Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah Jerawat

Minyak zaitun telah tidak asing lagi dimanfaatkan sebagai bahan memasak. tapi ternyata, sejumlah orang meyakini bahwa minyak zaitun juga dapat dipakai untuk memecahkan jerawat beserta memudarkan bekasnya yang membandel. Benarkah demikian?

Kandungan minyak zaitun

Minyak zaitun yaitu minyak alami yg diekstrak dari buah zaitun. Sekitar 14 persen kandungan minyak ini ialah lemak jenuh beserta 11 persennya minyak tak jenuh ganda kaya omega 6 beserta asam lemak omega 3.

akan tetapi, asam lemak primer dalam minyak zaitun ialah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat. Asam oleat membikin sekitar 73 persen dari total kandungan minyak.

Penelitian yg diterbitkan di dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity mengindikasikan bahwa asam oleat di dalam minyak zaitun dapat merampingkan peradangan di dalam tubuh.

Efek antiradang ini diperantarai oleh antioksidan. Oleocanthal adalah senyawa didalam minyak zaitun yang terbukti bekerja kaya ibuprofen (obat antiradang).

Sebuah penelitian di dalam FASEB Journal, menampilkan bahwa antioksidan didalam minyak zaitun dapat menghambat sejumlah gen serta protein pemicu peradangan.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang sungguh-sungguh kuat. Senyawa ini mampu menyusutkan radikal bebas didalam tubuh serta menurunkan efek terkena penyakit kronis kaya jantung.

Bisakah minyak zaitun dimanfaatkan untuk menanggulangi jerawat?


Jerawat muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak serta sel kulit mati. Ketika bakteri menginfeksi sumbatan ini, jerawat dapat meradang hingga terasa sakit beserta bengkak.

Ada yang mengatakan bahwa minyak zaitun dapat meredakan peradangan beserta memudarkan bekas jerawat. Benarkah begitu? Sejauh ini belum tersedia bukti yang menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat digunakan untuk menanggulangi jerawat beserta memudarkan bekasnya.

Meski bersifat antiradang, belum tersedia penelitian yang sanggup membuktikan efeknya juga berlaku untuk jerawat. Pasalnya, penelitian yg telah diadakan cuma berfokus pada organ di dalam semacam jantung.

Oleh karenanya, belum dapat dikatakan secara mesti bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk jerawat. keuntungan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas, memudarkan noda gelap, maupun menghindari jaringan parut juga belum dapat dibuktikan.

Minyak zaitun ampuh untuk membersihkan sisa kosmetik

tapi, minyak zaitun sebenarnya cukup bermanfaat untuk dijadikan sebagai makeup remover saat membersihkan riasan. Minyak ini mampu mengusung lapisan riasan tebal yg melekat di kulit wajah Anda.

Ketika riasan diangkat dengan bersih tanpa sisa, otomatis hal ini juga menolong menahan kemunculan jerawat setelahnya.

Membersihkan wajah dengan minyak zaitun tidak akan membangun kulit kering sehingga menggarap lebih banyak minyak.

Hal ini berbeda andaikata dibandingkan dengan membersihkan kulit memakai pembersih berbahan dasar alkohol yang sanggup mengeringkan wajah. Pasalnya, ketika kulit mempersiapkan terlalu banyak minyak, pori-pori akan gampang tersumbat hingga melantarkan jerawat.

Selain itu, kandungan vitamin serta antioksidannya yang tinggi juga menggarap minyak zaitun dapat dijadikan alternatif saat menghapus makeup tebal. akan tetapi, gunakan sesekali saja beserta jangan terlalu sering.

Setelah membersihkan wajah dengan minyak zaitun Anda selalu harus membilasnya dengan sabun hingga tak lagi lengket.

