Dari Barter Hingga Bitcoin, Inilah Sejarah Uang Dalam Kehidupan Manusia

Dari Barter Hingga Bitcoin, Inilah Sejarah Uang Dalam Kehidupan Manusia - Duit ataupun uang sekarang ini menjadi perihal yang sangat bermanfaat buat kebutuhan individu. Dengan uang, manusia dapat menunaikan transak...

Duit ataupun uang sekarang ini menjadi perihal yang sangat bermanfaat buat kebutuhan individu. Dengan uang, manusia dapat menunaikan transaksi perdagangan, pembayaran jasa hingga memilah tarif beli maupun jual. tetapi tahukah kamu sejarah uang?

Di abad 20 ini, uang tak lagi cuma berbentuk logam serta kertas. tersedia uang elektronik sampai uang digital. di dalam sejarah uang, sebelum manusia mengenal alat pembayaran, barter ataupun tukar menukar barang jadi alat bayar dari sebuah transaksi.

Mengutip investopedia, barter umumnya berupa barang serta jasa. Contohnya seseorang menyodorkan seseorang menyodorkan beras serta kemudian mitranya mempersembahkan dia sebagian sayur mayur serta ikan. Sistem barter ini mengharuskan manusia untuk bertemu dengan manusia lain yang dapat adil di dalam menentukan barang tukarnya.

akan tetapi sistem barter ini seringkali menemui kendala, pasalnya sering muncul kesulitan menghitung kesepakatan pertukaran barang serta jasa. Untuk menyusutkan hal tersebut, manusia mulai memproduksi uang komoditas.

Sejarah uang memasuki babak baru. Pelan-pelan sistem barter mulai ditinggalkan. Manusia mulai memakai garam, teh, tembakau hingga biji-bijian hasil bumi mereka untuk alat pembayaran.

Pada tahun 600 sebelum masehi, Raja Lydia Alyattes dari Turki mencetak uang koin resmi pertama. Uang ini tercipta dari electrum komposit perak serta emas yang timbul alami. Kemudian dicap dengan gambar-gambar untuk menandai kalau uang diterbitkan di lokasi tersebut. Dari sini sejarah uang dimulai.

China mulai mendesain uang kertas di abad pertama masehi merupakan di masa Dinasti Tang. mengapa China menetapkan uang kertas dibandingkan koin? Hal ini karena pasokan bahan baku logam mulia kayak emas serta perak amat seadanya kala itu. Sehingga China kesulitan membuat koin.

Ts'ai Lun seorang pendesain uang di masa Dinasti Tang akhirnya berhasil membikin uang kertas yang memakai bahan baku kulit kayu murbei. selepas penciptaan tersebut, kesibukan ekonomi di heterogen negara mulai berkembang serta pembayaran wajib memakai mata uang yang sah.

Setelah uang kertas serta koin dimanfaatkan di berbagai macam negara. Keluarlah uang elektronik berbasis kartu. Uang ini lazimnya dipakai untuk pembayaran transportasi, di toko ritel sampai pembayaran di gerbang tol. Sejarah uang memasuki dunia modern.

Kemudian sehabis uang elektronik berbasis kartu beredar, muncul uang elektronik berbasis server. Pengguna dapat bertransaksi cuma menggunakan aplikasi ataupun SMS di handphone masing-masing. Sehingga tidak kudu mengusung uang kertas, logam maupun kartu uang elektronik.

Lalu muncullah uang digital satu di antaranya bernama bitcoin yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Ia diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Cryptocurrency ini tidak cuma bitcoin tersedia pula ethereum, bitcoin cash, litecoin, XRP sampai bitcoin SV.
Newer Post Older Post Home