Fungsi Dari Talang Air Mobil Aksesoris yang Bukan Sekedar Aksesoris Biasa

Talang air mobil namanya apa? Nama lain talang air mobil adalah window visor, door visor, window deflektor atau rain guard.

Talang air  ini digunakan dengan pelbagai fungsinya. Peranan door visor tersebut sangatlah bermanfaat, enggak cuma sebagai hiasan saja.

Kamu dapat menemukan koleksi window visor lengkap dan murah dari berlimpah toko tepercaya yang menjual door visor kendaraan dari berbagai merek.

Beragam talang air mobil ada di toko, mulai dari door visor mobil sedan, window deflektor Xenia, talang air Mobilio, window visor mobil Calya, window deflektor mobil Brio, juga door visor mobil Ayla. 

Tak hanya itu saja, tersedia juga perlengkapan untuk memudahkan pemasangannya yang dijual di toko juga, semacam penjepit dan lem double tape untuk talang air mobil.

Door visor juga ada untuk jenis mobil Xenia, mobil Panther, mobil Vios, mobil  Innova juga mobil Avanza.

Door visor ataupun lebih diketahui dengan sebutan talang air pada mobil mempunyai melimpah fungsi penting.

Melimpah orang mengira kalau window deflektor cuma aksesoris tambahan pada mobil.

Kemudian, tahukah kamu dimana letaknya talang air kendaraan ini?

Letaknya di bagian atas jendela yang lalu direkatkan pada bracket yang terdapat pada atas pintu mobil.

Pemasangan talang air ini mencakup dalam standar pembangunan mobil sebab fungsinya.

Keberadaannya pada mobil pun jadi suatu keharusan.

Berikut pembahasan tentang peran dari door visor pada mobil.

Fungsi Talang Air Pada Mobil

 

Fungsi Talang Air Pada Mobil

Fungsi talang air mobil, kenyataannya bukan sekadar instrumen yang mempercantik tampilan mobil.

Lebih dari itu, talang air yang letaknya ada di bagian atas kaca jendela pintu mobil ini yaitu pelindung kamu di kala hujan agar tak basah.

Door visor ini juga mempunyai fungsi sebagai pelindung komponen di dalam mobil. Ada 7 fungsi talang air mobil yang sanggup menjadi penahan mobil. Apa saja?

Mencegah Air Hujan Masuk didalam Kabin

Talang air pada mobil amat bermanfaat buat mobil sahabat, terlebihnya pada musim hujan.

Talang air ini bisa mencegah air hujan masuk didalam kabin untuk beberapa saat waktu.

Situasi ini akan bermanfaat ketika sahabat berkendara serta tiba-tiba turun hujan, sedangkan sobat transkerja belum sempat menutup jendela

Fungsi keberadaan talang air ini amat berharga saat AC kendaraan sobat transkerja menghadapi masalah kala hujan.

Sobat transkerja dapat membuka sedikit kaca jendela mobil untuk meredakan embun pada kaca mobil. Atau, ketika mengambil tiket dan membayar parkir, fungsi talang air mobil ini akan berfungsi untuk mencegah masuknya air hujan didalam mobil.

Melindungi Komponen pada Kabin

Selain untuk melaksanakan pencegahan air hujan masuk didalam mobil, fungsi talang air mobil berlanjut dengan membendung kerusakan komponen pada kabin mobil. Kayak yang sobat ketahui, semua alat yang menyimpan listrik akan bereaksi pada air.

Komponen pada kabin mobil hampir semua akan cepat rusak sekiranya terkena air.

Bagian yang rawan terkena cipratan air hujan merupakan power window. Komponen ini berada di sisi door trim.

Power window berperan untuk mengatur setelan terbuka juga tertutupnya kaca jendela mobil.

Andaikata air hujan yang masuk didalam mobil sahabat transkerja tentang panel power window, maka bakal membuat kerusakan.

