dari tampilan luarnya.

Ada berbagai macam pengertian kaca film mobil. Jika mobil dipasangi kaca film, kamu bisa melihat jelas daerah luar dari dalam mobil tetapi orang yang di luar tidak dapat melihat isi di dalam mobil. Kaca film pada mobil memang sangat penting peranannya. Kualitas pada setia kaca film juga berbeda-beda mulai dari yang standar atau biasa saja sampai yang premium.

Banyak jenis kaca film yang bisa kamu temui seperti V Kool, llumar, solar gard, dan banyak lagi. Dari semua jenis kaca film mobil yang terbaik adalah kaca film jenis V Kool. Selain sudah terkenal di Indonesia, kaca film ini juga memiliki kualitas yang terbaik diantara kaca film mobil jenis lain.

Yang kedua jenis llumar, yang merupakan pabrikan asli Amerika. Kaca mobil yang satu ini biasa digunakan untuk jenis mobil-mobil sport. Kualitas kaca mobil ini memang sudah terkenal di seluruh dunia. Yang terakhir solar gard, yang merupakan satu-satunya kaca mobil yang memiliki dampak positif terhadap penggunanya.

Fungsi Kaca Film Mobil

Selain sebagai aksesoris, ada juga banyak juga fungsi kaca film mobil yang lainnya. Kaca film mobil sangat berguna untuk meredam panas terik matahari dari luar. Kaca film mobil juga umumnya mempunyai 3 fungsi utama.

1. Melindungi Privasi Pengendara

Fungsi dipasangnya kaca mobil yang satu ini merupakan salah satu alasan paling penting dipasangnya sebuah kaca film. Karena banyak orang yang merasa tidak nyaman jika bagian dalam mobil yang terkadang berisi barang-barang pribadi dapat terlihat dari luar. Untuk itu, pemasangan kaca mobil dengan tingkat kegelapan kaca yang bervariasi. Selain sebagai pelindung privasi pengendara, kaca film mobil juga berfungsi untuk meningkatkan keamanan si pengendara itu sendiri. Karena tidak jarang jika banyak barang-barang berharga di dalam mobil yang dapat terlihat jelas dari luar jika tidak menggunakan kaca film mobil. Menggunakan kaca film mobil dapat meminimalisir pencurian maupun peretasan mobil.

2. Menambah Nilai Penampilan

Selain dapat meningkatkan keamanan, ada juga fungsi kaca mobil lainnya. Kaca film mobil juga bisa mempercantik tampilan mobil kamu. Dengan warnanya yang gelap mengkilap, kaca film mobil akan membuat mobil kamu terlihat lebih elegan. Seiring dengan perkembangan zaman, kini kaca fil mobil bahkan memiliki bentuk dan warna yang cukup keren untuk mobil kamu.

3. Mengurangi Dampak Negatif Sinar Matahari

Fungsi kaca film mobil yang terakhir juga tidak kalah penting dengan yang lainnya. Dengan memasang kaca film pada mobil dapat meredam sinar matahari yang masuk dan tentunya akan membuat ruang dalam mobil terasa lebih nyaman.


Manfaat Penggunaan Kaca Film Mobil

Ada banyak nilai yang berbeda, warna, dan ketebalan kaca film yang tersedia dibangun untuk menawarkan solusi berbagai tantangan. Kaca film adalah peningkatan retrofit untuk kaca yang ada yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang melekat pada kaca, termasuk:
  • Pengurangan panas dan silau
  • Isolasi termal
  • Filtrasi UV
  • keselamatan dan keamanan
  • Dekorasi, signage dan branding
  • Perlindungan dari grafiti.
  • Automotive styling

Kaca film adalah metode yang sangat hemat biaya untuk mengurangi biaya pemanasan dan pendinginan pada bangunan yang ada dengan mengurangi jumlah perpindahan panas melalui kaca.


Kekurangan Kaca Film Mobil

Pewarnaan jendela mobil mengurangi "Visible Light Transmission" (VLT) melalui jendela mobil. Ini bisa menjadi masalah di malam hari, atau ketika pengendara harus dapat melihat melalui jendela kendaraan lain untuk menemukan bahaya. Polisi juga mungkin ingin dapat mengidentifikasi penumpang atau potensi ancaman di dalam kendaraan. Oleh karena itu, di banyak yurisdiksi, ada undang-undang yang membatasi penggunaan kaca film mobil.