Mengenal Poster

Poster biasanya dianggap sebagai bagian dari dekorasi suatu lingkungan. Karena merupakan elemen informal, sering muncul di kamar tidur anak atau remaja. Dalam hal ini, poster biasanya berupa lembaran kertas atau karton yang direkatkan ke dinding dengan selotip, paku payung (thumbtacks), atau mekanisme lainnya.

Misalnya: "Poster Lionel Messi, Poster MotoGP, Poster Mobil F1, di dinding kamar". Biasanya poster mencerminkan minat dan selera orang tersebut. Dengan cara ini, ada poster pemain sepak bola, penyanyi, aktor, dan tokoh lain yang dikagumi dan di-idolakan.

Selain itu, kita juga pernah menemukan poster komersial, seperti produk makanan, minumam dan sebagainya. Dengan demikian poster juga digunakan di ruang publik sebagai media promosi, menyebarkan berita, kegiatan/acara, dll.

Sederhananya, seperti poster film yang akan dirilis atau sirkus yang akan tiba di kota. Perlu dicatat bahwa penyanyi, grup band juga menggunakan poster sebagai klaim sebelum merilis album baru di pasar. Dengan demikian, mereka tidak hanya meluncurkannya untuk diketahui tetapi juga menggunakannya sebagai hadiah untuk penggemar, asalkan ditandatangani.

Secara umum, poster merupakan suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk menyodorkan informasi kepada khalayak.

Bila merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), poster artinya yaitu plakat yang dipasang di lokasi umum yang berupa pengumuman atau iklan.

Poster lazimnya dipasang di lokasi yang ramai serta strategis. Lantaran sifatnya yang mengajak.

Oleh karena itu, penting untuk menempatkan poster di daerah yang mudah terlihat. Hal ini juga yang membentuk poster sebagai media iklan. Tidak cuma itu, poster bisa menjadi alat untuk promosi, menyodorkan pengumuman ataupun informasi kepada masyarakat umum.

Namun, secara khusus tujuan poster bisa disesuaikan dengan kemauan atau kepentingan pembuatnya yang beragam, baik untuk tujuan komersial, keterangan publik, tujuan kemanusiaan maupun lainnya.

Apa itu poster?

Poster yaitu karya seni ataupun desain grafis yang memuat tata letak gambar juga huruf di atas kertas berbentuk besar ataupun kecil. Pemakaiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat menelusuri perhatian publik. Oleh karena itu, poster lazimnya dibuat dengan warna-warna kontras serta kuat.

Poster sanggup menjadi pelayanan iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Bersama dengan itu mampu pula berupa salinan karya seni terkenal.

Poster juga terkadang dipasang di tempat-tempat publik yang strategi, misal di tempat rumah sakit, puskesmas, sekolah, kantor, ataupun pusat-pusat perbelanjaan.

Pengertian Poster Menurut Ahli

Poster yakni media publikasi yang termasuk atas tulisan, gambar maupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan menyodorkan informasi kepada khalayak ramai.

Poster ataupun plakat juga merupakan karya seni ataupun desain grafis yang memuat tekstur gambar dan huruf di atas kertas berbentuk besar. Implementasinya dengan cara ditempel di dinding ataupun permukaan datar lainnya serta dengan sifat menelusuri perhatian mata sekuat mungkin, poster juga dapat menjadi fasilitas untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, Ekonomi, politik, pendidikan dan lain-lain.

Poster lazimnya dipasang ditempat-tempat yang dinilai strategis semacam sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya.

Keterangan yang terdapat pada poster biasanya bersifat mengajak masyarakat. Poster ini lazimnya ditempel di dinding maupun permukaan yang relatif datar ditempat-tempat yang ramai supaya informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut mampu tersampaikan kepada masyarakat luas.

Seperjalanan pesatnya perkembangan zaman, poster enggak sekadar ada dalam bentuk cetak saja, namun juga online.

Pengertian Menurut Ahli

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Poster adalah kombinasi visual dari desain yang kuat dilengkapi dengan warna-warna dan pesan, bertujuan untuk menangkap perhatian masyarakat yang melihatnya serta menanamkan ide yang berarti dalam ingatannya.