Tanpa door visor, air hujan akan masuk didalam mobil meski kaca cuma terbuka sedikit, alhasil menyebabkan korsleting listrik yang membahayakan.

Mencegah Basah sewaktu Mengulurkan Tangan

Masih berkaitan dengan fungsi talang air mobil sebelumnya, talang ini pula membendung tangan sobat basah. Tatkala mengambil tiket, membayar parkir maupun tol, teman-teman transkerja perlu mengulurkan tangan.

Keberadaan door visor mampu mempersempit daerah basah tangan sobat yang diulurkan ke luar mobil saat hujan.

Tanpa talang air ini, tangan kawan-kawan transkerja bakal basah semua. Ditambah lagi dengan air hujan yang bakal masuk didalam mobil, maka semakin luaslah bagian tangan teman-teman transkerja yang basah.

Bahkan, pada keadaan hujan lebat, tak menutup kemungkinan tubuh teman-teman transkerja juga ikut basah.

Mengurangi Embun

Selain bisa mencegah masuknya air hujan, fungsi talang air pada mobil juga dapat mengurangi embun pada kaca depan mobil. Keadaan ini tentunya sungguh-sungguh membantu pandangan sahabat transkerja karena embun pada kaca depan bisa mengganggu jarak pandang.

Manakala embun pada kaca bagian depan berkurang, kamu dapat berkendara dengan lebih nyaman. Selain itu, embun tidak akan melekat pada kaca samping mobil, karena adanya door visor.

Membantu Sirkulasi Udara dalam Kabin

Tak cuma bertugas pada musim hujan, fungsi talang air mobil ternyata dapat membantu sirkulasi udara dalam kabin pada saat mobil diparkir.

Cuaca terik bakal terasa semakin panas pada mobil yang diparkir di luar ruangan. Udara yang terperangkap dalam mobil yang tertutup rapat akan menjadi semakin panas.

Dengan fungsi talang air mobil pada mobil, kamu dapat sedikit saja membuka kaca jendela. Pastinya tidak melebihi batas talang air.

Situasi ini membantu keluar masuknya udara, alhasil suhu pada kendaraan tetap pada batas wajar. Sobat tak wajib khawatir orang lain meninjau kabin interior sebab terhalang talang air.

Mengurangi Suara Bising

Suara mesin, kerap dirasa cukup mengganggu tatkala mengemudi. Tetapi suara bising mesin tersebut mampu diminimalisir, karena adanya talang air.

Ya, fungsi talang air kendaraan kamu dapat membantu mengecilkan suara bising, karena fungsi talang air mobil dapat mengarahkan aliran udara pada mesin.

Pengarahan aliran udara inilah yang meredam suara berisik mesin mobil, juga tidak akan mengganggu lagi.

Beberapa mobil keluaran terbaru malahan hampir tak mampu meredam suara mesinnya, hingga enggak terdengar.

Memperindah Tampilan Mobil

Sebagai aksesoris mobil, fungsi talang air atau door visor juga bertugas sebagai penambah estetika kendaraan. Dengan adanya door visor, kendaraan terlihat lebih keren.

Sayangnya, talang air ini enggak otomatis terpancang pada semua jenis mobil. Sejumlah mobil jenis baru udah memasang window visor sesuai standar mereka.

Sedangkan beberapa besar jenis mobil harus membeli serta memasang window visor secara terpisah.

Hal ini memang bikin mobil kawan-kawan transkerja tampak lebih indah, tapi tentunya perlu mempertimbangkan peranan lain dari talang air mobil yang lebih penting.

Pentingnya kegunaan talang air mobil

Door visor ataupun yang kerap disebut talang air lazimnya, alat ini dipasang pada bagian atas jendela dengan metode direkatkan pada lis jendela pintu ataupun dengan memasang bracket.

Selain bikin tampilan mobil lebih menarik, rain guard pada mobil ternyata mempunyai fungsi berarti terutama kala musim hujan. Tapi, gak semua pemilik kendaraan paham bakal kegunaan talang air mobil tersebut.

