Apakah anak Anda memiliki masalah konjungtivitis pada mata atau yang lebih dikenal dengan pink eye (mata merah muda) ? Apakah mereka bengkak dan apakah ada terlihat berair? Perhatikan, anak Anda mungkin menderita konjungtivitis.

Konjungtivitis, yang umumnya dikenal sebagai mata merah muda (pink eye), adalah radang konjungtiva, lapisan tipis dan jaringan transparan yang melapisi bagian putih mata. Ini biasanya akibat infeksi bakteri atau virus atau reaksi alergi. Bisa juga, itu terjadi karena serbuk sari, debu atau asap yang menyebabkan iritasi pada mata.

Ini adalah salah satu infeksi mata yang paling umum yang dapat mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa secara setara. Hal itu bisa terjadi pada satu atau keduanya.

Beberapa gejala umum konjungtivitis pada anak-anak adalah kemerahan di bagian putih mata, kemerahan pada bagian bawah kelopak mata, radang mata dan mata berair. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit ringan di mata pada tahap awal, yang menjadi parah dengan seiring berjalannya waktu dan disertai rasa sakit, gatal dan sensasi terbakar.

Kondisinya bisa mengkhawatirkan, karena kemerahan di mata. Infeksi ini menyebar cukup cepat dan bisa menyebabkan anak rindu sekolah selama beberapa hari. Namun, masalah ini tidak menyebabkan kerusakan pada penglihatan.

Dalam kebanyakan kasus, infeksi akan sembuh dalam lima sampai tujuh hari tanpa perawatan medis. Namun, jika gejalanya menjadi terlalu tidak menyenangkan, perawatan medis mungkin diperlukan. Selain itu, konjungtivitis kronis dapat menyebabkan kerusakan mata permanen.

Sementara itu, Anda bisa menggunakan obat alami untuk meringankan gejala sekaligus mempercepat penyembuhan infeksi.

Pengobatan Alami Konjungtivitis (mata merah muda) Pada Anak-Anak

Berikut adalah beberapa pengobatan rumah teratas untuk konjungtivitis (mata merah muda) pada anak-anak

1. Kompres dingin

Kompres dingin adalah salah satu solusi terbaik untuk mata merah muda. Ini akan meringankan gatal dan bengkak, dan membuat anak Anda lebih nyaman sampai infeksi hilang.

2. Kompres hangat

Anda juga bisa menggunakan kompres hangat untuk membantu meringankan konjungtivitis. Hal ini efektif dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di mata serta membersihkan debit sementara.

3. Teh hitam

Teh hitam adalah obat lain yang sangat baik untuk mata merah muda. Tanin dalam teh hitam membantu mengurangi gatal dan pembengkakan. Selain itu, teh ini dapat mengatasi infeksi virus dan bakteri, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

4. Asam borat

Asam borat bekerja untuk semua jenis infeksi mata, termasuk mata merah muda. Ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur ringan yang dapat membantu mengatasi penyebab masalah. Asam borat ditemukan dalam obat tetes mata dan berguna untuk meredakan iritasi mata.

Tips Tambahan

  • Saat membersihkan mata, bersihkan dari dalam (di samping hidung) ke arah luar.
  • Cuci tangan Anda secara menyeluruh dengan air hangat dan sabun setelah Anda menyentuh mata anak Anda yang terkena. Gunakan handuk kertas sekali pakai untuk mengeringkan tangan Anda untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi ke anggota keluarga lainnya.
  • Hindari berbagi apapun yang bisa menyentuh mata yang terinfeksi, seperti tetes mata, handuk dan bahkan sarung bantal.
  • Apa pun yang dikenakan atau digunakan oleh anak yang memiliki mata merah muda, seperti pakaian, handuk atau tempat tidur, harus dicuci secara terpisah dengan air panas.
  • Jika mata merah muda hanya mempengaruhi satu mata, jangan sentuh kedua mata dengan kain yang sama, kapas atau barang lain yang digunakan dalam perawatan di rumah.
  • Gunakan hanya handuk bersih
  • jangan biarkan anak Anda untuk berenang di kolam renang.
  • Jangan biarkan anak ke sekolah atau tempat umum lainnya, karena infeksi menular.
  • Jika anak Anda memakai lensa kontak, hentikan penggunaan lensa sampai infeksi hilang.


Advertisement


Sedang Trends Terkait: Pengobatan Alami Konjungtivitis (mata merah muda) Pada Anak-Anak