Fungsi Kontraktor dan Pengertian Kontraktor

Fungsi Kontraktor dan Pengertian Kontraktor - Jelaskan apa yang dimaksud dengan kontraktor dan fungsinya? Apa itu kontraktor? Kontraktor adalah sinonim dengan kata Pemborong, definisi lain “Kontraktor” berasal dari kata “kontrak” artinya surat p…

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kontraktor dan fungsinya? Apa itu kontraktor? Kontraktor adalah sinonim dengan kata Pemborong, definisi lain “Kontraktor” berasal dari kata “kontrak” artinya surat perjanjian ataupun kesepakatan kontrak dapat juga berarti sewa, menjadi kontraktor dapat disamakan dengan orang ataupun suatu badan hukum ataupun badan usaha yang di kontrak maupun di sewa untuk menerapkan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang dimenangkannya dari pihak pemilik proyek yang yakni instansi /lembaga pemerintahan, badan hukum, badan usaha, ataupun perorangan, yang sudah mengadakan penunjukan secara resmi Berikut aturan-aturan penunjukan, serta target proyek maupun order/pekerjaan yang di maksud tertuang di dalam kontrak yang di sepakati antara pemilik proyek (owner) dengan kontraktor pelaksana. area bidang usaha kontraktor sungguh sangat luas,dan setiap kontraktor mempunyai fokus usaha serta spesialisasi di bidangnya masing-masing misalnya:
  • Kontraktor penyedia layanan pelaksana kontruksi
  • Kontraktor bidang jasa pengadaan tenaga kerja
  • Kontraktor bidang pertahanan serta militer
  • Dan lain-lain

    Pengertian Kontraktor

    Dalam proyek bangunan, kontraktor adalah sebuah badan hukum yang menjadi pelaksana pekerjaan sesuai dengan keahlian di bidangnya. Kontraktor juga merupakan pihak yang dipilih oleh pemilik proyek berdasarkan penawaran harga dan akhirnya ditunjukkan melalui surat kontrak yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Kontraktor nantinya akan menyediakan barang dan jasa serta akan dibayar sesuai dengan penawaran harga.

    Kontraktor dibagi menjadi golongan besar, menengah, dan kecil berdasarkan grade badan usaha dan nilai proyek yang sedang dikerjakan. Tingkatan kontraktor juga dilihat berdasarkan skala usahanya, yaitu kecil, menengah, besar, dan internasional. Pada penggolongan ini, kontraktor dibagi berdasarkan omzet yang diperoleh selama setahun. Adanya kedua penggolongan di atas akan mempermudah kontraktor menyesuaikan proyek yang sekiranya mampu untuk diikuti.

    Fungsi Kontraktor

    Kontraktor yakni perorangan ataupun badan hukum yang di sewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak, proyek dibatasi oleh item pekerjaan yang dipenuhi, biaya, dan waktu penyelesaian. Kontraktor disebut juga sebagai pemborong yang tugasnya memborong. Tiap-tiap orang dapat jadi kontraktor, baik itu perorangan ataupun berbentuk badan hukum dapat berupa perusahaan kontraktor CV atau PT. Adapun fungsi kontraktor ialah sebagai berikut:

    1. Pelaksana proyek

    Sebuah proyek bangunan biasanya dijalankan oleh kontraktor yang akan bertanggung jawab penuh ke pemilik proyek. Kontraktor memiliki berbagai fungsi yang membantu proses kerja di lapangan. Fungsi utama kontraktor adalah melaksanakan proyek sesuai spesifikasi yang telah disepakati dalam kontrak. Fungsi tersebut akan dijalankan sejak perencanaan proyek sampai evaluasi akhir proyek atau bergantung kontrak.

    2. Penyedia kebutuhan proyek

    Kontraktor harus menyediakan tenaga kerja yang dibutuhkan, bahan dan peralatan, serta tempat kerja. Penyediaan semua aspek tersebut harus berdasarkan spesifikasi yang ditentukan, waktu yang disediakan, biaya, dan keamanan setiap pihak yang terlibat dalam proyek. Kontraktor juga harus memperhatikan semua aspek tersebut selama proyek berlangsung sehingga tujuan akhir dapat tercapai.

    3. Pelaporan kegiatan

    Setiap proses yang dilaksanakan harus terdokumentasikan dan terlaporkan ke pemilik proyek. Waktu pelaporan bisa dilakukan setiap hari, minggu, atau bulan. Dalam laporan yang diserahkan harus mencakup proses pelaksanaan, prestasi kerja yang telah dicapai, jumlah tenaga yang dipekerjakan, jumlah bahan yang digunakan, dan kondisi selama proyek berlangsung misalnya cuaca. Adanya laporan yang terstruktur nantinya juga akan membantu kontraktor menentukan solusi jika terdapat kendala.

    4. Penanggung jawab kegiatan

    Fungsi lain kontraktor adalah sebagai penanggung jawab kegiatan selama proyek berlangsung. Jika terdapat masalah, maka kontraktor harus menemukan solusi dengan tepat,  cepat, dan tidak merugikan pemilik proyek. Selain itu, kontraktor juga harus mengawasi kegiatan berlangsung sesuai jadwal dan target yang sudah disepakati dalam kontrak dengan pemilik proyek. Semua pekerja, bahan, dan peralatan harus terjaga dengan baik sampai akhir masa proyek.

