Manfaat Kerang Buat Kesehatan: Membikin Otot Sampai Atasi Anemia

Anda mungkin telah sering menyantap makanan laut kaya udang serta cumi. tapi, bagaimana dengan kerang? Jangan salah, makanan laut yang satu ini banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan. Selain itu, rasanya yang khas serta gurih dapat memproduksi banyak orang ketagihan. Yuk, simak lebih dekat apa saja nutrisi serta kegunaan kerang berikut ini.
Kandungan nutrisi dalam kerang

Ada sebagian jenis kerang yang banyak ada di Indonesia. sebagian di antaranya ialah kerang dara beserta kerang hijau. Keduanya sama-sama bernutrisi selama Anda menentukan kerang yg segar. Berikut ialah kandungan zat gizi yang mampu Anda dapatkan dari kira-kira 85 gram kerang.

✅ Protein: 11 gram ataupun 22 persen dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
✅ Lemak: 1 gram ataupun 1 persen dari AKG
✅ Asam lemak omega-3: 168 miligram
✅ Zat besi: 12 miligram ataupun 66 persen dari AKG
✅ Vitamin A: 10 mikrogram maupun 9 persen dari AKG
✅ Vitamin B12: 42 mikrogram ataupun 700 persen dari AKG
✅ Vitamin C: 11,1 miligram maupun 18 persen dari AKG
✅ Kalsium: 78,2 miligram maupun 7 persen dari AKG
✅ Kalium: 533,8 miligram ataupun 15 persen dari AKG
✅ Mangan: 0,4 miligram ataupun 21 persen dari AKG
✅ Selenium: 20,7 mikrogram ataupun 30 persen dari AKG
✅ Karbohidrat: 2 gram ataupun 1 persen dari AKG
✅ Kalori: 63 kkal

Manfaat kerang untuk kesehatan

Kerang ternyata mempunyai berbagai keuntungan yang sayang sekali kalau dilewatkan. Tertarik untuk mencoba makan kerang? Ini dia khasiatnya.

1. Memecahkan anemia

Kerang kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sendiri digunakan untuk menggarap hemoglobin, adalah protein khusus yang bertugas untuk mengusung oksigen didalam darah Anda ke seluruh tubuh. Tanpa hemoglobin didalam darah, organ-organ tubuh Anda tak akan berfungsi dengan baik karena kurang oksigen.

Nah, makan kerang dapat membantu memajukan hemoglobin di dalam darah. Dengan begitu, Anda yg memiliki penyakit anemia defisiensi zat besi dapat mendapatkan asupan zat besi yang cukup untuk membuat hemoglobin.  

2. Melihara kesehatan jantung

Anda dapat mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang tinggi didalam satu porsi kerang segar. Asam lemak omega-3 sendiri mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Kadar trigliserida yang tinggi beakibat membawa dampak berbagai situasi sulit jantung semacam pengerasan pembuluh arteri serta serangan jantung. 

Akan tetapi, jangan makan kerang secara berlebihan. Pasalnya, kerang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol yg terlalu tinggi juga beakibat buat kesehatan jantung Anda.

3. Memproduksi dan merawat otot

Protein ialah zat gizi yang berperan bermanfaat di dalam memproduksi massa otot sekaligus merawatnya dari kerusakan jaringan ataupun sel. Buat Anda yang sering menghadapi nyeri otot, protein juga dapat mempercepat proses pemulihan otot-otot yang kaku serta nyeri.

Seperti makanan laut lainnya, kerang juga kaya akan protein. Kerang bahkan menjadi sumber protein yg lebih sehat dari daging sapi ataupun ayam karena kandungan lemak serta kalorinya lebih rendah.

4. Membela fungsi sistem saraf

Agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sistem saraf didalam tubuh Anda menginginkan vitamin B kompleks. Salah satunya adalah vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 beefek menjadikan kerusakan saraf hingga penurunan peran otak.

Karena itu, kegunaan kerang yang mengandung vitamin B12 di dalam jumlah tinggi sayang sekali kalau dilewatkan. Makan kerang dapat membantu melindungi fungsi sistem saraf Anda, terlebihnya pada bagian otak.

Tips aman mengonsumsi kerang

Beberapa orang mengidap alergi berkenaan kerang. bila muncul gejala-gejala alergi semacam gatal, muncul ruam, biduran, mual, muntah, diare, sulit bernapas, maupun pembengkakan, berhenti makan serta segera minum obat alergi.

Kerang juga tak diusulkan untuk dikonsumsi mentah karena akibatnya sungguh-sungguh besar buat kesehatan. Sebaiknya masak kerang dengan cara direbus dulu selama kira-kira lima menit ataupun dikukus selama empat sampai sembilan menit.

Jangan makan kerang yg cangkangnya tidak bisa dibuka. Ini berarti kerangnya telah mati sebelum dimasak. Kerang yang telah mati sungguh-sungguh cepat membusuk beserta rasanya tak perisa lagi.