Hosting VPS (Virtual Private Server) - Pernah bertanya-tanya mengapa seseorang menggunakan Virtual Private Server (VPS)?

Memilih server yang tepat untuk situs web bisnis Anda mungkin rumit. Anda ingin menemukan keseimbangan yang tepat antara sumber daya dan efektivitas biaya tanpa mengorbankan kinerja.

Jika bisnis Anda berkembang dan Anda menemukan bahwa server tidak berfungsi untuk kebutuhan Anda, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan VPS.

Apa itu VPS?

VPS (Virtual Private Server) adalah mesin virtual yang dijual sebagai layanan oleh layanan hosting Internet. Virtual dedicated server (VDS) juga memiliki arti yang serupa.

VPS menjalankan sendiri salinan sistem operasi (OS), dan pelanggan memungkinkan memiliki akses tingkat superuser ke instance sistem operasi, sehingga mereka dapat menginstal hampir semua perangkat lunak yang berjalan pada OS itu.

Untuk banyak tujuan mereka secara fungsional setara dengan server fisik khusus, dan karena ditentukan oleh perangkat lunak, hal ini dapat menjadi lebih mudah dibuat dan dikonfigurasi.

VPS mereka dihargai jauh lebih rendah daripada server fisik yang setara. Namun, karena mereka berbagi perangkat keras fisik yang mendasarinya dengan VPS lain, kinerjanya mungkin lebih rendah, tergantung pada beban kerja dari mesin virtual dan pelaksana lainnya.

Mempartisi satu server agar muncul sebagai beberapa server telah semakin umum pada mikrokomputer sejak peluncuran VMware ESX Server pada tahun 2001. Server fisik biasanya menjalankan hypervisor yang bertugas membuat, melepaskan, dan mengelola sumber daya sistem operasi "guest (tamu)", atau mesin virtual.

Sistem operasi tamu ini dialokasikan pada bagian sumber daya dari server fisik, biasanya dengan cara di mana tamu tidak mengetahui adanya sumber daya fisik lain kecuali yang dialokasikan kepadanya oleh hypervisor.

Beberapa poin penting yang perlu diingat tentang Virtual Private Server adalah:
  • Virtual Private Server dapat mengalokasikan lebih banyak sumber daya per pengguna, sehingga pengguna lain cenderung mempengaruhi kinerja situs Anda
  • Hosting VPS benar-benar dapat disesuaikan, artinya Anda dapat mengubah perangkat lunak atau menambahkan aplikasi Anda sendiri
  • Karena setiap server terisolasi dari yang lain, itu menciptakan lingkungan yang aman.

Kapan Harus Beralih Ke VPS Hosting?

Hosting VPS (Virtual Private Server)
Jika bisnis Anda berkembang dan Anda mengalami volume lalu lintas yang lebih tinggi, Anda mungkin memperhatikan bahwa situs Anda tidak berkinerja sebaik sebelumnya. Ini karena pada server bersama, semua pengguna berjuang untuk sumber daya yang sama (ruang disk, bandwidth, dll.) Dan Anda tidak dapat mengambil apa yang tidak ada di sana.

VPS memberi Anda lebih banyak sumber daya, dan mengalokasikan sumber daya minimum, sehingga kinerja situs Anda tidak akan pernah terganggu oleh kurangnya sumber daya. Selain itu, jika Anda memerlukan lebih banyak sumber daya di masa mendatang, mudah untuk memindahkan situs web Anda ke VPS yang lebih kuat.

Anda ingin menyesuaikan server Anda. Shared Hosting biasanya tidak menawarkan banyak cara penyesuaian, sebagian besar karena ketika sesuatu diinstal itu mempengaruhi semua pengguna.

Dengan VPS, Anda mendapatkan cukup banyak akses tanpa batas untuk menambah dan menghapus perangkat lunak, mengatur izin, membuat akun pengguna, menjalankan pencadangan dan pembaruan, dan menyertakan aplikasi khusus - semua tanpa biaya atau sakit kepala yang dapat datang dengan server khusus.

Dalam iklim teknologi saat ini, keamanan online adalah yang paling penting. Dengan pelanggaran keamanan baru dalam berita yang tampaknya setiap hari, pelanggan sepatutnya memperhatikan privasi online mereka.

Ketika Anda menggunakan Virtual Private Server, Anda dapat yakin bahwa data tersebut aman. Tidak seperti server bersama, setiap server virtual beroperasi dalam lingkungan yang terisolasi, benar-benar terpisah dari semua situs web lain. Jika salah satu situs web tersebut dikompromikan, ia dapat dengan cepat dan mudah ditutup tanpa memengaruhi yang lainnya.

Jika Anda siap untuk meningkatkan kinerja website anda dari server shared hosting tetapi tidak cukup siap untuk biaya server khusus, maka hosting VPS menawarkan jalan tengah yang bagus.

Karena VPS berbasiskan perangkat lunak vs. perangkat keras, VPS menawarkan penghematan yang signifikan dibandingkan dengan membeli server khusus Anda sendiri. Selain itu, ketika saatnya untuk berkembang, Anda dapat dengan mudah pindah ke server yang lebih kuat tanpa mentransfer ke penyedia hosting. Anda juga menghemat waktu tambahan karena server fisik, VPS OS, dan perangkat lunak hosting seperti cPanel / WHM, dikelola untuk Anda.

VPS Hosting Solusi Bisnis Anda

Hosting VPS akan dikenakan biaya lebih dari yang Anda bayarkan untuk layanan bersama, tetapi mungkin sepadan dengan harganya. Kuncinya adalah untuk mengevaluasi kebutuhan bisnis Anda serta mengevaluasi lalu lintas masa depan website bisnis Anda yang diantisipasi. Jika Anda menemukan bahwa kinerja situs web Anda kurang (atau Anda pikir itu mengarah ke arah itu), mungkin saatnya untuk beralih ke Hosting VPS.

Saat Anda siap untuk melakukan perubahan dari shared hosting ke Hosting VPS, ada banyak perusahaan menyediakan hosting vps yang tepat untuk Anda.

Penyedia Hosting VPS (Virtual Private Server)

Banyak perusahaan menawarkan hosting VPS (Virtual Private Server) atau virtual dedicated server sebagai ekstensi untuk layanan web hosting. Hosting VPS menjadi solusi pilihan di segmen e-niaga dan bisnis, pandangan lain tentang cara menjadikannya lebih aman mungkin bermanfaat. Ketika disewa dari penyedia yang dapat diandalkan, VPS biasanya merupakan sumber daya yang bagus dalam hal keamanan dan harganya.