Cara Kerja Gearbox Mobil dan Penyebab Kerusakannya

Satu unit mobil terdiri dari pelbagai macam komponen berarti yang saling kontributif satu dan lainnya, satu di antaranya yakni komponen gearbox mobil. Lalu, memang apa itu gearbox? Nah, andaikata sahabat Transkerja penasaran mengenai komponen mobil satu ini, simak keterangan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Gearbox Mobil


Sebuah mesin kendaraan mobil memerlukan alat khusus untuk menyalurkan daya maupun tenaga ke bagian mesin yang lain. Nah, alat khusus yang dimaksud ialah gearbox.

Jadi, komponen ini akan menyalurkan dan mengakurkan daya ataupun tenaga mesin saat kendaraan berjalan.

Selain itu, komponen mobil ini juga akan mengakibatkan tenaga yang lebih banyak dengan cara bergerak juga berputar. Tenaga tersebut nantinya akan dipakai oleh mesin untuk menggerakkan kendaraan mobil. Oleh sebab itu, keberadaan komponen ini amat bermanfaat di dalam kendaraan mobil.

Fungsi Gearbox Mobil


Fungsi gearbox mobil yang transenden adalah menyalurkan torsi maupun tenaga mesin ke komponen mesin lainnya.  Oleh karena itu, komponen ini juga disebut sebagai transmisi mobil karena merupakan sistem mekanis yang berperan untuk menyalurkan daya maupun tenaga.

Komponen ini juga kedapatan di kendaraan mobil otomatis atau manual.  Nah, selain mempunyai peran primer tersebut, komponen ini juga bertugas untuk mengonversikan torsi atau daya putar. Kemudian, torsi atau daya putar tersebut akan dilanjutkan ke bagian spindel kendaraan mobil.

Fungsi gearbox mobil yang seterusnya merupakan mengakurkan rasio gigi dengan beban dari mesin kendaraan mobil. Selain itu, komponen ini juga bertugas untuk merealisasikan putaran pada mesin mobil tanpa insiden selip.

Fungsi gearbox mobil terakhir dari komponen ini adalah dapat mengatur atau menepatkan kecepatan torsi serta gerak kendaraan. Hal ini berguna untuk membangun kendaraan bergerak maju dan mundur dengan baik.

Cara Kerja Gearbox Mobil


Setelah mengerti peranan dari gearbox pada kendaraan mobil, seyogianya Anda juga memahami cara kerja komponen ini. Secara umum, teknik kerja komponen ini pada kendaraan mobil yaitu mengalihkan putaran serta gaya yang ada di mesin juga gerakan roda mobil.

Pada proses ini, sejumlah poros roda menerima daya tertentu dari gearbox. Daya tenaga putar yang besar benar-benar dibutuhkan pada proses ini. Terkadang, tenaga gerak yang tinggi dengan ketangguhan besar betul-betul diperlukan ketika kendaraan mobil melewati jalanan yang terjal.

Untuk dapat menerapkan peranan gearbox dengan baik, termuat komponen lainnya yang kudu membantunya untuk menyalurkan tenaga. Komponen pertama yang menolong peranan gearbox mobil ialah  input shaft cover.

Input shaft cover adalah satu di antara konstituen yang bermanfaat untuk meneruskan putaran dari kendaraan ataupun motor yang bergerak. Selanjutnya, oil seal juga menolong peran komponen ini dengan membendung oli supaya meluputkan kejadian kebocoran.

elemen yang seterusnya merupakan oli hole cover. Oli hole cover berdaya guna sebagai area saluran masuknya oli. Selain oli hole cover, komponen lainnya yang juga kontributif kinerja gearbox ialah worm shaft.

Worm shaft adalah bagian yang menguntungkan untuk meneruskan putaran yang berasal dari work wheel berangkat ke output shaft. Ada juga komponen lain bernama out cover yang berfungsi untuk menutup lubang yang ada di output shaft.

Selain itu, frame juga yaitu komponen lainnya yang efektif sebagai tempat tinggal ataupun rumah bagi gearbox. Elemen yang terakhir bernama paking. Paking yakni bagian yang efektif untuk menangkal oli agar tidak bocor.

Gejala serta Ciri Kerusakan Gearbox Mobil


Gearbox dapat saja menghadapi kerusakan kendatipun usianya masih belum mencapai 5 tahun pemakaian atau masih di bawah angka 100.000 km. Kerusakan tersebut dapat saja timbul karena dipicu oleh sejumlah hal.