Manakala mendengar kata window visor mobil, kawan-kawan tentu masih bingung. Tapi jikalau melihat bentuknya, teman-teman sudah sangat familier dengan talang air mobil ini. 

Door visor ataupun yang kerap disebut talang air yakni aksesori yang kerap dibubuhkan bagi para pemilik mobil. Kendati begitu, enggak semua paham bakal fungsi dari instrumen tersebut.

Lazimnya, alat ini dipasang pada bagian atas jendela dengan metode direkatkan pada bracket yang ada di atas panel pintu. Selain bikin tampilan kendaraan lebih menarik, talang air pada mobil ternyata punya fungsi bernilai terutama kala musim hujan.

Talang air mobil diletakkan pada bagian luar dekat dengan jendela mobil. Umumnya, setiap jendela dideklamasikan pelengkap talang air mobil.

Mobil-mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan aksesoris rain guard mobil, tapi masih berjibun mobil yang belum mempunyai talang air kendaraan bawaan.

Meskipun kelihatannya tidak penting, akan tetapi ternyata rain guard kendaraan memiliki peranan yang cukup signifikan!

Bukan cuma menjadi komponen aksesoris mobil, rain guard mobil juga mendapati manfaat yang profitabel teman-teman sebagai pengguna mobil.

Talang air mampu mencegah air masuk didalam kabin. Sehingga, berbagai ragam tombol elektrik semacam panel yang melekat pada door trim terjaga tidak mengalami korsleting.

Seperti yang tertulis pada namanya, rain guard mobil memiliki fungsi fundamental untuk menangkal air agar enggak masuk didalam jendela mobil. Lazimnya jika sedang terbentuk hujan, air suka merembes masuk melalui jendela mobil.

Selain itu talang air mempunyai fungsi untuk melindungi pengemudi juga penumpang dari guyuran air tatkala hujan tatkala membuka jendela mobil. Jadi, air dari atap dibuang kedepan dan kebelakang agar tidak menguyur kaca bagian samping. Nah, rain guard kendaraan berguna untuk menjauhi terjadinya air yang masuk didalam.

Untuk menambah ketenteraman dalam berkendara, talang air juga mendapati fungsi meredam suara dari bising jalanan. Sebab, rain guard mampu mengarahkan aliran udara pada mesin sewaktu bergerak.

Fungsi lain dari talang air kendaraan

Fungsi talang air mobil yang paling pokok sebenarnya yakni untuk melindungi penumpang serta pengemudi mobil dari air hujan.

Salah satu surplus dalam berkendara memakai mobil yakni sahabat transkerja terhindar dari teriknya panas matahari serta derasnya air hujan. Door visor ini dirancang untuk membendung air masuk didalam mobil, terutamanya saat kualifikasi hujan.

Rintikan air memang bisa masuk melalui celah dari jendela mobil, ataupun saat pengemudi ataupun penumpang membuka kaca jendela mobil. Nah, talang air mobil menjadi komponen bernilai untuk menjauhi terjadinya hal tersebut.

Pernahkah kamu mengeksplorasi dan menyadari kalau bentuk door visor ini melengkung menutupi bagian atas kaca samping mobil? Bentuk lengkung itu tujuannya untuk mengalirkan air ke bagian depan serta belakang yang jatuh dari pintu mobil.

Jadi, sewaktu hujan tiba, air yang mengguyur bagian atas mobil tidak akan otomatis jatuh ke samping pintu area penumpang juga pengemudi keluar masuk, melainkan dibuang ke bagian belakang juga depan. 

Alhasil, kala kamu menekan power window untuk membuka kaca jendela, air hujan tak langsung mengguyur benar di samping jendela, akan tetapi mengalir ke bagian depan kap dan bodi belakang mobil.

Dengan memakai talang air mobil, maka sahabat transkerja mampu mencegah air masuk didalam mobil. Selain itu, talang air kendaraan juga mampu mengurangi dinginnya temperatur di dalam kendaraan yang diakibatkan oleh cuaca dingin hujan.

