Semua sistem operasi Windows modern memungkinkan pengguna membuat custom power plans mereka sendiri dan menggunakan salah satu rencana default sebagai titik awal.

Prosedur untuk membuat mereka tidak terlalu rumit dan ini memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasinya secara rinci pada semua pengaturan yang terkait dengan custom power plans.

Begini cara membuat custom power plans sendiri di Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10:

Cara Membuat atau Menghapus Power Plan Sendiri Di Windows

Apa itu Power Plans?

Menggunakan perangkat mobile sangat praktis, terutama jika Anda sering bepergian, namun perangkat ini dibatasi oleh jumlah energi yang bisa diberikan baterai mereka.

Untuk alasan ini, perhatikan custom power plans yang Anda gunakan dan pengaturannya, dapat membuat perbedaan besar dalam berapa banyak waktu baterai yang Anda miliki.

Untungnya, Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10 memberi kita alat yang diperlukan untuk melihat rencana kekuatan yang tersedia, apa rencana daya aktif dan cara mudah beralih di antara rencana daya.

Begini cara kerjanya:

Apa itu Power Plan?

Power Plan atau rencana daya adalah kumpulan pengaturan perangkat keras dan sistem yang mengatur bagaimana PC atau perangkat Anda menggunakan daya.

Rencana daya yang tersedia bergantung pada jenis PC yang Anda miliki dan apakah pabriknya melakukan atau tidak menyesuaikan rencana daya default yang tersedia di Windows.

Beberapa rencana daya dirancang untuk memberikan kinerja tinggi sambil mengorbankan masa pakai baterai sementara yang lain dibuat sedemikian rupa sehingga Anda mendapatkan daya tahan baterai sebanyak mungkin, sambil mengorbankan kinerja PC Windows atau perangkat Anda.

Anda dapat melihat semua rencana daya yang tersedia di Power Options window.

Bagaimana Cara Memulainya?

Pada Windows 7, buka Start Menu dan cari kata "power". Pada daftar hasil pencarian, cari Power Options di bagian hasil Control Panel

Power Options Windows 7

Pada Windows 8.1, pencarian bekerja dengan baik. Pada layar Start, ketik kata "power" dan, dalam daftar hasil pencarian, klik atau tekan Power Options.

Power Options Windows 8.1

Pada Windows 10, ketikkan kata "power" di kolom pencarian di taskbar dan klik atau tekan Power Options.

Power Options Windows 10

Cara lain yang bekerja di semua versi Windows, adalah dengan membuka Control Panel, lalu pergi ke Hardware and Sound dan pilih Power Options.

Hardware and Sound

Jika Anda menggunakan perangkat selular, Anda mungkin mengenal ikon baterai kecil di area notifikasi, di sisi kanan taskbar Anda.

Power Plan

Pada Windows 7 dan Windows 8.1, saat Anda mengklik atau mengetuknya, sebuah jendela kecil bernama battery meter akan ditampilkan.

Di sana Anda bisa melihat berapa banyak daya baterai yang tersisa dan memilih antara dua rencana kekuatan.

Namun, saat Anda mengeklik atau mengetuk tautan More power options di bagian bawah jendela ini, Anda akan sampai ke Power Options window, tempat Anda melihat semua rencana daya yang tersedia.

battery meter

Pada Windows 10 Anda akan melihat jendela kecil seperti di bawah ini. Di sini Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar dan, jika charger dicabut, Anda dapat mengaktifkan / menonaktifkan mode Penghemat Baterai.

Namun, saat Anda mengeklik atau mengetuk tautan Power & sleep settings, Anda tidak akan sampai ke jendela Opsi Daya seperti di Windows 7 dan Windows 8.1.


Power Options Windows 10

Anda akan mendapatkan Power & sleep window di mana Anda dapat mengatur waktu sampai layar mati, atau waktu sampai perangkat tertidur (sleep) saat disambungkan dan kapan Anda mengenakan baterai.