    5. Komunikator

    Kontraktor berfungsi sebagai komunikator dengan pemilik proyek dan pekerja. Apabila terdapat hal-hal penting yang harus diputuskan dengan pemilik proyek, maka kontraktor harus menghadap dan menunjukkan segala kemungkinan yang ada. Misalnya ketika kontraktor membutuhkan perpanjangan waktu proyek, kontraktor harus menjelaskan apa kendala yang ditemui dan mengapa keputusan tersebut diambil.

    Arti Kontraktor


    Ketika membahas tentang konstruksi dan kontraktor artinya kita mesti pahami secara benar seumpama kita kepingin jadi seorang yang berkerja dibidang semacam bangunan. serta keduanya merupakan suatu hal yang berkaitan di dalam implementasinya. Sehingga bisa mencapai suatu tujuan didalam memproduksi suatu bangunan. Kontraktor serta konstruksi bisa kita ibaratkan kayak paku serta palu yang saling memerlukan sehingga keduanya tak bisa dipisahkan di dalam implementasinya.

    Definisi Kontraktor
    Pengertian kontraktor secara lazim ialah sebentuk badan/lembaga/orang yang mengupayakan maupun menggarap aktifitas pengadaan. Baik itu berupa barang ataaupun layanan yang dibayar dengan nilai kontrak yang sudah disepakati. harus kamu pahami kalau layanan kontraktor sipil sendiri adalah jasa yang berupa pengadaan barang serta jasa yang berhubungan dengan pekerjaan sipil, bisa berupa jalan, bangunan, konstruksi jembatan serta yang lainnya.

    Mengenai makna dari kontraktor disini adalah sinonim dengan kata Pemborong, arti lain Kontraktor berasal dari kata kontrak yang berarti surat perjanjian ataupun kesepakatan kontrak bisa juga berarti sewa, menjadi kontraktor bisa disamakan dengan orang ataupun suatu tubuh hukum ataupun tubuh usaha yang di kontrak maupun di penyewaan untuk melakukan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang dimenangkannya dari pihak pemilik proyek.

    Definisi konstruksi Bangunan
    Disini konstruksi Bangunan terdiri dari 2 suku kata yaitu konstruksi(construction) yang berarti membangun, serta struktur yang mendapati makna suatu benda yang dibangun ataupun didirikan untuk kepentingan manusia dengan budget serta waktu yang sudah di tentukan. menjadi bisa kita artikean bahwasanya konstruksi bangunan yakni suatu teknik maupun teknik membuat/mendirikan konstruksi supaya memenuhi syarat kuat, awet, indah, fungsional serta ekonomis.

    Di kehidupan sehari-hari kata konstruksi berlimpah orang yang menyamakannya dengan kata bangunan kayak bangunan kayu dengan konstruksi kayu, arsitektur baja dengan konstruksi baja, serta yang lainya. berkenaan kata bangunan sendiri yang berarti susunan dari sebagian elemen, yang menyusun suatu kesatuan yang utuh.

    Peranan Kontraktor di dalam Proyek konstruksi
    Dalam garis besar dua kata ini enggak mungkin bisa di pisahkan di dalam suatu proyek pembangunan di manapun kapanpun juga. andaikan kita mengenal kontraktor merupakan orang ataupun lembaga yang melaksanakan suatu pekerjaan untuk pembangunan sesuai dengan perjanjian dengan pihak terkait. Maka konstruksi disini yaitu sejenis benda yang di buat maupun di kerjakan didalam beberapa tahapan sesuai dengan kontrak yang sudah di setujui bersama.

    Kamu sebagai orang yang mau membangun hunian rumah misalnya, maka mesti kamu akan memerlukan keduanya. karena dua hal tersbut gak dapat di pisahkan, seandainya tidak tersedia kontraktor maka tidak akan tersedia juga konstruksi. serta begitupun sebaliknya andaikan hanya tersedia konstruksi tanpa adanya kontraktor maka hal itu bukan suatu proyek yang utuh.

    Ada berjibun orang yang mengutarakan pendapat berkenaan Pengertian Kontraktor serta konstruksi di dunia ini. akan tetapi, secara lazim kamu pasti juga akan bisa menyimpulkan kalau kedua kata itu yaitu kata yang berkaitan dengan pembangunan suatu proyek, baik itu proyek perhotelan, proyek masjid serta sejumlah proyek lainnya.

    Dengan kata lain kita bakal bisa meninjau kontraktor serta konstruksi secara langsung didalam suatu proyek pembangunan. Seorang kontraktor yakni orang yang memegang kendali bagaimana proyek itu akan di laksanakan. menjadi seumpama mau membangun sebentuk arsitektur tanpa kudu ribet memikirkan ini serta itu kamu bisa menghubungi seorang kontraktor serta semua situasi sulit kamu akan selesai. Semua bisa kamu serahkan pada seorang kontraktor.
    Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement