Tips agar berat badan tak naik di bulan puasa ramadhan - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang baik untuk kita memperbaiki diri secara spiritual, disisi lain Ramadhan juga sering dijadikan sebagai sarana untuk menurunkan berat badan bagi beberapa orang.

Hanya saja setelah berpuasa selama beberapa jam di siang hari, kebiasaan ini cenderung membuat orang sering tidak dapat menahan godaan untuk makan lebih banyak setelah berbuka puasa, dan akhirnya badan semakin bertambah berat.

Mengapa berat badan bertambah selama bulan Ramadhan?

Ini Dia, Tips agar Berat Badan Tak Naik di Bulan Puasa Ramadhan
Tentu saja setelah seharian tidak makan apa-apa, banyak dari kita ingin menyelipkan makanan yang tidak sehat untuk memenuhi hasrat kita. Lantas adakah tips agar berat badan tak naik di bulan puasa? Dalam ulasan artikel ini, cara menurunkan berat badan alami akan membagikan beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan saat berpuasa selama bulan suci ramadhan.

Tips agar berat badan tak naik di bulan puasa Ramadhan

 Tips agar berat badan tak naik di bulan puasa Ramadhan
Selama bulan puasa Ramadhan penting untuk menjaga berat badan Anda dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat untuk membantu memberi makan tubuh Anda dengan semua vitamin dan nutrisi penting.

Moderasi adalah kunci, tentu saja Anda dapat menikmati beberapa makanan favorit Anda, namun cobalah untuk mengisi kembali tubuh terlebih dahulu. Lebih lanjut, simak rincian lengkap dibawah ini untuk mengetahui tips agar berat badan Anda tidak naik di bulan puasa ramadhan.

Tingkatkan Asupan Sayuran Anda

Untuk menjaga berat badan Anda tak naik selama bulan Ramadhan ini, cobalah untuk meningkatkan asupan sayuran Anda. Cobalah menambahkan sayuran hijau ke makanan Anda.

Minum Air yang Cukup

Ketika melakukan penanganan berat badan di bulan puasa, secara umum kita harus menghindari, sebanyak yang kita bisa, minum minuman bergula, minuman ringan dan jus kalengan. Karena hal ini dapat meningkatkan penambahan berat badan.

Sebagai gantinya, jika Anda menginginkan agar berat badan tak naik di bulan puasa. Pastikan Anda minum air putih yang cukup. Minumlah setidaknya delapan gelas air selama jam tidak puasa, dua gelas setelah berbuka, empat gelas di antara malam hari jelang sahur dan dua gelas saat sahur.

Jika Anda ingin minum jus, cobalah untuk membatasi porsinya sampai 250 ml dan pastikan itu jus segar tanpa tambahan gula! Konsumsi air yang cukup tidak hanya menghidrasi selama berpuasa tetapi juga mengontrol kebutuhan gula Anda setelah berpuasa.

Dengarkan Tubuh Anda dan Makan secukupnya saat berbuka Puasa

Kunci untuk tips agar berat badan tak naik di bulan puasa Ramadhan yang baik adalah mendengarkan apa yang tubuh Anda katakan kepada Anda. Hindari makan berlebih, karena hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan dan meningkatkan penambahan berat badan juga. Nikmati makanan Anda dengan makan perlahan dan pastikan Anda mengunyah dengan baik setiap makanan yang Anda makan. Nikmati setiap rasa dan tekstur dan segera hentikan begitu Anda kenyang.

Jangan Lewatkan Sahur

Makan saat sahur adalah yang sangat penting. Makan sahur Anda harus terdiri dari banyak protein dan karbohidrat kompleks yang dapat melepaskan energi secara perlahan sepanjang hari. Semangkuk muesli dengan yogurt atau susu adalah ide bagus. Melewatkan makan sahur akan menyebabkan Anda lebih cepat lapar di siang hari, kemudian memicu makan berlebihan saat berbuka puasa.

Penuhi kebutuhan karbohidrat saat makan sahur untuk sumber energi, serat dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Meski saat dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kenaikan berat badan, cobalah dalam porsi moderat whole grain dan pasta gandum atau beras merah dan quinoa yang merupakan sumber serat yang hebat dan bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, ketika makan sahur, pastikan Anda menghindari makanan dengan kadar garam tinggi agar tidak haus.

Hindari Konsumsi Permen dan Gula

Mengkonsumsi permen dan gula bukanlah ide yang baik! Setelah hari yang panjang, keinginan pertama kita biasanya untuk mengkonsumsi beberapa makanan manis.

Meskipun tidak perlu menghilangkan rasa manis favorit Anda, cobalah hindari mengkonsumsi mereka setiap hari. Cobalah memilih makanan ringan yang lebih sehat seperti smoothie berbasis buah atau semangkuk muesli dengan yogurt rendah lemak. Meningkatkan asupan buah Anda juga bisa membantu menghindari masalah sembelit.

Jangan Malas-malasan

 Jangan Malas-malasan
Langkah selanjutnya untuk tips agar berat badan tak naik di bulan puasa ramadhan ialah jangan malas-malasan. Mesipun Anda sedang berpuasa, tidak ada alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan sepanjang hari.

Jika Anda ingin mempertahankan berat badan Anda di bulan puasa Ramadhan, maka Anda harus meningkatkan aktivitas Anda untuk membakar kelebihan lemak ekstra. Saat perut kosong, tubuh Anda lebih memungkinkan untuk membakar  lemak lebih banyak. Cobalah untuk tetap berolahraga ringan selama 30 menit setelah berbuka.

Demikanlah kami bagikan tips agar berat badan tak naik di bulan puasa ramadhan, selain menggunakan cara yang disebutkan di atas, anda juga bisa melakukan cara ini. Baca Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Selama Bulan Ramadhan.

Sedang Trends Terkait: Ini Dia, Tips agar Berat Badan Tak Naik di Bulan Puasa Ramadhan

Advertisement