Jika Anda ingin membuka Power Options window, Anda harus mengklik atau tekan tautan "Additional power settings".

Power Options Windows 10

Pada Windows 8.1 dan Windows 10, cara cepat lain untuk membuka jendela Power Options adalah klik kanan (atau tekan dan tahan) tombol Start.

Kemudian, klik atau tekan Power Options di menu yang ditampilkan. Untuk membuka menu ini Anda juga bisa menggunakan keyboard dan tekan Windows + X.

Power Options Windows 10

Setelah membuka jendela Power Options, Anda dapat melihat rencana kekuatan yang ada pada komputer atau perangkat Anda. Selalu ada dua rencana yang tercantum di bagian ini.

Membuka Create Power Plan Window

Untuk membuat power plan sendiri, pertama-tama Anda harus membuka jendela Power Options.

Custom Power Plan

Di jendela Power Plan, tekan link Create a power plan di menu sisi kiri.

custom-power-plan-sendiri-bagi2
Jendela Create Power Plan akan terbuka.

Cara Membuat Basic Power Plan Anda Sendiri

Rencana daya baru didasarkan pada salah satu rencana Windows default: Power Saver, Balanced atau High Performance.

Karena itu, langkah pertama adalah memilih power plan yang ingin Anda gunakan sebagai basis untuk yang baru.

custom-power-plan-sendiri-bagi3

 Selanjutnya, tetapkan nama untuk rencana daya baru, di kolom Plan name.

Power Plan, Create, Custom, Windows

Kemudian, tekan Next untuk mengedit pengaturan dasar dari custom power plan Anda.

Nilai default untuk semua pengaturan Power Plan baru adalah rencana dasar yang telah Anda pilih dan Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan Anda.

Jika Anda menggunakan Windows 7 Anda juga akan memiliki setting bernama Dim the display. Pilihan ini tidak tersedia di Windows 8.1 dan Windows 10 karena layar akan redup 15 detik sebelum dimatikan.

Setelah Anda selesai menyesuaikan pengaturan power plan dasar, tekan tombol Create.

Sekarang Anda memiliki rencana kekuatan baru yang secara otomatis ditetapkan sebagai aktif.

Cara Mengkonfigurasi Pengaturan Lanjutan Untuk Rencana Daya Baru
Mengedit rencana kekuatan baru Anda dilakukan seperti saat Anda mengedit rencana default yang ada di Windows.

Di jendela Power Options, klik atau ketuk link Change plan settings yang sesuai dengan power plan yang Anda buat.

Jendela Edit Plan Settings dibuka. Untuk menuju ke pengaturan konfigurasi lanjutan, klik atau ketuk tautan Ubah pengaturan daya lanjutan di bagian bawah jendela.

Kemudian, konfigurasikan setiap item. Setelah selesai, simpan perubahan pada rencana daya baru Anda, dengan menekan tombol Save changes.

Cara Menghapus Custom Power Plan Anda Sendiri

Anda hanya dapat menghapus rencana daya yang telah Anda buat. Anda tidak dapat menghapus salah satu rencana default yang ada di Windows.

Untuk menghapus rencana daya khusus, Anda harus terlebih dahulu memilih paket daya yang lain sebagai yang aktif. Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya, bacalah artikel ini: Rencana Kekuatan apa dan Cara Beralih Antara Mereka Di Windows.

Setelah Anda memilih rencana daya lain, klik atau ketuk link Change plan settings untuk rencana yang ingin Anda hapus. Di jendela Edit Plan Settings klik atau ketuk link Delete this plan.

Muncul Dialog di layar Anda, menanyakan apakah Anda benar-benar ingin menghapus rencana daya yang dibuat. Di sini, tekan tombol OK.

Rencana daya yang dipilih akan dihapus dan Anda tidak dapat menggunakannya lagi.

Kesimpulan
Sekarang Anda tahu cara membuat power plan, jangan ragu menggunakannya untuk membuat custom power plan sendiri dengan pengaturan yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.