Fungsi Reklame

Kehadiran reklame sangat penting dalam dunia bisnis terutama untuk bisnis yang baru mulai berjalan. Reklame tidak hanya berfungsi menarik perhatian masyarakat umum yang melihatnya tetapi juga dapat menimbulkan keinginan untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan.

Berdasarkan Barata, terdapat 5 fungsi reklame yang penting. Fungsi pertama adalah memberikan informasi kepada konsumen mengenai profil perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Melalui reklame, konsumen bisa merasa lebih dekat dengan perusahaan tersebut.

Pengadaan reklame juga bisa ditujukan untuk iklan produk. Reklame untuk iklan biasanya menggunakan kalimat persuasif dengan harapan konsumen akan tertarik untuk membelinya di toko terdekat. Tidak hanya itu, reklame berisi produk juga berfungsi menciptakan kesan tertentu. Misalnya reklame untuk produk minuman diharapkan dapat meninggalkan kesan menyegarkan kepada konsumen yang melihatnya. Ditambah dengan kalimat persuasif dapat membuat konsumen ingin mencobanya.

Adanya informasi yang diberikan ke konsumen akan memberi kepuasan tersendiri karena terpenuhinya kebutuhan individu. Biasanya jenis informasi yang memunculkan kepuasan adalah informasi mengenai narahubung, lokasi, atau inovasi produk tersebut. Oleh karena itu, reklame yang baik seharusnya mencantumkan informasi dengan lengkap atau mengarahkan ke narahubung yang bisa memberikan informasi lengkap.

Untuk mencapai fungsi reklame tersebut, terdapat syarat reklame yang harus dipenuhi. Tujuannya untuk menarik perhatian konsumen yang disasar. Penempatan reklame juga harus tepat dan di lokasi strategis. Pemilihan kata atau ungkapan harus dipertimbangkan. Biasanya masyarakat akan lebih tertarik dengan bentuk reklame yang lucu atau unik. Selain itu, jenis, ukuran, dan ketebalan huruf harus tepat dan harus diprioritaskan mana informasi yang ingin ditonjolkan.

Pengertian Reklame

Reklame berasal dari bahasa Spanyol. Reklame terdiri atas 2 kata, yaitu re dan clamo. Kata re berarti berulang, sedangkan kata clamo berarti seruan. Jika dijadikan satu arti, maka reklame secara bahasa berarti seruan yang dilakukan berulang.

Berdasarkan Barata, reklame merupakan semua kegiatan untuk memberikan informasi atau ide mengenai barang atau jasa. Panji memberikan pendapat yang berbeda. menurut Panji, reklame juga merupakan kegiatan untuk memperkenalkan barang atau jasa. Semua kegiatan tersebut diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat umum mengenai barang atau jasa yang dimiliki.

Terdapat perbedaan antara reklame dan iklan meskipun keduanya memiliki tujuan dan fungsi yang sama. Reklame berisi kalimat singkat disertai gambar, sedangkan iklan biasanya menggunakan kalimat panjang atau bahkan dalam bentuk artikel. Perbedaan lainnya adalah penempatannya. Reklame dipasang dalam bentuk poster, spanduk, atau papan yang diletakkan di tempat umum dan banyak dilewati oleh orang. Di sisi lain, iklan banyak ditemukan di media elektronik seperti radio, internet, atau televisi dan media cetak seperti majalah atau koran.