Pengertian Coil Spring dan Fungsi Coil Spring

Apa itu Coil Spring?
Pegas coil atau coil spring adalah elemen mekanis yang dipasang di antara dua bagian suspensi mekanis mesin, untuk melindungi benturan atau menyimpan energi dan mengembalikannya saat diperlukan. Ini terdiri dari kumparan berliku biasanya kawat bulat atau persegi atau bagian persegi panjang; Bahan kawat harus memiliki batas elastisitas tinggi sehingga memenuhi permintaan yang ditunjukkan. Coil Spring digunakan di sebagian besar kendaraan modern karena efektivitasnya yang besar, sehingga menghadirkan keuntungan besar untuk sistem suspensi kendaraan.

Pengertian Coil Spring

Coil Spring atau dapat disebut dengan pegas coil, merupakan salah satu pegas yang sering digunakan dalam sistem suspensi. Coil Spring ini mempunyai rendaman atau tahanan kejutan yang lebih baik dibandingkan dengan pegas lainnya. Coil Spring ini terbuat dari sebuah batang berbahan baja khusus dengan bentuk spiral. Pegas ini mampu meminimalisir defleksi atau gesekan antar pegas yang dapat menyebabkan getaran pada body.

Namun sebaliknya, kekurangan dari Coil Spring ini ada pada kondisinya ketika menerima kejutan. Kejutan tersebut akan dilendutkan dan menyebabkan terjadinya kejutan balik yang begitu cepat dalam body secara langsung. Oleh karena itu, pada umumnya Coil Spring akan dikombinasikan dengan shock absorber. Pada umumnya, Coil Spring ini biasa digunakan untuk kendaraan kecil yang lebih mementingkan kenyamanan dari para penumpangnya, seperti mobil sedan.

Dalam segi negatifnya, Coil Spring ini tidak bisa meredam dirinya sendiri dan diperlukan bantuan dari berbagai macam komponen yang lain. Coil Spring ini juga tidak mampu menerima gaya secara horizontal layaknya pada pegas lainnya. Selain itu, konstruksi dari Coil Spring ini lebih rumit dibandingkan pegas yang lain.

Fungsi Coil Spring

1. Mengurangi Getaran Pada Body

Bentuk dari Coil Spring ini didesain sedemikian rupa agar lebih tahan terhadap dalam meredam kejutan yang dapat membuat getaran pada body. Hal ini sangat mendukung suatu kendaraan dalam memperoleh kenyamanan secara maksimal ketika menggunakannya. Pengendaranya pun juga tetap mampu menjalankan mobil dengan stabil walaupun dalam kecepatan yang tinggi. Coil Spring ini juga telah terbukti dapat menyerap getaran dengan frekuensi yang cukup tinggi.

2. Pengurangan Jarak Pengereman

Apabila Coil Spring dipasang di bagian depan, maka akan membantu dalam mengurangi gejala menukik yang terjadi ketika proses pengereman. Hal tersebut juga bisa membantu mengurangi jarak pengereman saat melakukan pengereman secara mendadak atau panic braking. Akan tetapi, pastinya ini tidak sebaik pengaplikasian teknologi dalam pengereman seperti Brake Assist, EDB, dan ABS.

3. Peningkatan Stabilitas dan Handling

Gejala bodyroll pada mobil akan berkurang dikarenakan oleh berkurangnya Shock Absorber. Karena hal tersebut, stabilitas dalam kecepatan yang tinggi akan tetap baik. Selain itu, handling dalam bermanuver akan lebih tinggi pula. Jadi dapat disimpulkan meskipun dalam kecepatan yang tinggi, kondisi penumpang akan tetap dalam keadaan yang nyaman dan stabil.

4. Menghindarkan Suspensi Akan Mentok Ketika Berisikan Muatan

Selain dengan tujuan agar handling dan stabilitas lebih tinggi, kebanyakan para pengguna Coil Spring ini juga memiliki tujuan agar pentokan atau gesekan pada kendaraan dapat berkurang. Ketika Coil Spring ini menahan suspensi, maka ketika suspensi tertekan karena muatan penuh akan berkurang. Hal ini juga berfungsi ketika melewati lubang dan polisi tidur.

Jelaskan Fungsi Dari Tension Spring?

Tension spring adalah nama lain dari pegas ekstensi. Tension spring tidak memiliki pitch di antara kumparan dan memiliki fungsi yang berlawanan dengan pegas kompresi. Sementara pegas kompresi dimaksudkan untuk ekstensi terkompresi atau tension spring dimaksudkan untuk diperpanjang atau ditarik.

Beban yang diterapkan pada tension spring meregangkan gulungan yang dililit rapat dan membukanya. Tension spring menahan gaya tarik yang ditempatkan di atasnya dan ini menciptakan efek sling back ketika gaya dihilangkan, menyebabkannya kembali ke bentuk aslinya. Fungsi ini membuat mereka ideal untuk mengangkat benda berat dan membantu dalam mengangkat atau menyebarkan beban tertentu.

