Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri Menurut WHO

Di tengah mewabahnya virus corona, masker beserta hand sanitizer jadi produk yang paling banyak dicari orang, bahkan saat ini untuk memperoleh hand sanitizer di pasaran amat sulit, beserta harganya juga sangat mahal. Hal ini mesti menjadi kegelisahan bagi masyarakat yang menginginkannya. Tak wajib bersedih, kita dapat kok menggarap hand sanitizer sendiri.

membendung sebenarnya lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk meluputkan infeksi virus corona serta penyakit COVID-19. Salah satu metode utamanya adalah melindungi kebersihan dengan mencuci tangan, tetapi bila tak sempat cuci tangan, orang akan lebih praktis memutuskan menggunakan hand sanitizer.

Tapi karena maraknya virus corona, banyak persediaan hand sanitizer di pasaran tidak sebanyak dulu beserta produsen mungkin tak mampu memenuhi permintaan hand sanitizer yang semakin banyak. Untungnya, mempersiapkan hand sanitizer sendiri tak serumit yg dibayangkan, walaupun sebenarnya wajib disoroti dengan seksama.

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika, hand sanitizer terbaik yakni yang berbahan dasar alkohol, maupun mempunyai kandungan alkohol lebih banyak daripada bahan lainnya.

Membuat hand sanitizer membutuhkan bahan-bahan berikut ini:
  • Isopropil maupun alkohol (99 persen alkohol)
  • Gel aloe vera/lidah buaya
  • Minyak esensial untuk pengharum, semacam lavender ataupun tea tree oil.

Cara membentuk hand sanitizer di hunian
Kunci memproduksi hand sanitizer yang efektif membunuh kuman adalah memakai perbandingan bahan 2:1 untuk alkohol serta lidah buaya. metode ini akan melindungi kandungan alkohol sebantak 60% pada hand sanitizer.

Bahan:
  • 3/4 mangkuk isopropil ataupun alkohol (99%)
  • 1/4 mangkuk aloe vera gel
  • beberapa tetes minyak esensial

Cara membuat:
  • Campurkan semua bahan didalam wadah steril dengan memakai sendok plastik yg kering serta telah bersih.
  • Tuang ke didalam botol kosong yg bersih.

Hampir sama, menurut World Health Organization (WHO), konfigurasi hand sanitizer terdiri dari isopropil alkohol ataupun etanol, hidrogen peroksida, gliserin beserta air steril, air yang sudah disuling maupun air yang telah direbus.

Jadi, pastikan membikin hand sanitizer dengan pedoman bahan di atas ya. seumpama takut menggarap hand sanitizer yg tak tepat, dapat minta saran ke dokter ataupun ahli kesehatan.

Cara membentuk Hand Sanitizer di hunian Pakai Lidah Buaya
Semenjak virus corona menyebar, hand sanitizer jadi barang yang banyak diburu. Tak jarang warga sampai kehabisan setiap akan membeli hand sanitizer di toko. Walau begitu jangan khawatir. Bunda dapat mencoba memproduksi hand sanitizer sendiri di rumah dengan bahan yang cukup praktis didapat, termasuk lidah buaya.

Lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan hand sanitizer karena mempunyai kandungan disinfektan ataupun antiseptik pembunuh bibit penyakit.

Cara gampang yang dibutuhkan gel lidah buaya dikupas dulu beserta dicuci dengan air mengalir untuk menghilangkan lendir. Lalu potong kecil-kecil, blender dengan dicampur air. Setelah itu disaring beserta dihadapi airnya.

Gel lidah buaya tersebut juga dapat membuat lembut kulit. Nantinya, hand sanitizer berbahan dasar lidah buaya akan diuji secara mikrobiologis untuk mengerti efektivitasnya secara pasti.

Nah, gel lidah buaya wajib dicampur dengan sebagian bahan lainnya untuk jadi hand sanitizer. Dilansir dari Wolipop berikut ini cara membuat hand sanitizer berbahan lidah buaya ala Welnessmama:

Bahan yang diperlukan:
-1/4 cup aloe vera gel lidah buaya
-160 ml alkohol 70 persen
-10 tetes tea tree essential oil
-10 tetes minyak essential lavender
-1/2 sendok teh minyak vitamin E (opsional)
-1 botol spray kaca maupun plastik berskala kecil

Cara membentuk hand sanitizer:
1. Campurkan gel lidah buaya, minyak vitamin E beserta alkohol 70 persen di mangkuk kecil.
2. Tambahkan essential oil.
3. Gunakan pipet untuk memasukkan campuran bahan-bahan tersebut di dalam botol.
4. Kocok isi botol.
5. Hand sanitizer siap digunakan.