Azhar Arsyad

Poster merupakan sebuah media dua dimensi visual yang berisi gambar serta pesan singkat tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal khusus dan mampu memengaruhi orang-orang yang melihatnya.

Sri Anitah

Poster adalah gambar yang menggabungkan unsur-unsur visual, seperti garis, kata-kata, dan gambar yang memiliki tujuan untuk dapat menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.

Fungsi Poster dan Tujuan Poster

Fungsi Poster dan Tujuan Poster

Pembuatan poster tentunya memiliki fungsi dan tujuan tersendiri. Karena pada poster biasanya terdapat kombinasi gambar dan kata-kata untuk mengajak. Berikut fungsi dan tujuan poster:

1. Fungsi poster

Sebuah poster biasanya memiliki satu fungsi, yaitu memberikan pemahaman tambahan berupa informasi kepada banyak orang atau pembaca tentang apa yang akan disampaikan poster tersebut melalui kalimat-kalimat serta gambar-gambar yang jelas dan singkat.

2. Tujuan poster

Sebuah poster biasanya memiliki tujuan yaitu poster menjadi media penerbitan agar orang dapat membacanya dan juga melakukan sesuatu sesuai dengan isi poster tersebut. Dan ada juga poster yang dibuat khusus oleh pembuat poster, dan isi di dalamnya juga tergantung dari apa yang akan disampaikan pembuatnya, misalnya untuk tujuan komersial, untuk mencari simpati masyarakat luas, untuk menarik perhatian. Dari publik dan lain-lain.

Kumpulan Gambar Contoh Poster Kegiatan Adalah

Apa yang dimaksud poster kegiatan dan contohnya? Poster kegiatan adalah poster yang berisi suatu kegiatan, semacam kegiatan jalan sehat, senam, serta lain-lain. Contoh poster kegiatan yakni satu di antara jenis poster yang isinya mengenai pemberitahuan terkait pelaksanaan kegiatan tertentu.

Kegiatan tersebut mampu berisi pengumuman keaktifan sekolah. Pentas seni (porseni), bazar, kegiatan masyarakat, seminar ataupun webinar. Dan juga kegiatan-kegiatan lainnya yang dikomunikasikan lewat sebentuk poster.

Biasanya kita sanggup melihat poster-poster ini berapit di tembok/dinding sekolah, pinggir jalan, ataupun di gang-gang. Sedangkan untuk kegiatan sekolah, lazimnya poster ini ditempel di mading.

[img]https://i.imgur.com/rlBOaE2.jpg[/img]

Jenis poster kegiatan ini mendapati isi bermacam ragam penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan. Lazimnya berisi pengisi acara, waktu, juga tempat diadakannya sebentuk acara. Tujuan dari poster kegiatan adalah supaya orang-orang yang meninjau jadi tahu, walhasil mereka sanggup datang ke area yang terdapat di poster itu.

Jenis-jenis poster pastinya sangat beraneka ragam, tergantung dengan isi dan tujuan yang terdapat dari poster tersebut.

Secara tampak semua poster itu hampir sama dan hampir serupa. Tapi tetap saja ada hal yang membedakan antara poster yang satu dengan poster yang lainnya.

[img]https://i.imgur.com/nCMDXx0.jpg[/img]

Poster lazimnya bertujuan untuk menyodorkan informasi, mengajak serta menghimbau melimpah orang untuk menyelenggarakan sesuatu semacam yang digambarkan ataupun dituliskan di dalamnya.

Biasanya poster mengandung gambar dan juga kata-kata yang isinya ialah informasi ataupun pun himbauan yang ditempelkan di wilayah sekitar publik yang dituju.

[img]https://i.imgur.com/EOPoFOl.jpg[/img]

Maksud serta tujuan dibuatnya poster secara khusus akan tergantung dengan apa yang diinginkan buat para pembuatnya.

Poster ini di buat untuk memberitahukan kepada khalayak lazim tentang suatu event atau kegiatan yang bakal di selenggarakan. Poster ini punya tujuan untuk menarik perhatian pembacanya untuk datang ataupun menyaksikan hal yang akan di tampilkan. Contohnya perayaan hari tertentu, seminar, simposium. Konser, pertandingan, perlombaan dsb. Poster kegiatan biasanya akan berisi runtutan acara, waktu serta tempat berlangsung dan tema acara.

