Pengobatan Rumah untuk Radang Kelenjar Gondok (Adenoid) pada Anak-Anak

Pengobatan rumah untuk radang kelenjar gondok (adenoid) pada anak-anak - Saat membuka mulut lebar-lebar, Anda akan melihat dua massa jaringan kecil di kedua sisi bagian belakang tenggorokan Anda. Ini adalah amandel Anda. Tepat di atas mereka dan lebih jauh lagi di tenggorokan Anda di dekat saluran hidung terletak sepasang kelenjar yang dikenal sebagai kelenjar gondok (Kelenjar Adenoid).

Kelenjar gondok adalah kelenjar penting, karena membantu melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus. Mereka memainkan peran kunci dalam menyaring cairan limfatik dan menjebak kuman yang melewati hidung dan mulut. Tapi seperti amandel, kelenjar gondok rentan terhadap infeksi karena merupakan bagian dari sistem limfatik yang berfungsi secara terus-menerus.

Jika kelenjar adenoid terinfeksi, mereka mengalami peradangan dan bengkak, menyebabkan masalah kesehatan yang dikenal sebagai adenoiditis.

Kebanyakan orang dewasa tidak menderita adenoiditis. Sebenarnya, kelenjar gondok mulai menyusut secara alami pada usia 5 tahun dan hampir hilang pada masa remaja. Jadi, adenoiditis adalah kondisi yang terutama terjadi pada anak-anak.

Selain infeksi, alergi, sistem kekebalan tubuh yang lemah, tonsilitis dan penyakit tangier juga bisa menyebabkan adenoiditis.

Beberapa gejala umum adenoiditis adalah sakit tenggorokan, hidung tersumbat, kelenjar leher bengkak, sakit telinga dan bahkan infeksi telinga. Gejala tambahan mungkin termasuk bernapas melalui mulut, berbicara dengan nada hidung, sulit atau nyeri saat menelan, sulit tidur, mendengkur dan bahkan sleep apnea.

Melakukan diagnosis yang tepat sangat penting. Jadi, temui dokter Anda jika Anda mencurigai anak Anda menderita adenoiditis. Dalam banyak kasus, pengobatan antibiotik atau bahkan pembedahan disarankan untuk pengobatan.

Namun, sebelum memilih operasi atau antibiotik yang bisa disertai berbagai efek samping, Anda bisa mencoba beberapa solusi alami untuk mengurangi ukuran kelenjar gondok.

Pengobatan Rumah untuk Radang Kelenjar Gondok (Adenoid) pada Anak-Anak

Pengobatan Rumah untuk Radang Kelenjar Gondok (Adenoid) pada Anak-Anak

Berikut adalah 10 pengobatan rumah teratas untuk kelenjar gondok yang membesar pada anak-anak.

1. Berkumur Air Garam

Obat terbaik dan paling efektif untuk pengobatan rumah untuk radang kelenjar gondok (adenoid) pada anak-anak yang pertama ialah berkumur dengan air garam.

Sementara air hangat memiliki efek menenangkan pada sakit tenggorokan, garam membantu membunuh mikroba yang menyebabkan infeksi. Selain itu, garam akan membantu meringankan rasa sakit dan menurunkan pembengkakan.
  • Campur 1 sendok teh garam meja dalam secangkir air hangat.
  • Buatlah solusi untuk anak Anda agar berkumur dengan air garam. Pastikan anak Anda meludahkannya setelah berkumur dan tidak menelannya.
  • Ulangi ini sesering mungkin sepanjang hari agar memperoleh pemulihan yang cepat.

2. Minyak Hati Ikan Cod

Obat lain yang baik untuk pengobatan rumah untuk radang kelenjar gondok (adenoid) pada anak-anak adalah minyak hati ikan cod.

Ini mengandung beberapa nutrisi termasuk selenium yang mendukung aliran limfatik agar bekerja secara efektif. Lemak esensial dalam minyak membantu mengurangi peradangan, sehingga membantu mengecilkan kelenjar gondok.

Sebuah penelitian tahun 2004 yang diterbitkan di Annals of Otology, Rhinology & Laryngology. Mereka mencatat bahwa suplementasi harian minyak hati ikan cod rasa lemon dan suplemen multivitamin - mineral untuk anak-anak dapat membantu mengurangi infeksi saluran pernapasan bagian atas pada anak-anak dari waktu ke waktu.

Plus, vitamin A, D dan asam lemak omega 3 hadir dalam minyak hati ikan cod yang memberikan manfaat anti-infeksi dan anti-inflamasi.

Minyak hati ikan Cod dapat ditemukan sebagai suplemen atau cairan. Untuk anak di bawah 12, bentuk cairannya adalah pilihan paling baik. Anda bisa memberi sekitar 1 sendok teh untuk anak Anda (umur 1 tahun atau lebih) setiap hari. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis dan cara memberi minyak hati ikan cod pada anak Anda.

3. Bawang putih

Senyawa yang mengandung sulfur dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengatasi kelenjar gondok yang membesar.

Senyawa ini dapat menghancurkan dan melawan bakteri patogen atau penghasil penyakit. Mereka juga efektif dalam mengendalikan dan membalikkan proses inflamasi dalam tubuh.

Untuk pengobatan rumah radang kelenjar gondok (adenoid) pada anak-anak, bawang putih harus dikonsumsi mentah.
  • Berikan anak Anda 1 sampai 2 cengkeh bawang putih yang dicampur dengan sedikit air jeruk nipis dan madu, 2 atau 3 kali sehari.
  • Jika anak Anda adalah penggemar salad atau pasta, Anda juga bisa mencampur sejumlah bawang putih yang sehat ke piring tersebut.

