Perawatan rumah untuk atasi tanda-tanda penuaan - Bintik-bintik usia atau  tanda-tanda penuaan adalah masalah umum yang terjadi karena kelebihan produksi melanin, atau pigmen kulit. Biasanya, kelebihan pigmen adalah hasil dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Bintik-bintik ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan lampu tanning dan tanning bed.

Bintik-bintik itu bervariasi dalam ukuran dan biasanya muncul di wajah, tangan, bahu dan lengan - area yang paling sering terkena sinar matahari. Bintik-bintiknya datar, area oval mengalami pigmentasi yang meningkat dan biasanya berwarna cokelat, coklat atau hitam.

Mereka disebut bintik-bintik penuaan karena mereka sangat umum pada orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun. Orang yang lebih muda juga dapat memiliki masalah kulit ini, jika mereka cenderung menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari. Selain itu, masalahnya lebih sering terjadi pada orang dengan kulit ringan.

Pada dasarnya, bintik-bintik penuaan tidak berbahaya. Tapi untuk alasan kosmetik, orang mungkin menggunakan produk pemutihan kulit untuk mencoba meringankan mereka atau mencari perawatan medis untuk menghapusnya. Namun, pilihan seperti itu bisa mahal dan mungkin juga memiliki efek samping.

Untungnya, ada beberapa pengobatan alami yang bisa membantu sebagai bagian dari perawatan rumahan untuk atasi tanda-tanda penuaan, dan mengurangi munculnya bintik-bintik ini.

Ingatlah bahwa penyembuhan alami bekerja perlahan seiring berjalannya waktu, jadi Anda perlu memiliki kesabaran dan menggunakan obat ini selama beberapa hari atau lebih lama untuk mengetahui adanya perbaikan, tergantung pada tingkat keparahan-nya.

Catatan: Selalu temui dokter jika bintik-bintiknya sangat gelap dalam penampilan atau telah berubah dalam penampilan. Perubahan ini bisa jadi tanda melanoma, suatu bentuk serius dari kanker kulit.

Perawatan Rumah Untuk Atasi Tanda-Tanda Penuaan

Perawatan Rumah Untuk Atasi Tanda-Tanda Penuaan

Berikut adalah beberapa perawatan rumah untuk pengobatan bintik-bintik penuaan.

1. Cuka Apel

Cuka sari apel adalah obat yang baik untuk membuat bintik-bintik penuaan kurang terlihat dan memperbaiki warna kulit Anda.

Ini mengandung asam alfa hidroksi yang bekerja sebagai agen pengelupasan kulit yang sangat baik. Hal ini pada gilirannya membantu meringankan bintik-bintik penuaan dan area tambal lainnya pada kulit Anda.
  • Campurkan bagian yang sama dari sari apel mentah dan tanpa filter. Tambahkan sedikit madu. Oleskan pada kulit yang terkena, biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas. Lakukan ini sekali sehari.
  • Selain itu, tambahkan 1 atau 2 sendok teh sari apel organik ke 1 gelas air. Minumlah sekali atau dua kali sehari untuk memperbaiki kulit Anda dan juga kesehatan secara keseluruhan.

Catatan: Biasa mengalami sedikit kemerahan atau menyengat pada awalnya. Namun, jika iritasi parah, hentikan penggunaan cuka sari apel.

2. Lemon

Jus lemon mengandung asam sitrat ringan yang membantu mengangkat sel kulit mati dengan menghancurkan pigmen melanin. Karena menghilangkan lapisan kulit yang lebih gelap dan mengungkap kulit baru di bawahnya, bintik-bintik usia secara bertahap mulai meringankan.

Vitamin C dalam lemon juga bekerja sebagai antioksidan yang melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Oleskan jus dari lemon segar ke kulit yang terkena. Biarkan duduk di kulit Anda selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari. Jika Anda memiliki kulit ekstra sensitif, encerkan jus lemon dengan air mawar sebelum mengoleskannya di kulit.
  • Selain itu, Anda bisa meremas jus 1 lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan 2 sampai 3 sendok makan gula halus. Gosok perlahan kulit Anda dengan campuran ini selama beberapa menit. Kemudian, biarkan selama 30 menit dan bilas kulit Anda. Gunakan obat ini 1 atau 2 kali seminggu.

Catatan: Jangan keluar di bawah sinar matahari tepat setelah mengoleskan jus lemon, karena hal itu bisa menyebabkan kulit semakin gelap daripada sebelumnya.

Jangan gunakan jus lemon dalam kemasan, karena mengandung bahan kimia lain yang bisa merusak kulit.

3. Aloe Vera / Lidah Buaya

Ketika datang untuk mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan, lidah buaya sangat efektif.

Lidah buaya memiliki senyawa tertentu yang secara lembut mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel baru yang sehat. Dengan penggunaan teratur, bisa meringankan dan mungkin menghilangkan bintik-bintik penuaan.

Plus, ia memiliki khasiat pelembab yang membuat kulit terasa segar, muda dan terhidrasi.
  • Pecahkan daun dari tanaman lidah buaya, potong dan ekstrak gel.
  • Gosokkan gel ke bintik-bintik usia Anda.
  • Biarkan rendam ke kulit Anda selama 1 jam atau lebih. Anda kemudian bisa membilas kulit Anda.
  • Ulangi dua kali sehari.