Tergantung di mana tension spring akan ditempatkan, panjang, ketebalan, bentuk, dan jenis pengaitnya dapat bervariasi. Tension spring biasanya memiliki pengait di ujungnya untuk memudahkan fungsi perpanjangan. Jenis pengait yang paling umum adalah pengait mesin dan pengait silang, tetapi beberapa bahkan mungkin tidak memiliki pengait.

Kait pegas adalah bagian terlemahnya, jadi ketika beban berat ditempatkan dan menarik tension spring, kait dapat tertekuk dan, akhirnya, putus. Untuk mencegah pengait putus, banyak yang memilih untuk tidak menggunakan pengait. Jika tension spring tidak memiliki pengait, kita dapat memasang baut pada ujungnya dan menggunakannya sebagai pengencang.

Tension spring digunakan dalam banyak aplikasi termasuk pelapis, suku cadang mobil, trampolin, tang dan perkakas juga suku cadang mesin lainnya.

Peran spring dalam sistem suspensi

Setiap pegas, apakah itu pegas daun, torsi atau koil, harus mengkompensasi ketidakteraturan di permukaan jalan, menjaga sistem suspensi pada ketinggian yang telah ditentukan dan menopang bobot tambahan tanpa kendur yang berlebihan.

Masing-masing fungsi tersebut sangat penting dalam memberikan kenyamanan, penanganan yang tepat, dan kemampuan menahan beban di kendaraan modern – tiga area utama yang akan meningkatkan kekhawatiran pelanggan.

Secara historis, steel multi-leaf spring adalah salah satu desain pegas tertua dan paling banyak digunakan dalam sistem suspensi. Keuntungan dari pegas daun banyak, bukan hanya karena berfungsi sebagai pegas, tetapi juga karena menempelkan poros langsung ke sasis.

Dalam beberapa aplikasi, pegas "daun tunggal" digunakan. Meskipun pegas daun biasanya digunakan dalam aplikasi truk dengan gandar penggerak padat, pegas daun melintang dapat dikombinasikan dengan gandar belakang yang ditangguhkan secara independen untuk membentuk sistem suspensi belakang yang ringan pada mobil.

Pegas daun juga dapat disetel ke berbagai pengendalian beban dan pengendaraan dengan mengubah jumlah, lebar, ketebalan, dan panjang daun pegas.

Selain itu, pegas daun cenderung bertindak sebagai peredam pantulannya sendiri karena gesekan daun yang saling bergesekan. Dalam beberapa kasus, pegas baja konvensional dapat diganti dengan unit plastik yang secara substansial mengurangi berat unsprung dan tahan korosi dari garam jalan dan elemen lainnya.

Torsion Spring

Suspensi torsion spring telah digunakan selama bertahun-tahun pada kendaraan yang dilengkapi dengan sistem suspensi lengan pendek (short-long-arm / SLA). Sesuai namanya, torsion spring hanyalah batang bundar, panjangnya kira-kira empat kaki, yang dirancang untuk berputar saat bobot diterapkan pada sistem suspensi. Karena batang puntir umumnya dimuat sebelumnya dengan putaran searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam yang terpasang di dalamnya, batang puntir ini dirancang hanya akan muat di sisi kendaraan.

Kelebihan dari sistem suspensi torsion spring termasuk kekompakan dan bobot yang ringan. Karena tegangan batang puntir dikendalikan oleh penyetelan sekrup berulir, batang puntir dapat digunakan untuk menyempurnakan ketinggian suspensi. Selain itu, torsion spring dapat dipasang ke lengan kontrol atas atau bawah, sehingga meningkatkan keserbagunaan desain.

Coil Spring

Tugas coil spring dapat lebih dipahami jika kita memvisualisasikannya sebagai batang puntir (torsion bar) yang panjang, tipis, dililitkan ke dalam bentuk koil. Karena lilitan kawat melingkar selama siklus kompresi/perpanjangan pegas, pegas kumparan sebenarnya beroperasi dengan prinsip yang sama seperti torsion bar.

Karena pegas koil menempati ruang yang relatif kecil, pegas koil dapat digunakan dalam berbagai desain suspensi termasuk penyangga MacPherson, gandar padat dengan lengan trailing, gandar belakang pegas independen, atau sistem suspensi SLA, apa pun yang menggunakan konfigurasi peredam kejut atau coil-over .

Sebagian besar impor modern menggunakan coil spring dalam variasi desain penyangga. Secara umum, pengukur kawat, panjang, diameter keseluruhan dan jumlah kumparan menentukan karakteristik pegas.

Dalam beberapa kasus, coil spring dapat dirancang sebagai pegas laju variabel yang meningkatkan kemampuan menahan beban saat dikompresi. Variabel coil spring sering digunakan dalam konfigurasi sasis yang kadang-kadang membawa beban berat.