Setiap jenis poster akan memiliki tujuannya sendiri-sendiri tergantung dengan berbagai ragam fungsi dan manfaatnya.

Penyampaian penjelasan dari poster mampu dilakukan dengan memadukan antara gambar, grafis, serta tulisan.

[img]https://i.imgur.com/zrF1VG9.jpg[/img]

Poster kegiatan adalah poster yang menginformasikan suatu keaktifan kepada masyarakat, supaya kegiatan tersebut dikenal oleh melimpah orang.

Harapannya mesti saja supaya orang-orang tersebut dapat menghadiri acara yang bakal dilaksanakan sesuai dengan isi poster.

Poster kegiatan adalah poster yang berisi suatu kegiatan, kayak kegiatan jalan sehat, senam, dll. Ulasan Poster aktivitas ialah sebuah tulisan berupa gambar yang lazimnya ditempelkan atau banyak dijumpai disekitar jalan raya, yang berisi suatu acara, Pagelaran Seni.

Contoh Poster kegiatan Pentas Seni

[img]https://i.imgur.com/9orZ1iO.jpg[/img]

Untuk bikin poster kegiatas pentas seni kudu sesuai tema yang bakal diangkat. Apabila teman-teman sedang memeriksa ide untuk bikin poster acara baru-baru ini. Poster ini bisa dijadikan sebagai contoh gambar poster kegiatan.

Contoh Poster kegiatan Seminar

[img]https://i.imgur.com/lPj4UYo.jpg[/img]

Gambar diatas yakni contoh poster kegiatan seminar.

Contoh Poster Kegiatan Lomba

[img]https://i.imgur.com/qhRBI4c.png[/img]

Yang mesti diperhatikan sewaktu membuat poster lomba ialah  keuntungan apa yang diraih peserta. Sebab hal tersebut betul-betul vital supaya banyak yang mengikuti lomba yang bakal diadakan. Baru seterusnya informasi tema lomba, syarat, tempat.

Contoh Poster kegiatan Sekolah

[img]https://i.imgur.com/VaZkegQ.jpg[/img]

Contoh poster kegiatan sekolah diatas yaitu mengadakan lomba wall magazine. Poster diatas sungguh-sungguh simpel tetapi sangat bagus dan menarik. Kalimat didalam poster pun juga tertata rapi dan jelas.

Contoh Poster kegiatan OSIS

[img]https://i.imgur.com/UYTNWYO.jpg[/img]

Gambar poster acara OSIS diatas mampu kawan-kawan transkerja jadikan refrensi untuk yang bakal mengadakan pemilihan ketua serta wakil OSIS.

Contoh poster kegiatan bazar

[img]https://i.imgur.com/l8SRKEx.jpg[/img]

Andaikata mau mengadakan bazar hendaknya sobat transkerja bikin poster supaya pengunjung bazar banyak.

 

Apa yang dimaksud poster?

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kita suah tak asing lagi dengan poster. umumnya, poster terpatok di ruang-ruang publik dengan beraneka macam tujuan, kayak kampanye serta iklan pelayanan masyarakat.

Secara umum, poster berbentuk selebaran konstruksi grafis yang berisi gambar serta kalimat berisi terhadap informasi yang difokuskan kepada orang banyak. Selain menyodorkan informasi, poster juga bermaksud untuk memengaruhi orang untuk melaksanakan sesuatu sesuai isi dengan apa yang terlihat di dalam poster.

Poster yakni karya seni ataupun desain grafis yang memuat konfigurasi gambar juga tulisan di atas kertas. umumnya, poster akan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat menyidik perhatian publik. Buat itu, poster umumnya dibuat dengan warna-warna yang menarik.

Secara umum, poster dipasang sebagai pelayanan iklan, propaganda, pendidikan, sosialisasi, dan deklarasi. Poster juga ada kalanya dipasang di tempat-tempat umum, kayak sekolah, hunian rumah sakit, kantor, dan tempat biasa lainnya.

Seperti yang sudah diketahui, melalui poster seseorang dapat memberikan suatu keterangan penting untuk publik. malahan cukup cuma dengan satu poster, bisa memengaruhi suatu persepsi publik.