Apabila sobat transkerja memakai talang air mobil, sobat akan mencegah tombol-tombol elektrik yang berada pada pintu mobil dari tetesan air hujan. Pastinya talang air mobil menjadi benar-benar berguna.

Tidak melulu meredakan guyuran air hujan dari kaca jendela samping, peranan talang air mobil juga dapat meminimalisir embun. Utamanya embun pada bagian kaca depan yang berisiko menurunkan jarak pandang pengemudi.

Ketika embun pada bagian kaca depan dapat diminimalisir, maka kamu bakal menangkap pengalaman berkendara yang lebih nyaman serta aman. Begitu pun pada kaca samping mobil, embun tidak akan otomatis berapit di kaca berkat adanya door visor. 

Lengkapi Mobilmu Dengan Talang Air

Cuaca sudah tidak dapat diprediksi dengan benar lagi. Kini kawan-kawan wajib selalu sedia apapun yang terjadi.

Gak jarang hujan datang secara tiba-tiba. Walaupun kawan-kawan enggak terkena basah sewaktu sedang berada di dalam mobil, akan tetapi air hujan yang berkenaan bagian luar mobilmu dapat menyebabkan kejadian beberapa hal.

Body mobilmu mampu menjadi gampang karatan seumpama terlalus ering terkena air hujan. Pengemudi pun jadi susah fokus sebab kaca mobil akan tertutup oleh derasnya hujan. Oleh sebab itu, talang air mobil berfungsi untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Dengan memanfaatkan talang air mobil, kaca jendela kendaraan menjadi terlindungi.

Sampai-sampai jika sahabat membuka jendela sedikit tatkala hujan, talang air mobil bisa bikin air hujan tidak masuk didalam. Penerapan talang air spion mobil & pelindung spion anti basah juga sanggup membantumu supaya tetap mampu melihat spion dengan pasti walaupun dalam keadaan hujan deras. Adanya talang air mobil juga bikin tampilan kendaraan mu semakin lengkap lagi.

Fungsi talang air mobil juga dapat melindungi komponen di dalam mobil, kayak berbagai tombol elektrik yang melekat pada panel. Bayangkan macam apa jika door visor ini tak ada.

Ketika jendela tak tertutup rapat, guyuran air hujan bakal merembes didalam kabin serta membasahi pelbagai komponen di dalamnya. 

Namun, berbeda sewaktu door visor tersemat di tiap kaca jendela mobil. Kala musim hujan turun, air secara otomatis bakal dialirkan ke bagian depan serta belakang, alhasil tidak bakal mungkin merembes melalui kaca. Kamu enggak harus khawatir air masuk didalam kabin dan membasahi bermacam ragam komponen elektrik di panel. 

Hujan deras kerap bikin beberapa kendaraan roda empat gampang mengalami karatan atau bahkan pengemudinya mendapati kesulitan dalam meninjau keadaan sekitar yang disebabkan tak adanya talang air di setiap pintu mobil.

Selain sebagai pelindung kaca, talang air mobil juga bisa menjaga visibilitas pengemudi untuk meninjau dengan transparan saat air hujan menggenangi bagian samping dan belakang. Keberadaan talang air mobil ini niscaya amat bermanfaat karena membantumu mengendarai mobil pada tatkala hujan.

Sesuai dengan namanya, talang air mobil berperan untuk membendung masuknya air ketika kaca kendaraan dibuka. Saat sahabat perlu mengambil tiket ataupun membayar tol ketika sedang turun hujan, peran talang air mobil pun jadi sangat penting.

Kegunaan talang air mobil di-yakini dapat mengurangi dinginnya temperatur di dalam mobil. Selain bikin kendaraan roda empat jadi terlihat sempurna, talang air kendaraan sangat mendukung melindungi beragam tombol mobil.

Bila dicermati kembali, panel power window yang letaknya melekat pada door trim bakal sangat terlindungi karena adanya talang air mobil.