Nah, ciri pertama seandainya komponen ini harus diperbaiki atau diganti yakni terdapat bau dari cairan transmisi yang terbakar. Selanjutnya, jikalau ada cairan transmisi yang bocor, maka juga adalah satu di antara ciri komponen satu ini udah rusak.

Gejala atau ciri yang seterusnya yaitu apabila ditemukan suara yang gak lazim atau aneh saat kamu menyalakan mobil. Selain itu, sekiranya lampu indikator mesin yang ada di dashboard menyala, maka kemungkinan besar komponen ini menghadapi kerusakan.

Ciri yang terakhir yakni saat kamu menghadapi kesulitan saat mentransmigrasikan posisi gigi dan melindungi posisi gigi. Mengerti deteksi dini dari ciri kerusakan pada komponen satu ini sangat berharga karena sahabat dapat memperbaikinya daripada menggantinya dengan komponen baru.

Masa Pakai Gearbox Mobil


Seperti komponen mobil yang lain, komponen ini juga mempunyai usia atau masa pakai. Sekiranya gearbox mobil udah mencapai usia maupun masa pakai, maka niscaya harus segera diperbaiki maupun diganti dengan yang baru. Berikut sebagian cara mengerti masa pakainya.

Hitung Usia Berdasarkan Hitungan KM


Memang, enggak ada masa pakai atau usia yang mutlak untuk pemakaian komponen satu ini. Pasalnya, kualitas dari komponen ini berpengaruh berkenaan masa pakainya.

Jadi, apabila gearbox berkualitas buruk, maka bakal lebih cepat rusak seandainya dibanding dengan yang kualitas bagus.

Namun, rata-rata dari usia komponen satu ini merupakan sekiranya hitungan km pada kendaraan mobil telah mencapai 100.000-250.000 km. Andaikata udah mencapai angka tersebut, maka seyogianya kamu  menggantinya dengan yang baru.

Hitung Berdasarkan Jumlah Tahun Pemakaian


Selain itu, mobil manual mendapati masa pakai yang lebih singkat daripada mobil otomatis. Itulah sebabnya, bila mobil udah mencapai usia 5 tahun pemakaian, maka seharusnya cek kualifikasi dari gearbox mobil teman-teman untuk memahami apakah masih layak pakai ataupun tidak.

Bila telah tidak layak pakai, apakah wajib ganti baru ataupun memperbaikinya? Membeli gearbox baru benar-benar menginginkan biaya yang tak sedikit. Tetapi, memperbaiki komponen ini juga belum mesti hal yang betul.

Solusinya ialah jika kesulitan pada komponen ini cuma berlangsung sesekali serta tak fatal, maka sepantasnya perbaiki saja untuk solusi murah dan sementara. Hanya saja, jikalau timbul kerusakan yang fatal, maka seyogianya ganti ke konstituen yang baru.

Sebagai catatan, kamu juga wajib mengecek seluruh situasi mobil sebelum mengganti komponen satu ini. Situasi ini bermaksud untuk memilih kalau persoalan mobil cuma terdapat pada komponen ini saja dan bukan komponen mobil lainnya.

Tips Memperpanjang Usia Gearbox


Nah, sesudah memahami masa pakai maupun usia dari komponen mobil ini, maka seterusnya ketahuilah saran untuk memperpanjang masa pakai gearbox.

Tips pertama ialah cek secara teratur cairan transmisi yang bertugas untuk merawat supaya komponen ini tak terlalu panas.

Tips kedua merupakan mempersembahkan pemeliharaan insentif dengan teknik mengganti oli, mengganti filternya, dan membersihkannya. Selain itu, kenakan juga cairan sintetis yang tahan tentang temperatur mesin yang tinggi.

Tips seterusnya merupakan manfaatkan pendingin untuk gearbox yang bermaksud untuk membikin komponen ini enggak terlalu panas. Jikalau terlalu panas, maka komponen ini bakal jadi cepat rusak.

Tips seterusnya adalah jangan melangsungkan akselerasi serta pindah gigi yang terlalu cepat dan kasar.  Keadaan ini sebab gaya berkendara yang semacam itu akan sebabkan komponen mobil satu ini jadi lebih cepat rusak.

Jadi, sobat Transkerja seharusnya menyodorkan perawatan yang maksimal untuk gearbox mobil sebab keberadaannya sangatlah penting.

Nah, seandainya mobil sobat Transkerja mendapati gejala maupun ciri kerusakan sebab komponen ini, segera bawa mobil tersebut ke bengkel resmi terdekat.