Akibat serta efek samping minyak zaitun untuk kulit

Mengoleskan minyak zaitun untuk kulit wajah meski tidak ada jerawat sebenarnya memiliki sebagian dampak yg tidak diharapkan, seperti:

Menyumbat pori

Minyak zaitun termasuk produk komedogenik dengan lingkaran ringan hingga sedang. Komedogenik artinya produk ini dapat menyumbat pori-pori serta menyulut jerawat.

Oleh karena itu, ketika Anda memakai minyak zaitun untuk jerawat, dapat menjadi Anda malah sedang mengadakan kemunculan jerawat yang lebih banyak.

Jika Anda memakai minyak sebagai pembersih makeup, bilas dengan sabun beserta air setelahnya. Jangan biarkan minyak berapit di muka semalaman karena bisa menyulut komedo serta jerawat. Pastikan tak ada sisa minyak beserta sabun yang berapit di wajah.

Merusak penghalang kulit alami

Siapa bilang semua minyak berfungsi melembapkan kulit? Tingginya kadar asam oleat didalam minyak zaitun ternyata dapat melemahkan penghalang kulit alami. Pasalnya, dibandingkan dengan minyak nabati lainnya, minyak zaitun memiliki kadar asam oleat yg lebih tinggi.

Ketika penghalang kulit alami ini fungsinyaa jadi lemah, kulit dapat menghadapi kekeringan. akan tetapi, hal ini tak terbentuk pada semua orang.

Sebuah penelitian yg terbit di dalam jurnal Pediatric Dermatology juga memperkuat argumen ini. Hasil penelitian mengatakan bahwa pemakaian minyak zaitun untuk pemilik kulit kering tidak dianjurkan. Hal ini berlaku untuk bayi serta orang dewasa.

Para peneliti mendeteksi bukti bahwa minyak zaitun dapat menyebabkan kemerahan serta kerusakan pada lapisan luar kulit pada sejumlah subjek penelitian.

Memicu eksim

Faktanya, seseorang khususnya anak-anak yg rentan tentang eksim harus menghindari pemakaian minyak zaitun. Ini sebab asam oleat dapat melemahkan peran penghalang kulit yang telah jadi problem pada orang yang rentan tentang eksim. Akibatnya, eksim malah dapat terpicu untuk muncul beserta berkembang.

Selain tak ampuh untuk atasi jerawat beserta bekasnya, minyak zaitun juga dapat memicu pelbagai efek yg sudah disebutkan. Untuk itu, pastikan Anda tahu pra syarat kulit Anda sebelum memakai minyak zaitun.

Gunakan minyak zaitun berkualitas tinggi

Beragam fakta medis sememangnya telah membuktikan minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin beserta antioksidan, yg berperan berguna untuk mengawasi kesehatan kulit. Kadar antioksidan minyak zaitun bahkan lebih kuat ketimbang jenis lemak lainnya, sebab mengandung konsentrasi squalene yg lebih tinggi. Ditambah lagi menurut International Olive Council dikutip dari laman Healthline, minyak zaitun kaya akan vitamin A, vitamin D serta K, dan vitamin E.

Jika Anda mau memakai minyak zaitun sebagai pembersih riasan misalnya, gunakan minyak yang berkualitas baik. Pilihlah minyak zaitun murni tanpa campuran apa pun. Pasalnya, minyak yang mengandung bahan tambahan semacam zat kimia tertentu dapat mengiritasi beserta merusak kulit. malahan kalau Anda memakai minyak zaitun untuk wajah beserta diperoleh jerawat di wilayah tersebut.

Oleh sebab itu, jangan cuma tergiur harga yg ekonomis saja. Pasalnya, minyak berkualitas baik dengan proses pengumpulan yg terjaga umumnya mempunyai harga yang juga cukup tinggi.

Lebih baik Anda membayar produk dengan harga lebih tinggi akan tetapi berkualitas baik. Daripada Anda kudu membeli minyak zaitun yg harganya tepat guna tetapi berkualitas buruk malahan untuk kulit wajah.