Tanaman penurun kolesterol paling efektif, efisien dan alami‎ - Kolesterol menjadi sumber dari segala penyakit serius bagi tubuh yang bisa menyebabkan kematian. Sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi, penting bagi Anda untuk selalu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Dan hal ini, tentu saja bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari menjaga pola makan, meminum obat penurun kadar kolesterol dan dengan cara mengkonsumsi tanaman penurun kolesterol secara teratur.

Pengertian Kolesterol

 Pengertian Kolesterol
Kolesterol adalah zat lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel-sel baru, hormon, vitamin D, beberapa hormon dan asam empedu yang membantu tubuh dalam mencerna lemak serta membantu tubuh dalam mencerna makanan.

Kolesterol berada dalam darah dan dibawa oleh protein yang disebut dengan lipoprotein. Lipoprotein sendiri terdiri  dari dua jenis utama, pertama lipoprotein dengan kepadatan rendah disebut dengan LDL (low-density lipoproteins). LDL sering disebut degan kolesterol jahat yang meningkatkan resiko Anda memiliki penyakit serius. Dan yang kedua adalah lipoprotein dengan kepadatan tinggi yang disebut dengan HDL (high-density lipoproteins).HDL juga disebut dengan kolesterol baik.

Jenis Kolesterol

Jenis Kolesterol
Didalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol yaitu;

1. Koleterol LDL

Low Densisty Lipoprotein atau LDL yang berfungsi untuk membawa kolesterol ke seluruh bagian tubuh melalui jaringan tubuh. LDL lebih banyak mengandung lemak dibandingkan dengan protein sehingga inilah yang menyebabkan LDL disebut sebagai kolesterol jahat karena apabila jumlahnya melebihi batas akan mengakibatkan masalah bagi tubuh.

Kadar tepat LDL dalam tubuh yaitu 60% sampai dengan 70%, apabila jumlahnya melebih dari itu maka LDL akan berubah menjadi kolesterol jahat yang akan mengakibatkan masalah pada tubuh. Ketika kadar LDL melebih batas normal maka akan terjadi penimbunan kolesterol pada arteri sehingga munculnya plak-plak yang nantinya akan menghambat aliran darah.

LDL memiliki hubungan yang erat dengan kadar lemak jenuh dalam tubuh serta kandungan kolesterol yang terdapat dalam makanan. Sehingga untuk menjaga kolesterol LDL dalam batas normal, Anda harus selalu menjaga pola makan sehat dengan membatasi makanan yang mengandung kolesterol tinggi karena LDL yang melewati batas normal bisa menyebabkan;
  1. Jumlah LDL yang berlebih akan menyebabkan LDL menempel dan menumpuk dibagian pembuluh darah akan mengakibatkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah yang akan menyumbat aliran darah arteri.
  2. Arteri yang mengalami penyumbatan dan penyempitan akan membuat jantung mengalami kesulitan dalam memompa darah untuk dialirkan keseluruh tubuh sehingga membuat jantung harus bekerja lebih kerja dalam melakukan tugasnya. Akibatnya kondisi jantung akan memburuk sehingga akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri dan bagian dada serta perasaan pusing dan bisa berakibat pada serangan jantung mendadak.

2. Koleterol HDL

High Desity Lipoprotein atau disebut denga HDL adalah kolesterol yang tidak lebih banyak mengandung protein dibandingkan dengan lemak sehingga meskipun kadar HDL tinggi tidak akan mengakibatkan permasalahan pada tubuh.

HDL berfungsi mengangkut timbunan lemak yang ada diseluruh tubuh dan membersihkan timbunan lemak dari kolesterol LDL yang menempel pada dinding pembuluh darah arteri kemudian LDL akan dikirimkan kembali ke hati untuk dihilangkan. Selain itu HDL juga memiliki efek antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi gejala aterosklerosis, pembekuan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Penyebab Meningkatkan Kadar Kolesterol LDL

Terdapat dua penyebab yang mengakibatkan meningkatnya kadar kolesterol LDL dalam tubuh

1. Penyebab yang Tidak Bisa Dikendalikan

Terdapat tiga hal yang berada diluar kendali Anda dan menjadi penyebab meningkatnya kadar  kolesterol LDL
  • Genetik : Faktor genetic atau disebut dengan familial hypercholesterolaemia adalah kondisi dimana kadar kolesterol LDL yang tinggi dan diperoleh secara alami karena faktor keturunan.
  • Jenis Kelamin : Setelah megalami menopause, kadar kolesterol LDL pada wanita akan mengalami peningkatan.
  • Usia : Wanita yang usianya sudah diatas 55 tahun serta pria yang usianya melebih 45 tahun lebih beresiko memiliki kadar kolesterol LDL lebih tinggi.

