Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang manfaat berkeringat di sauna tapi berkeringat pada umumnya, juga menawarkan beberapa manfaat yang mengesankan.

Apa itu Keringat?

Manfaat Berkeringat Untuk Kesehatan
Sepertinya pertanyaan mendasar, tapi berkeringat lebih rumit dari yang terlihat.

Masing-masing dari kita memiliki sekitar 4 juta kelenjar keringat yang mengeluarkan campuran air, garam, asam amino, protein, dan zat lainnya.

Komposisi yang tepat juga dapat bervariasi berdasarkan keseimbangan hormon, perubahan fisiologis, dan bakteri dan virus yang ada dalam tubuh.

Menariknya, komposisi keringat dan bagaimana fungsi kelenjar kita (atau tidak) banyak bercerita tentang kesehatan kita dan bahkan digunakan untuk mendiagnosis kondisi tertentu seperti cystic fibrosis.

Mengapa kita berkeringat?

Ada beberapa alasan mengapa kita berkeringat.

Tubuh menggunakan keringat untuk mengatur suhu dan mendinginkan tubuh selama masa stres.

Hal ini dapat terjadi karena kegelisahan, peningkatan suhu tubuh (seperti demam atau di sauna) atau hanya tekanan positif untuk berolahraga.

Keringat juga merupakan jalur detoksifikasi yang efektif untuk logam berat dan racun.

Manfaat Berkeringat Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa alasan yang cukup luar biasa, mengapa berkeringat bagus untuk Anda...

Manfaat berkeringat ini bisa membantu:

1. Detox Logam Berat

Salah satu fungsi utama keringat adalah mendinginkan tubuh, tapi yang lainnya adalah detoksifikasi. Meskipun ada beberapa klaim bahwa detoksifikasi melalui keringat adalah omong kosong yang berbahaya, ada banyak bukti untuk mendukung fungsi keringat ini. Satu studi menemukan bahwa mereka yang memiliki toksisitas merkuri memiliki tingkat pengembalian mereka ke jumlah yang aman setelah sesi berkeringat, hal ini karena mengeluarkan arsenik, kadmium, dan lead.

Di China yang mengalami tingkat pencemaran industri, penumpukan logam berat beracun telah menjadi perhatian utama di negara itu. Sebuah penelitian terhadap penduduk China menemukan bahwa mereka yang berolahraga lebih banyak memiliki lebih sedikit racun di tubuh mereka dan bahwa penghilangan logam berat lebih terkonsentrasi pada keringat urin. Hal ini tampaknya menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga memiliki lebih sedikit racun karena mereka berkeringat lebih banyak.

2. Membantu Tubuh Membersihkan BPA, PCB, dan Endocrine Disruptors lainnya

Endocrine disruptor BPA umumnya ditemukan di plastik dan merupakan salah satu alasan untuk menghindari plastik sebanyak mungkin. Penelitian menunjukkan, bahwa BPA dan efeknya yang berbahaya lebih efektif diatasi melalui keringat daripada rute detoks lainnya.

Selain itu, penelitian menunjukkan PCB (Polychlorinated Biphenyls) ditemukan pada bahan bangunan tua dan PBDES (bahan kimia tahan api) yang dikeluarkan melalui keringat, bukan urin. (Juga, mengkonsumsi niasin bersama dengan berkeringat dapat meningkatkan mobilisasi racun yang tersimpan.)

3. Promosikan Kulit yang Lebih Sehat

Seperti usus, kulit kita memiliki keseimbangan microbiome tersendiri. Keringat dapat bertindak sebagai prebiotik yang berkontribusi terhadap bakteri kulit yang sehat.

Keringat dalam juga bisa memperbaiki perputaran sel kulit dan menghilangkan bakteri / patogen dari kulit untuk membantu menghilangkan jerawat. (TIP: Gunakan menggunakan semprotan kulit ini untuk menjaga agar bakteri kulit tetap sehat dan seimbang)

4. Menghilangkan Mikroba Berbahaya

Studi internasional telah menunjukkan bahwa berkeringat dapat mengurangi kesempatan kita terkena flu!

Ternyata keringat mengandung beberapa protein antimikroba yang sama-sama diketahui mengikat bakteri dan virus tertentu di dalam tubuh, termasuk H. pylori, E. coli dan HIV. Zat antimikroba ini membantu mengeluarkan racun dan menyerang kuman.

Penelitian juga menunjukkan bahwa panas dari sauna membantu membunuh infeksi dan virus patogen dan mempercepat penyembuhan.

Terlebih lagi...

Komposisi keringat kita bahkan berubah tergantung pada racun apa yang ada di tubuh kita dan jika kita memiliki kondisi atau penyakit tertentu.

Dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang dengan TBC, keringat mereka mengandung 26 protein unik yang terkait dengan fungsi kekebalan tubuh dan pengangkutan protein di seluruh membran.

Ini menunjukkan bahwa tubuh kita secara intuitif mengetahui protein apa yang akan meningkat untuk menyingkirkan masalah yang ada.

5. Melindungi Jantung

Berkeringat melalui olahraga atau di sauna meningkatkan sirkulasi dan memperkuat sistem kardiovaskular.

Dalam sebuah studi tentang para penghuni sauna biasa, para periset menemukan bahwa mereka yang memiliki sesi sauna mingguan adalah yang paling tidak mungkin memiliki kardiovaskular negatif.

Sauna juga dikenal untuk mempromosikan relaksasi dan menghilangkan stres, yang juga baik untuk jantung.

6. Mempercepat Pemulihan Setelah Latihan

Berkeringat meningkatkan aliran darah ke rangka otot. Ini membantu untuk meningkatkan waktu pemulihan dari penyakit, cedera dan ketegangan otot.

Studi menunjukkan berkeringat bahkan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, yang merupakan cara tubuh memperbaiki dirinya sendiri.

7. Menurunkan Hormon Stress

Berkeringat mengaktifkan respons parasimpatis dalam tubuh yang memungkinkan kita untuk rileks, mencerna dengan benar, dan sembuh.

Memisahkan keringat di sauna atau melalui olahraga membantu meningkatkan hormon bahagia dan mengurangi kecemasan dan depresi.

Kortisol dan hormon stres berkurang setelah berkeringat, sementara hormon adrenal lainnya membantu menjaga keseimbangan keseimbangan elektrolit.

8. Mengurangi Resiko Alzheimer

Berkeringat diketahui detoksifikasi logam berat dari tubuh, meningkatkan relaksasi, memperbaiki fokus, dan memperkuat aliran darah ke otak, yang kesemuanya memiliki manfaat untuk pencegahan Alzheimer.

Penggunaan sauna yang sering menurunkan risiko Alzheimer dalam satu studi terhadap pria Finlandia sebesar 65% dibandingkan kelompok yang hanya menggunakan sauna seminggu sekali.

9. Kurangi Gejala Menopause

Dominasi estrogen dianggap sebagai pelakunya di balik hot flashes menopause pada wanita, tapi berkeringat mungkin jawabannya.

Periset menemukan bahwa wanita yang mendapat detak jantung mereka dan berkeringat saat menopause memiliki episode hot hotes yang lebih sedikit.

10. Turunkan Resiko Batu Ginjal

Menariknya, ada lagi bonus untuk berkeringat lebih sering. Meskipun kejadian batu ginjal pada wanita berusia di atas 50 tahun telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir di beberapa negara di dunia.

Menurut para periset di University of Washington.

Mereka menemukan bahwa manfaat berkeringat melalui latihan yang konsisten, berguna untuk mengurangi risiko ini.

Kelebihan garam dan kalsium bisa membentuk batu ginjal dari waktu ke waktu, tapi berkeringat meningkatkan keseimbangan alami tubuh dan mengarahkan kalsium ke tulang kita.

Setelah meneliti manfaat berkeringat ini, semoga Anda tidak pernah melewatkan latihan lagi!

Mengapa Beberapa Orang Berkeringat Lebih Banyak (Atau Kurang)

Meskipun berkeringat adalah cara yang bebas dan mudah untuk meningkatkan kesehatan, tapi ada kalanya kita sama sekali tidak berkeringat.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa jumlah keringat bisa bervariasi:

Pria vs Wanita
Sebuah studi tentang atlet pria dan wanita menemukan bahwa pria cenderung berkeringat lebih banyak daripada wanita.

Studi ini menemukan, karena pria memiliki massa otot secara signifikan, sehingga tubuh mereka harus bekerja lebih keras untuk mendinginkannya.

Berat Badan
Demikian pula, orang yang memiliki berat badan ekstra, lebih banyak berkeringat.

Toksisitas
Orang yang memiliki lebih banyak muatan beracun cenderung berkeringat lebih banyak, karena tubuh mereka bekerja lembur untuk menghilangkan racun.

Hyperhidrosis
Beberapa orang berkeringat secara berlebihan yang terkadang tidak diakibatkan oleh suhu panas ataupun olahraga. Kondisi ini disebut hiperhidrosis dan dianggap terutama dipicu oleh infeksi, pengobatan, saraf yang terlalu aktif karena genetika, atau hipotiroid.