4. Minyak jarak

Minyak jarak bisa membantu menyembuhkan berbagai kondisi kulit, termasuk bintik-bintik penuaan. Antioksidan dalam minyak membantu melindungi dan meringankan kulit. Ini juga memperbaiki penampilan dan tekstur kulit Anda, membuatnya lebih lembut dan halus.
  • Masukkan sedikit minyak jarak di tempat.
  • Pijat selama 1 sampai 2 menit, atau sampai minyak benar-benar terserap ke dalam kulit.
  • Biarkan selama beberapa jam, lalu bilas kulit Anda.
  • Ulangi dua kali setiap hari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

5. Yogurt

Asam laktat alami dalam yogurt menjadikannya obat lain yang baik untuk bintik-bintik penuaan.

Asam laktat dengan lembut menghilangkan sel kulit mati dan saat kulit berubah warna terlepas, kulit sehat segar terungkap dan bintik-bintiknya menjadi kurang terlihat.

Selain itu, yoghurt membuat kulit terasa lembab dan tampak segar.
  • Oleskan beberapa yogurt polos langsung di tempat. Biarkan kering sendiri selama sekitar 20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan 2 atau 3 kali sehari.
  • Selain itu, Anda bisa membuat masker wajah dengan 1 sendok makan yogurt polos, 2 sendok makan oatmeal tanah dan 1 sendok teh jus lemon segar. Campur bahan dengan baik. Oleskan pak di tempat, dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Gunakan obat ini 2 atau 3 kali seminggu.

6. Buttermilk

Produk susu lain yang bermanfaat untuk kesehatan kulit adalah buttermilk.

Seperti yoghurt, buttermilk mengandung asam laktat yang secara lembut mengelupas kulit berpigmen dan berjemur, sementara sedikit memutihkan kulit untuk mengungkapkan kulit sehat dengan sedikit noda.

Buttermilk juga membantu memulihkan dan meremajakan kulit.
  • Oleskan buttermilk polos langsung ke daerah yang terkena. Biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air. Ulangi 2 atau 3 kali sehari sesuai kebutuhan.
  • Sebagai alternatif, campurkan 4 sendok teh buttermilk dan 2 sendok teh jus tomat bersama-sama. Oleskan campuran ini ke kulit yang terkena. Biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air. Ulangi dua kali sehari.

7. Vitamin E

Vitamin E adalah obat lain yang efektif untuk mengobati bintik-bintik penuaan atau bercak-bercak gelap di hampir seluruh bagian tubuh. Sebagai antioksidan, vitamin E dapat membalikkan kerusakan yang dilakukan oleh sinar ultraviolet (sinar UV) yang keras.

Itamin E juga melembabkan kulit Anda, yang penting untuk kulit yang sehat dan tanpa cela.
  • Pijat minyak vitamin E pada kulit yang terkena selama 10 sampai 15 menit dua kali sehari. Lakukan ini selama beberapa minggu untuk mengurangi warna kulit Anda yang tidak rata.
  • Sebagai alternatif, ekstrak isi 2 kapsul vitamin E. Tambahkan 1 sendok teh minyak jarak ke dalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran di daerah yang terkena sebelum tidur, tinggalkan di tempat semalam dan bilas keesokan harinya. Gunakan obat ini setiap hari.

Kunyit

Ramuan ini telah digunakan sejak jaman dahulu untuk perawatan kulit. Ini adalah obat yang biasa ditemukan dalam pengobatan Ayurvedic untuk mengatasi masalah kulit.
Kekuatan penyembuhan kunyit berarti dapat meringankan kulit berpigmen Anda dan juga memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas karena sifat antioksidannya.
  • Campur 2 sendok teh bubuk kunyit dan sedikit susu. Anda juga bisa menambahkan sedikit jus lemon.
  • Oleskan campuran di daerah yang terkena.
  • Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku.
  • Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu.

9. Tomat
Tomat bersifat asam dan juga menawarkan khasiat pemutih, sehingga membuatnya menjadi bahan yang bagus untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan serta noda kulit dan bintik-bintik lainnya.

Selain itu, tomat mengandung enzim dan kandungan likopen tinggi, antioksidan kuat yang diketahui dapat meringankan kulit secara efektif.
  • Cukup iris tomat dan gosok salah satu irisan di daerah yang terkena. Biarkan jusnya duduk di kulit selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali sehari.
  • Sebagai alternatif, campurkan jumlah yang sama dari jus tomat dan madu. Oleskan campuran pada kulit yang terkena. Tunggu 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Gunakan sekali atau dua kali sehari.

10. Kayu cendana

Cendana adalah cara lain untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan. Ini memberi kelegaan yang menenangkan pada kulit dan membantu bekas luka dan titik untuk sembuh lebih cepat. Tak heran bila minyak esensial cendana banyak ditemukan di produk kosmetik.
  • Campur 2 sendok makan bubuk cendana dengan 2 sendok makan air mawar atau lebih air mawar untuk membuat pasta. Anda juga bisa menambahkan sedikit jus lemon.
  • Oleskan pasta pada area yang terkena dan biarkan selama 15 menit atau sampai benar-benar mengering.
  • Bilas dengan air dingin.
  • Ulangi 2 atau 3 kali seminggu sampai noda itu memudar.

Tips Tambahan

  • Tinggallah di dalam rumah selama jam sibuk siang hari, saat sinar matahari paling kencang.
  • Jika keluar, gunakan tabir surya yang bagus dan cobalah tetap di tempat teduh untuk membatasi paparan sinar matahari Anda.
  • Saat membeli tabir surya, pilih salah satu yang memiliki nilai faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 15 dan berisi perlindungan UVA dan UVB.
  • Oleskan tabir surya minimal 30 menit sebelum keluar di bawah sinar matahari. Diajukan kembali setiap dua jam, atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.
  • Untuk lebih melindungi kulit Anda, kenakan pakaian yang menutupi lengan dan kaki Anda dan topi bertepi luas.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Perawatan Rumah Untuk Atasi Tanda-Tanda Penuaan