Definisi Aquaponik yang paling sederhana adalah kombinasi dari budidaya (memelihara ikan) dan hidroponik (pertumbuhan tanaman tanpa tanah) yang menumbuhkan ikan dan tumbuhan bersama-sama dalam satu sistem terintegrasi.

Limbah ikan menyediakan sumber makanan organik untuk tanaman, dan tumbuhan secara alami menyaring air untuk ikan.

Partisipan ketiga adalah mikroba (bakteri nitrifikasi). Bakteri ini mengubah amonia dari limbah ikan pertama menjadi nitrit, dan kemudian menjadi nitrat.

Nitrat adalah bentuk nitrogen yang dapat diserap dan digunakan tanaman untuk tumbuh.

Limbah ikan padat diubah menjadi vermicompost yang juga berfungsi sebagai makanan bagi tanaman.

Dalam menggabungkan sistem hidroponik dan akuakultur, aquaponik mengkapitalisasi keuntungan mereka, dan menghilangkan kekurangan masing-masing.

Apa itu Sistem Aquaponik? cara membuat aquaponik, manfaat sistem aquaponik sederhana, aquaponik adalah, cara membuat aquaponik, list sistem aquaponik terbaik dengan media tanam aquaponik, serta contoh aquaponik

Bagaimana Sistem Aquaponik mengubah permainan

Berkebun dengan sistem aquaponik setinggi pinggang menghilangkan gulma, strain punggung, dan akses hewan kecil ke taman Anda.

Aquaponik bergantung pada daur ulang air yang kaya nutrisi secara terus menerus. Dalam aquaponik tidak ada run-off beracun baik dari hidroponik atau akuakultur.

Aquaponik hanya menggunakan 1/10 dari air berkebun berbasis tanah, dan bahkan lebih sedikit air daripada hidroponik atau budidaya resirkulasi.

Tidak ada bahan kimia petro yang berbahaya, pestisida atau herbisida yang dapat digunakan. Ini adalah sistem eco alam!

Pekerjaan berkebun diminimalisir secara dramatis. Aquaponik penumbuh mampu fokus pada tugas-tugas menyenangkan dengan memberi makan ikan dan merawat dan memanen tanaman.

Sistem Aquaponik dapat diletakkan di mana saja, menggunakannya di luar, di rumah kaca, di ruang bawah tanah Anda, atau di ruang tamu Anda! Dengan menggunakan grow-lighting, dan ruang dapat menjadi taman yang produktif.

Sistem aquaponik dapat diskalakan! Mereka dapat memenuhi sebagian besar ukuran dan anggaran, dari sistem ramuan meja kecil, kebun halaman belakang , hingga peternakan skala penuh, aquaponik dapat melakukan semuanya!

Dan bagian yang terbaik - Anda bisa memanen tanaman dan ikan dari kebun Anda. Benar-benar menaikkan seluruh makanan Anda di halaman belakang Anda

Alih-alih menggunakan kotoran atau larutan kimia beracun untuk menanam tanaman, aquaponik menggunakan efluen ikan yang bernutrisi tinggi yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal.

Alih-alih mengeluarkan air, aquaponik menggunakan tanaman, bakteri alami, dan media tempat mereka tumbuh untuk membersihkan dan memurnikan air, setelah itu dikembalikan ke tangki ikan.

Air ini dapat digunakan kembali tanpa batas dan hanya perlu diatapi ketika hilang melalui transpirasi dari tanaman dan evaporasi.

Ada beberapa metode utama sistem Aquaponik yang berkembang luas digunakan saat ini:

Deep water culture (DWC) atau raft based growing menggunakan rakit busa yang mengambang di saluran yang diisi dengan air limbah ikan yang telah disaring untuk membuang limbah padat.

Tanaman ditempatkan di lubang di rakit dan akar menjuntai bebas di air. Metode ini paling tepat untuk menanam sayuran salad dan tanaman lain yang tumbuh dengan cepat dan relatif rendah nutrisi.

Ini juga paling sering digunakan dalam sistem skala komersial yang lebih besar.

Aquaponik berbasis media

Media tanam melibatkan penanaman tanaman di media tanam lembam seperti pelet tanah liat atau serpih yang diperluas.

Media menyediakan filtrasi biologis (konversi amonia ke nitrat) dan penyaringan mekanis (penghilangan limbah padat) dalam sistem yang sama.

Sistem berbasis media sangat bagus untuk sistem skala rumah dan hobi sehingga Anda dapat menanam berbagai jenis tanaman.

Secara khusus, tanaman berbuah besar benar-benar baik selain sayuran hijau, bumbu dan varietas lainnya.

Nutrient Film Technique (NFT)

Sistem NFT bekerja dengan mengalirkan air kaya nutrisi melalui palung sempit, seperti pipa PVC.

Tanaman ditempatkan di lubang yang dibor di pipa ini, dan akarnya menjuntai bebas di aliran air ini.

Metode pertumbuhan ini bekerja sangat baik untuk tanaman yang membutuhkan sedikit dukungan, seperti stroberi (foto) dan herbal lainnya.

NFT juga merupakan cara yang bagus untuk memanfaatkan ruang yang tidak digunakan karena mereka dapat digantung dari langit-langit di atas area yang tumbuh lainnya.

Aquaponik Vertikal

Salah satu aspek terbesar dari aquaponik adalah kemampuannya untuk menumbuhkan jumlah makanan yang luar biasa di daerah yang sangat kecil. Tidak ada metode yang lebih baik dari aquaponik vertikal.

Tanaman ditumpuk di atas satu sama lain dalam sistem menara seperti AquaVertica. Air mengalir melalui puncak menara, dan mengalir melalui material wicking yang akar tanaman menyerap air dan nutrisi darinya. Air kemudian jatuh ke bak atau langsung ke tangki ikan.

Bentuk pertanian ini membuat sebagian besar dari setiap kaki persegi ruang, dan bekerja sangat baik dengan sayuran hijau, stroberi, dan tanaman lain yang tidak memerlukan dukungan untuk tumbuh.