Tato
Ini merupakan satu efek samping pada tinta tato yang di terapkan pada kulit? Kehilangan lebih banyak natrium dan elektrolit di area yang ditutupi tato. Ini mungkin tidak akan mempengaruhi seseorang dengan tato kecil di sana-sini, namun menunjukkan tinta yang signifikan pada area tubuh yang besar, bisa menghambat manfaat kesehatan berkeringat secara signifikan.

Cara Mendapatkan Manfaat dari Berkeringat Untuk Kesehatan

Jadi berkeringat itu bagus, tapi banyak dari kita yang tidak melakukannya dengan cukup baik.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memastikan kita cukup berkeringat:

1. Berhenti Menggunakan Antiperspirant

Kelihatannya logis...

Tapi cara pertama mendapatkan manfaatnya adalah berhenti mencekal kemampuan tubuh Anda mengeluarkan keringat.

Antiperspirant bisa mengandung logam berat dan juga menghalangi pori-pori dan mengurangi kemampuan tubuh untuk berkeringat.

Sebagai gantinya...

Coba deodoran alami buatan sendiri.

2. Dapatkan Lebih Banyak Latihan

Kita semua tahu bahwa olahraga menyebabkan keringat dan memiliki banyak manfaat lainnya.

Tapi kebanyakan dari kita tidak melakukannya secara cukup.

Cari tahu cara untuk berolahraga cepat dalam sehari sekali untuk mendapatkan keuntungan kesehatan berkeringat secara maksimal.

3. Duduklah di Sauna

Ini adalah cara favorit, karena efek dan manfaat berkeringat terlihat dengan segera.

Cara Alami Mengurangi Kelebihan Berkeringat

Apa yang harus dilakukan jika terlalu banyak berkeringat?

Solusi alami untuk menyeimbangkan fungsi keringat tubuh, bisa mengatasi akar penyebabnya.

Menyeimbangkan hormon, detoksifikasi, dan mendukung sistem saraf dengan hal-hal seperti ekstrak frankincense dan minyak esensial kopaiba dapat membantu, tergantung pada alasan yang mendasarinya. Jika bersangkutan pastikan untuk berdiskusi dengan praktisi kesehatan yang berkualifikasi.

Efek Samping Berkeringat (dan Sedikit Perhatian)

Manfaat keringat yang disengaja lebih besar daripada risikonya bagi kebanyakan orang. Risiko berkeringat yang paling umum adalah dehidrasi, jadi pastikan untuk minum banyak cairan dan periksa tips pemulihan di bawah ini.

Bagi yang memiliki masalah dengan kondisi jantung, memiliki tekanan darah tinggi, menderita eksim, sebaiknya mintalah saran dari dokter terlebih dahulu.

Perhatian pada Berkeringat dan Eksim
Mereka yang memiliki eksim harus melakukan tindakan pencegahan ekstra dan mungkin ingin segera mandi setelah berkeringat dengan baik karena beberapa zat berkeringat memicu respons histamin di tubuh yang dapat memperburuk eksim.

Ibu Hamil dan Menyusui
Latihan yang tepat sangat bagus untuk kebanyakan ibu hamil dan menyusui tanpa komplikasi kesehatan.

Tapi...

Bagi mereka yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi atau kondisi jantung, harus berbicara dengan petugas kesehatan mereka untuk mengetahui jenis olahraga mana yang paling aman untuk mereka.

Berkenaan dengan penggunaan sauna, studi menunjukkan waktu di sauna meningkatkan menyusui pada ibu menyusui dan dianggap aman. Ibu hamil juga mendapatkan yang terbaik untuk penggunaan sauna. namun, sangat di anjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cara Memulihkan Tubuh dari Sesi Keringat

Karena keringat adalah 98% air, penting untuk menghidrasi setelah berkeringat. Mengisi ulang elektrolit dengan minuman elektrolit buatan sendiri adalah pilihan yang bagus dan lebih menyenangkan.

Menarik untuk dicatat, bahwa tubuh memiliki mekanisme keseimbangan elektrolit alami.

Kelenjar keringat kita mengeluarkan elektrolit, terutama garam ke kulit. Namun, tubuh kita memiliki metode yang menyerap kembali natrium, klorida, dan ion yang akan kembali ke kulit.

Periset menemukan bahwa atlet yang terbiasa mengolah keringat yang menyerap kembali ion ekskresi lebih baik daripada mereka yang tidak berolahraga sama banyaknya.

Jadi coba mulai berkeringat sekarang!

Mudah-mudahan mengulas manfaat ini, bisa memotivasi kita untuk keluar dan berkeringat. Angkat beban, joging di tempat, ayunkan kettlebells, atau duduk di sauna!