2. Penyebab yang bisa dikendalikan

Penyebab yang bisa dikendalikan adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kadar kolesterol LDL dengan cara
  • Menjaga Pola Makan : Sebaiknya perbanyak konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan dan ikan yang akan menjaga kadar kolesterol LDL berada dalam batas normal.
  • Berat Badan : Kelebihan berat badan atau obesitas bisa meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.
  • Olahraga : Aktivitas fisik akan membantu bagi tubuh Anda dalam menurunkan kadar kolesterol LDL seerta meningkatkan kadar kolesterol HDL.
  • Rokok : Sebaiknya hindari untuk merokok karena kandungan bahan kimia dalam rokok akan menganggu kinerja dari kolesterol HDL sehingga akan menigkatkan kolesterol LDL.

Tanaman Penurun Kolesterol Paling Efektif, Efisien dan Alami‎

 Tanaman Penurun Kolesterol Paling Efektif, Efisien dan Alami‎
Meskipun telah menjaga pola makan sebaik mungkin, olahraga secara teratur dan tidak merokok namun ada kalanya kadar kolesterol LDL tetap mengalami peninggkatan. Untuk mencegah dan mengataasi hal tersebut berikut terdapat beberapa jenis tanaman penurun kolesterol yang dapat membantu Anda dalam mengendalikan kadar kolesterol.

Bawang Putih

Konsumsi bawang putih secara rutin dapat menurunkan kolesterol dalam jumlah yang banyak selain itu bawang putih juga berfungsi untuk mencegah terjadinya penggumapalan dalam darah sehingga sirkulasi aliran darah mejadi lancar.

Jahe

Selain berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan dan menghangatkan tubuh, ternyata jahe juga termask ke dalam salah satu jenis tanaman penurun kolesterol.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 dengan menggunakan 48 tikut sebagai objek penelitian menemukan fakta bahwa jahe memiliki efek hiperkolesterolemia. Efek hiperkolesterolemia yaitu terjadinya penurunan kadar kolesterol dalam jumlah besar.

Tebu

Tebu adalah tanaman penurun kolesterol juga, Hal ini karena tanaman ini memiliki senyawa policosanol yang terdapat dalam tebu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh.

Kunyit

Kunyi yang selama ini lebih sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ternyata memiliki kandungan kurkumin yang mampu menekan meningkatnya jumlah kolesterol dalam darah. Dan ternyata akar pada kunyit adalah bagian terbaik dari kunyit yang dapat menurunkan kolesterol dalam jumlah besar sehingga akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Cabai

Kandungan capsicum yang terdapat dalam cabai terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, selain tiu capsicum juga memiliki kemampu dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

Teh Hijau

Kandungan antioksidan dalam the hijau selain berfungsi untuk melawan kanker, juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa mengkonsumsi teh hijau secara rutin selama tiga minggu dapat mengurangi kolesterol hingga sepuluh persen.

Kacang Polong

Konsum ½ cangkir kacang polong setiap harinya dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 8%.

Gandum

Serat beta glucan yang terdapat dalam gandum mampu menurukan kolesterol sebanyak 4-10 persen apabila dikonsumsi secara rutin.

Meskipun terdapat beberapa jenis tanaman penurun kolesterol akan lebih baik apabila mulai dari sekarang Anda menanamkan pola hidup sehat yang berfungsi untuk menjaga kolesterol dalam tubuh sehingga secara tidak langsugn akan mengurangi resiko terkena penyakit serius.

ADVERTISERMEN

Sedang Trends Terkait: Tanaman Penurun Kolesterol Paling Efektif, Efisien dan Alami‎