4. Jahe

Jahe adalah obat lain yang efektif untuk mengobati infeksi pernapasan pada anak-anak dan orang dewasa, berkat sifat antibakteri, antivirus dan anti-inflamasinya.
  • Campurkan 1 sendok teh madu mentah dan 4 tetes masing-masing jus jahe segar dan jus lemon. Berikan campuran ini kepada anak Anda satu atau dua kali sehari selama 4 atau 5 hari.
  • Pilihan lainnya adalah mendidih 4 atau 5 iris akar jahe segar dalam 1½ gelas air selama 10 menit. Saring, lalu tambahkan sedikit jus lemon dan madu. Mintalah anak Anda minum teh jahe ini 2 atau 3 kali sehari selama beberapa hari.

5. Madu

Bila diminum setiap hari, madu membantu menyembuhkan kelenjar gondok yang membesar dengan sangat cepat. Madu adalah agen antiinflamasi dan antibakteri yang efektif, yang dapat membantu mengurangi gejala sekaligus melawan penyebab masalah.
  • Campur 1 sampai 2 sendok teh madu mentah dan sedikit jus lemon (diperas, tidak dibotolkan) dalam secangkir air.
  • Opsional, tambahkan sejumput bubuk merica untuk itu karena membantu meringankan kemacetan.
  • Berikan kepada anak Anda untuk minum dua kali sehari selama 1 minggu untuk menghilangkan rasa sakit, pembengkakan dan pembengkakan.

Catatan: Jangan memberi madu kepada anak-anak berusia di bawah 1 tahun.

6. Menghirup Uap

menghirup uap atau Steam Inhalation juga bermanfaat bagi anak-anak dengan kelenjar gondok yang membesar. Ini membantu meredakan hidung tersumbat yang disebabkan oleh kelenjar adenoid bengkak, yang sering menyebabkan mendengkur atau bising saat bernafas.
  • Suruhlah sikecil menghirup uap 2 atau 3 kali sehari sampai kondisinya membaik. Cara terbaik adalah menggunakan steamer untuk menghindari risiko luka bakar yang tidak disengaja. Lakukan ini beberapa kali sehari sampai gejala mereda.
  • Mandi air panas yang panjang juga bisa menenangkan tenggorokan dan meringankan gejala kelenjar gondok yang bengkak.

7. Daun Kemangi

Basil adalah obat rumah yang sangat efektif untuk adenoiditis, karena sifat antivirus dan anti-inflamasinya.

Selain itu, sifat penyembuhan dan sifat menenangkan membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri serta mempercepat proses penyembuhan.
  • Tambahkan 10 sampai 12 daun kemangi sampai 2 gelas air.
  • Rebus selama 10 menit.
  • Saring, lalu tambahkan ½ perasan air lemon.
  • Tambahkan 1 sendok teh madu untuk memberi rasa manis.
  • Berikan pada anak Anda teh kemangi yang menenangkan ini untuk diminum 3 kali sehari selama kurang lebih 1 minggu.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan anti-inflamasi.

Ramuan terapeutik ini bisa menurunkan pembengkakan kelenjar gondok yang membesar. Ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan memfasilitasi penyembuhan.
  • Campur 1 sendok teh bubuk kunyit dengan madu secukupnya untuk membuat pasta. Berikan ini pada anak Anda untuk di makan dua kali sehari selama 1 minggu.
  • Pilihan lainnya adalah memberi anak Anda minuman kunyit hangat dua kali sehari. Untuk membuat susu kunyit, rebus 1 sendok teh bubuk kunyit dalam 1½ cangkir susu selama 5 sampai 10 menit. Anda juga bisa menambahkan kayu manis ke ramuan ini. Saring dan tambahkan madu sebelum diminum.

9. Penuhi Kebutuhan Cairan

Menjaga tubuh anak Anda terhidrasi dengan baik sangat penting saat mencoba menyembuhkan kelenjar gondok yang membesar.

Cairan bisa meredakan sakit tenggorokan dan mencegah dehidrasi. Selain itu, hidrasi yang adekuat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Air membantu memastikan bahwa semua sel dan organ Anda, termasuk kelenjar gondok, berfungsi dengan baik.

10. Makanan Kaya akan Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi penting bagi anak yang sedang tumbuh. Vitamin yang larut dalam air ini mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu mempersingkat durasi infeksi apapun, termasuk kelenjar gondok yang membesar.
Mencukupi asupan makanan kaya akan vitamin C akan sangat membantu tubuh anak Anda melawan infeksi.

Beberapa makanan tinggi vitamin C yang bisa Anda berikan pada anak Anda adalah paprika, kangkung, brokoli, stroberi, lemon, grapefruits, kiwi, nanas, blackberry, tomat, bayam, chard dan jeruk Swiss.

Tips Tambahan

  • Bungkus beberapa es batu di handuk dan letakkan kompres dingin di tenggorokan anak Anda untuk memberi sedikit kelegaan.
  • Jaga kepala, telinga dan tenggorokan anak Anda tetap tertutup setiap saat.
  • Hentikan anak Anda untuk tidak terlalu banyak bicara.
  • Gunakan humidifier untuk melembabkan udara. Ini akan membantu menenangkan sakit tenggorokan anak anda.