Mengendarai mobil pada ketika hujan lebat pastinya akan lebih sulit dilakukan, bahkan dengan keadaan spion yang terkena air hujan secara terus menerus. Hal itu bisa memengaruhi peran spion dalam memantulkan situasi jalanan bagian samping serta belakang mobil.

Enggak heran seumpama saat ini berlimpah produk spion cover yang bisa dipakai sebagai pelindung dari air hujan dan goresan pada bagian depan spion. Selain itu, pada bagian atas jendela dan pintu kendaraan juga udah banyak diproduksi talang air spion kendaraan yang bertugas mengalirkan air hujan yang turun dari atap.

Hal demikian bakal sebabkan air turun secara menyamping tanpa melewati jendela. Masih berjibun lagi manfaat dari talang spion kendaraan atau talang pintu mobil yang sahabat rasakan asalkan mengaplikasikannya di kendaraanmu.

Tips Memilih Talang Air Pada Mobil

Banyak pabrik kendaraan yang udah menyadari urgennya keberadaan talang air mobil. Dengan memanfaatkan door visor tersebut, mobil akan terlindungi dengan lebih baik serta air dari atap kendaraan menuju jendela bisa dialirkan.

Adapun merek door visor mobil yang bagus di antaranya MCBC. Beberapa untuk jenisnya, talang kendaraan terbagi dari sejumlah pilihan, salah satunya spion cover. Buat melindungi dari pergeseran konsekuensi derasnya air hujan, sobat cuma wajib memasang spion cover walhasil spion akan aman dari air hujan, debu, serta pergeseran posisi yang tak disengaja.

Preferensi kedua. Benda ini yakni sebuah terobosan terbaru yang menguntungkan untuk menindak air yang turun dari atap mobil dengan metode mengalihkan air ke samping lalu membuatnya mengalir ke bawah alhasil jendela serta pintu mobil lebih aman.

Situasi ini tentu juga melindungi engsel ataupun bagian pintu yang tersusun dari besi jadi aman dari karatan. Preferensi ketiga merupakan karet. Karet juga sanggup meredam suara keras sewaktu menutup pintu mobil.

Sekiranya teman-teman berencana memasang komponen ini pada mobil, maka pastikan menerima produk asli dengan kualitas terbaik. Berkaitan dengan itu, maka kamu wajib menjaga sejumlah hal berikut ini.

Kualitas bahan

Mengingat posisi door visor yang dipasang di bagian luar mobil, mesti akan terpapar panas, hujan, serta angin. Oleh karena itu, kualitas bahan sungguh-sungguh menentukan keawetannya. Teman-teman transkerja dapat memilih bahan yang agak tebal juga elastis.

Bahan yang tebal dipilih supaya door visor gak mudah pecah maupun menjadi pipih bila terkena angin yang kencang. Selain itu, kamu juga wajib mempertimbangkan elastisitas bahan. Bahan yang terlalu kaku dikhawatirkan akan cepat retak dan pecah bila sekali-sekali terkena panas matahari.

Warna

Ada sebagian pilihan warna talang air pada mobil, yakni warna silver, bening ataupun transparan, dan hitam pekat (solid black). Pemilihan warna ini sebenarnya merupakan selera individu. Akan tetapi, kamu kudu mempertimbangkan kemungkinan warna bakal pudar.

Faktor cuaca transendennya akan mempengaruhi perubahan warna asli talang air pada mobil. Gak akan bermasalah kalau warnanya pudar secara merata. Tetapi, seumpama warnanya jadi belang-belang, hal ini justru menyusutkan nilai estetika. Maka, cari tahulah terlebih dahulu door visor yang tahan di segala cuaca.

Komponen Pelengkap

Anda pastinya memerlukan perekat dua sisi ataupun double tape untuk menempelkan talang air ke mobil. Kamu perlu cermat dalam menentukan perekat ini, mengingat door visor rentan terpapar cuaca juga tekanan angin. Lazimnya, bagian depan lebih gadang menangkal beban angin walhasil talang air gampang terlepas.

Lain halnya bila sahabat memakai talang air injeksi, yakni talang air yang agak tebal juga berat. Kamu kudu menambahkan klip maupun baut untuk menopang double tape. Kamu wajib memastikan bahwasanya door visor kendaraan sobat terpancang kokoh alhasil tahan berkenaan cuaca serta tekanan angin.

Bentuk fisik

Ukuran door visor untuk kendaraan terdapat sebagian pilihan, yakni jumbo, semi jumbo, juga ultra slim. Memastikan ukuran talang air ini hendaknya disesuaikan dengan fisik juga kebutuhan mobil. Hal ini dilakukan untuk senantiasa menjaga estetika serta fungsi talang air itu sendiri.

Anda dapat memasang ukuran ultra slim untuk mobil kecil. Sedangkan untuk mobil kelas besar teman-teman transkerja dapat menggunakan ukuran jumbo ataupun semi jumbo.

Manakala mobil kecil memakai door visor besar, akan terlihat kurang estetis. Sedangkan talang air kecil pada mobil besar akan sedikit kehilangan fungsinya.

Tips Cara Memasang Talang Air pada Mobil

Bukan cuma melindungi bagian interior kendaraan dari air hujan, window visor mobil juga mencegah masuknya air yang sanggup merusakan komponen elektronik dalam mobil. Selain itu, penerapan talang air mobil juga mempengaruhi tampilan mobil.

Sobat senantiasa ingin mobilmu pegari keren juga gaya, bukan? Gak harus khawatir, kawan-kawan mampu mendapatkan beraneka macam window visor mobil. Sampai-sampai kawan-kawan juga dapat sekalian membeli wiper kaca, kaca film mobil, serta stiker mobil.

Selepas membeli window visor mobil, teman-teman sanggup memasangnya sendiri dengan mudah, lho! Teman-teman harus mengetahui instrumen apa saja yang dibutuhkan, semacam lem window visor mobil, baut, dan penjepit talang air mobil.

Menempelkannya pun bukan perkara sulit. Semua aksesori tersebut dapat dengan gampang teman-teman dapatkan.

Nah, ada satu saran yang akan memudahkanmu, nih! Tempelkan window visor mobil dengan memakai double tape 3m yang kuat supaya teman-teman gak kesulitan!

Cara Memasang Talang Air pada Mobil

Tak cuma melindungi kabin serta semua komponen kendaraan dari cipratan air hujan, window deflektor juga dapat membuat kendaraan terlihat lebih stylish serta trendi.

Untuk menghemat ongkos pemasangan talang air di bengkel kendaraan, sahabat transkerja juga sanggup memasang talang air mobil sendiri dengan cara yang mudah.

Pertama, ketahui aksesori tambahan dari produk talang air kayak lem untuk window deflektor mobil, penjepit talang air mobil, dan bautnya.

Lem talang air mobil (double tape) terbagi jadi dua yakni lem standar juga lem double tape 3 m untuk talang air mobil.

Lem 3 m termasuk sangat kuat daya rekatnya. Untuk penjepit dan baut, ada baut talang air yang gak menggunakan lem 3 m sebagai penguat pada saat mobil menghadapi guncangan selama dalam perjalanan.

Kedua, sebelum memasang door visor, usahakan tempat tulang atau karet mobil yang bakal dipasang talang berada dalam keadaan bersih supaya daya rekat lem sempurna. Tak cuma itu, ketika melakukan pemasangan, pastikan cuaca cerah maupun panas.

Selanjutnya, pasang door visor bermula dari ujung sisi kiri sambil membuka film lem dengan perlahan serta hati-hati. Buat door visor yang sudah memiliki baut, pasanglah pada bagian karetnya dengan dibor. Terakhir, sewaktu pemasangan udah selesai, diamkan selama 30 menit supaya daya rekat lem jadi sempurna.